Apakah Anda pernah dan menggunakan Mandiri Internet Bisnis atau Mandiri Bisnis? Apakah Anda memiliki kendala dan kesulitan?

Jika Anda masih bingung dalam cara penggunaannya, maka mari simak panduan mudah dalam menggunakan Mandiri Bisnis.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mandiri Internet Bisnis atau Mandiri Bisnis

Bank Mandiri memang memiliki berbagai macam produk layanan yang bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan transaksi dari rekening nasabahnya.

Ya, tujuan utama dari fasilitas yang diberikan Bank Mandiri tersebut adalah tentunya untuk memudahkan nasabah.

Beberapa produk layanan yang dimiliki oleh Bank Mandiri adalah SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking Personal, Mandiri Internet Bisnis, dan Mandiri Corporate Management.

Dari berbagai produk layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri, produk-produk terbagi dalam 2 kelompok yakni untuk personal dan perusahaan.

Produk layanan Bank Mandiri yang untuk personal adalah SMS Banking, Mobile Banking Mandiri, serta Internet Banking Mandiri.

Sedangkan untuk perusahaan, layanan produk Bank Mandiri adalah Mandiri Internet Bisnis dan Mandiri Corporate Management (MCM).

Mandiri Bisnis Panduan Mudah Menggunakan Mandiri Internet Bisnis 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Registrasi Mega Internet Banking]

 

Pada artikel kali ini, rubrik Finansialku akan membahas secara khusus tentang Mandiri Internet Bisnis dan cara penggunaannya.

Mandiri Internet Bisnis (MIB) merupakan produk layanan Bank Mandiri yang ditawarkan kepada nasabahnya untuk bisa melakukan transaksi finansial untuk keperluan perusahaan maupun bisnis.

Sebenarnya, mandiri bisnis ini tidak jauh berbeda dari mandiri internet banking. Yang membedakan keduanya hanyalah prioritas penggunaan untuk perusahaan serta pelaku bisnisnya.

Selain itu, limit transaksi yang diperbolehkan juga berbeda. Limit transaksi mandiri internet bisnis lebih besar jika dibandingkan dengan internet banking biasa.

Di sisi lain, mandiri internet bisnis juga bisa dibuat 2 tingkat pengguna, yaitu maker dan approval. Mandiri internet banking juga harus dibuatkan daftar penerima terlebih dahulu.

 

Cara Registrasi Mandiri Bisnis

Jika Anda mau menggunakan mandiri bisnis tentunya Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Untuk meregistrasi atau mendaftar akun mandiri internet bisnis, Anda harus datang ke kantor Bank Mandiri terdekat.

Prosesnya tidak sulit kok karena hampir sama dengan mendaftarkan internet banking. Namun, terdapat beberapa syarat dan langkah yang Anda perlukan ketika ingin mengajukan mandiri bisnis.

Mandiri Bisnis Panduan Mudah Menggunakan Mandiri Internet Bisnis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Registrasi dan Aktivasi Layanan Internet Banking Permata (PermataNet)]

 

  1. Nasabah bisa melakukan pendaftaran di kantor cabang Bank Mandiri
  2. Nasabah harus melampirkan surat-surat berikut:
    • Untuk perseorangan: KTP dan buku tabungan
    • Untuk bisnis atau perusahaan: Surat Kepemilikan Perusahaan, KTP dan buku tabungan
  1. Nasabah harus mengisi formulir registrasi untuk aplikasi.
  2. Setelah selesai mendaftar, maka selanjutnya nasabah akan diberikan starter pack berupa buku petunjuk penggunaan serta alat token.
  3. Selain starter pack, nasabah juga akan membuat Company ID, user ID serta password pertama kali login yang nantinya akan dikirimkan ke email

 

Cara Menggunakan Mandiri Bisnis

Untuk melakukan transaksi, Anda dapat mengakses melalui alamat website yaitu https://mib.bankmandiri.co.id/sme. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi field company ID, User dan password.

Setelah itu, Anda akan diminta melakukan verifikasi melalui aplikasi di smartphone Anda baik Android ataupun iOS. Kemudian, Anda juga perlu kembali ke proses token challenging jika Anda mau melakukan transaksi keuangan.

Mandiri Call Call Center Mandiri yang Melayani 24 Jam 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gini Lho Cara Aman Pakai Internet Banking!]

 

Cara Membuat Daftar Penerima

Seperti yang telah disebutkan tadi, di Mandiri Internet Bisnis Anda harus memasukkan daftar penerima terlebih dahulu.

Berikut cara membuat daftar penerima:

  1. Log in melalui link: https://mib.bankmandiri.co.id
  2. Masuk ke menu Transfer pada bagian kiri
  3. Masuk ke menu Penerima Khusus
  4. Dari menu-menu tersebut terdapat 3 pilihan pada bagian kanan yaitu:

    1. Antar rekening mandiri: Berarti pihak yang akan menerima memiliki rekening Bank Mandiri atau yang dikenal dengan istilah in-house Jika Anda memilih ini, Anda dapat memasukkan rekening mandiri sebagai rekening tujuan (penerima).
    2. Antar bank domestik: Berarti rekening penerima bukan berasal dari Bank Mandiri, oleh karena itu disebut dengan istilah bank domestik. Anda dapat mengisi rekening bank domestik dan mengisi kolom-kolom yang diperlukan seperti:
      • Nama unik: nama ini tidak harus sama dengan nama yang sebenarnya. Ini hanya untuk mempermudah dalam pencarian daftar penerima rekening atau sebagai pengingat.
      • Informasi tujuan rekening: masukan informasi yang sesuai dengan nomor rekening, pemilik rekening, dan jenis penerima. Data ini harus sesuai agar tidak terjadi penolakan atau retur karena kesalahan informasi yang di input.
      • Kode bank: isi sesuai dari kode bank rekening domestik penerima
      • Notifikasi penerima: Anda akan memasukkan alamat email dengan maksud agar saat transaksi berhasil maka notifikasi akan dikirim ke email yang sudah dimasukkan ke dalam informasi tersebut.
    1. Bank luar negeri: Berarti penerima rekening yang akan dimasukkan ke dalam penerima khusus merupakan rekening penerima yang berada di luar negeri. Jadi, mata uang yang akan dikirimkan adalah selain mata uang rupiah (IDR).

Untuk memasukkan rekening bank luar negeri sama saja caranya dengan antar bank domestik. Namun, sangat disarankan agar Anda memiliki informasi yang akurat agar dana Anda dapat diterima oleh penerima.

 

Cara Mengaktivasi Mandiri Internet Banking 02 Internet Banking 2 - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Gak Ribet, Ikuti Cara Aktivasi IB BRI dan BRI Mobile Sekaligus]

 

  1. Setelah mengisi informasi dan data-data yang diperlukan maka Anda dapat memilih “simpan” atau “simpan dan tambah” jika Anda memasukkan daftar penerima khusus lainnya.
  2. Setelah itu, Anda dapat melakukan approve pada halaman utama pada teks Verifikasi di bagian kanan Mandiri Internet Bisnis. Lakukan proses approve melalui token yang Anda miliki.

 

Contoh Cara Transaksi Transfer

Setelah memasukkan daftar penerima, maka sekarang Anda sudah bisa melakukan transfer.

Contoh cara melakukan transaksi transfer dengan rekening tujuan Bank Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Log in dengan user dan password
  2. Pilih transfer
  3. Pilih transfer antar rekening mandiri
  4. Pastikan nomor rekening sesuai dengan sumber nomor rekening perusahaan.
  5. Lintas mata uang: pilih “tidak” jika Anda akan melakukan transfer dengan jenis mata uang yang sama (IDR).
  6. Pilih daftar tujuan transfer yang ditunjukkan dengan ikon pencarian. Ketika Anda memilih ikon tersebut, maka akan menampilkan daftar-daftar uang sudah Anda buat sebelumnya.

 

Pahami Daftar Mobile Banking Mandiri 02 Mobile Banking 2 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Registrasi dan Aktivasi Internet Banking CIMB Niaga (CIMB Clicks)]

 

  1. Masukan “Deskripsi” tidak lebih dari 20 karakter. Jika memiliki lebih dari 20 karakter maka Anda dapat menambahkannya pada bagian Penjelasan Detail Transaksi.
  2. Waktu pelaksanaan: pada bagian ini Anda bisa menyesuaikan waktu transfer. Hal ini berarti, jika Anda mau mentransfer agar dibayarkan besok maka Anda dapat memasukkan tanggal dan sesi waktu yang ada pada menu tersebut. Namun, jika Anda mau mentransfernya sekarang maka Anda dapat memilih waktu “sekarang”.
  3. Notifikasi: pada bagian ini jika sebelumnya Anda memasukkan penerima khusus dengan memasukkan notifikasi, maka secara otomatis alamat e-mail akan terisi saat Anda memilih daftar penerima rekening.
  4. Setelah mengisi informasi transfer, Anda bisa melanjutkannya dengan memilih informasi pada bagian pojok kanan bawah.

 

Bisa Menggunakan Mandiri Bisnis

Setelah mengetahui panduan mudah dalam menggunakan internet bisnis, tentunya sekarang Anda sudah mengerti bagaimana penggunaan Mandiri Internet Bisnis.

Penggunaan Mandiri Internet Bisnis ini cukup mudah. Mandiri Internet Bisnis ini juga tentunya akan sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis untuk memudahkan melakukan transaksi finansial.

 

Jadi, apakah Anda mau menggunakan mandiri internet bisnis? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Handy Rusandi. 15 Mei 2018. Cara Menggunakan Mandiri Internet Bisnis. Berbagi73.com – https://bit.ly/2OktDib
  • Tommy. 14 Agustus 2015. Login Mandiri Internet Bisnis Untuk Pertamakali. Jaranguda.com – https://bit.ly/30EirxW
  • Cara.co.id. Cara Menggunakan Mandiri Internet Bisnis. Cara.co.id – https://bit.ly/2JFPLPt

 

Sumber Gambar:

  • Mandiri Bisnis 01 – https://bit.ly/2K0vjca
  • Mandiri Bisnis 02 – https://bit.ly/2Yom7Cs
  • Mandiri Bisnis 03 – https://bit.ly/2SNVXI2