Anda sendang mencari partner bisnis waralaba? Yuk disimak, karena Finansialku akan berikan cara cerdas untuk mencari partner yang baik.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Cara Cerdas Mencari Partner Bisnis Waralaba

Memiliki partner selama menjalankan bisnis waralaba adalah salah satu kunci penting untuk membuat bisnis Anda berkembang.

Bahkan, walaupun Anda telah memiliki layanan yang baik, produk-produk berkualitas serta dikenal cukup baik, tetapi tanpa adanya partner hal-hal tersebut masih belum cukup.

Terlebih lagi, partner kerja tidak hanya sekedar untuk memperluas sayap bisnis Anda saja, tetapi juga akan sangat membantu ketika bisnis yang Anda bangun mengalami kemacetan atau tidak kunjung berkembang.

Tetapi tentu hal ini hanya akan terjadi jika Anda memiliki partner yang baik.

Lalu pertanyaannya, “Bagaimana caranya saya bisa mendapat partner bisnis yang baik?”

Cari Teman untuk Partner Bisnis Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Teman untuk Partner Bisnis? Ini 10 Hal yang Harus Dipertimbangkan]

 

Hal ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, mengingat Anda harus memilih partner yang tepat dan bisa bekerja sama dalam kurun waktu yang tentunya tidak singkat.

Selain itu, tentu bukan hanya Anda seorang saja yang sedang mencari partner kerja, tetapi Anda juga perlu bersaing dengan pebisnis waralaba lainnya.

Nah… oleh karena itu, jika Anda masih bingung bagaimana caranya memilih partner bisnis waralaba yang tepat, berikut kami berikan cara cerdas yang bisa Anda lakukan.

 

#1 Manfaatkan Internet Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman sudah semakin berubah, dan alat-alat yang kita gunakan sudah semakin canggih dari waktu ke waktu.

Dengan demikian, sudah seharusnya Anda juga menggunakan cara yang lebih modern dalam merekrut partner kerja Anda, dan salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan internet.

Kini dengan internet ada banyak platform yang dapat Anda akses untuk mencari rekan bisnis, baik itu media sosial seperti Instagram, Facebook, atau pun platform-platform lainnya.

Yang memang dikhususkan untuk hal-hal berbau bisnis, seperti halnya Linkedln.

Dan sesungguhnya aplikasi-aplikasi seperti ini tidak hanya digunakan oleh orang-orang yang hendak mencari partner kerja saja, tetapi juga ada begitu banyak orang yang menggunakannya untuk mencari sebuah pekerjaan.

Dalam beberapa aplikasi seperti Linkedln, orang yang mencari pekerjaan biasanya menyertakan profil lengkapnya, termasuk keahlian dan pengalaman kerja yang ia miliki.

Dengan begitu, Anda tentu akan menjadi lebih mudah dalam mencari partner yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang Anda tetapkan.

Lalu apa yang perlu Anda lakukan agar mereka mau direkrut oleh Anda?

 

Pertama adalah membuat sebuah laman yang benar-benar meyakinkan dan profesional.

Meskipun mencari rekan bisnis dengan memanfaatkan internet bertujuan untuk memudahkan Anda, tetapi bukan berarti Anda dapat melakukannya dengan asal-asalan saja.

Anda perlu membuat orang-orang merasa tertarik dengan bisnis yang Anda tawarkan.

Untuk itu buatlah sebuah iklan yang menarik, tetapi juga jujur dan akurat sehingga mereka bisa memahami bisnis Anda dengan baik.

Untuk melakukannya Anda bisa mulai dengan mencari kata kunci yang efektif agar memudahkan mereka dalam mencari halaman Anda.

Menggunakan gambar yang menarik, atau pun melibatkan hal-hal visual lainnya.

Semakin menarik dan professional halaman yang Anda buat, maka semakin besar kesempatan Anda dalam mendapatkan partner bisnis waralaba yang tepat.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#2 Manfaatkan Hubungan yang Sudah Anda Bangun Sebelumnya

Cara cerdas selanjutnya ialah dengan memanfaatkan hubungan yang telah Anda bangun sebelumnya, untuk mencari partner waralaba yang baru.

Contohnya seperti ini, kebanyakan orang yang terlibat dalam bisnis waralaba akan menggabungkan diri dalam satu atau beberapa komunitas yang memiliki tujuan untuk membuat bisnis waralaba semakin berkembang.

Dalam komunitas ini, Anda bisa saling ber-kolaborasi dengan anggota lainnya, sehingga bisnis yang Anda jalankan bisa menjadi semakin inovatif.

Nah… sebenarnya, selain fokus pada tujuan utama tersebut, Anda sendiri juga dapat memanfaatkan hubungan dengan komunitas ini untuk mencari partner bisnis waralaba yang baru.

“Lalu apa keunggulan dari menggunakan cara ini?”

 

Alasannya sangat sederhana, Anda tentunya setuju bahwa yang bergabung dalam komunitas waralaba tentunya adalah orang-orang yang sudah ikut terjun dalam dunia bisnis waralaba.

Dan kemungkinan besar adalah orang-orang yang ahli atau telah berpengalaman.

Dengan begitu, Anda memiliki sebuah kesempatan yang besar untuk membangun hubungan kerja sama dengan orang-orang yang berkualitas, dan bukan orang yang masih belum paham apa-apa soal bisnis waralaba.

Kualitas dari partner waralaba Anda memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perkembangan bisnis waralaba Anda.

Oleh karena itu bisa juga dikatakan bahwa semakin berpengalaman atau berkualitas orang-orang yang Anda rekrut untuk menjadi partner, maka akan semakin besar juga peluang Anda dalam membuat bisnis berkembang.

“Lalu bagaimana cara saya untuk merekrut mereka?”

 

Mungkin Anda akan mengajukan pertanyaan seperti itu.

Mengingat tidak mudah untuk merekrut orang-orang yang handal dan membuat mereka mau menjalin hubungan bisnis.

Terlebih jika Anda hanya mengandalkan diri sendiri dalam merekrut orang-orang tersebut.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa satu atau dua orang broker yang dapat membantu Anda dalam merekrut partner bisnis.

Anda perlu menemukan broker yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan bisnis Anda kepada banyak orang, dan tentunya Anda juga perlu melengkapi mereka dengan informasi lengkap mengenai perusahaan Anda.

Yes… hal ini memang membuat Anda harus mengeluarkan sedikit dana yang Anda miliki.

Namun jika dengan hal ini Anda bisa mendapat partner waralaba dan bisnisnya pun berkembang, tentu bukan hal yang merugikan jika Anda membayar satu atau dua orang broker.

 

#3 Promosikan Melalui Pelanggan Anda

Pelanggan Anda pastinya adalah orang-orang yang paling mengenal produk atau pun layanan yang Anda tawarkan dalam bisnis Anda.

Nah… namun bagaimana cara Anda memandang para pelanggan selama ini?

Apakah menurut Anda mereka hanya sekedar konsumen yang membantu Anda untuk memenuhi pundi-pundi uang saja.

Kalau Anda benar-benar berpikir seperti itu, sebaiknya mulai sekarang cobalah memandang pelanggan dengan cara yang berbeda.

Mengapa demikian?

Alasannya, pelanggan Anda sebenarnya bisa Anda libatkan untuk mengembangkan bisnis waralaba Anda, hingga menjadikan beberapa orang diantara mereka sebagai partner waralaba.

Daftar Ide Bisnis Kreatif yang Paling Diminati dan Jarang Diketahui! 03

[Baca Juga: Tips Mengembangkan Bisnis Waralaba Supaya Makin Untung]

 

Yang perlu Anda lakukan ialah memperkenalkan bisnis Anda dengan lebih mendetail kepada pelanggan Anda.

Sehingga mereka mendapat kesempatan untuk mengenal dan mempelajari waralaba.

Dan yang lebih pentingnya lagi, Anda perlu mulai membangun hubungan yang lebih erat dari hanya sekedar produsen dan konsumen saja.

Ketika Anda melibatkan mereka dan telah membangun hubungan yang erat, sudah tentu pelanggan akan menjadi lebih loyal dengan bisnis Anda.

Mereka bisa saja dengan sukarela turut memperkenalkan usaha Anda kepada orang-orang disekitar-nya, dan bisa saja Anda mendapat seorang partner kerja diantara mereka.

 

#4 Menggunakan Layanan dari Portal Utama

Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan partner bisnis ialah dengan menggunakan layanan portal utama waralaba digital.

Yes… Anda memang perlu membayar dengan harga yang cukup mahal jika menggunakan layanan ini.

Namun meskipun demikian jika Anda dapat menggunakan layanan ini dengan tepat, tentu akan membawa keuntungan bagi usaha waralaba Anda.

Nah… untuk cara yang satu ini, Anda perlu membuat halaman Anda menjadi lebih terlihat profesional.

Seperti menghindari kesalahan-kesalahan dalam pengejaan kata, tata bahasa yang digunakan, logo atau merek bisnis waralaba, dan hal-hal lainnya.

Dengan begitu, halaman Anda akan terlihat lebih menarik rasa percaya dari orang-orang yang ingin bekerja sama dengan Anda.

Buat Anda yang masih belum berpengalaman dalam memanfaatkan portal ini, Anda tidak perlu khawatir! Pasalnya, dengan menggunakan layanan ini Anda akan mendapat panduan yang baik dan lengkap, sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaannya.

 

Beberapa Hal yang Perlu Anda Persiapkan Saat Mencari Partner Bisnis Waralaba

SELAMAT! Sekarang Anda sudah mengetahui 4 cara cerdas mencari partner bisnis waralaba yang terjamin!

Tetapi selain mengaplikasikan 4 cara diatas, Anda juga sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu beberapa hal yang ada di bawah ini.

 

#1 Materi yang Akan Anda Sampaikan

Untuk merekrut orang lain agar mau memiliki hubungan bisnis dengan Anda, tentunya Anda perlu membuat mereka yakin.

Maka dari itu, Anda perlu mempersiapkan materi yang nantinya akan Anda sampaikan kepada orang-orang yang akan Anda rekrut.

Materi yang dimaksud sebenarnya lebih mengarah kepada informasi-informasi yang mereka butuhkan, atau juga disebut sebagai prospectus penawaran waralaba.

Nah beberapa materi yang perlu Anda persiapkan ialah:

1. Identitas Anda

Identitas Anda sebagai seorang pemilik usaha perlu dipersiapkan, seperti Kartu Tanda Penduduk, paspor, dan Kartu Keluarga dalam bentuk fotokopi.

Jika usaha tersebut hanya dijalankan oleh Anda seorang, maka tentunya hanya identitas Anda saja yang dibutuhkan.

Tetapi apabila usaha tersebut berbentuk badan usaha, maka Anda perlu menyertakan identitas dari para pemegang saham, direksi dan komisaris-nya juga.

 

2. Surat Izin Usaha

Surat izin usaha yang Anda miliki sangat diperlukan dalam membuat prospectus, baik itu Surat Izin Usaha Perdagangan, atau pun Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata dan jenis surat izin usaha lainnya.

 

3. Struktur Organisasi

Di sini Anda diminta untuk menampilkan bagaimana struktur organisasi Anda sebagai pemberi waralaba, mulai dari pemilik jabatan tertinggi hingga para bawahan yang ada dalam organisasi tersebut.

 

4. Sejarah Kegiatan Usaha dan Laporan Keuangan

Sejarah kegiatan usaha ialah uraian yang menjelaskan tentang proses berdirinya usaha, kegiatan yang dilakukan, hingga program pengembangan usaha.

Anda juga perlu melampirkan laporan keuangan dari usaha yang Anda jalankan, yaitu untuk 2 tahun terakhir.

 

5. Jumlah Tempat Usaha dan Daftar Penerima Waralaba

Anda perlu memberi informasi yang lengkap mengenai jumlah tempat usaha yang Anda miliki, serta alamat tempat-tempat usaha tersebut, baik itu berupa gerai atau pun bentuk yang lain.

Anda juga perlu menampilkan daftar penerima waralaba Anda, serta alamat mereka.

 

6. Hak dan Kewajiban Anda dan Partner

Dalam bisnis waralaba yang Anda bangun, setiap yang terlibat tentunya memiliki hak dan kewajiban yang berbeda-beda bukan?

Maka dari itu, pastikan Anda telah menjelaskan-nya secara lisan atau membuatnya dalam bentuk surat.

Agar setiap pihak dapat mengetahui dengan baik apa yang menjadi haknya dan apa yang menjadi kewajibannya.

 

#2 Membuat Rencana Bisnis

Anggaplah bahwa saat ini Anda telah memiliki seorang yang cocok untuk dijadikan partner bisnis waralaba, dan ia pun setuju untuk bekerja dengan Anda.

Lalu apa jadinya jika Anda belum memiliki sebuah rencana bisnis yang akan Anda lakukan bersama ke depan nya?

Tentunya akan menjadi sia-sia saja Anda buru-buru merekrut seorang partner bisnis.

Maka dari itu, buatlah sebuah rencana bisnis terlebih dahulu, baik itu program yang akan dilakukan atau pun tujuan yang ingin Anda capai.

Jika Anda memiliki posisi sebagai seorang pemberi waralaba dan mencari partner yang nantinya akan menjadi penerima waralaba.

Maka Anda perlu membuatnya bersama-sama dengan orang yang Anda rekrut itu.

Pebisnis, Ini Lho Cara Mengukur Kebahagiaan Karyawan Anda 03 - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Menarik Bisnis Waralaba, Bisnis Simpel yang Menggiurkan]

 

Namun pada posisi ini, yang membuat rencana bisnis adalah si penerima waralaba, dan Anda hanya bertugas untuk mengawasi.

Alasannya, apabila yang membuat rencana adalah si penerima maka harapannya ia membuat sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ia miliki, sehingga kemungkinan besar tujuan tersebut akan tercapai.

Tetapi lain cerita lagi jika rencana atau target dari bisnis tersebut dibuat oleh Anda sang pemberi waralaba.

Bisa saja jika nantinya target tidak dapat tercapai dan bisnis tidak berjalan sesuai dengan rencana, bisa saja penerima waralaba malah menuntut Anda karena membuat sebuah target yang mustahil untuk dicapai.

Hal-hal seperti ini akan mempengaruhi bisnis waralaba Anda, tentunya dengan dampak-dampak yang negative.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menjadi lebih berhati-hati dalam membuat perjanjian.

 

#3 Terus Meningkatkan Merek Bisnis Anda

Sebagai pengusaha waralaba, tentunya Anda memiliki sebuah merek yang diperkenalkan kepada pelanggan Anda.

Nah untuk membangun hubungan bisnis dengan banyak orang, meningkatkan merek merupakan hal yang perlu sekali untuk Anda lakukan.

Meningkatkan merek yang dimaksud ialah membuat merek Anda semakin dikenal baik oleh banyak orang, dan diakui sebagai sebuah usaha yang berkualitas.

Anda perlu membangun merek Anda agar bisa melampaui para pesaing Anda dalam bisnis tersebut, dan membuatnya jauh lebih menonjol.

Dengan demikian, Anda tidak hanya akan mendapat kepercayaan dari para pelanggan, tetapi juga dapat menarik perhatian rekan kerja Anda.

Ketika Anda mampu melakukan hal-hal yang hebat dengan merek Anda, maka bisa saja ke depannya Anda tidak perlu sibuk lagi untuk mencari partner bisnis waralaba.

Tetapi sebaliknya merekalah yang akan datang dan menawarkan diri kepada Anda.

 

#4 Periksa Kembali Hubungan Anda dengan Partner Bisnis yang Ada

Dari 4 cara mencari partner yang telah kita bahas di atas, salah satunya ialah dengan memanfaatkan hubungan bisnis yang sudah Anda miliki saat ini.

Lalu bagaimana mungkin Anda dapat melakukan cara tersebut jikalau hubungan yang Anda miliki sebenarnya belum memuaskan?

Maka dari itu, sebelum keluar dari tempat Anda dan pergi mencari partner bisnis yang baru, sebaiknya periksa kembali hubungan yang telah Anda bangun selama ini.

Lihat apakah mitra kerja Anda sudah benar-benar merasa puas dengan hubungan kerja yang ia bangun dengan Anda, atau malah ia merasakan yang sebaliknya?

Hal ini sebenarnya lebih mengarah kepada “memperbaiki diri”, yaitu memperbaiki apa yang selama ini telah Anda lakukan.

Apabila ternyata hubungan kerja sama yang telah Anda miliki masih belum memuaskan, maka cari dan perbaiki kesalahan-kesalahannya.

Hal ini sangat penting mengingat orang lain juga akan menilai bisnis Anda dari cara Anda bekerja sama dengan mitra Anda.

Apabila mereka melihat bahwa setiap yang menjadi mitra Anda merasa puas, maka mereka juga akan semakin tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.


 

Jadilah Pebisnis yang Kreatif

Dari pembahasan kita kali ini, jelas bahwa untuk mendapat partner bisnis waralaba yang tepat benar-benar tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tetapi Anda perlu melakukan usaha yang maksimal. Oleh karena itu, jadilah seorang pebisnis yang kreatif.

Agar Anda dapat memanfaatkan hal-hal yang Anda miliki untuk mendapatkan partner bisnis, serta membuat bisnis waralaba Anda semakin berkembang.

 

 

Sampai disini saja pembahasan kita kali ini, dan apabila Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman mengenai mencari partner bisnis waralaba, Anda dapat menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Menawarkan Waralaba. Vranchiseacademyindonesia.com – https://bit.ly/3m0lDQ3
  • Martin McDonald. 21 Mei 2018. 7 Smart Marketing Strategies that Attract Franchisees. Vdigitalservices.com – https://bit.ly/2F8JSuI
  • Randy Wright. 4 Ways to Find Great Franchise Partners. Franchisingusamagazine.com – https://bit.ly/2R6ZwcA