Transformasi hidup Anda dengan 4 langkah yang disarankan oleh Tony Robbins, sang motivator kelas dunia melalui pembahasan rubrik berikut ini.

Selamat membaca dan selamat bertransformasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rahasia Transformasi Hidup ala Tony Robbins

“Without language, we find ourselves living in a state of emotional chaos. Our brain has given us the potential to communicate in extraordinary ways and the way we choose to do so can improve the neural functioning of the brain. In fact, a single word has the power to influence the expression of genes that regulate physical and emotional stress. If we do not continually exercise the brain’s language centers, we cripple our neurological ability to deal with the problems we encounter with each other.”

– Dr. Andrew Newberg, Words Can Change Your Brain

 

“Tanpa bahasa, kita menemukan diri kita hidup dalam kekacauan emosional. Otak kita telah memberi kita potensi untuk berkomunikasi dengan cara yang luar biasa dan cara kita memilih untuk melakukannya dapat meningkatkan fungsi saraf otak. Bahkan, satu kata memiliki kekuatan untuk mempengaruhi ekspresi gen yang mengatur tekanan fisik dan emosional. Jika kita tidak terus melatih pusat bahasa otak, kita melumpuhkan kemampuan neurologis kita untuk mengatasi masalah yang kita temui satu sama lain.”

 

Melalui pembahasan berikut ini, mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengubah kualitas seluruh hidup Anda.

Hanya dengan menyadari setiap kosakata dalam perkataan yang Anda gunakan sehari-hari yang mempengaruhi emosi negatif, mengalihkannya dengan kata-kata positif yang mampu memperbaiki pola pikir Anda dan memberi Anda pilihan emosi yang baru dan memampukan Anda melakukan transformasi hidup.

4 Langkah Mengubah Kata Kata untuk Transformasi Hidup 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi Pribadi Yang Proaktif? Dan Apa Untungnya Jadi Proaktif? Jangan Jadi yang Reaktif]

 

Rahasia sebenarnya untuk melakukan transformasi dalam hidup Anda adalah dengan menyadari akan setiap pola pikir yang salah, yang selama ini Anda tidak sadari telah membentuk diri Anda.

Pada akhirnya, cara Anda dalam mengelola pikiran dan perasaan akan menentukan kualitas hidup Anda.

Anda dapat memiliki apapun yang Anda pikirkan dan Anda impikan, seperti menciptakan perusahaan besar atau membangun keluarga yang harmonis.

Namun, setiap impian itu agaknya hanya akan menjadi impian belaka jika setiap hari Anda hidup dengan emosi yang tak terkendali, merasa frustasi dan marah.

“The quality of our lives is the quality of our emotions.” – Tony Robbins.

“Kualitas hidup kita adalah kualitas emosi kita.”

 

Miliki panduan yang jelas dalam melakukan investasi dengan men-download ebook Gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku berikut ini:

 

4 Langkah Sederhana dalam Transformasi Hidup

Secara sederhana, untuk melakukan transformasi hidup Anda bisa mengubah setiap kosakata negatif ke dalam kosakata positif dan membuatnya menjadi kebiasaan sehari-hari.

Berikut ini 4 langkah sederhana yang dapat Anda ikuti.

 

#1 Langkah Pertama: Periksa Diri Sendiri

Sadari setiap perkataan yang Anda gunakan sehari-hari saat menggambarkan perasaan yang tidak bahagia atau kejadian yang membuat Anda kecewa ataupun sedih.

Perhatikan kata-kata “kasar” atau tidak seharusnya digunakan.

Misalnya, ketika Anda marah kepada salah satu karyawan yang melakukan kesalahan sehingga merugikan pihak perusahaan, hal itu membuat Anda marah dan memaksa Anda mengeluarkan berbagai kata makian yang menyakitkan hati orang lain.

Jika Anda sedang mengalami kekhawatiran dan membuat Anda harus berkata sesuatu, tenangkan diri Anda dan jangan membuat diri Anda terlalu melebih-lebihkan emosi dari kekhawatiran Anda.

Sadari dalam pemilihan kata yang dapat menurunkan intensitas emosi negatif Anda yang tidak memberikan dampak negatif juga bagi orang lain.

Law-of-Attraction-2-Berkaca-Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Justin Timberlake yang Pasti Menginspirasi Kehidupan Anda]

 

Ketika Anda akan marah kepada seseorang, katakan saja bahwa Anda kecewa dengan kinerjanya atau apa yang telah ia lakukan, tanpa harus melebih-lebihkan emosi yang sedang Anda rasakan melalui kata-kata yang malahan membuat orang lain terluka perasaannya.

Mungkin ada kalanya, Anda mengalami musibah dan membuat Anda merasa kecewa. Pikirkan hal-hal positif yang pernah Anda alami dan lalui, ini bisa membuat Anda menurunkan intensitas emosi negatif.

Jika Anda merasa tidak sabar karena tingkah anak Anda yang sulit diatur, coba atur nafas Anda dan buat diri Anda rileks sejenak. Pikirkan apa yang bisa Anda syukuri tentang anak Anda atau kejadian yang membuat Anda merasa dalam kebahagiaan.

Akan selalu ada cara untuk bersyukur atas hidup kita. Pikirkan segala hal yang baik dalam diri Anda, meskipun Anda merasa kecewa akan harapan yang tidak kunjung terjadi dalam hidup Anda.

 

#2 Langkah Kedua: Sadari 3 Kata Negatif

Tuliskan tiga kata yang saat ini Anda gunakan secara teratur yang mengintensifkan perasaan atau emosi negatif Anda.

Mungkin Anda menggunakan kata-kata seperti: “kurang ajar”, “sialan” atau “brengsek” dan kata-kata negatif lainnya.

Sadari 3 kata negatif yang malahan membuat emosi negatif Anda meluap-luap dan membuat Anda semakin terkubur dalam kekecewaan.

Transformasi hidup Anda menjadi lebih baik dengan mengubah perbendaharaan kata-kata negatif Anda menjadi kata-kata positif yang membangun, terutama membangun diri Anda dan juga orang lain yang ada di sekitar Anda.

Ilustrasi Orang Sukses Selalu Dikejar oleh Uang, Bukan Mengejar Uang. Bagaimana Caranya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Tahu Cara Menjadi Kaya? Perbaiki Mindset Anda dan Rasakan Keajaiban Law of Attraction!]

 

Ketika Anda sedang dikecewakan orang lain dan membuat Anda ingin mengatakan kata-kata negatif di atas, coba untuk diam sejenak, jika memang diperlukan, Anda mengalihkan perhatian kepada hal lain atau tidak terlalu menghiraukan apa yang sedang terjadi.

Mungkin awalnya agak sulit bagi Anda yang sudah kebiasaan melakukan. Karena sudah menjadi kebiasaan, memang bisa dikatakan agak sulit untuk diubah.

Tetapi ingat, selalu ada jalan keluar dari setiap masalah, asalkan kita memiliki niat positif untuk mau berubah dan melakukan transformasi hidup.

Jika Anda sudah terbiasa dengan berpikir positif dan mengucapkan kata-kata positif, tentu akan sulit mengubahnya juga bukan?

 

#3 Langkah Ketiga: Temukan Kata-kata Positif yang Membangun

Ketika seseorang menanyakan kabar Anda dan Anda sedang mengalami hari keberuntungan, kata apa yang Anda akan lontarkan?

Tentu Anda akan menggunakan kata-kata seperti, “Saya sangat beruntung hari ini.” atau “Saya sangat baik.” atau “Luar biasa!”.

Gunakan kata-kata positif tersebut untuk membentuk perasaan positif Anda dan biasakan setiap hari, meskipun ketika Anda sedang mengalami hari yang rasanya biasa-biasa saja atau mengalami ketidakmujuran.

 

#4 Langkah Keempat: Miliki Setidaknya 2 Orang Sahabat

Sahabat adalah mereka yang menjadi tempat kita bisa mencurahkan isi hati kita, entah itu kekecewaan atau ketika sedang mengalami kegembiraan. Sebuah hubungan timbal balik yang sangat akrab dan membuat diri Anda nyaman.

Yang namanya sahabat, tentu tidak mau jika sahabatnya jatuh kepada sebuah lubang dan menertawakannya atau bahkan meninggalkannya dalam keadaan yang buruk.

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Sedih bersama, tawa bahagia terbagi rata.

Setidaknya, itulah penggambaran dari sebuah hubungan persahabatan.

Ilustrasi Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate yang Sedang Cari Kerja, Kenali Cara-cara Jitu ini untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu!]

 

Jika Anda tidak mengalaminya bersama dengan “sahabat” Anda, mungkin Anda perlu mempertanyakan arti sahabat dalam diri Anda dan menilai apakah Anda benar-benar memiliki sahabat.

Miliki setidaknya 2 orang sahabat, dimana Anda dan mereka sudah lama menjalani hubungan bersama dan kalian berada pada zona persahabatan.

Sahabat biasanya akan mengingatkan kita akan hal yang negatif yang kita lakukan dengan caranya sendiri. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sahabatnya tidak terjerumus kepada hal yang negatif, meskipun dengan cara yang agak menyakitkan sekalipun, karena mereka adalah sahabat yang sudah cukup lama mengenal kita.

Mereka tidak akan segan atau canggung untuk mengatakan hal yang sebenarnya.

7 Tips Bulan Madu agar Romantis dan Bersahabat dengan Dompet Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Money Management: Mengatur Ritme Pernapasan Investasi Saham]

 

Miliki sahabat yang bisa menjadi pengingat bagi Anda untuk mengekspresikan diri dengan cara yang positif melalui perkataan yang membangun.

Jika Anda memiliki sahabat yang demikian, bersyukurlah akan hal itu.

Jadilah sahabat juga bagi mereka dengan mengingatkan mereka akan hal negatif yang mereka lakukan agar mereka juga melakukan transformasi dalam hidup, menjadi pribadi yang semakin lebih baik.

 

Lakukan dan Rasakan Transformasi Hidup Anda

Setiap manusia tentu ingin menjalani hidup yang semakin baik, setiap harinya.

Jika Anda juga salah satunya yang menginginkan kehidupan yang lebih baik, lakukan setiap langkah di atas dan buktikan bahwa Anda sedang melakukan transformasi hidup ke arah yang lebih baik.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Tony Robbins. Transform Your Words in 4 Steps. Tonyrobbins.com – https://goo.gl/m6RnGw

 

Sumber Gambar:

  • Transformasi Hidup – https://goo.gl/CJjBDv
  • Transformasi Hidup dalam Perkataan – https://goo.gl/cVKwDY

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Summary
4 Langkah Mengubah Kata Kata untuk Transformasi Hidup
Article Name
4 Langkah Mengubah Kata Kata untuk Transformasi Hidup
Description
Transformasi hidup Anda dengan 4 langkah yang disarankan oleh Tony Robbins, sang motivator kelas dunia melalui pembahasan rubrik berikut ini.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo