Resolusi Tahun 2019: Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Begini Caranya!

Kalau berhubungan dengan uang siapa sih yang nggak sensitive? Sebagai Ibu Rumah Tangga, Bagaimana ya cara mengatur keuangan Rumah Tangga?

Menjadi seorang Ibu Rumah Tangga tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan, seperti mengatur keuangan.

Anda bisa belajar dan mempraktikkan dari Resolusi Tahun 2019: Mengatur Keuangan Rumah Tangga dalam rubrik Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan dalam rumah tangga itu memang gampang-gampang susah. Ada saja kebutuhan tambahan yang membuat Anda harus mengeluarkan uang melebihi dari anggaran yang telah Anda tetapkan.

Resolusi Tahun 2019 Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Begini Caranya! 02 Rumah Tangga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! 11 Tips Jitu Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil]

 

Selalu saja ada keperluan yang membuat Anda dan keluarga menjadi tidak bisa menabung. Salah satu permasalahannya karena manajemen keuangan Anda kurang tepat.

Ada berbagai pos pengeluaran yang belum terdata, atau alokasi dananya terlalu minim di pos tertentu dan terlalu berlebihan di pos yang lain.

 

Resolusi untuk Tahun 2019: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ketika akan mulai untuk mengelola uang, tentunya Anda harus memulainya dengan adanya keterlibatan seluruh anggota keluarga. Biarkan setiap anggota keluarga, bahkan anak sekalipun untuk turut mengambil peran.

Jelaskan kepada anak bahwa kondisi keuangan keluarga sudah harus diperketat agar arus keuangan menjadi lebih sehat (jika sedang terjebak utang, cobalah untuk menyampaikan dengan bahasa yang lebih mudah diterima oleh anak-anak). 

Tentukan waktu untuk melakukan rapat keluarga, dan tentukan berapa besar nominal yang cukup dikeluarkan untuk setiap pengeluaran.

Buatlah kesepakatan bersama dengan setiap anggota keluarga, dan beri tahu bahwa anggaran ini tidak akan berjalan sesuai dengan rencana tanpa keterlibatan seluruh anggota keluarga. 

Dengan begini Anda dapat mengontrol pengeluaran tak terduga, yang biasanya akan membuat Anda semakin boros. Anda juga bisa menabung lebih banyak.

Kemudian  tabungan ini dapat dialokasikan untuk hal lain seperti melunasi utang (jika ada), atau digunakan untuk membiayai dana darurat suatu saat nanti. 

Apakah Anda sudah menyiapkan dana darurat? Dana darurat merupakan dana yang sudah disiapkan untuk mengatasi berbagai kebutuhan yang mendesak atau tidak terduga.

Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengatur dana darurat Anda. Aplikasi Finansialku dapat Anda download dengan mudah melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

10 Resolusi tahun 2019 tentang Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Tahun 2019 saatnya untuk kita Ibu rumah tangga untuk membenahi manajemen keuangan dalam hidup berumah tangga.

Hal ini perlu dilakukan karena dengan memiliki keuangan keluarga yang teratur Anda bisa lebih meminimalisasi pengeluaran yang tidak terkontrol, terutama pada pengeluaran yang tidak penting yang berujung pada utang, misalnya dengan kartu kredit.

Jadi, dengan mengelola secara teratur akan lebih meminimalisasi kemungkinan dalam berutang. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur keuangan rumah tangga:

 

Resolusi 1: Anggarkan Biaya Bulanan Dengan Secermat Mungkin

Tips pertama, agar keuangan rumah tangga tidak berantakan adalah dengan menganggarkan biaya bulanan dengan cermat. Anda harus menganggarkan pengeluaran dengan sebaik mungkin, sesuai dengan kebutuhan.

Buat Pos Pengeluaran Mulailah dengan membagi berbagai jenis pos pengeluaran yang kira-kira akan Anda dan keluarga keluarkan. Beberapa pos yang biasanya cukup penting adalah:

  • Kebutuhan pokok rumah: tagihan listrik dan air, PBB tahunan, dana darurat untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak
  • Kebutuhan rumah tangga: konsumsi, dan kebutuhan lainnya sesuai tingkat kebutuhan masing-masing keluarga.

 

Cek ulang pada pos pengeluaran biasanya ada yang wajib Anda bayarkan secara teratur, salah satu yang terpenting adalah membayar cicilan utang seperti kartu kredit atau KTA, maupun utang lain seperti KPR, KKB.

Tentu saja hal ini perlu dianggarkan secara spesial. Kemudian perkirakan berapa total dari kebutuhan tersebut.

Misalnya saja, totalnya sekitar Rp2 juta. Maka jadikan itu target, dan pastikan anggaran bulanan Anda tidak melebihi nominal tersebut dalam pengeluaran uang tiap bulannya.

 

Resolusi 2:  Alokasi Dana Untuk Kebutuhan Darurat

Selain menganggarkan uang untuk jatah bulanan, Anda juga perlu mengalokasikan dana sebagai kebutuhan darurat.

Misalnya ada salah satu anggota keluarga yang mendadak sakit, saluran air rusak, lampu kamar padam, atau terjadi hal-hal tak terduga lainnya. Sebaiknya budget untuk kebutuhan darurat ini tidak dicampur adukan dengan kebutuhan lainnya.

 

Resolusi 3: Belajar Menabung

Cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah dengan menabung.

Tidak harus menabung dengan nominal yang besar, walaupun uang yang Anda tabung jumlahnya kecil (misalnya Rp2.000 sampai dengan Rp10.000 per hari), asalkan Anda menabung. Tabunglah secara rutin pasti lama-kelamaan juga bakal banyak.

 

Resolusi 4: Usahakan Untuk Memasak Sendiri

Anda akan menjadi boros jika terus-menerus membeli makanan di luar. Usahakan hanya sesekali ada beri jadwal tertentu untuk makan diluar. Sebab makanan luar itu harganya dominan mahal ketimbang membuatnya sendiri di rumah.

 

Resolusi 5: Stop Shopping, Apalagi Untuk Hal Tidak Penting

Sejak adanya Toko Online, moms berubah jadi shopaholic ya? Kebiasaan ini enggak baik, sebab berbelanja bisa menguras uang dengan cepat.

Jika Anda punya kebiasaan shopping, maka segera hentikan. Anda harus bisa mengendalikannya. Apalagi untuk barang-barang yang tidak diperlukan, sebaiknya jangan dibeli kecuali untuk kebutuhan darurat.

 

Resolusi 6:  Hemat Listrik dan Air

Trik berikutnya yakni menghemat pemakaian listrik dan air di rumah. Listrik dan air merupakan kebutuhan pokok setiap rumah.

Banyak sekali perabot rumah yang menggunakan listrik, dan air juga sangat penting demi kebutuhan memasak, mandi dan lainnya.

Resolusi Tahun 2019 Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Begini Caranya! 03 Rumah Tangga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cerdas, Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga Meski Harga Bahan Makanan Naik]

 

Caranya bisa dengan meminimalisasi penggunaan listrik dan air yaitu jangan menggunakan peralatan elektronik yang berdaya besar secara bersamaan, dan jangan lupa cabut kabel yang tidak digunakan, dan matikan keran jika telah selesai menggunakan air.

 

Resolusi 7: Lakukan Usaha Sampingan

Bagi Anda ibu rumah tangga yang memiliki waktu senggang, tak ada salahnya untuk mencoba bisnis sampingan untuk menambah penghasilan.

Pilih bisnis yang bermodal kecil. Misalnya dengan bisnis online, dropshipper, atau menjadi penulis lepas. Atau Anda juga bisa membuka usaha kuliner seperti jualan jus, jajanan atau kue-kue, dan sebagainya.

 

Resolusi 8: Pertimbangkan Investasi

Anda memiliki simpanan uang lebih? Uang itu bisa dimanfaatkannya sebagai dana untuk investasi. Ini merupakan ide cemerlang yang dapat membantu keuangan Anda di masa depan.

Bentuk investasi yang harusnya dipilih ialah investasi yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Pilihan investasi dengan membeli emas, atau investasi properti seperti beli rumah atau ruko dapat Anda coba.

Atau bisa juga untuk membuka peluang bisnis dengan investasi untuk membuka resto, cafe, dan warung.

 

Resolusi 9: Catat Sirkulasi Keuangan

Tips selanjutnya untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tidak berantakan, sebaiknya Anda catat sirkulasi keuangan secara rinci pada sebuah buku.

Catatan ini berisi pemasukan, pengeluaran, saldo, dan segala bentuk anggaran catatlah dengan sedetail mungkin. Hal ini dilakukan supaya keuangan Anda bisa terpantau dengan baik.

 

Resolusi 10: Hindari Utang

Untuk tips yang terakhir adalah hindarilah berutang. Jangan katakan bahwa Anda hanya berutang sedikit. Mungkin pada awalnya Anda pinjam uang sedikit, tapi lama-kelamaan bisa menjadi kebiasaan.

Karena jika utang Anda telah menumpuk, itu malah membuat Anda semakin terpuruk. Maka itu, hindarilah berutang ya! Apalagi hanya untuk menuruti gaya hidup.

Sesuaikan saja dengan kondisi perekonomian Anda. Jangan sampai Anda menuruti gengsi dan hawa nafsu semata.

 

Jadilah Ibu Rumah Tangga yang Pandai dalam Manajemen Keuangan Rumah Tangga

Semua cara efektif harus dilakukan demi kepentingan keluarga. Anda juga dapat menjadi seorang manager kecil yang bertugas untuk mengatur keuangan dalam keluarga Anda.

Dengan begitu, Anda akan meminimalisasi pengeluaran yang dapat digunakan sebagai tabungan bagi keperluan-keperluan yang tak terduga.

Bagi Anda yang masih bingung untuk mengatur keuangan, tentu artikel di atas akan sangat menarik bukan untuk mengatur keuangan dalam keluarga kita.

Jika Anda masih membutuhkan referensi dalam mengatur keuangan, Anda dapat membaca ebook Perencanaan keuangan untuk usia 30an di bawah ini secara gratis.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Jangan lupa bagikan fun facts tersebut kepada sesama ibu rumah tangga yang sedang mencari info manajemen keuangan ya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Amaniyah. 18 Desember 2018. 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Baik dan Benar. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/gUEsCi

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan Rumah Tangga – https://goo.gl/LwPTuW
  • Rumah Tangga 1 – https://goo.gl/Z2AqbV
  • Rumah Tangga 2 – https://goo.gl/a1Nznt

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment