Siapa bilang mahasiswa gak bisa mengatur uang dengan bijak? Para milenial tentu punya acara kekinian tersendiri untuk mengatur keuangan dengan bijak.

Simak pembahasan berikut ini mengenai tips bijak mengatur keuangan ala mahasiswa milenial. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bijak Mengelola Keuangan Ala Mahasiswa

 

Hellow milenialz! Sudah cek uang kiriman dari orangtua bulan ini di ATM? Kira-kira saldo yang ada masih cukup gak ya buat memenuhi kebutuhanmu hingga akhir bulan?

Sudahkah kamu membelanjakan uang kiriman dari orangtua dengan bijak? Ikuti panduan berikut ini yuk, supaya kamu bisa jadi mahasiswa yang cerdas dan bijak mengatur uang kiriman dari orangtua.

 

#1 Buat Anggaran

Dari keseluruhan uang yang diberikan oleh orangtuamu, tentukan alokasi anggaran untuk berbagai keperluan kamu terlebih dahulu. Misalnya kebutuhan untuk membayar biaya kuliah semester, membeli barang-barang kebutuhan kuliah seperti buku, alat tulis dan lain sebagainya.

Setelah itu, buat alokasi untuk kebutuhan membayar kos atau tempat tinggal, makanan untuk sebulan dan juga transportasi. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan untuk keperluan sedekah.

Komik Bijak Mengatur Uang Kiriman Orangtua Ala Mahasiswa 08 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

#2 Prioritaskan Tabungan

Menabung adalah sebuah nasihat yang dirasa kolot tapi sangat menolong masa depan finansial. Jika kamu memprioritaskan tabungan sejak dini, percayalah bahwa masa depan finansialmu akan terjamin.

Usahakan untuk memprioritaskan tabungan di atas semua keinginanmu seperti jajan, ngopi dengan teman-teman sambil nongkrong bareng atau bahkan merokok yang membuat masa depan kesehatanmu terancam.

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kamu harus sudah mengerti cara memilah dan membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Singkatnya, kebutuhan adalah hal-hal yang wajib kamu penuhi untuk keberlangsungan hidupmu.

Tahukah kamu bahwa tabunganmu kelak bisa digunakan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu sendiri misalnya untuk kendaraan (motor)? Jadi kamu gak perlu menyusahkan orangtua lagi dan manfaatkan uang tabunganmu sendiri untuk barang-barang kebutuhanmu di masa depan.

Komik Bijak Mengatur Uang Kiriman Orangtua Ala Mahasiswa 06 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

#3 Investasikan Tabungan

Generasi milenial tentunya sudah tahu investasi yang tepat buat kamu melipatgandakan uang tabungan, bukan?

Salah satunya seperti reksa dana. Dengan modal Rp100 ribu, kamu sudah bisa berinvestasi di reksa dana lho. Belum tahu caranya? Kamu bisa unduh ebook gratis berinvestasi reksa dana dari Finansialku berikut ini:

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Selain reksa dana, kamu juga bisa coba peluang investasi melalui platform P2P Lending, sebuah platform yang mempertemukan antara pihak peminjam dana dengan pemberi pinjaman dana.

Kamu bisa mengalokasikan uang tabunganmu melalui investasi di platform P2P Lending dengan imbal hasil bunga di atas deposito lho! Jangan lupa untuk membaca fact sheet-nya ya untuk mengetahui peminjam dana yang kredibel.

 

#4 Catat Arus Kas Harian

Pernah gak sih kamu mengevaluasi keuanganmu di akhir bulan dan bertanya pada diri sendiri, untuk apa saja uangmu digunakan?

Untuk membantumu melacak setiap detail dari penggunaan uangmu, kamu perlu sebuah aplikasi kekinian yang bisa menolongmu mencatat setiap arus kas harian, baik penerimaan maupun pengeluaran seperti Aplikasi Finansialku.

Hanya dengan Rp350 ribu per tahun, kamu bisa menjadi member PREMIUM dan menggunakan semua fitur yang ada di dalam apliaksi Finansialku, seperti mencatat arus kas harian, merencanakan anggaran bulanan hingga berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Profesional. Lengkap bukan?

Manfaatkan potongan harga berlangganan dengan menggunakan kode promo: CUAN50.

Download aplikasinya di sini:

playstore icon
appstore icon

 

Mencatat pengeluaran harian memang perlu latihan dan kedisiplinan agar kamu bisa mengatur mengatur arus keuangan dengan lebih bijak.

Di akhir bulan, kamu bisa mengevaluasi setiap pengeluaranmu dan merencanakan anggaran di bulan berikutnya.

Saat merencanakan anggaran di bulan berikutnya, kamu bisa memperbaharui komitmen untuk mengurangi anggaran di pos tertentu atau menaikkan anggaran pada pos-pos pengeluaran yang diperlukan.

Komik Bijak Mengatur Uang Kiriman Orangtua Ala Mahasiswa 07 - Finansialku

[Baca Juga: Mulai Main Saham Untuk Pelajar dan Mahasiswa? Dengerin Nasihat Warren Buffett, Investor Saham Tersukses Di Dunia]

 

#5 Tambah Pemasukan

Meski kamu masih mahasiswa, bukan artinya kamu gak bisa menambah pemasukan, lho. Tentu kamu ingin jajan atau membeli barang-barang keinginanmu, kan?

Selain itu, ada banyak pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu kerjakan di sela jam kuliah untuk menambah pemasukanmu.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Kamu bisa bekerja paruh waktu di bagian administrasi kampus atau di bagian perpustakaan. Kamu juga bisa mengajukan diri sebagai asisten dosen jika kamu termasuk mahasiswa yang cukup berprestasi.

Selain itu, ada banyak kerjaan paruh waktu lainnya yang bisa kamu kerjakan di luar, tanpa mengganggu jam kuliah seperti mengajar les atau menjadi freelancer. Kamu juga bisa berjualan online sebagai dropshipper misalnya.

Tapi, jangan lupa untuk tetap memprioritaskan kuliahmu, ya. Jangan sampai karena terlalu lelah bekerja paruh waktu, kamu lupa untuk mengerjakan tugas dan lalai mengumpulkannya pada dosen.

Komik Bijak Mengatur Uang Kiriman Orangtua Ala Mahasiswa 05 - Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Mahasiswa Bijak Bisa Atur Keuangan Sendiri

Mengatur keuangan sejak dini akan berdampak positif pada masa depan finansialmu.

Jika kamu bisa mengatur uangmu sendiri dengan bijak saat masih di bangku kuliah, kebiasaan ini akan sangat menolongmu ketika kamu sudah bekerja atau ketika memasuki babak baru dalam kehidupan keluarga dengan pasanganmu kelak.

 

Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini! Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika kamu membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Miriam Caldwell. 26 Mei 2017. 10 Money Tips for Students Graduating From High School. Thebalance.com – https://goo.gl/DCQ1pT
  • Miriam Caldwell. 22 November 2016. Managing Your Money While in College. Thebalance.com – https://goo.gl/GVNZN1
  • Arry Rahmawan. 4 Strategi Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa. Arryrahmawan.net – https://bit.ly/2Q8rBA9
  • Dewi Puri. 28 Januari 2019. 5 Cara Cerdas Atur Uang Ini Bisa Bikin Mahasiswa Punya Tabungan! Lifepal.co.id – https://bit.ly/2Q6oHMf
  • Kabrina Rian Ferdiani. 21 Oktober 2019. Trik Cerdas Mengatur Keuangan Mahasiswa. Modalrakyat.id – https://bit.ly/2Q8QhZ2
  • Tri Apriyani. 17 Desember 2019. Cara Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa. Suara.com – https://bit.ly/2IHCqFc

 

Sumber Gambar:

  • Mengatur Uang 1 – https://bit.ly/3dgFiqw
  • Mengatur Uang 2 – https://bit.ly/2Wsqfnw
  • Mengatur Uang 3 – https://bit.ly/2Wq249s
  • Mengatur Uang 4 – https://bit.ly/2xa5ZfV
  • Mengatur Uang 5 – https://bit.ly/2U5jIO7