Selalu ada cara memulai usaha kembali dari nol jika mendapati kegagalan. Jangan menyerah, karena gagal merupakan risiko dalam usaha.

Setiap pengusaha pasti menginginkan usaha yang sukses dan berjalan lancar. Namun ada kalanya, usaha mengalami kegagalan.

Untuk menjadi pengusaha handal memang tidak mudah, namun bukan berarti kamu harus menyerah. Simak cara untuk kembali bangkit dari kegagalan usaha dalam artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Bangkrut Bukan Akhir dari Segalanya

Bangkrut merupakan hal yang paling menakutkan bagi para pengusaha. Bagaimana tidak, usaha yang sudah dirintis dari nol hingga jangka waktu yang lama pada akhirnya harus merugi dan kandas begitu saja.

Namun kegagalan seperti mengalami kebangkrutan merupakan risiko usaha yang paling mendasar. Itulah mengapa tidak pernah ada yang mengatakan bahwa menjadi seorang pengusaha adalah hal yang mudah.

Pengusaha yang andal akan melalui jatuh bangun, bahkan merasakan bangkrut terlebih dahulu sebelum akhirnya sukses. Mengapa demikian?

Karena hanya pengusaha sejati yang benar-benar tahan banting dan dapat bangkit dari keterpurukan. Bahkan mereka yang bangkit dari kegagalan dapat berhasil dengan usaha yang jauh lebih menguntungkan!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Cara Memulai Kembali Usaha yang Sudah Bangkrut

Tidak ada kata menyerah dalam kamus dunia usaha. Selalu ada hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan.

Walaupun sulit namun bukan berarti mustahil, bukan? Pengusaha yang baik merupakan pengusaha yang dapat kembali bangkit dari kegagalan.

Kali ini, Finansialku akan membahas cara memulai kembali usaha yang telah bangkrut. Tidak ada kata terlambat. Pelajari caranya dan terapkan dalam usahamu.

 

#1 Belajarlah Menerima Kenyataan

Ada kalanya rencana tidak berjalan mulus seperti yang kamu inginkan, termasuk rencana untuk sukses dalam usaha yang tengah kamu rintis.

Belajarlah untuk mengambil pelajaran di balik setiap kegagalan dan berbesar hati menerima kenyataan. Meskipun berat, namun apa yang terjadi sudah terjadi.

Jangan Menyerah! Coba Cara Memulai Usaha yang Sudah Bangkrut Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Motivasi Robert T. Kiyosaki: Orang-orang Sukses Tidak Takut Gagal]

 

Lagi pula, kamu tidak akan dapat berpikir untuk mulai merintis kembali usaha barumu jika kamu belum mengakui bahwa usahamu yang sebelumnya telah mengalami kegagalan. 

Terimalah kenyataan dan anggaplah bahwa kegagalan adalah guru yang terbaik. Bukan berarti dengan menerima kamu menjadi pasrah dan menyerah.

Justru kamu harus bangkit dan mencari jalan keluar terbaik agar apa yang kamu perjuangkan selama ini tidaklah sia-sia. If it’s not good, it’s not the end. Nikmati prosesnya dan tetap berusaha.

 

#2 Hanya Usahamu yang Gagal, Hidupmu Tidak Gagal

Pola pikir yang satu ini harus benar-benar tertanam di benakmu. Perumpamaannya, jika kamu sedang belajar memasak lalu masakanmu gosong maka bukan kamu yang gagal, tapi masakanmu.

Masakanmu memang akan dibuang, tapi kamu masih dapat memasak menu berikutnya. Baik itu menu yang lain ataupun menu yang sama dengan cara masak yang berbeda.

Catatan yang paling penting di sini adalah kamu harus berpikir bahwa bangkrut tidak menjadikan hidupmu gagal secara keseluruhan. Usaha boleh gagal tapi kamu tidak gagal.

Justru kegagalan usaha di masa lalu dapat mengajarkanmu cara baru dalam mengusahakan sesuatu.

 

#3 Tetaplah Berfikir dan Melihat Sisi Positif dari Sebuah Masalah

Pikiran sangat berpengaruh terhadap apa yang benar-benar terjadi. Maka, jangan pernah sekalipun berpikir bahwa bangkrut adalah akhir dari segalanya.

Jika kamu berpikiran negatif, secara tidak langsung kamu akan menghambat kesuksesanmu sendiri. Fokuslah pada pikiran yang positif agar kamu tetap bersemangat melakukan yang terbaik.

Aura positif sangat dibutuhkan untuk menjadi pengusaha karena tanpanya, kamu akan mudah menyerah. Roda terus berputar, begitupun denganmu.

Tidak ada kondisi yang menetap selamanya, termasuk kegagalanmu. Segala sesuatu ada waktunya asalkan kamu tetap bergerak.

 

#4 Kumpulkan Niat untuk Kembali Bangkit

Niat adalah kunci utama untuk kamu yang ingin hidup lebih baik. Ketika kamu sudah menerima kegagalan dan mengambil sisi positif dari kegagalan yang terjadi, kumpulkanlah niat untuk bangkit.

Tanpa niat, penerimaan dan pandangan positifmu tidak akan terwujud secara nyata.

Jangan Menyerah! Coba Cara Memulai Usaha yang Sudah Bangkrut Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Amancio Ortega, Pebisnis Sukses dan Bos Zara]

 

Hal yang paling berat untuk dilakukan adalah ketika harus kembali menjajaki dunia usaha saat pengalaman paling pahit di dunia yang sama sudah kamu rasakan.

Namun niat dapat mengalahkan segalanya. Move on! Lihatlah ke depan dan bersemangatlah karena kegagalan hanyalah sukses yang tertunda.

 

#5 Cari dan Pelajari Akar dari Kegagalan Usaha

Selalu ada alasan mengapa sebuah usaha mengalami kegagalan. Apakah manajemen yang buruk, pemasaran yang tidak efektif, pengelolaan sumber daya atau bahkan keuangan yang kurang baik, dan masih banyak lagi.

Cari akar permasalahannya dan pelajari mengapa hal itu dapat terjadi. Hal ini dibutuhkan agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan dan kamu dapat lebih berhati-hati dalam mempertimbangkan strategi usaha dan mencari solusi terbaik.

 

#6 Jangan Pernah Berhenti Belajar

Pengetahuan adalah salah satu sumber kesuksesan terbesar. Karena orang yang mengerti banyak hal dapat memenangkan banyak hal, termasuk dalam usaha.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, tidak ada alasan untuk tidak belajar. Banyak informasi yang dapat mendukung usahamu jadi jangan pernah berdiam.

Pelajari semua pengetahuan yang berkaitan erat dengan usaha yang kamu jalani. Gali informasi, entah menggunakan internet atau dengan bertanya pada para senior yang sudah berpengalaman.

Karena pengalaman adalah guru bisnis yang sangat berharga, maka tanyakanlah pengalaman para senior yang sudah pernah melalui masalah serupa namun bangkit dan kembali berjaya.

 

#7 Selalu Jeli Melihat Peluang

Peluang akan selalu ada, namun dibutuhkan mata yang benar-benar jeli dalam menangkap peluang tersebut. Jika kamu sudah belajar dari kesalahan usahamu di masa lalu, seharusnya kamu dapat membaca peluang untuk usaha mendatang.

Pastikan peluang tersebut benar-benar tepat untuk perkembangan bisnismu dengan melakukan analisa secara mendalam.

Kalau sudah yakin, tangkap dan jalani peluang tersebut sesegera mungkin karena kesempatan tak datang dua kali.

 

#8 Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Keberhasilan usaha tidak terlepas dari analisa minat pasar. Perlu diketahui bahwa minat pasar akan terus berubah mengikuti perkembangan zaman.

Maka, diperlukan pengusaha yang pintar dan cepat dalam menangkap kemauan mereka untuk menjalani strategi pengembangan usaha dari waktu ke waktu.

Jangan terlalu merasa diri paling benar dan melakukan sesuatu tanpa melihat lingkungan sekitar. Bersikaplah selektif dalam memulai usaha baru dengan memprediksi kemauan pasar lebih baik lagi.

Zaman terus berkembang, usahamu pun demikian.

Jangan Menyerah! Coba Cara Memulai Usaha yang Sudah Bangkrut Ini! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Entrepreneur! 5 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Anda Tetap Bangkrut]

 

#9 Asah Kreativitas dan Terus Lakukan Inovasi

Agar usaha tetap berjalan, inovasi demi inovasi harus selalu dilakukan. Persaingan usaha sangat ketat, produk atau jasa yang begitu-begitu saja sudah banyak ditawarkan oleh pengusaha lainnya.

Sehingga, apa yang membedakan usahamu dan usaha lainnya? Bidang usaha boleh sama tapi inovasi jelas berbeda. Dengan begitu, publik dapat memilih usahamu karena merasa bahwa kamu memiliki sesuatu yang berbeda.

Berinovasilah dengan cerdas agar omzet usaha dapat meningkat pesat. Terkadang, kamu hanya perlu berani mengambil langkah baru untuk bisa bangkit dari kegagalan.

 

#10 Lakukan Optimalisasi Jam Kerja

Setelah menemukan peluang yang tepat dengan analisa pasar yang benar, saatnya bekerja lebih giat daripada sebelumnya!

Bukan berarti setelah usaha mengalami kebangkrutan, kamu malah bermalas-malasan dan pasrah dengan keadaan. Business must go on!

Bangkit dan optimalkan jam kerjamu agar tetap produktif. Jangan menyia-nyiakan waktu yang ada karena waktu tidak dapat diulang. Miliki tekad yang kuat dan tetaplah berjuang untuk meraih sukses.

 

#11 Mulailah dari Bisnis dengan Skala yang Lebih Kecil

Pengusaha-pengusaha besar yang dapat kamu lihat saat ini sebagian besar mengawali usahanya dari bisnis yang kecil. Jadi, jangan pernah gengsi untuk memulai usaha kecil-kecilan.

Walaupun usahamu yang sebelumnya mungkin merupakan usaha yang besar, namun lebih baik kamu memulai usaha berikutnya dengan skala yang lebih kecil.

Jangan Menyerah! Coba Cara Memulai Usaha yang Sudah Bangkrut Ini! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Ampuh Jadi Wirausaha Muda Mandiri, Mau Tahu?]

 

Hal ini untuk meminimalkan kerugian yang mungkin dapat kembali terjadi karena bisnis selalu memiliki potensi rugi.

Ditambah, dana yang kamu miliki sekarang pun mungkin tidak sebesar dana awal usaha sebelumnya, karena posisimu yang sempat merugi.

Tidak apa-apa, segala sesuatu yang besar selalu bermula dari hal-hal kecil. Asalkan kamu giat dan selalu bekerja keras.

 

#12 Manfaatkan Aset yang Tersisa

Barang-barang usaha yang sebelumnya kamu gunakan jangan sampai dibiarkan tidak terpakai begitu saja. Selamatkan sisa asetmu dan kelola dengan baik.

Kamu bisa menyewakannya kepada orang lain yang membutuhkan barang tersebut. Nantinya, penghasilan yang kamu dapatkan dari penyewaan aset dapat kamu gunakan untuk tambahan modal usaha berikutnya.

Atau, jika aset yang ada masih dapat dimanfaatkan untuk usaha berikutnya maka gunakanlah. Aset seperti tempat, sisa bahan baku, mesin dan lain-lain akan sangat bermanfaat.

 

#13 Perluas Mitra, Kembangkan Usaha

Mitra merupakan rekan bisnis yang akan sangat menunjang keberhasilan sebuah usaha. Mereka akan membantumu dalam mengejar ketertinggalan dan memudahkan segala sesuatu yang kamu butuhkan.

Itulah mengapa keberadaan mitra sangat diperlukan.

Diperlukan koneksi yang luas dan hubungan yang baik untuk akhirnya dapat menjalin kerjasama. Carilah mitra yang memiliki usaha pada bagian-bagian tertentu yang kamu butuhkan.

Bekerja samalah untuk meringankan bebanmu dan kamu pun ikut menguntungkan mereka. Win-win solution!

 

#14 Selalu Kelilingi Diri dengan Energi Positif

Lingkungan akan berpengaruh besar terhadap pola pikir dan cara seseorang bekerja. Maka, pastikan kamu dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki pemikiran-pemikiran positif untuk membantumu bangkit.

Jangan menghabiskan waktu berada di lingkungan yang hanya mencibir dan menilai kegagalanmu sebagai sebuah kesalahan karena adanya kerugian yang besar.

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang terus mendukung dan menyemangati kerja kerasmu yang selama ini kamu lakukan. Energi positif dibutuhkan agar pikiran dan tindakanmu juga menjadi positif.

 

#15 Turunkan Standar Gaya Hidup

Mungkin pada awalnya, usahamu berjalan lancar dan kamu mampu membeli setiap hal yang kamu inginkan. Namun kini, tidak lagi demikian.

Simpan tabunganmu sebaik mungkin dan jangan pernah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak betul-betul dibutuhkan.

Jika kamu terbiasa dengan bersikap royal, poin ini akan cukup sulit dilakukan. Apalagi jika kamu merasa bahwa tabungan kamu masih cukup banyak dan rasa gengsi masih melekat. Cobalah berpikir panjang.

Daripada menghabiskan uang untuk keinginan sementara, lebih baik gunakan uang tersebut sebagai tambahan modal untuk usaha. Percayalah, hidup sederhana tetap bisa terasa menyenangkan.

 

#16 Berusaha Sambil Berdoa

Terakhir, jika semua poin sudah dilakukan maka kamu hanya perlu terus berusaha dan berdoa dalam keadaan apapun. Jangan pernah lelah melakukan dua hal ini.

Kamu harus yakin kalau usaha yang kamu lakukan tidak pernah mengkhianati hasil. Sisanya, serahkan pada Tuhan Sang Pencipta.

Kesuksesan dan kegagalan terjadi atas kehendak Sang Pencipta, bukan? Maka selalu mohonkan yang terbaik pada Ilahi. Maksimalkan usaha dan jangan berhenti berdoa, niscaya setiap usahamu akan dipermudah.

Untuk menambah motivasi kamu untuk bangkit, simak tips sukses ala Jack Ma berikut ini.

 

Jangan Menyerah, Kegagalan Hanyalah Sukses yang Tertunda

Banyak hal yang dapat kamu pahami ketika kamu pernah gagal dalam usaha yang mana tidak akan kamu temukan ketika usahamu baik-baik saja dari semula.

Kegagalan mengajarkan banyak hal, salah satunya dengan membuatmu menjadi manusia yang lebih kuat, bijaksana, dan tentunya cerdas dalam dunia usaha.

Karena semakin jauh kamu jatuh, semakin tinggi kamu akan melambung. Tidak pernah ada kata gagal untuk pengusaha sejati karena gagal hanya akan dialami oleh orang-orang yang menyerah.

Jangan putus asa, tetaplah bersemangat! Finansialku siap menjadi asisten keuanganmu dalam membantu merencanakan keuangan yang kamu butuhkan untuk usaha selanjutnya.

Download aplikasinya sekarang dan bersama wujudkan mimpi usaha yang masih tertunda!

playstore icon
appstore icon

 

Demikian ulasan mengenai cara memulai usaha yang sempat gagal. Jika kamu pernah mengalami kegagalan usaha, tuliskan pengalamanmu di kolom komentar untuk menginspirasi pengusaha lainnya yang tengah berjuang.

Bagikan pula artikel ini kepada rekan-rekanmu yang sedang berupaya untuk bangkit. Ingatlah bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Tetap semangat!

 

Sumber Referensi:

  • Tri. 10 Cara Bangkit Dari Kebangkrutan Usaha. Astaga.com – https://bit.ly/30o7ELm

 

Sumber Gambar:

  • Cara Memulai Usaha 1 – https://bit.ly/2UmoJBO
  • Cara Memulai Usaha 2 – https://bit.ly/2CJXuee
  • Cara Memulai Usaha 3 – https://bit.ly/3cEKyTm
  • Cara Memulai Usaha 4 – https://bit.ly/3f3SkYp
  • Cara Memulai Usaha 5 – https://bit.ly/3ibRDi1