Masih Mikir KPR itu Mahal? Ini Alasan Anda Perlu Mengajukan KPR

Apa alasan Anda perlu mengajukan KPR? Hal-hal apa saja yang harus Anda ketahui dalam pengajuan KPR? Temukan informasi tentang KPR ini dalam rubrik Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Harga yang tinggi dan juga berbagai alasan lainnya, seringkali menjadi penyebab mengapa Anda belum juga mengambil fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga saat ini. Sementara di lain sisi, Anda sebenarnya telah sangat atau bahkan wajib memiliki sebuah hunian dalam waktu yang dekat. Memiliki rumah itu sangat penting, terutama jika ternyata Anda telah menikah dan memiliki keluarga sendiri. Anda tentu menginginkan sebuah kenyamanan dan juga rumah tinggal yang layak untuk keluarga Anda, bukan?

Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR?]

 

Penting bagi Anda untuk menyadari bahwa KPR akan membutuhkan waktu pelunasan yang cukup panjang, sehingga semakin cepat Anda mengajukan fasilitas kredit ini, maka akan semakin cepat pula Anda bisa melunasinya. Ketika Anda mengambil fasilitas KPR di usia yang terbilang tidak lagi muda (sekitar 40 tahunan), maka besar kemungkinan Anda belum akan bisa melunasinya ketika Anda memasuki masa pensiun nanti. Jika sudah begini, maka keuangan Anda di usia senja bisa saja terganggu, terutama jika ternyata Anda juga tidak memiliki fasilitas (dana) pensiun yang memadai. Jadi, upayakan untuk mengajukan KPR sedini mungkin.

 

Miliki Alasan yang Tepat untuk Mengajukannya

Mengajukan KPR akan membuat Anda memiliki sejumlah cicilan setiap bulannya, dimana Anda akan memiliki pengeluaran tetap dalam keuangan Anda. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir, apalagi jika ternyata keuangan memang tidak memungkinkan Anda untuk membeli sebuah rumah secara tunai. Selama pengajuan KPR ini dilakukan dengan pertimbangan yang baik, maka Anda akan bisa mengatasi cicilannya dengan baik pula.

Tidak perlu selalu menunda, hanya karena takut cicilannya yang mahal. Ini alasan mengapa pengajuan KPR baik untuk Anda dan juga kehidupan Anda secara keseluruhan:

buktikan-7-strategi-yang-harus-anda-ikuti-agar-kpr-disetujui-bank-finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Strategi yang Harus Anda Ikuti, Agar KPR Disetujui Bank]

 

#1 Segera memiliki hunian tetap

Anda masih tinggal di bersama orangtua? Atau, Anda bahkan masih selalu berpindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya? Hal seperti ini tidak baik untuk Anda, terutama bagi perkembangan anak-anak Anda (jika sudah berkeluarga). Anda membutuhkan kenyamanan, rasa aman, dan bahkan rasa tenang ketika tinggal di sebuah lingkungan. Hal ini akan Anda dapatkan ketika Anda mengajukan KPR.

Anda bisa segera tinggal di rumah yang Anda beli, sehingga Anda tidak perlu menumpang pada orangtua lagi, atau bahkan berpindah-pindah dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya. Ajukan KPR, maka Anda bisa segera menempatinya dan satu masalah Anda selesai.

 

#2 Tujuan keuangan yang tepat

Ketika Anda masih lajang, maka seringkali Anda tidak memikirkan banyak hal di dalam keuangan Anda. Pendapatan Akan menguap dengan cepat, tanpa sebuah perhitungan atau bahkan pertimbangan yang matang. Bukan hanya Anda saja, bahkan mereka yang telah menikah juga kerap melakukannya.

5 Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Kebutuhan Anda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Kebutuhan Rumah Anda]

 

Hindari hal ini dengan cara mengajukan KPR, maka Anda akan memiliki sejumlah pengeluaran tetap setiap bulannya. Keuangan akan lebih terarah, sebab secara langsung Anda akan memiliki tujuan keuangan yang jelas. Alokasikan pendapatan Anda kepada cicilan KPR, sehingga Anda tidak memboroskannya tanpa anggaran yang jelas.

 

#3 Harga yang lebih kompetitif dan menguntungkan

Bagi Anda yang mengajukan KPR lebih cepat, maka Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan harga yang jauh lebih kompetitif dan menguntungkan. Properti adalah salah satu aset yang cenderung mengalami kenaikan yang tinggi setiap tahunnya, sehingga penting bagi Anda mencermati hal ini dengan baik. Jika saat ini Anda membeli rumah seharga Rp500 juta, maka dua tiga tahun ke depan, harganya mungkin saja telah naik menjadi di atas Rp600 juta. Hindari kenaikan harga ini dengan cara lebih cepat membeli rumah idaman Anda tersebut.

 

#4 Pilihan lokasi tinggal yang lebih nyaman

Semakin cepat Anda mengajukan KPR Anda, semakin menguntungkan juga bagi Anda. Bukan hanya dari soal harga, namun Anda juga akan diuntungkan dari pilihan lokasi yang lebih beragam. Ketika Anda mengajukan KPR lebih awal, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk memilih lokasi perumahan yang paling strategis atau bahkan dekat dengan kantor tempat Anda bekerja. Lokasi ini mungkin masih berada di sekitar perkotaan dan tidak jauh ke luar dari wilayah kota yang tentu saja akan membuat Anda kesulitan untuk mencari berbagai kebutuhan pokok Anda setiap minggunya.

Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR?]

 

#5 Peningkatan karier dan motivasi kerja

Mengajukan KPR akan membuat Anda berhadapan dengan sejumlah aturan yang ketat dari pihak bank, salah satunya adalah terkait dengan status kepegawaian dan juga penghasilan minimum yang wajib Anda miliki. Jika Anda memenuhi kriteria tersebut, maka ini bukanlah sebuah masalah. Namun jika tidak, maka Anda bisa menjadikan hal ini sebagai sebuah motivasi besar dalam meningkatkan karir dan juga pendapatan Anda di tempat kerja. Untuk bisa mengajukan KPR, Anda wajib menjadi seorang karyawan tetap terlebih dahulu, ditambah dengan jumlah penghasilan yang memenuhi syarat minimum dari pihak perbankan.

 

#6 Sebagai investasi jangka panjang

Anda masih muda dan tidak ingin direpotkan dengan sejumlah masalah keuangan di masa depan? Mulailah melakukan investasi sejak sekarang, KPR bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang paling tepat. Anda bisa menjadikan rumah Anda sebagai investasi jangka panjang, mengingat nilai aset yang satu ini memang mengalami peningkatan yang stabil dan baik dari tahun ke tahunnya. Bukan hanya itu saja, rumah juga bisa menjadi peninggalan berharga (warisan) bagi keturunan Anda kelak, jadi tidak ada alasan untuk Anda menunda-nunda pengajuan KPR Anda.

tips-mengajukan-kpr-untuk-freelance-atau-pekerja-lepas-1-finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara KPR untuk Freelancer atau Karyawan Kontrak]

 

KPR Bisa Menjadi Solusi

Rumah termasuk ke dalam kebutuhan utama yang wajib Anda penuhi, terutama jika Anda telah berkeluarga. KPR bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki rumah namun hanya memiliki sejumlah dana yang terbatas. Ajukan KPR Anda dan nikmati keuntungan dari produk perbankan yang satu ini bagi kehidupan Anda.

 

Berikan pengalaman Anda saat mengajukan dan melakukan KPR! Anda dapat memberikan komentar pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk share kepada teman terdekat Anda yang ingin membeli rumah agar mereka sama-sama tahu akan informasi ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 16 Januari 2017. Harus Banget Ngajuin KPR? Iya Dong, Ini 6 Alasan Mengajukan KPR. https://goo.gl/lltJJ2

 

Sumber Gambar:

  • Rumah KPR – https://goo.gl/ycPVL5

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download