Bagaimana cara membangun kepercayaan diri agar dapat menghadapi tantangan baru agar hidup semakin sejahtera dan tenteram? Berikut ini beberapa saran yang akan dipaparkan oleh Finansialku.com. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri atau Self confidence merupakan sikap keyakinan terhadap penilaiannya atas kemampuan diri sendiri dan sikap yang dapat merasakan adanya kepantasan untuk berhasil. Kepercayaan diri atau self confidence diartikan sebagai perilaku yang membuat seorang individu memiliki pandangan positif dan realistis mengenai diri mereka sendiri dan situasi di sekelilingnya. Ada juga yang mengatakan bahwa self confidence adalah suatu keyakinan seseorang untuk mampu berperilaku sesuai dengan harapan dan keinginannya.

anda-tidak-percaya-diri-mengelola-keuangan-keluarga-ini-solusinya-finansialku

[Baca Juga: Anda Tidak Percaya Diri Mengelola Keuangan Keluarga? Ini Solusinya]

 

Ada beberapa sudut pandangan dan pengertian/definisi kepercayaan diri dari berbagai para ahli tentang, yaitu:

  • Menurut ahli Psikologi, Sigmund Fred, kepercayaan diri adalah sesuatu tingkatan rasa sugesti tertentu yang berkembang dalam diri seseorang sehingga merasa yakin dalam berbuat sesuatu.
  • Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling, percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan.
  • Menurut Lie, Seseorang yang percaya diri dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan tahapan perkembangan dengan baik, merasa berharga, mempunyai keberanian, dan kemampuan untuk meningkatkan prestasinya, mempertimbangkan berbagai pilihan, serta membuat keputusan sendiri merupakan perilaku yang mencerminkan percaya diri.
  • Menurut Lauster, kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakan yang dilakukannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Lauster menggambarkan bahwa orang yang mempunyai kepercayaan diri memiliki ciri-ciri tidak mementingkan diri sendiri (toleransi), tidak membutuhkan dorongan orang lain, optimis dan gembira.

Membangun Kepercayaan Diri agar Hidup Lebih Sejahtera dan Tenteram 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia]

 

Ciri-ciri Seseorang yang Percaya Diri

Berikut ini beberapa ciri-ciri individu yang mempunyai rasa kepercayaan diri proporsional, yaitu:

  1. Percaya akan kompetensi/kemampuan diri sendiri. Orang yang memiliki kepercayaan diri tidak membutuhkan pujian, pengakuan, penerimaan atau hormat orang lain. Mereka mempercayai kompetensi/kemampuan yang mereka miliki. Oleh sebab itu, mereka bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah dibuat sendiri serta yakin atas kemampuan sendiri dan tidak terpengaruh oleh orang lain.
  2. Tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis demi diterima orang lain atau kelompok. Sikap konformis yaitu sikap atau perilaku yang sesuai dengan harapan atau keinginan masyarakat atau sesuai dengan norma sosial yang berlaku di masyarakat tersebut. Artinya, mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
  3. Berani menerima penolakan orang lain, berani menjadi diri sendiri. Orang yang percaya diri akan menunjukkan sikap kepercayaan terhadap kemampuannya sendiri. Kadang kala mereka tidak membutuhkan bantuan orang lain dan berani untuk menerima kondisi jika mereka ditolak orang lain. Umumnya, orang yang percaya diri memiliki pegangan hidup yang cukup kuat dan mampu mengembangkan motivasi.
  4. Punya pengendalian diri yang baik (tidak moody dan emosinya stabil). Orang yang percaya diri mampu mengatur emosi yang ada di dalam dirinya. Mereka tidak akan terbawa oleh arus kondisi dan situasi. Mereka juga memiliki keyakinan atas peran yang dihadapi.
  5. Memiliki Internal Locus of Control, artinya mereka dapat memandang keberhasilan atau kegagalan, bergantung pada usaha diri sendiri dan tidak mudah menyerah pada nasib atau keadaan serta tidak bergantung mengharap bantuan orang lain. Orang yang percaya diri mau bekerja keras untuk mencapai kemajuan.
  6. Mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri, orang lain dan situasi diluar dirinya. Mereka akan menghargai diri secara positif (tanpa berpikir negatif) bahwa mereka mampu melakukan dan menghadapi segala situasi.
  7. Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri, sehingga ketika harapan itu terwujud, mereka tetap mampu melihat sisi positif dirinya dan situasi yang terjadi.

Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri 1 - Finansialku

[Baca Juga: Menjadi Kaya dengan Memberikan Sugesti Pada Diri Sendiri]

 

Ini Tanda Seseorang yang Memiliki Kepercayaan Diri

Beberapa tanda berikut ini yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menumbuhkan rasa percaya diri seseorang sebagai berikut. Jika seluruh tanda ini ada pada diri Anda, maka Anda memiliki kepercayaan diri yang sangat baik.

 

#1 Pengevaluasian Diri

Mulailah belajar menilai diri sendiri secara objektif dan jujur. Pelajari kendala dan masalah yang selama ini menghalangi dalam perkembangan diri sendiri. Misalnya pola berpikir yang keliru, motivasi yang lemah, kurangnya disiplin terhadap diri sendiri, kurangnya kesabaran dan ketekunan, selalu bergantung pada orang lain atau sebab-sebab eksternal lain. Memang dalam mengevaluasi membutuhkan waktu, jika tidak dimulai dari sekarang, mau kapan lagi? Malah Anda akan mengulur-ulur waktu jika tidak mencobanya dari sekarang untuk mengevaluasi diri sendiri.

 

#2 Penghargaan yang Jujur Pada Diri Sendiri

Sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang dimiliki. Mengabaikan/meremehkan satu saja prestasi yang pernah diraih berarti mengabaikan atau menghilangkan satu jejak yang membantu diri sendiri dalam menemukan jalan yang tepat menuju masa depan.

 

#3 Berpikir Positif

Cobalah memerangi setiap asumsi prasangka atau persepsi negatif yang muncul dalam benak diri sendiri. Semakin besar dan menyebar pola pikir negatif maka semakin sulit dikendalikan dan dihentikan.

 

#4 Self-affirmation 

Selfaffirmation adalah penegasan dalam diri sendiri. Untuk memerangi pikiran negatif, gunakan Self-affirmation yaitu berupa kata-kata yang membangkitkan rasa percaya diri. Contohnya, saya pasti bisa, saya bangga pada diri sendiri, saya pasti dapat, atau saya dapat menyelesaikan tugas, dan lain sebagainya. Hal ini akan membangkitkan semangat Anda dan kepercayaan diri dalam menghadapi situasi apapun.

 

#5 Berani Mengambil Risiko

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi termasuk memiliki keberanian untuk mengambil risiko saat melakukan pilihan-pilihan dalam hidupnya. Risiko merupakan suatu bagian dari tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai gerbang keberhasilan yang akan dicapai.

Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Cara Sukses untuk Anda yang Seorang Penyendiri dan Kurang Gaul]

 

Kekuatan dari Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri berawal dari diri sendiri dan dukungan dari orang lain. Kepercayaan diri dapat mengubah seseorang yang biasanya tidak berani dalam menghadapi sesuatu. Dengan adanya kepercayaan diri, seseorang menjadi lebih yakin dan mampu dalam menghadapi atau mengerjakan sesuatu.

 

Kepercayaan diri memungkinkan seseorang dalam meraih setiap mimpi dan harapannya. Apakah Anda termasuk orang yang sudah memiliki kepercayaan diri? Anda dapat memberikan tanggapan dan pertanyaan pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk membagikan setiap informasi penting dari artikel-artikel Finansialku.com kepada orang-orang yang Anda kenal. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muchlisin Riadi. Kepercayaan Diri. Kajianpustaka.com – https://goo.gl/jxWcoj

 

Sumber Gambar:

  • Self Confidence – https://goo.gl/JJnhg6 dan https://goo.gl/OwjjER

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang