Bingung bagaimana menabung saham untuk karyawan? Apakah Anda salah satunya? Nah, menabung saham bisa menjadi kunci sukses dalam investasi.

Mari pahami tips menabung saham untuk karyawan dari Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menabung Saham untuk Karyawan

Sekarang ini sudah ada berbagai macam instrumen investasi. Ada investasi saham, reksadana, emas, obligasi, deposito, dan lain sebagainya. Salah satu investasi yang diminati oleh banyak orang adalah investasi saham.

Apa itu saham? Saham adalah kepemilikan atas suatu perusahaan. Sekarang ini sudah ada ratusan perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang bisa Anda beli sahamnya.

Jika perusahaan mendapatkan keuntungan, maka pemilik saham juga akan mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, tentunya banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar dari investasi saham ini.

Investasi saham sekarang tidak terlalu identik dengan para petinggi kantoran ataupun orang yang bergaji besar. Jika Anda pekerja kantoran biasa, Anda tetap bisa mencoba menerapkan cara menabung saham sebagai salah satu alternatif investasi bulanan.

Dengan menabung saham juga merupakan cara cerdas berinvestasi saham. Namun, Anda tetap harus memahami peluang dan risiko yang terjadi. Jangan terlalu mudah tergiur dengan penawaran yang menjanjikan tanpa menganalisa terlebih dahulu ya.

Modal yang diperlukan untuk bisa berinvestasi saham juga sangat terjangkau. Investasi saham bisa dilakukan hanya dengan modal Rp100 ribu saja, sangat terjangkau kan?

Pahami Tips Menabung Saham Untuk Karyawan Supaya Sukses Investasi! (1)

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Selain itu, sekarang berinvestasi saham juga sudah jauh lebih mudah. Jika dulu, Anda mau melakukan transaksi pembelian atau penjualan saham maka Anda harus menelepon broker terlebih dahulu. Sedangkan sekarang, Anda dapat melakukannya sendiri.

Anda bisa melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan secara online melalui perusahaan sekuritas (broker). Tentunya untuk dapat melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan Anda harus memiliki akun di perusahaan sekuritas (broker) terlebih dahulu ya.

 

6 Tips Menabung Saham

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi tips-tips menabung saham untuk karyawan agar sukses berinvestasi. Berikut 6 tips menabung saham untuk karyawan.

 

#1 Menentukan Target ke Depan

Sebelum mulai berinvestasi, Anda harus mengetahui tujuan investasi Anda terlebih dahulu dan kapan Anda akan membutuhkan dana tersebut kembali.

Anda perlu mengetahui bahwa pasar saham tidak memiliki jaminan yang pasti kapan Anda bisa menarik kembali modal yang telah Anda investasikan. Apalagi, jika Anda membeli saham-saham yang kurang liquid.

Jika Anda sudah menentukan target untuk masa depan Anda maka, Anda dapat mengetahui seberapa banyak dana yang Anda perlu investasikan di saham atau menabung saham. Tentunya, jangan lupa untuk mempertimbangkan dana pendidikan, kesehatan, pensiun, dan lain sebagainya.

 

#2 Memahami Toleransi Risiko

Toleransi risiko merupakan sudut pandang serta rasa cemas yang ada ketika Anda berhadapan dengan suatu risiko. Faktor toleransi risiko ini sangat berperan ketika Anda menentukan suatu tindakan. Dalam kata lain, tingkat toleransi risiko ini dapat digambarkan dalam profil risiko.

Pahami Tips Menabung Saham Untuk Karyawan Supaya Sukses Investasi! (2)

[Baca Juga: Risiko dari Investasi]

 

Pada umumnya, terdapat 3 jenis profil risiko yaitu, profil risiko konservatif, moderat, dan agresif. Yang dimaksud dengan profil risiko konservatif adalah tipe orang yang memiliki toleransi risiko yang rendah atau dalam kata lain takut mengambil risiko.

Untuk profil risiko moderat adalah orang yang cenderung berani mengambil risiko yang lebih besar namun tetap berhati-hati dalam memilih instrumen investasi. Biasanya profil risiko moderat akan membatasi jumlah investasi pada instrumen investasi yang berisiko. Sedangkan untuk profil risiko agresif adalah orang yang berani mengambil risiko. 

Jika Anda sudah mengetahui tingkat toleransi atau profil risiko yang Anda miliki maka, Anda dapat menyesuaikan instrumen investasi yang akan Anda pilih.

 

#3 Membuat Akun Broker Online

Broker merupakan perantara untuk suatu transaksi termasuk transaksi jual atau beli saham. Jika transaksi sudah berhasil, maka broker akan mendapatkan komisi dari orang yang menggunakan jasanya.

Anda tidak bisa bertransaksi jual beli saham tanpa membuat akun broker. Oleh karena itu, Anda harus membuat akun broker untuk bisa berinvestasi saham ya. Jika Anda sudah memiliki akun broker maka Anda dapat mencari berbagai jenis investasi seperti saham dan reksadana.

Pahami Tips Menabung Saham Untuk Karyawan Supaya Sukses Investasi! (3)

[Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan: Yuk Nabung Saham VS Yuk Investasi Reksa Dana]

 

Namun, Anda jangan asal memilih broker ya. Terdapat beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih broker.

Beberapa diantaranya adalah angka komisi yang rendah, dana yang Anda miliki, seberapa sering Anda melakukan transaksi saham, serta jasa seperti apa yang Anda harapkan.

 

#4 Memahami Dasar-Dasar Pasar Saham

Untuk sukses menabung saham, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar mengenai pasar saham. Terdapat beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Istilah dan definisi keuangan, misalnya Price Earning Ratio (PER), Earning Per Share (EPS), Return on Equity (ROE), serta Compound Annual Growth Rate (CAGR)
  • Teknik membeli saham pada waktu yang tepat
  • Jenis pesanan pasar saham
  • Beragam akun investasi

 

#5 Memilih Saham yang Akan Anda Beli

Setelah Anda mempersiapkan segala kebutuhan teknis dan non-teknis, maka tiba saatnya Anda untuk membeli saham. Salah satu cara terbaik sebagai langkah awal untuk membeli saham adalah dengan menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan yang sudah Anda kenali.

Anda sangat disarankan untuk berinvestasi pada perusahaan yang ingin Anda miliki, bukan perusahaan yang akan Anda perkirakan akan naik sahamnya.

Jangan lupa untuk membaca laporan tahunan perusahaan tersebut, kemudian Anda dapat membandingkannya dengan semua informasi yang tersedia pada website broker tempat Anda membuat akun.

 

#6 Menentukan Banyaknya Saham yang Dibeli dan Jenis Pemesanan

Untuk langkah pertama pembelian saham, Anda tidak perlu terburu-buru serta langsung membeli dalam jumlah yang banyak ya. Anda dapat mengawali pembelian saham dalam jumlah kecil terlebih dahulu agar Anda dapat memahami cara kerja investasi saham tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu memahami jenis pemesanan saham yang Anda lakukan. Terdapat beberapa istilah yang perlu Anda pahami, berikut rinciannya:

  • Ask: Harga yang diajukan oleh penyedia saham
  • Bid: Harga yang diajukan oleh calon pembeli saham
  • Spread: Selisih harga bid tertinggi dan ask terendah
  • Market Order: Permintaan untuk membeli atau menjual saham sesegera mungkin dengan harga yang tersedia
  • Limit Order: Permintaan untuk membeli atau menjual saham pada suatu harga spesifik
  • Top (atau stop-loss) order: tanda ini muncul ketika saham mencapai harga tertentu. Pesanan pasar akan dijalankan dan seluruh pesanan akan diperbarui degan harga yang berlaku.
  • Stop-limit order: Ketika harga stop tercapai maka perdagangan berubah menjadi limit order dan sampai pada titik ketika batas harga spesifik tercapai.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Karyawan Sukses Menabung Saham

Setelah mengetahui berbagai tips menabung saham untuk karyawan, maka sekarang tiba saatnya untuk mempraktikannya. Dengan disiplin, kesabaran, dan pengetahuan tentang saham maka dapat membantu Anda untuk sukses dalam menabung saham. Yuk, menabung saham!

 

Tadi Anda sudah baca tips menabung saham untuk karyawan dari Finansialku bukan? Nah, ada yang tidak kalah bermanfaat yaitu 5 Kunci Sukses Investasi Saham ala Lo Keng Hong, SI Warren Buffet Indonesia! Anda bisa tonton videonya di bawah ini:

 

 

Jadi, apakah Anda mau menabung saham? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia. Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tsalis Annisa. 16 Desember 2019. 6 Cara Menabung Saham untuk Pekerja Kantoran. Ekrut.com – https://bit.ly/3akoTji

 

Sumber Gambar:

  • Menabung Saham Untuk Karyawan 01 – https://bit.ly/2RfJ2PW
  • Menabung Saham Untuk Karyawan 02 – https://bit.ly/2RjJUmW
  • Menabung Saham Untuk Karyawan 03 – https://bit.ly/36fKaHF