Merencanakan Waris adalah Hadiah yang Terbaik untuk Keluarga Anda

Apakah Anda menyadari bahwa merencanakan waris dan distribusi kekayaan adalah hal penting yang dalam keuangan keluarga. Gara-gara masalah uang, hubungan kekeluargaan bisa renggang. Padahal keluarga adalah harga yang paling berharga, keluarga adalah segalanya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Perencanaan Waris adalah Hadiah yang Terbaik untuk Keluarga Anda

Beberapa waktu yang lalu, ada orang yang bertanya kepada kami : Pak apakah tabu untuk membicarakan waris kepada orang tua? Kami penasaran, kenapa membicarakan waris dikatakan hal yang tabu? Apakah Anda juga berpikir berbicara mengenai waris adalah hal yang tabu?

Kami akan katakan satu hal penting, keluarga nilainya lebih mahal dari harta lainnya, tetapi Anda tentu sudah mengetahuinya. Oleh sebab itu, masalah pembagian waris jangan menjadi sumber masalah atau sumber keretakan dalam rumah tangga. Kami teringat sebuah quote dari Suze Orman yang mengatakan

 

Bahasa Inggris

Estate planning is an important and everlasting gift you can give your family. And setting up a smooth inheritance isn’t as hard as you might think.

Suze Orman

perencanaan-waris-adalah-hadiah-yang-terbaik-untuk-keluarga-anda

[Baca Juga : Perencanaan Waris, Hibah dan Distribusi Kekayaan dalam Keluarga]

 

Bahasa Indonesia

Perencanaan waris adalah hal penting dan hadiah yang penting dan kekal, yang dapat Anda berikan kepada keluarga. Perencanaan waris tidak sesulit yang Anda pikirkan.

Suze Orman

 

Banyak orang menunda atau merasa tabu membicarakan waris, karena adat ketimuran kita. Tidak sedikit lho, orang tua yang mengurus waris (memanggil anak-anak dan membagikan harta) pada saat di ranjang rumah sakit. Seolah-olah ranjang rumah sakit adalah waktu dan tempat yang tepat untuk mengurus waris. Seharusnya masih ada tempat dan waktu yang lebih tepat bukan? Bukan pada saat sakit kan?

Tentunya membicarakan waris membutuhkan konsentrasi penuh, pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku kan? Kapan saat tersebut ada? Ya betul sekali, seseorang dapat konsentrasi penuh, mampu melakukan pertimbangan yang matang dan menyesuaikan aturan pada saat kondisi sehat. Jadi kenapa tidak mulai mengurus waris mulai dari sekarang? Karena repot, tidak ada waktu?

terkait-waris-apa-yang-dimaksud-dengan-turun-waris

[Baca Juga : Kalau Mau Keluarga Tetap Utuh, Jangan Buat Bom Waktu Bernama Waris]

 

Padahal mempersiapkan waris itu tidak terlalu repot dan tidak terlalu mahal. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda lakukan:

 

#1 Mengumpulkan informasi mengenai waris

Kami yakin Anda sudah melakukan poin pertama ini, setidaknya Anda sudah membaca dan melihat artikel ini. Banyak orang yang hanya membicarakan dan memikirkan, tetapi Anda sudah selangkah lebih maju. Anda sudah mulai menjalankan. Selamat. Selain informasi mengenai pentingnya merencanakan waris saat sehat, Anda juga perlu mengumpulkan informasi seperti:

  1. Peraturan dan hukum yang berlaku.
  2. Cara membagi waris yang adil (adil belum tentu sama jumlahnya).
  3. Informasi mengenai biaya-biaya terkait waris dan distribusi kekayaan.
  4. Informasi lainnya.

#2 Berkonsultasi dengan ahli dan pakarnya

Langkah berikutnya adalah berkonsultasi dengan para ahli dan pakar di bidang waris (perencanaan waris). Setidaknya ada beberapa ahli yang perlu Anda datangi, seperti:

  • Notaris untuk membantu Anda mengurus legalitas dalam pembagian waris, seperti pembuatan surat wasiat (testamen). Termasuk Anda perlu berdiskusi mengenai surat keterangan ahli waris dan lain sebagainya.
  • Perencana Keuangan dan Konsultan Pajak untuk membantu Anda menyusun strategi perencanaan waris dan membantu menghitung aset dan kewajiban Anda. Termasuk membantu Anda menyusun strategi untuk membiayai biaya-biaya terkait dengan perencanaan waris.
  • Ahli dibidang waris, seperti Ustaz untuk Anda yang menggunakan Hukum Waris Agama Islam. Tetua Adat jika Anda mengguanakn Hukum Waris Adat.

 

pengertian-waris-dan-3-hukum-waris-di-indonesia-finansialku

[Baca Juga : Pengertian Waris dan 3 Hukum Waris di Indonesia]

 

#3 Mendata asset dan kewajiban, serta ahli waris

Selanjutnya Anda perlu mendata seluruh aset dan kewajiban (utang piutang). Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan mengenai hal ini. Selain itu Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mulai mendata apa saja asset dan kewajiban (utang) Anda.
Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#4 Mulai menyusun surat wasiat

Setelah Anda tahu informasi yang lengkap, sudah mendata seluruh aset dan kewajiban langkah selanjutnya memastikan perhitungan pembagian waris dengan benar. Setelah semua tahap itu selesai, Anda dapat menuliskan sebuah surat wasiat (testamen) di Notaris. Setidaknya ada beberapa jenis surat wasiat seperti : umum, olografis dan rahasia. Silahkan konsultasi dengan notaris untuk memahami lebih lanjut mengenai detil pembuatan surat wasiat. Dengan adanya surat wasiat ini, diharapkan tidak terjadi kesalahpahaman diantara para ahli waris.

apa-yang-dimaksud-dengan-surat-wasiat-dan-apa-isinya-finansialku

[Baca Juga : Apa yang Dimaksud dengan Surat Wasiat dan Apa Isinya?]

 

#5 Mengkomunikasikan dengan cara yang bijak

Membuat surat wasiat bukan berarti masalah waris Anda selesai. Anda perlu mengkomunikasikan dengan para ahli waris, setidaknya beri tahu pasangan Anda. Informasikan bahwa Anda sudah membuat surat wasiat yang dititipkan di Notaris A. Terkadang dalam pembagian waris dibutuhkan unsur keadilan. Dan kerap kali keadilan tidak sama dengan kesamaan. Oleh sebab itu Anda perlu mengkomunikasikan pertimbangan Anda.

Komunikasi mengenai pembagian waris ini penting, karena pelaksanaan waris hanya bisa terjadi jika pewaris meninggal dunia. Tiba saatnya waris tersebut dijalankan, Anda sudah tidak memiliki waktu untuk menjelaskan. Jadi lebih baik Anda komunikasikan saat Anda sehat, sebelum terlambat.

 

Membicara Waris pada Saat Sehat Tidak Sama Dengan Mendoakan Cepat Mati!

Satu hal yang ingin kami tekankan, membahas masalah waris pada saat kondisi sehat tidak berarti Anda mendoakan orang tua (pewaris) mati cepat. Dalam ilmu wealth management, distribusi kekayaan adalah hal yang wajib dipersiapkan. Jangan sampai harta Anda jatuh ditangan yang salah, jumlahnya yang kurang, biaya waris yang mahal dan lain sebagainya. Tentunya Anda ingin melihat hasil kerja keras Anda dapat berguna untuk diri Anda dan pasangan, serta anak, cucu dan generasi yang akan datang kan? Jadi apa lagi yang Anda tunggu, untuk mulai merencanakan waris?

 

Menurut Anda seberapa pentingkah merencanakan waris? Apakah Anda pernah mendengar keluarga yang berantakan atau ribut hanya karena masalah pembagian waris?

 

Sumber gambar:

  • Working on Laptop – https://goo.gl/v4iX3l

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

By | 2016-11-22T10:48:52+00:00 November 22nd, 2016|Categories: Waris|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment