Apa saja pertimbangan untung ruginya investasi ruko? Ternyata investasi ruko berbeda dengan investasi rumah atau investasi apartemen. Anda perlu tahu perbedaannya sebelum memutuskan investasi ruko.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal Untung Rugi Investasi Ruko untuk Investor Pemula

Seperti yang kita ketahui bersama Ruko atau rumah toko adalah salah satu jenis properti yang paling populer di Indonesia, karena selain berfungsi sebagai rumah, properti ini dapat dijadikan untuk tempat membuka usaha. Banyak orang yang menjadi ruko sebagai tempat usaha rumahan dan kantor.

menimbang-apa-saja-untung-rugi-investasi-ruko-finansialku

[Baca Juga : Investasi Properti Tidak Cuma Seperti Jual Beli Properti]

 

Pada dasarnya, jangan berinvestasi properti hanya karena ikut-ikutan orang lain. Properti ada banyak sekali pilihannya mulai dari rumah tapak, apartemen, properti komersial seperti ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), tempat usaha di pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Investasi ruko memiliki keunikan tersendiri, karena orang yang membeli ruko memiliki motivasi untuk membuka usaha. Jarang ada orang yang membeli ruko, hanya untuk rumah tinggal saja.

 

Keuntungan Berinvestasi Ruko

  • Orang yang mengontrak ruko, cenderung melakukan investasi jangka panjang, minimum 2 tahun. Orang yang mengontrak ruko, pastinya memiliki pertimbangan untuk menjalankan usaha. Coba Anda pikirkan jika Anda sendiri pemilik usaha, Anda pastinya akan menyewa tempat usaha sampai minimum balik modal atau bisnis mendapatkan keuntungan. Rata-rata bisnis di Indonesia membutuhkan waktu balik modal hingga lebih dari 1 tahun.
  • Selain itu orang lebih suka mengontrak minimal 2 tahun, untuk mendapatkan harga kontrak yang terbaik (best price).
  • Tidak menutup kemungkinan orang yang mengontrak akan memperpanjang masa kontrak sebelum habis masa kontrak, jika bisnisnya makin maju.
  • Permintaan ruko relative cukup tinggi, sesuai dengan meningkatkan jumlah wirausaha (entrepreneur).

Kata Dolf De Roos Aturan Investasi Properti 100 30 3 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kata Dolf de Roos Aturan Investasi Properti 100 : 10 : 1]

 

Kekurangan Investasi Ruko

  • Harga ruko, sangat bergantung pada lokasi, aksesbilitas dan tingkat ekonomi disekitar lokasi. Ruko yang ramai biasanya berada dipinggir jalan raya, dekat kawasan industry, dekat pusat kota, di jalan-jalan utama sebuah kota, dekat told an lain sebagainya.
  • Investasi ruko juga sangat bergantung dan sensitive terhadap kondisi perekeonomian disebuah tempat. Coba saja Anda perhatikan harga ruko-ruko di daerah yang pusat ekonomi dan daerah bukan pusat ekonomi.

 

Bagaimana Cara Memilih Ruko untuk Investasi?

Jika Anda berniat investasi ruko, tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Lokasi Ruko: seperti penjelasan sebelumnya lokasi ruko akan sangat mempengaruhi harga sewa. Carilah ruko yang terletak di daerah pusat keramaian atu daerah dengan kondisi ekonomi yang hidup.
  2. Harga Beli Ruko : belilah ruko dengan harga yang masih waja. Salah satu ajaran Robert T. Kiyosaki (seorang penasehat keuangan Amerika) adalah dapat keuntungan saat kita membeli ruko, bukan saat menjualnya nanti. Artinya kita perlu usaha lebih untuk mendapatkan ruko dengan harga yang bagus (harga diskon).
  3. Cicilan : salah satu ciri investor pemula dan investor berpengalaman adalah permodalan. Investor yang berpengalaman akan menggunakan uang orang lain (other people money). Dalam kaitan investasi ruko, kita dapat menggunakan utang KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Pastikan Anda sudah membandingkan beberapa penawaran KPR dan mendapatkan penawaran yang terbaik (dari segi bunga, kemudahan pembayran dan manfaat lainnya).
  4. Harga Sewa Ruko adalah pertimbangan penting, karena Anda berniat membeli ruko untuk investasi. Tidak ada salahnya Anda lakukan perbandingan harga sewa ruko atau properti disekitar lokasi.
  5. ROI dan BEP Investasi perlu diperhitungkan. Bandingkan antara harga sewa ruko dengan cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Hitung rasio pengembalian modal (return on investment – ROI) dan waktu balik modal (break even point).

 Menghitung ROI atau Tingkat Pengembalian Investasi - Bagaimana Strategi Investasi untuk Dana Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga  : Cara Menghitung ROI dalam Investasi]

 

Semoga penjelasan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan saat investasi ruko. Selamat berburu ruko yang dapat menghasilkan keuntungan untuk Adna.

 

Apakah Anda berencana investasi ruko dalam waktu dekat ini? Apakah Anda akan menggunakan KPR atau mendanai sendiri? Mengapa Anda memilih investasi ruko dibandingkan dengan investasi properti lainnya?

 

Sumber Gambar

  • Ruko – https://goo.gl/hBAFFZ

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang