Manajemen operasional sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena berfungsi untuk mengelola semua hal yang berkaitan pada operasional perusahaan.

Tanggung jawab manajer operasional terhadap penghasilan produk ataupun jasa adalah mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi serta mempertimbangkan pengambilan keputusan dan fungsi operasi.

 

Definisi Manajemen Operasional Adalah

Definisi manajemen operasional adalah sebuah bentuk pengelolaan menyeluruh dan optimal dalam penggunaan berbagai faktor produksi mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), barang, mesin, peralatan, bahan baku (raw materials), serta faktor produksi lainnya yang dapat dijadikan sebuah barang atau jasa untuk diperjualbelikan.

Definisi Manajemen Operasional 02 Manajemen Operasi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Manajemen Adalah]

 

Definisi Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi manajemen operasional menurut para ahli. Berikut 5 definisi manajemen operasional menurut para ahli.

 

#1 Eddy Herjanto (2003)

Pengertian manajemen operasional menutur Eddy Herjanto adalah suatu proses berkesinambungan yang efektif dalam menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya dengan efisien untuk mencapai tujuan.

 

#2 Jay Heizer dan Barry Render (2005)

Pengertian manajemen operasional merupakan serangkaian kegiatan yang menghasilkan suatu nilai dalam bentuk barang atau jasa dengan mengubah input menjadi output.

728x90 - Entrepreneur
300x250 Kotak - entrepreneur

 

#3 Pangestu Subagyo (2000)

Pengertian manajemen operasional ialah sebuah penerapan ilmu manajemen untuk mengatur semua kegiatan produksi (operasional) agar dapat dilakukan dengan efisien.

 

#4 William J. Stevenson (2009)

Manajemen operasional menurut William J. Stevenson adalah sebuah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pembuatan produk atau penyediaan jasa.

Ketahui 5 Fungsi dan Pengertian Manajemen Kepemimpinan 04 Pengorganisasian - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Manajemen Keuangan Adalah]

 

#5 Menurut Richard L. Daft (2006)

Pengertian Manajemen operasional menurut Richard L. Daft adalah bidang manajemen yang fokus terhadap produksi barang, dan menggunakan alat serta teknik khusus untuk memecahkan masalah produksi.

 

Tujuan Manajemen Operasional

Terdapat beberapa tujuan dari manajemen operasional. Berikut 5 tujuan dari manajemen operasional.

728x90 - Waralaba
300x250 Kotak - Waralaba

 

#1 Meningkatkan Efisiensi (Efficiency)

Manajemen operasional bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam perusahaan atau organisasi.

 

#2 Meningkatkan Efektivitas (Productivity)

Manajemen operasional juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dalam perusahaan atau organisasi.

 

#3 Mengurangi Biaya (Economy)

Tujuan lainnya dari manajemen operasional adalah untuk mengurangi biaya dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Meningkatkan Kualitas (Quality)

Tujuan manajemen operasional juga untuk meningkatkan kualitas di dalam perusahaan atau organisasi.

 

#5 Mengurangi Waktu Proses Produksi (Reduced Processing Time)

Tujuan manajemen operasional yang terakhir adalah untuk mengurangi waktu proses produksi di dalam sebuah perusahaan.

 

Fungsi Manajemen Operasional

Manajemen operasional memiliki beberapa fungsi. Berikut 4 fungsi dari manajemen operasional.

728x90 - Apartemen
300x250 Kotak - Apartemen

 

#1 Fungsi Perencanaan

Manajer operasional akan menentukan suatu tujuan subsistem operasi dari suatu organisasi dan mengembangkan sebuah program, kebijakan, serta prosedur yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam fungsi perencanaan mencakup penentuan peranan dan fokus dari operasi termasuk dalam perencanaan produk, perencanaan fasilitas, serta perencanaan penggunaan sumber daya produksi.

Merumuskan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Fungsi Manajemen dan Manfaatnya Dalam Perusahaan]

 

#2 Fungsi Pengorganisasian

Dalam fungsi pengorganisasian, manajer operasional akan menentukan sebuah struktur individu, grup, seksi, bagian, divisi, ataupun departemen dalam suatu subsistem operasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

Manajer operasional juga akan menentukan kebutuhan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, manajer operasional juga mengatur wewenang serta tanggung jawab yang diperlukan untuk melaksanakannya.

728x90 - Tanah
300x250 Kotak - Tanah

 

#3 Fungsi Penggerakan

Dalam fungsi penggerakan, manajemen operasional memiliki fungsi yang perlu dilaksanakan dengan memimpin, mengawasi, serta memotivasi karyawan untuk melaksanakan tugas.

 

#4 Fungsi Pengendalian

Fungsi dari manajemen operasional juga untuk mengembangkan sebuah standard serta jaringan komunikasi yang diperlukan agar sebuah pengorganisasian dan penggerakan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Sehingga, dapat mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Manajemen Keuangan Bisnis UMKM Apa Manfaatnya untuk Pemilik Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Fungsi dan Pengertian Manajemen Kepemimpinan]

 

Ruang Lingkup Manajemen Operasional

Terdapat beberapa aspek yang berkaitan dengan ruang lingkup manajemen operasional. Berikut 6 aspek dalam manajemen operasional.

 

#1 Aspek Perencanaan Sistem Produksi

Aspek perencanaan sistem produksi bertujuan agar hasil produksi dapat sesuai dengan harapan konsumen, baik dari segi kualitas, harga, serta keuntungan.

728x90 - Motor
300x250 Kotak - Motor

 

#2 Aspek Pengendalian Produksi

Aspek ini berkaitan dengan pengendalian rencana yang telah dibuat. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga, tujuan yang telah dibuat dapat tercapai dengan baik.

 

#3 Aspek Sistem Informasi Produksi

Dalam aspek ini, informasi yang ada harus diterima dengan baik dan diolah dengan tepat. Sehingga, kegiatan produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Terdapat 3 bagian dalam sistem informasi ini yaitu informasi internal, informasi pelanggan, dan informasi pasar.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4  Aspek Struktural

Aspek struktural adalah aspek tentang pengaturan komponen yang membangun suatu sistem manajemen operasional yang saling berinteraksi satu sama lain.

 

#5 Aspek Fungsional

Aspek fungsional merupakan aspek yang berhubungan dengan manajerial serta pengorganisasian seluruh komponen struktural maupun interaksinya mulai dari perencanaan, penerapan, pengendalian, serta perbaikan agar diperoleh kinerja yang optimal.

Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Manajemen Keuangan Bisnis UMKM Apa Manfaatnya untuk Pemilik Bisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips dan Trik Ampuh Dalam Manajemen Produk dan Manajemen Prioritas]

 

#6 Aspek Lingkungan

Aspek dalam manajemen operasional selanjutnya adalah aspek lingkungan. Sistem pada manajemen operasional perlu untuk memperhatikan perkembangan serta kecenderungan yang berkaitan erat dengan lingkungan.

Sehingga, kegiatan yang diambil dapat memberikan manfaat dalam peningkatan produksi.

 

Beberapa Bidang Kegiatan yang Memerlukan Keahlian Manajemen Operasional

Terdapat beberapa bidang kegiatan yang memerlukan keahlian manajemen operasional. Berikut 5 bidang kegiatan yang memerlukan manajemen operasional.

 

#1 Manajer Pabrik (Plant Manager)

Manajemen pabrik termasuk keahlian pada bidang perencanaan produksi, manajemen pembelian, manajemen persediaan, pengelolaan karyawan, dan pengelolaan sumber daya lainnya memerlukan keahlian dalam manajemen operasional.

 

#2 Direktur Pembelian (Director of Purchasing)

Terkait dengan fungsi pembelian, kemampuan menelaah program penjualan, mengintegrasikan atau membuat keterkaitan dari supplier sampai distributor, serta mengkoordinasi aktivitas operasi, memerlukan keahlian manajemen operasional.

728x90 hitung sekarang - pasangan
300x250 - Hitung Sekarang - pasangan

 

#3 Manajer Mutu (Quality Manager)

Terkait dengan konsep statistik untuk bisa melakukan pengawasan semua aspek operasional.

Hal itu dikarenakan kualitas adalah tanggung jawab bersama antara semua pihak yang terlibat dalam perusahaan terutama pada bagian fungsi operasional. Oleh karena itu manajer mutu membutuhkan keahlian manajemen operasional.

 

#4 Konsultan Perbaikan Proses (Process Improvement Consultants)

Berhubungan dengan design proses, sehingga bisa memberikan berbagai konsultasi tentang perbaikan proses untuk operasi perusahaan.

728x90 hitung sekarang - asuransi
300x250 - Hitung Sekarang - asuransi

 

#5 Manajer dan Perencana Rantai Pasokan (Supply Chain Manager And A Planner)

Manajer dan perencana rantai pasokan bertanggung jawab terhadap negosiasi kontrak jangka panjang antara suatu perusahaan dengan supplier ataupun distributor.

Dengan begitu, maka manajer dan perencana rantai pasokan harus memiliki keahlian dalam material requirement planning, supply chain management, teknologi komunikasi, canggih dalam dunia bisnis, konsep penjadwalan serta persediaan.

 

Manajemen operasional sangat berperan penting dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. Dengan adanya manajemen operasional yang baik maka suatu perusahaan atau organisasi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2019. Manajemen Operasional: Pengertian, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya. Maxmanroe.com – https://goo.gl/YX6uw1
  • Samhis Setiawan. 5 Januari 2019. “Manajemen Operasional” Pengertian Dan (Tujuan – Ciri – Fungsi – Ruang Lingkup – Contoh – Bidang Yang Memerlukan). Gurupendidikan.co.id – https://goo.gl/VoxJWc

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Operasi 1 – https://goo.gl/if2Y4u
  • Manajemen Operasi 2 – https://goo.gl/i5GdAn