Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman, adalah judul buku karangan Carl Richards. Perencana Keuangan Independen Finansialku pernah menuliskan bagian pertama Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman

Pada artikel sebelumnya, Finansialku pernah menjelaskan mengenai 10 tips merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman dari Carl Richards. Carl adalah seorang perencana keuangan independen di Amerika. Berikut ini 3 tips yang pernah di bahas pada artikel sebelumnya:

#1 Renungkan dan Pertanyakan Kenapa Uang Penting untuk Anda?

#2. Tentukan Kemana Anda akan Pergi

#3 Kenali Kondisi Keuangan Anda Saat Ini

 

Ingin tahu mengenai penjelasan 3 poin di atas?

Baca Selengkapnya

 

Artikel kali ini Finansialku akan membahas tips ke #4 hingga tips ke #10 mengenai merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman.

 

#4. Gunakan Anggaran untuk Mengelola Keuangan

Banyak orang seringkali mengambil keputusan karena alasan emosional. Hal ini juga terjadi lho pada kasus orang diet. Kenapa orang diet sering kali gagal? Karena ada cobaan yang namanya Lapar Mata. Pernahkah Anda membeli sesuatu karena harga promo di hari ini (senin harga sudah naik?)

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Carl dalam bukunya merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman, meminta kita untuk membuat anggaran. Keputusan pembelian yang kita lakukan harus didasarkan pada anggaran yang sudah kita tetapkan. Menurut Carl anggaran adalah salah satu cara untuk memperbaiki kebiasaan buruk berbelanja.

Carl menyebutkan dalam bukunya merencankan keuangan keluarga dalam satu halaman, bahwa :

 

English

“The process of tracking will equal awareness and awareness will equal behavioral change. Leading your spending to align with your goals”.

Carl Richards (author The 1-Page Financial Plan)

 

Indonesia

“Proses untuk memantau pengeluaran dan pendapatan sama dengan kesadaran. Dan kesadaran sama dengan perubahan kebiasaan. Atur pengeluaran Anda agar selaras dengan tujuan keuangan Anda.”

Carl Richards (penulis Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman).

 

Finansialku saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk mengelola keuangan dan merencanakan keuangan keluarga. Dalam aplikasi tersebut, Finansialku menyediakan fungsi membuat anggaran. Jika teman-teman ingin tahu mengenai perkembangan aplikasi tersebut, silahkan subscribe Finansialku dengan mengisi email Anda berikut ini.

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

tips merencanakan keuangan keluarga dan aplikasi Finansialku

[/fusion_builder_column]

[formcraft id=’4′]

 

#5. Tabung / Investasikan Sebanyak Mungkin yang Kamu Bisa

Berdasarkan pengalaman kami setelah beberapa tahun berprofesi sebagai perencana keuangan, Finansialku sering kali ditanya berapa sih jumlah yang ideal untuk ditabung? Berapa jumlah ideal untuk diinvestasikan? Kami menjawab sebanyak mungkin yang bisa Anda tabung. Fokusnya pada tujuan keuangan, bukan pada persentase dari pendapatan.

Ternyata jawaban kami sama dengan yang dikatakan Carl. Beliau dalam bukunya merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman, merekomendasikan agar klien-klienya untuk menabung atau berinvestasi sebanyak mungkin yang mereka mampu.

 

#6. Beli Asuransi dalam Jumlah yang Pas – Hari ini Juga!

Dalam bukunya yang berjudul Merencanakan Keuangan keluarga dalam Satu Halaman, Carl menuliskan: Kebanyakan orang membuat dua kesalahan berkaitan dengan asuransi jiwa.

  1. Kesalahan pertama adalah: Mereka menunda untuk membeli asuransi jiwa, karena tampak tidak mendesak. Agen asuransi jiwa selalu datang kepada orang yang masih sehat (dan tentu saja perusahaan asuransi menerima orang-orang yang sehat, bukan orang yang sakit).
  2. Kesalahan kedua adalah: membeli kareana rasa takut mendorong keputusan membeli mereka. Jadi membeli karena takut dan asal punya. Yang penting punya, masalah jumlah urusan nanti. Hal yang terjadi adalah mungkin asuransi jiwanya melebihi kebutuhannya (over insured)  atau kurang dari kebutuhannya (under insured).

Richard mengatakan

English

“[Life insurance] is about replacing economic loss, not emotional loss, so if you view it in that cold hard light, you just have to calculate what that loss will be and find the cheapest insurance to do that job.”

Carl Richards (author The 1-Page Financial Plan)

Indonesia

” [Asuransi jiwa] adalah tentang mengganti kerugian ekonomi , bukan kerugian emosional, jadi jika Anda membeli produ asurans jiwa, Anda perlu menghitung apa kerugian Anda, berapa jumlahnya dan cari asuransi dengan premi termurah untuk membantu Anda.”

Carl Richards (penulis Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman).

 

#7. Ingat Membayar Lunas Utang adalah Investasi Terbaik Anda

Richard dalam pengalamannya pernah berdebat (kurang lebih diskusi yang sama pernah ditanyakan kepada Finansialku).

Ada pertanyaan dari peserta seminar. Seorang Bapak, anggap saja bernama Pak Ronald. Beliau bercerita:

  • Saat ini Pak Ronald memiliki utang kartu kredit (5 kartu kredit) sebesar Rp 250.000.000 dengan bunga rata-rata kartu kredit 2,3% per bulan.
  • Saat ini Pak Ronald memiliki rumah di Jakarta dan rencananya akan dijual seharga Rp 3.5M. Rumah tersebut ingin dijual karena Pak Ronald dipindah tugaskan ke kota Surabaya.

Keluarga Ronald - Cerita Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Baca Cerita Serunya

Pertanyannya kepada Finansialku adalah: Lebih baik opsi A atau opsi B?

  • Opsi A Rp 2,5M untuk beli rumah di Surabaya dan sisanya untuk bayar utang kartu kredit.
  • Opsi B Rp 2,5M untuk beli rumah di Surabaya dan sisanya diinvestasikan. Keuntungan investasi kemudian digunakan untuk bayar utang kartu kredit.

 

Apa nasehat Anda untuk Pak Ronald (silahkan tinggalkan nasehat Anda di kolom komentar di bawah ini). Ingat: Goal utama adalah melunasi utang-utang kartu kredit.

Pada saat itu salah seorang perencana keuangan Finansialku memilih opsi A, dengan pertimbangan memenuhi goal utama yaitu lunas utang. Alasan kedua berdasarkan pengalaman, banyak orang berhasil berinvestasi tetapi gagal untuk membayarkan utangnya. Jadi investasinya untung tapi utangnya tetap tidak terbayar.

Ternyata Carl sependapat dengan Finansialku. Dalam bukunya merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman, beliau menyarankan:

English

“Look, paying off debt is a great investment,”

Carl Richards (author The 1-Page Financial Plan)

Indonesia

“Melunasi utang adalah investasi terbesar”

Carl Richards (penulis Merencanakan Keuangan Keluarga dalam Satu Halaman).

 

Kesimpulan

Jadi 10 Tips untuk merencanakan keuangan keluarga dalam satu halaman menurut Carl Richards, adalah:

#1 Renungkan dan Pertanyakan Kenapa Uang Penting untuk Anda?

#2. Tentukan Kemana Anda akan Pergi

#3 Kenali Kondisi Keuangan Anda Saat Ini

#4. Gunakan Anggaran untuk Mengelola Keuangan

#5. Tabung / Investasikan Sebanyak Mungkin yang Kamu Bisa

#6. Beli Asuransi dalam Jumlah yang Pas – Hari ini Juga!

#7. Ingat Membayar Lunas Utang adalah Investasi Terbaik Anda

#8 – #10 akan dibahas pada artikel selanjutnya, (baca selengkapnya tips #8 – #10)

 

Sumber:

  • Carl Richards. The One-Page Financial Plan: A Simple Way to Be Smart About Your Money.
  • Laura Shin. 31 Maret 2015. The 1-Page Financial Plan: 10 Tips for Getting What You Want From Life. 

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015

Baca E Magazine Sekarang!