Punya jiwa entrepreneur dan tertarik membuat bisnis startup, tapi belum tahu harus mulai dari mana?

Pelajari lebih dalam panduan membuat bisnis startup untuk pemula dari artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengenal Bisnis Startup

Membuat bisnis startup terutama bagi milenial kini sedang marak.

Banyak yang mencoba keberanian dan peruntungan mereka di dunia bisnis, tapi tak banyak diantara mereka yang tetap bertahan untuk melewati masa krisis dan menjadi sebuah bisnis yang semakin berkembang dan meraup keuntungan besar.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 02 Bisnis Startup 2 - Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan untuk Startup Founder Agar Tetap Fokus Membesarkan Baby Startup]

 

Di era kemajuan teknologi dimana dunia kerja telah dipadati oleh generasi milenial, tantangan dalam membuat sebuah startup akan berbeda dari generasi sebelumnya.

Banyak milenial yang memiliki jiwa entrepreneur ingin mencoba keberanian mereka dalam membuat startup tapi tidak tahu mau mulai dari mana.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai panduan membuat startup untuk pemula, sudah tahukah kamu apa arti dari startup itu sendiri?

Startup adalah proses memulai sesuatu, dalam hal ini adalah bisnis. Penggunaan istilah startup ini menjadi semakin marak dan viral ketika populernya internet sebagai wadah bisnis online.

 

Membuat Bisnis Startup

Startup pendahulu sejak zaman milenial telah memiliki pengalaman dan mengembangkan usaha mereka melewati rintangan dalam persaingan dunia usaha yang pelik.

Mereka terkadang harus “membakar uang” untuk melihat kebutuhan pasar dan potensi produk barang/jasa yang menjadi peluang usaha sukses demi memenangkan kompetisi usaha.

Sebut saja bisnis jasa transportasi seperti Gojek, Grab sebagai startup yang kini masih terus bertahan dalam persaingan global dan berusaha menjadi mitra setia di hati masyarakat melalui produk jasa transportasi yang mereka usung.

Belum lagi startup lainnya yang bergerak dalam bidang digital memasarkan produk mereka untuk menjadi jawaban atas kebutuhan publik.

Itu baru startup lokal yang berkembang dan dikenal di masyarakat secara nasional.

Jack Ma pemilik Alibaba, Ma Hua Teng penggagas dan owner dari WeChat, Mark Zuckerberg dengan Facebook andalannya yang mendunia, mereka contoh dari para entrepreneur sukses yang memulai dari startup kecil dan berkembang hingga dikenal secara nasional dan internasional.

Jika startup telah berkembang dan melebarkan sayap mereka dengan inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat secara luas, biasanya keuntungan akan terus berlipat kali ganda.

Mau membuat startup bisnis? Simak beberapa tips yang akan kita bahas berikut ini yang bisa menjadi landasanmu dalam membuat dan memulai sebuah startup yang bisa bersaing di dunia bisnis global dan bahkan bisa go internasional sejajar dengan kompetitor kelas kakap.

 

#1 Niat yang Kuat

Tanpa niat yang kuat, segalanya tentu akan sulit. Contoh sederhananya adalah ketika kamu ingin bangun pagi untuk olahraga. Niat seperti janji kepada diri sendiri untuk ditepati.

Ketika kita ingin mendapatkan badan yang sehat tapi tidak ada niat yang kuat untuk melakukannya, hanya sekadar kemauan, nampaknya itu tidak akan bisa terealisasi.

‘Jika ada niat, disitu ada jalan’, Apakah kamu meyakini kalimat tersebut tepat? Pernahkah kamu berpengalaman untuk membuat niatmu menjadi sebuah keberhasilan?

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 03 Bisnis Startup 3 - Finansialku

[Baca Juga: HRD dan Startup Founder Perlu Tahu Kompensasi dan Benefit untuk Karyawan]

 

Kekuatan sebuah niat akan semakin ditempa dengan datangnya tantangan, rintangan dan masalah yang bahkan bisa mengancam bisnismu yang sedang naik daun.

Melihat kesuksesan seorang Mark Zuckerberg dalam mengembangkan bisnis Facebooknya, dia pun sempat mengalami yang namanya putus kuliah.

Dengan niat yang kuat dan mengetahui secara pasti bahwa tantangan akan membuatnya naik level ke jenjang yang lebih tinggi, itulah yang menjadi doping atau vitamin sehingga startup-nya berkembang hingga siapa yang tak kenal Facebook? siapa yang tidak punya akun Facebook?

Jejaring Facebook memang dikenal mendunia melalui niat kuat dari seorang Zuckerberg.

Tetapkan niatmu dengan mengetahui perencanaan keuangan yang tepat. Kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

#2 Tujuan yang Jelas

Tujuan yang jelas adalah layaknya kita akan bepergian ke suatu tempat dengan destinasi yang jelas dan tak lepas dengan waktu tempuh serta menyesuaikan dengan batasan waktu untuk mencapai tempat yang dituju.

Misalnya, saat kita akan pergi ke kantor, tempat tujuan sudah jelas, adalah kantor dengan alamat tertentu, selanjutnya kita menyesuaikan dengan waktu tempuh untuk menuju kantor.

Jika jam masuk kantor adalah jam 8, maka gambaran kondisi jalan harus ada didalam pikiran kita. Apakah jalan yang dilalui untuk menuju ke kantor lancar atau melalui daerah-daerah yang rawan macet.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 04 Bisnis Startup 4 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Bertahan dan Menangani Perusahaan Startup yang Mengalami Krisis Keuangan]

 

Tujuan yang jelas ini membuat arahan menjadi jelas. Layaknya startup, apa tujuanmu melalui startup itu?

Secara umum, setiap pengusaha tentu memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Tapi dengan tujuan yang jelas, ini akan membuat kita tetap berdiri ketika topan melanda startup yang sedang kita rintis, terutama dalam tahun-tahun awal masa perintisan.

Tujuan yang tidak jelas membuat kita mudah menyerah. Tujuan yang tidak jelas membuat kita berpaling ke bisnis lainnya yang “sepertinya” lebih menjanjikan.

Tujuan yang tidak jelas membuat kita gampang untuk mengakhiri perjuangan.

 

#3 Tetapkan Ide Bisnis

Ada banyak ide bisnis yang bisa dikerjakan, tapi permasalahannya adalah kamu perlu menetapkan bisnis yang long last alias berkelanjutan. Kamu tentu tidak mau kan berpindah-pindah lahan bisnis dalam waktu yang relatif dekat.

Ini tergantung dari tujuan yang jelas yang telah kita bahas sebelumnya dan terkait dengan passion dalam dirimu. Misalnya, apa yang kamu senangi. Dari sebuah hobi, bisa menjadi ide bisnis dan kamu garap menjadi lahan subur yang menjanjikan.

Meski dalam masa paceklik sekalipun, jika itu adalah usaha yang kamu senangi, kamu enjoy melakukannya dan kembali lagi bahwa ini adalah passion-mu, maka kamu akan tetap melakukannya dengan tidak merasa terbebani.

Mereka yang menjalani bisnis dari sebuah hobi akan menikmati pekerjaan mereka. Coba ide bisnis dari hobi yang kamu sukai.

 

#4 Tetapkan Perencanaan Bisnis

Setelah masuk melewati tahap memiliki niat yang kuat, tujuan yang jelas dan ide bisnis, tahap selanjutnya adalah jabarkan ketiganya tersebut di atas ke dalam rencana yang jelas dan konkret, kalau bisa secara tertulis.

Ini layaknya menjabarkan visimu kedalam sebuah misi, rentetan rencana strategi yang akan menjadi sarana kamu mencapai tujuan bisnis yang telah kamu tetapkan. Tujuan yang jelas membuat rencana bisnismu lebih terejawantahkan dengan secara mendetail.

Solusi dan Panduan Membuat Bisnis Startup Untuk Pemula 05 Bisnis Startup 5 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Mau Rintis Bisnis Startup di Mana? Ini Keuntungan Pakai Coworking Space!]

 

Dalam prosesnya, tentu kamu akan melewatkan beberapa hal. Tidak perlu khawatir, nikmati saja prosesnya dan evaluasi sesering mungkin dari setiap langkah perencanaan bisnis yang kamu jalankan di lapangan.

Ada banyak teori yang perlu diuji kebenarannya di lapangan bukan?

Oleh sebab itu, lakukan prosesnya dan miliki pengalaman untuk mengevaluasi apa yang tidak sesuai sehingga rencana akan semakin mengerucut, menjurus dan semakin mengarah kepada pengembangan bisnis dan tujuan besar dari bisnismu.

Mengenai keuangan, bagaimana perencanaan keuangan startup-mu. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis dengan Panduan dari Finansialku. Kamu bisa membaca ebook Pentingnya mengelola keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Miliki Tim yang Solid

Berdua lebih baik daripada sendiri. Kerja kelompok akan menghasilkan sebuah dampak yang lebih besar daripada hanya bekerja seorang diri.

Sebuah lidi tidak akan cukup berguna untuk menyapu. Tetapi ketika lidi itu disatukan dengan lidi-lidi lainnya, maka akan menghasilkan sinergi yang sangat baik, lebih efektif dan efisien untuk membersihkan dan menyapu.

Hanya sekadar memiliki tim saja tidaklah cukup. Kesatuan hati untuk memiliki visi, misi, tujuan ide dan arahan yang jelas dalam melangkah satu track yang sama akan membuat setiap beban menjadi terasa ringan.

Ini adalah komposisi inti dari sebuah tim. Perbedaan pendapat yang mendasar dari komposisi inti ini akan berdampak pada kinerja tim yang tidak kompak dan target akan sulit untuk dicapai. Tim yang solid membuat kerjasama menjadi lebih bersinergi.

 

#6 Survei Pasar                                                                     

Setelah memiliki ide bisnis, perlu dibarengi dengan tes pasar. Apakah produk barang atau jasa yang kamu dan tim-mu akan eksekusi itu adalah sebuah kebutuhan yang diperlukan masyarakat atau bahkan sebaliknya.

Tentukan segmen dari pasar yang akan kalian tuju.

Apakah itu adalah memasarkan game online dengan pasar hampir di segala umur, atau kalian membuat startup yang menjual barang-barang kebutuhan salah satu segmen pasar secara mengerucut misalnya produk perlengkapan bayi dan anak-anak, dan lain sebagainya.

Kamu bisa lihat data dari berbagai sumber seperti melalui internet atau langsung melakukan survei ke pasar yang kalian tuju.

 

#7 Manfaatkan Jaringan Internet

Jaringan internet yang kini semakin berkembang ternyata banyak berdampak positif untuk berbagai sektor, termasuk dalam dunia bisnis dan wirausaha.

Kini memasarkan barang tidak perlu secara fisik membawa barang dagangan kepada orang-orang, dari pintu ke pintu.

Hanya dengan jaringan internet pada komputer, laptop atau gadget smartphone, kamu bisa memasarkan barangmu secara luas, bahkan produkmu bisa diakses di belahan dunia lainnya.

Dengan adanya internet, banyak kegiatan manusia jadi semakin ringan. Mencari barang, mencari informasi, mencari hal-hal yang tidak diketahui, banyak orang kini menggunakan mesin pencari online.

Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak memiliki pasar secara luas, bukan?

 

#8 Gunakan Komunitas dan Relasi Dekatmu

Inilah gunanya memiliki relasi yang luas dan komunitas yang tidak itu-itu saja. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan menjalin hubungan secara luas dapat membantu startup yang sedang kamu kembangkan.

Tak menutup kemungkinan orang-orang terdekatmu mengenalkan produk dari startup-mu kepada orang lain yang mereka kenal jika mereka tahu bahwa produkmu memiliki kualitas yang baik.

 

#9 Lakukan Secara Konsisten

Tanpa konsistensi, setiap pekerjaan tentu tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Konsisten membuat seseorang meningkat, semakin sukses dan berhasil.

Konsisten perlu dibangun sejak startup-mu masih kecil. Ketika kamu dapat mengerjakan sesuatu secara konsisten dalam cakupan yang kecil, kamu akan terbiasa dengan hal itu dan berkembang dengan sendirinya.

Sebelum ke tahap startup, sudahkah kamu konsisten dengan keuangan dan arus kas pribadimu sendiri? Apakah kamu terbiasa untuk mencatat pengeluaran harian tanpa terlewat dan mencocokkan anggaran dengan pengeluaran bulanan?

Apakah kamu taat dengan anggaran bulanan yang telah kamu buat? Konsisten dalam hal kecil, artinya kamu siap untuk sebuah level yang lebih besar bertaraf startup.

Awali dan kembangkan konsistensimu melalui pencatatan keuangan sehari-hari dengan bantuan Aplikasi Finansialku. Unduh secara gratis melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store dan nikmati fasilitas trial-nya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kamu dapat mengakses fitur yang akan memudahkanmu dalam mencatat keuangan harian, membuat anggaran, merencanakan dana membeli barang, dana liburan dan lainnya.

Ayo coba sekarang juga, mencatat keuangan menjadi lebih praktis dengan bantuan Aplikasi Finansialku di genggamanmu.

 

#10 Perbesar & Kembangkan Bisnis

Keuntungan yang kamu hasilkan sebagai startup tentu akan membuatmu lebih memacu diri untuk lebih baik dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Para pebisnis sukses mengerti betul bahwa bisnis mereka perlu dikembangkan melalui keuntungan yang telah mereka dapatkan, bukan untuk dihabiskan secara konsumtif meskipun itu adalah keuntungan pribadi.

Lihat peluang untuk mengembangkan bisnismu misalnya dengan membeli perlengkapan yang lebih baik atau lebih canggih untuk meningkatkan kualitas produk.

Seperti sebuah warung penjaja makanan yang memiliki lapak kecil, seiring waktu mereka menyewa sebuah ruko dan akhirnya menjadi franchise yang membuka banyak gerai toko dimana-mana.

Kembangkan keuntungan bisnis juga bisa melalui investasi, sebuah instrumen yang dipercaya untuk meningkatkan keuntungan berlipat kali ganda.

Pelajari bagaimana melipatgandakan uangmu dari investasi dan pelajari seluk beluk berinvestasi dengan membaca ebook Panduan Berinvestasi Saham bagi pemula di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Bisnis Startup untuk Pemula

Memang tidak mudah untuk membuat sebuah startup dan mengembangkannya. Banyak orang juga sudah memulainya tapi tetap saja tak sedikit yang gulung tikar dan beralih ke bidang lain.

Terutama kamu yang pemula dan baru mengenal dunia bisnis startup tentunya perlu mempelajari bisnis ini lebih dalam dan menyeluruh agar bisa memanfaatkan berbagai peluang dan terhindar dari kerugian nantinya.

Pelajari kembali tips yang sudah dijelaskan di atas dan mulailah bisnis dengan perencanaan serta persiapan menghadapi berbagai resiko dengan matang. Semangat!

 

Menurutmu, apa yang menjadi kendala yang sangat mendasar dari membuat sebuah startup? Apa yang membuat seseorang bisa terus bertahan dengan startup yang ia bangun dan terus berkompetisi di dunia wirausaha?

Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga bisa membagikan informasi mengenai cara membuat startup di atas kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Ani Kustini. 3 Agustus 2015. 10 Cara Membuat Startup Bisnis Mulai dari Nol Hingga Sukses. Carainvestasibisnis.com – https://goo.gl/LhokRn

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Startup – https://goo.gl/od8unF
  • Bisnis Startup 2 – https://goo.gl/EKaNgr
  • Bisnis Startup 3 – https://goo.gl/ZM2gXs
  • Bisnis Startup 4 – https://goo.gl/ggw1nB
  • Bisnis Startup 5 – https://goo.gl/YUUA77