Milenial beli rumah? Siapa bilang para milenial hidup hedonis dan kurang perencanaan keuangan? Nyatanya, sebagai milenial, masih ada banyak rencana yang dapat dilakukan untuk punya rumah.

Inilah panduan dan cara gampang bagi para milenial beli rumah dengan perencanaan ala Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rumah Idaman Adalah Impian Semua Orang

Setiap orang pasti mendambakan rumah idaman. Rumah idaman menjadikan tempat nyaman untuk ditinggali. Ada banyak usaha yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rumah yang diidam-idamkan.

Selain mengetahui desain rumah yang disukai, penting juga untuk melihat kualitas serta harga rumah yang dijual. Untuk itu, orang perlu memiliki informasi yang memadai tentang hal tersebut.

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli rumah, sebaiknya mengetahui informasi yang jelas dan detail tentang rumah yang akan dibeli adalah hal yang penting.

Bila perlu, Anda bisa bertanya pada teman, saudara, atau kerabat yang lebih berpengalaman dalam hal tersebut.

Anda bisa belajar dari mereka untuk mengetahui apa saja pertimbangan-pertimbangan yang perlu dipikirkan dalam mendapatkan rumah idaman.

Hal tersebut tentu juga perlu disertai dengan kerja keras, ketekunan, doa, serta kemauan untuk menabung.

 

Panduan Kaum Milenial Beli Rumah Idaman

Untuk mendapatkan rumah yang diimpikan sering kali membuat Anda bingung dan frustasi. Sebab jika sampai salah membeli rumah, tentu kekecewaan dan kerugian akan Anda alami.

Untuk itu, artikel ini akan mengulas beberapa panduan yang kiranya perlu Anda perhatikan dalam memilih rumah idaman Anda. Kiranya berguna bagi Anda, terlebih Anda yang baru pertama kali membeli rumah.

 

#1 Mulai Menabung

Jika di masa depan Anda ingin mendapatkan rumah idaman, maka mulai dari sekarang berusahalah untuk menabung.

Harga rumah saat ini tidak murah, sehingga biasanya diminta terlebih dahulu uang muka. Uang muka yang diminta umumnya 10-30% dari harga keseluruhan rumah.

Misalnya jika rumah Anda seharga Rp1 miliar, maka untuk uang muka saja Anda setidaknya harus siap biaya Rp100-300 juta.

TERUNGKAP!-20-Cara-Hidup-Hemat-agar-Bisa-Menabung-1-Finansialku

[Baca Juga: Bank Berikut Ini Menawarkan Produk Cicilan Rumah KPR untuk Milenial]

 

Maka untuk bisa membayar uang muka tersebut Anda perlu memiliki dana yang cukup serta mengukur berapa penghasilan Anda per bulan. 

Belum lagi Anda juga perlu membeli aneka barang-barang properti yang menjadi perabotan rumah Anda, serta tagihan atau angsuran bulanan untuk membayar cicilan rumah Anda tersebut.

Dengan dana yang cukup dari hasil tabungan Anda, rumah idaman serta segala perabotan yang diinginkan akan dapat terpenuhi. Karena itu, mulailah menabung dari sekarang demi mendapatkan rumah impian yang diidam-idamkan.

Anda juga bisa memulainya dengan merencanakan keuangan Anda sejak dini, dengan perencanaan keuangan yang tepat akan memudahkan Anda untuk mengalokasikan sebagian dana untuk tabungan membeli rumah.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai dengan tepat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#2 Meningkatkan Nilai Kredit

Anda perlu melihat apakah selama ini tagihan kredit Anda sudah terlampau banyak.

Jika ternyata Anda memiliki banyak tagihan yang harus diselesaikan, maka Anda perlu membersihkan nilai kredit Anda serta berusaha untuk meningkatkannya.

Untuk meningkatkan nilai kredit, Anda juga perlu membayar seluruh utang dan aneka keuangan obligasi yang belum terselesaikan.

Apakah Bisa Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain 01 - Finansialku

[Baca Juga: Wujudkan Kepemilikan Rumah Minimalis Sederhana dengan Aplikasi Finansialku]

 

Memiliki nilai kredit yang baik itu sangat penting, sebab jika nilai kredit Anda jelek maka Anda akan mendapatkan suku bunga yang lebih rendah, sehingga akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan pinjaman guna membeli rumah.

Sebaliknya, dengan nilai kredit yang bernilai baik akan banyak membantu dalam mendapatkan pinjaman KPR Anda, sehingga cukup membantu pula dalam membayar harga sebuah rumah.

Lembaga pemberi pinjaman uang seringkali melihat nilai kredit Anda, guna mengetahui apakah Anda sungguh-sungguh bertanggungjawab ketika berada dalam risiko pinjaman.

 

#3 Mengusahakan Untuk Mendapatkan Pra Persetujuan Pinjaman KPR

Dengan mendapatkan pra persetujuan pinjaman KPR, Anda akan mendapatkan acuan yang lebih baik dalam hal pinjaman. Pra persetujuan ini didasarkan pada pendapatan Anda, nilai kredit, sejarah kredit milik Anda.

Pra persetujuan membantu Anda dalam mendapatkan pinjaman KPR dalam mendapatkan rumah impian milik Anda.

Apakah Bisa Mengajukan KPR Atas Nama Orang Lain 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Milenial Bingung, Nikah atau Punya Rumah Dulu? Cek Pertimbangannya!]

 

Dalam usaha mendapatkan pra persetujuan guna pinjaman KPR, Anda juga perlu memiliki informasi tentang perbandingan penawaran pinjaman KPR di setiap lembaga pinjaman.

Aspek-aspek yang perlu Anda perhatikan dan bandingkan misalnya adalah tentang suku bunga, tenor pinjaman, premi, pinjaman, serta manfaat. Pastikan Anda mendapatkan pinjaman KPR dari lembaga peminjaman terbaik.

 

#4 Meninjau Lokasi Rumah

Untuk mendapatkan rumah yang diidamkan, Anda tentu juga perlu meninjau di mana lokasi rumah Anda.

Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan menyangkut lokasi rumah ini, misalnya soal jarak rumah dengan tempat kerja, jarak rumah dengan akses jalan raya, jarak rumah dengan sekolah, jarak rumah dengan pasar atau tempat-tempat perbelanjaan, jarak rumah dengan tempat-tempat umum, dan lain-lain.

Sebelum Milih KPR, Kenali Dulu Perhitungan Bunga Floating KPR 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat dan Murah Membangun Rumah Idaman]

 

Di samping itu, aspek-aspek lain seperti tempat pembuangan sampah, kamar mandi, saluran air, selokan untuk rumah Anda juga perlu dicek, sehingga kenyamanan Anda pun juga bisa terjaga dengan baik.

Lokasi rumah yang berada di tempat-tempat strategis misalnya di tengah kota atau di dekat tempat-tempat umum memiliki harga yang sangat mahal.

Sebaliknya, rumah yang berada di pinggiran kota dan jauh dari tempat-tempat umum biasanya memiliki harga yang lebih murah. 

 

#5 Mengetahui Batas Kemampuan

Dalam menentukan jenis, bentuk dan desain rumah, Anda perlu mengetahui batas kemampuan ekonomi Anda.

Anda perlu mengukur sejauh mana penghasilan bulanan Anda mampu membayar angsuran untuk cicilan biaya rumah Anda.

Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Seperti Apa Sih Rumah Idaman Generasi Milenial? Mau Tau?]

 

Jika Anda masih memiliki tagihan untuk angsuran barang-barang lain, misalnya sepeda motor, mobil, kulkas, nampaknya Anda harus lebih matang dan menentukan prioritas mana yang harus lebih didahulukan.

Besar penghasilan yang dimiliki juga perlu dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda pula dalam menentukan ukuran besar rumah. Intinya, jangan sampai Anda nunggak dalam membayar cicilan rumah Anda.

 

Dapatkan Rumah Idaman Yang Memberi Kenyamanan

Memiliki rumah idaman bagi generasi milenial adalah hal yang penting. Kenyamanan untuk ditinggali adalah prioritas utama, selain desain dan bentuk rumah tersebut.

Untuk menemukan rumah idaman Anda, beberapa cara di atas perlu Anda coba dan pertimbangkan. Sehingga rumah idaman yang Anda cita-citakan dapat terwujud dan memberikan kebahagiaan bagi hidup Anda serta keluarga.

Bagi Anda yang masih bingung ‘Bisakah milenial membeli rumah?’, Anda bisa mendengarkan penjelasan dari CEO Finansialku mengenai hal tersebut melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Setelah membaca artikel ini, segera rencanakan segala tabungan dan investasi untuk memiliki rumah sendiri.

Pastikan juga untuk berbagi informasi di atas bersama teman-teman sesama milenial agar dapat meraih kemandirian finansial bersama, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pramdia Arhando. 1 Desember 2018. 4 Alasan Kenapa Generasi Millennial Indonesia Sulit Punya Rumah. Moneysmart.id – http://bit.ly/2XJIUwZ
  • Admin. 23 Maret 2017. 5 Tips Memiliki Rumah Bagi Generasi Millennial, Sebenarnya Tidak Sulit. Duwitmu.com – http://bit.ly/2NV8avW

 

Sumber Gambar:

  • Milenial Beli Rumah – http://bit.ly/2NQGkRd

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang