Setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama (SMP), mungkin mulai bingung untuk melanjutkan studi, apakah SMA atau SMK?

Nah, jangan sampai salah pilih ya moms, apalagi hanya karena faktor lingkungan yang tidak sesuai dengan isi hati buah hati Anda.

Supaya terjawab kebingungan Anda, simak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Polling: Pilih SMA atau SMK ya?

Moms, setelah anak lulus dari masa putih biru atau Sekolah Menengah Pertama (SMP), pastinya anak Anda akan dihadapkan pada sebuah pilihan yang cukup sulit.

Lanjut sekolah ke Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

Jangan dianggap sepele ya, karena sebenarnya pilihan ini akan mempengaruhi langkah anak Anda di masa depan. Apalagi jika anak Anda memilih sekolah kejuruan, maka keterampilan atau minat yang dimiliki harus sesuai dengan jurusan yang diambil.

Jangan sampai karena faktor lingkungan, akhirnya moms salah membantu memberikan pilihan. Efeknya, anak Anda akan bermalas-malasan, bahkan tidak semangat untuk menyelesaikan pendidikan ini.

Sebelum menilik lebih dalam tentang perbedaan SMA dan SMK, isi polling dulu yuk. Apa yang Anda pilih, SMA atau SMK?

Pilih SMA atau SMK?

 

Semoga setelah mengisi polling ini, Anda cukup tergambar untuk memilih sekolah yang akan anak Anda tempuh. Pada dasarnya polling ini untuk memantik Anda agar semakin yakin dalam memilih sekolah.

But anyway, jika Anda sebenarnya masih ragu. Jangan khawatir, karena saya akan memberikan penjelasan tentang perbedaan SMA dan SMK. Check it out!

 

Inilah Perbedaan SMA dan SMK

Membuat sebuah pilihan memang susah susah gampang, apalagi pilihan ini akan menentukan prospek pendidikan di masa depan. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi anak Anda ketika memilih SMA atau SMK, faktor lingkungan, mengikuti teman, atau karena adanya tittle sekolah favorit.

Seperti dilansir dari Eduspensa.id, SMA merupakan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan teroritis dengan harapan menjadi seorang lulusan yang idealis ilmu pengetahuan, di SMA ada 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa.

Polling Pilih SMA atau SMK, Mana yang Tepat Cek Perbedaannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Biaya Pendidikan SMA Serta Persiapan Penting Masuk SMA]

 

Sementara itu, SMK merupakan Sekolah Menengah Kejuruan satuan pendidikan setelah jenjang SMP yang menjadi wadah pengembangan kualitas dan mutu peserta didik yang mengedepankan kemampuan praktik dan dengan harapan menjadi lulusan yang ahli dalam suatu bidang. SMK memiliki jurusan yang lebih banyak dibanding SMA.

Daripada salah pilih, berikut beberapa perbedaan lainnya antara SMA dan SMK.

 

#1 Jam Belajar Teori dan Praktik

Melansir laman Educenter.id, jam belajar teori di SMA akan lebih banyak dibandingkan praktik. Bukan berarti tidak ada, tapi sangat sedikit jika dibandingkan SMK.

Sementara di SMK, akan lebih didominasi dengan praktik karena namanya juga kejuruan jadi akan mengasah keterampilan sesuai jurusan yang dipilih. Nah, kalo kamu memang lebih menyukai praktik, SMK bisa jadi pilihan yang tepat.

 

#2 Jurusan SMK Lebih Kompleks

Sesuai dengan namanya, sekolah menengah kejuruan. Pastinya jurusan di SMK jauh lebih banyak dibandingkan SMA yang hanya ada Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Bahasa.

Sedangkan SMK memiliki jurusan yang beragam, bahkan setiap SMK bisa memiliki jurusan yang berbeda sesuai dengan lingkup keilmuannya, mulai dari perkantoran, kesehatan, industri, tata boga, perhotelan, dan sebagainya.

Ini Dia Biaya Pendidikan SMK Dan Persiapan Penting Sebelum Masuk SMK 01 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Tipe Traveler Seperti Apakah Anda? Biar Gak Penasaran, Cek Infonya!]

 

So, jika anak Anda memiliki keahlian dan ingin mengasahnya, SMK adalah pilihan yang tepat supaya belajarnya lebih fokus dan terarah. Misalnya anak Anda senang memasak, jurusan Tata Boga adalah pilihan tepat. Tapi kalau tujuan anak Anda ingin kuliah, SMA bisa jadi pilihan.

Eits, tapi tenang. Walaupun anak Anda memilih SMK, mereka tetap bisa melanjutkan kuliah ko. Hanya disarankan, jurusan kuliah nanti sesuai dengan jurusan yang anak Anda pilih pada saat SMK. Supaya ilmu yang telah dipelajari lebih diperdalam lagi di bangku kuliah.

 

#3 SMA Mencakup Ilmu yang Lebih Luas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika di SMK ilmunya terfokus pada jurusan yang dipilih, sedangkan ilmu lain hanya dasarnya saja. Untuk SMA, anak Anda akan dibantu dalam membahas ilmu yang lebih luas dan beragam.

Oleh karena itu, lulusan SMA lebih condong melanjutkan ke perguruan tinggi, sedangkan SMK untuk dunia kerja dan usaha. Meski begitu, siswa SMK yang tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

#4 Langsung Kerja Setelah Lulus SMK

“Siap Kerja” memang erat kaitannya dengan para lulusan SMK. Selain bisa lanjut kuliah, lulusan SMK juga bisa langsung kerja karena telah memiliki keterampilan khusus yang bisa diterapkan sesuai bidang kerja di industri.

 

Jika anak Anda mengambil jurusan yang fokus, seperti Tata Boga yang tadi dicontohkan, maka anak Anda sudah tahu harus bagaimana apabila ingin membuka bisnis kuliner.

Masakan yang enak, cara meracik, atau membuat resep rahasia sendiri. Semua hal itu dipelajari dengan mendalam selama tiga tahun di SMK, hal yang tidak didapat di SMA.

 

#5 Kurikulum

Seperti telah dijelaskan bahwa jam belajar teori dan praktik antara SMA dan SMK berbeda, maka hal ini membawa pengaruh pada kurikulumnya termasuk untuk Ujian Nasional (UN).

Ini Dia Biaya Pendidikan SMK Dan Persiapan Penting Sebelum Masuk SMK 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Apa Tujuan Mengelola Keuangan Pribadi Anda]

 

Perbedaan UN SMA dan SMK tentunya dari mata pelajarannya SMK lebih banyak, kerena di setiap jurusan mempunyai pelajaran masing-masing dan di tambah ujian praktik kejuruan.

Beda lagi dengan SMA yang lebih sedikit di banding SMK.

 

#6 Biaya SMK Lebih Besar

Beberapa sisi positif dari SMK sudah digambarkan, selanjutnya mungkin inilah poin yang jadi pertimbangan karena biaya sekolah di SMK cenderung lebih besar dibandingkan SMA.

Bukan tanpa alasan, hal ini karena adanya anggaran khusus untuk keperluan praktik. Setiap pilihan tentu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing, itu tergantung dari sudut pandang Anda.

 

Apapun Sekolahnya, Tetap Rajin Belajar

Nah, sekarang sudah mulai paham kan apa saja hal-hal yang membedakan SMA dan SMK? Pada dasarnya, sekolah apapun yang anak Anda pilih tetap bagus asalkan mereka rajin belajar dan bersungguh-sungguh menekuninya.

Oia, kalo Moms masih bingung dalam menentukan pilihan, Moms bisa meminta arahan dari guru di sekolah sebelumnya atau sharing dengan teman, saudara, dan kerabat yang mempunyai pengalaman sekolah di SMA dan SMK.

Moms, jangan sampai salah merencanakan dana pendidikan anak Anda ya. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya seperti pada video berikut ini!

 

Sudah paham kan sekarang apa yang jadi perbedaan SMA dan SMK? Oia, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman ya.

Siapa tau diluar sana masih banyak yang bingung untuk memilih antara SMA dan SMK. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yugi Al. 3 Maret 2019. Perbedaan SMA dan SMK. Eduspensa.id- https://bit.ly/2XPIrZC
  • Jessica. 23 November 2018. Pilih SMA Atau SMK? Sebelum Memilih, Ketahui Dulu 5 Perbedaannya. Educenter.id- https://bit.ly/2Jnryxr

 

Sumber Gambar:

  • SMA atau SMK 01 – https://bit.ly/2xUGfS0
  • SMA atau SMK 02 – https://bit.ly/30EnfUc

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang