Ingin tahu tips mengatur keuangan untuk hobi makan? Yuk simak tips apa saja yang bisa kamu lakukan agar hobi makanmu tidak terganggu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Si Hobi Makan dengan Motto “Makan Enak Setiap Hari”

Kuliner memang selalu menggoda. Untuk kamu para pecinta kuliner, rasanya kurang lengkap kalau belum mencicipi variasi makanan yang berbeda setiap harinya.

Kamu cepat bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan selalu ingin menyantap makanan yang lezat. Dampaknya, tak jarang uangmu habis untuk membeli makanan.

Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan 01

[Baca Juga: Lirik 5 Waralaba Makanan Jepang Dengan Investasi Mulai Rp2 Jutaan]

 

Memiliki hobi memang tak salah. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah bahwa setiap hobi memiliki potensi untuk menguras keuangan.

Kecintaanmu pada hobi makan misalnya, dapat membuatmu candu dan tak berpikir panjang ketika harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

Kamu harus tetap bijak dan pintar-pintarlah dalam mengatur keuangan. Makan enak setiap hari boleh. Tapi jika dapat menguras keuangan secara berlebihan, jangan.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Mengatur Keuangan untuk Hobi Makan

Apa kamu merasa uangmu selalu habis untuk membeli makanan enak setiap hari? Atau mungkin habis untuk mencoba makanan atau minuman baru yang sedang hits?

Tak jarang makanan dan minuman seperti ini memiliki harga yang kurang begitu terjangkau. Namun bagi sang pecinta kuliner, hal ini bukanlah masalah. Padahal tanpa disadari ini adalah sebuah masalah.

Dengan kecintaanmu pada makanan, kamu ingin membeli makanan secara terus menerus yang mengakibatkan kondisi keuanganmu tidak stabil. Bahaya bukan?

Tapi kamu tak perlu khawatir. Kamu hanya perlu mengetahui tips mengatur keuangan untuk hobi makan saja kok supaya kantong aman dan hobi makan tetap jalan!

Yuk simak tips anti cekak berikut untuk hobi makan.

 

#1 Buat Anggaran Hobi

Jangan sampai hobi membuat kamu jadi boros. Agar pengeluaran untuk hobi dapat terpantau, buatlah anggaran khusus untuk hobimu tersebut. Penting untuk memisahkan anggaran hobi dari keseluruhan tabungan yang kamu punya.

Hal ini dibuat untuk memastikan agar kamu tidak menggunakan uang tabungan untuk hobimu jika dana yang kamu keluarkan sudah melebihi limit anggaran yang kamu tetapkan setiap bulan. Dengan demikian, kondisi finansialmu akan tetap terjaga.

Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan 02

[Baca Juga : 10 Tempat Wisata Kuliner Bandung Favorit yang Wajib Kamu Kunjungi]

 

Batasilah anggaran tersebut. Misalnya, alokasikan 20% saja dari pendapatan per bulan untuk anggaran hobi. Jika ternyata pembelianmu sudah sampai batas anggaran per bulan, jangan dipaksakan.

Masukkan saja pembelian berikutnya ke dalam rencana anggaran bulan depan. Ingat, selalu patuhi anggaran yang telah ditentukan agar tidak mengganggu dana kebutuhan primer kamu ya.

 

#2 Rajin Cari Promo

Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat makan yang menawarkan promo di setiap pembeliannya. Coba deh kamu cek akun-akun media sosial merchant favoritmu.

Untuk strategi promosi, tak jarang pihak merchant menawarkan promo. Mulai dari diberlakukannya cashback, buy 1 get 2, promo diskon sekian persen, dan sebagainya. Untuk pemberlakuan promo sendiri, biasanya pihak merchant memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

Misalnya saja cashback dengan minimal pembelian Rp 100.000 atau maksimal cashback Rp 10.000. Bahkan tak jarang promo diskon hanya berlaku pada jenis makanan tertentu atau hari tertentu saja.

Tak hanya itu, banyak dari platform belanja online dengan metode pesan antar yang juga menawarkan promo loh. Kamu cukup cek promo apa saja yang mereka tawarkan beserta ketentuannya. Apakah gratis ongkir, diskon selama bulan tertentu, dan sebagainya.

Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan 06

[Baca Juga:  Ini 5+ Makanan Khas Bali yang HARUS Kamu Coba!]

 

Nah, perhatikan baik-baik syarat dan ketentuannya ya. Jangan sampai niat membeli makanan lebih murah malah membuat kamu merugi. Dan ingat, kamu hanya boleh membeli semua makanan sejumlah dana yang ada di anggaran hobimu.

Manfaatkan diskon dan promo ini supaya bisa mendapatkan lebih banyak makanan dengan jumlah nominal uang yang sama. Kenyang tapi hemat!

 

#3 Hindari Kartu Kredit

Memang benar bahwa kartu kredit akan sangat bermanfaat jika digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun apabila penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan hobi makanmu, rasanya kamu harus berpikir ulang.

Penggunaan kartu kredit yang sangat mudah dan praktis dapat membuat keinginanmu untuk membeli makanan semakin besar dan tak terkontrol tanpa disadari.

Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan 03

[Baca Juga: Cara Hemat Mengurus Uang Ala Mark Zuckerberg Bos Facebook]

 

Walaupun banyak promo yang ditawarkan apabila menggunakan kartu kredit, tetap saja dapat membuatmu cekak kalau sedikit-sedikit kamu jadi ingin berbelanja.

Hal ini jelas berbahaya karena dapat menguras isi kantong lantaran tagihan yang membengkak. Jika sudah begini, hobi yang awalnya bermaksud untuk membuatmu bahagia justru menjadikanmu stres.

Daripada membeli makanan mahal dengan mengandalkan kartu kredit, alangkah lebih baiknya jika kamu mencari makanan dengan harga terjangkau yang pembayarannya hanya dapat menggunakan uang tunai.

Contohnya seperti makanan kaki lima. Jangan salah, makanan dengan harga yang jauh lebih terjangkau ini terkadang justru memiliki citarasa yang lebih nikmat daripada sajian restoran loh.

 

#4 Bergabung dengan Komunitas Hobi yang Sama

Bagi kamu yang hobi makan, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas pecinta kuliner untuk menambah teman.

Lagi pula, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa akan sangat mengasyikkan. Kamu bisa saling bertukar informasi seputar hobimu.

Anti Cekak! Ini Tips Mengatur Keuangan Untuk Hobi Makan 05

[Baca Juga: 5 Makanan Khas Jawa Tengah yang Harus Kamu Cicipi Langsung!]

 

Bergabung dengan komunitas pecinta kuliner memungkinkan kamu untuk mengetahui lebih banyak merchant yang menjual makanan lezat dengan harga terjangkau.

Selain itu, kamu tak perlu lagi takut makan sendirian karena teman-teman di komunitasmu akan menemani kamu berwisata kuliner setiap minggunya dengan senang hati.

 

Perut Kenyang, Dompet Aman!

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk hobi makanmu itu. Tak perlu khawatir akan kondisi keuangan, asal kamu bisa bijak dalam mengelolanya.

Pengelolaan keuangan yang baik memang amat dibutuhkan jika kamu memiliki hobi seperti ini. Jangan sampai kebablasan, kebutuhan primer lain malah terabaikan.

Sudah saatnya menyisihkan anggaran khusus untuk hobi. Finansialku siap untuk menjadi asisten keuangan pribadimu! Download aplikasinya pada link di bawah ini dan wujudkan hobimu tanpa rasa takut cekak. Perut kenyang, dompet aman!

playstore icon
appstore icon

 

Ingin menyalurkan hobi makan kamu menjadi sesuatu yang menguntungkan? Simak video inspiratif berikut ini!

 

 

Itu tadi penjelasan mengenai cara mengatur keuangan untuk kamu yang memiliki hobi makan. Jadi, apakah kamu termasuk si hobi makan?

Poin mana saja yang sudah kamu lakukan? Tulis pengalamanmu di kolom komentar ya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu.

Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Agustina Melani. 17 Februari 2016. 7 Strategi Atur Keuangan untuk Hobi. Liputan6.com – https://bit.ly/2UkLSF7

 

Sumber Gambar:

  • Hobi Makan 01 – https://bit.ly/2ysQUGR
  • Hobi Makan 02 – https://bit.ly/2JfNY2I
  • Hobi Makan 03 – https://bit.ly/2QLZ83f
  • Hobi Makan 04 – https://bit.ly/2X7AVbv
  • Hobi Makan 05 – https://bit.ly/3aFRi32
  • Hobi Makan 06 – https://bit.ly/2waWgpt