Apakah kamu mau membangun kekayaan kamu dari sekarang?

Yuk, langsung aja simak trik ampuh membangun kekayaan berikut yang cocok kamu tiru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Membangun Kekayaan Sejak Dini

Halo guys! Siapa sih yang gak mau jadi kaya raya di usia muda? Tentunya kamu mau kan? Namun, untuk menjadi kaya tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam saja lho guys. Ada begitu banyak proses yang harus kamu lewati.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk membangun kekayaan? Waktu yang tepat adalah sekarang.

Membangun kekayaan juga perlu dilakukan sejak dini. Semakin awal kamu membangun kekayaan kamu, maka semakin cepat kamu menjadi kaya.

Tapi bagaimana cara membangun kekayaan ya? Apakah kamu masih bingung? Jika ya, kamu bisa mencoba trik ampuh membangun kekayaan berikut.

Trik Ampuh Membangun Kekayaan 02 Kaya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencapai Kebebasan Keuangan yang Dapat Saya Lakukan?]

 

5 Trik Ampuh Membangun Kekayaan

Artikel ini akan membagikan trik ampuh untuk membangun kekayaan yang cocok kamu tiru. Berikut 5 trik ampuh membangun kekayaan tersebut.

 

#1 Memulai Investasi dari Sekarang

Investasi merupakan hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun kekayaan. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi.

 

Namun, sekarang hal tersebut bukan menjadi alasan. Kamu bisa mulai investasi hanya dengan Rp100 ribu saja.

Biasanya Rp100 ribu hanya untuk 2x minum kopi di cafe kan? Tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan uang Rp100 ribu kamu untuk jadi uang yang lebih produktif.

Kamu bisa mencoba investasi saham dan reksa dana untuk memulai investasi dengan Rp100 ribu saja. Sudah terdapat beberapa sekuritas dan manajemen aset yang menawarkan investasi mulai dari Rp100 ribu saja.

 

Selain itu, jika kamu mempunyai uang lebih kamu bisa mencoba instrumen investasi lainnya. Sekarang sudah ada berbagai macam instrumen investasi yang bisa kamu coba.

Ada investasi saham, reksa dana, emas, obligasi, deposito, P2P (Peer to Peer) lending, dan lain-lain. Kamu bisa memilih investasi yang paling cocok dengan kamu.

Jika kamu adalah investor pemula, maka kamu bisa mencoba investasi reksa dana. Di investasi reksa dana terdapat Manajer Investasi (MI) yang akan mengelola uang kamu.

Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena uang kamu dikelola oleh manajer investasi yang sudah profesional.

Trik Ampuh Membangun Kekayaan 03 Kaya 3 - Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Tapi jika kamu adalah risk taker, kamu bisa mencoba melakukan investasi pada saham. Di saham, kamu sendiri yang akan mengelola portofolio kamu.

Namun dalam berinvestasi saham, setidaknya kamu perlu belajar tentang analisis fundamental dan teknikal dalam investasi saham.

Finansialku juga memiliki ebook mengenai investasi saham dan reksa dana untuk pemula yang bisa kamu download secara gratis lho.

Dengan membaca ebook tersebut maka kamu akan semakin mengenal apa itu investasi saham dan reksa dana. Jadi jangan lupa download ya!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#2 Mempertimbangkan Pekerjaan Sampingan

Masa muda merupakan masa yang masih produktif. Kamu masih memiliki waktu dan tenaga yang cukup. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan masa mudamu dengan sebaik-baiknya.

Salah satu caranya adalah dengan mengisi waktu luang kamu dengan bekerja sampingan. Misalnya, dengan bekerja sebagai freelancer.

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, kamu bisa menjadi driver online.

Tanda Tidak Bisa Kaya 02 Kaya Raya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Beberapa Hal Ini Bisa Anda Pelajari dari The Greatest Showman!]

 

Mungkin terdengar sederhana, tapi penghasilan sebagai driver online cukup lumayan lho! Apalagi waktunya juga lebih fleksibel, kamu bisa menyesuaikannya dengan jadwal kuliah kamu deh. Jadi gak ada salahnya dicoba ya.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menjadi content writer. Dengan menjadi content writer kamu bisa menambah banyak pengetahuan-pengetahuan baru lho.

Menjadi content writer juga waktunya cukup fleksibel, kamu bisa mengerjakannya di waktu luang kamu.

Setelah kamu mendapatkan penghasilan dari pekerjaan sampingan kamu, uangnya bisa kamu investasikan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Menyewakan Rumah Kamu

Jika kamu tinggal di rumah, lalu masih terdapat kamar yang kosong, kamu bisa mencoba untuk menyewakannya. Kamu bisa menyewakannya melalui platform seperti Airbnb.

Dari menyewakan kamar, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Lumayan kan, daripada dianggurkan mending disewakan untuk tambahan penghasilan.

 

#4 Membuat Anggaran

Membuat anggaran mungkin terdengar sudah klasik ya. Namun, anggaran itu sangat penting. Anggaran berguna agar kamu tidak menggunakan uang kamu hingga melebihi batas kemampuan kamu.

Dengan adanya anggaran keuangan, maka pengeluaran kamu juga lebih terkontrol. Namun, tidak hanya membuat anggarannya saja ya. Kamu juga harus mengikuti anggaran kamu.

Jika kamu mengikuti anggaran kamu secara tertib dan teratur, maka kemungkinan besar kamu akan terhindar dari utang, bisa mencapai tujuan keuangan kamu, dan tentunya bisa menabung dan berinvestasi.

Oleh karena itu, kamu harus tekun dan tertib untuk mengikuti anggaran kamu ya guys. Tenang saja, ketekunan kamu pasti membawakan hasil kok.

Sekarang kamu bisa membuat anggaran dengan mudah lho. Kamu bisa menggunakan fitur anggaran di Aplikasi Finansialku yang tentunya akan sangat membantu kamu.

Kamu bisa download Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Hidup Dengan Gaya Hidup Dibawah Kemampuan Kamu

Dari anggaran kamu, kamu bisa melihat berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk kebutuhan kamu seperti makanan, minuman, membayar uang sewa rumah atau kos dan lain-lain.

Kamu bisa mencoba untuk mengurangi biaya-biaya yang kurang perlu. Jadi, kamu bisa mencoba hidup dengan gaya hidup dibawah kemampuan kamu ya. Dengan begitu, maka kamu bisa menabung dan berinvestasi lebih banyak.

Tanda Tidak Bisa Kaya 03 Kaya Raya 2 - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: 8 Langkah Mudah Menjadi Seorang Entrepreneur Sejati]

 

Meniru Cara Membangun Kekayaan

Setelah mengetahui beberapa cara membangun kekayaan yang cocok kamu tiru, tentunya juga akan membantu kamu untuk menjadi kaya di usia muda.

Kamu bisa melakukan beberapa cara diatas untuk membangun kekayaan kamu dari sekarang.

Tentunya dibutuhkan ketekunan, usaha dan kerja keras dalam membangun kekayaan. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah ya guys. Tetap semangat dan semoga berhasil!

 

Jadi trik ampuh membangun kekayaan yang mana yang akan kamu lakukan? Atau apakah kamu memiliki trik ampuh membangun kekayaan lainnya?

Yuk, langsung aja berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga bisa membagikan artikel ini ke teman-teman kamu agar bisa membangun kekayaan sejak dini juga. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Thank you guys.

 

Sumber Referensi:

  • Rachel Morgan Cautero. 5 November 2018. The Best – and Worst – Cities for Millennials to Earn a Living. Thebalance.com – https://goo.gl/snizVH

 

Sumber Gambar:

  • Kaya 1 – https://goo.gl/db2YdD
  • Kaya 2 – https://goo.gl/3v225a
  • Kaya 3 – https://goo.gl/7xiG3C