Sukuk Tabungan Seri ST-002 atau biasa dikenal sebagai ST-002 resmi dijual sejak 1 November lalu. Kabarnya, Generasi Milenial menjadi target sasaran utama dari instrumen obligasi ritel berbasis syariah ini.

Ingin tahu informasinya lebih lanjut? Simak ulasannya melalui artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Sukuk Tabungan Seri ST-002 Resmi Dirilis oleh Pemerintah

Kamis, 1 November lalu, pemerintah resmi membuka masa penawaran produk terbaru dari Sukuk Negara Tabungan ST-002.

Pembukaan masa penawaran dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Direktur Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan Luki Alfirman, serta jajaran Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama lainnya.

Melalui penawaran ini, pemerintah menargetkan penjualan ST-002 sebesar Rp1 triliun. Angka tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam pidatonya di Gedung Dhanapala, Jakarta.

Jumlah ini pun sama dengan target penjualan Savings Bond Ritel seri SBR004 yang dirilis pertengahan Agustus lalu.

Ia yakin target tersebut bisa terlewati mengingat instrumen obligasi ritel yang diterbitkan sebelum-sebelumnya selalu laris ketika ditawarkan kepada para investor ritel.

Milenial Menjadi Sasaran Empuk Sukuk Tabungan Seri ST-002 02 Sri Mulyani - Finansialku

[Baca Juga: Sukuk Tabungan ST002, Investasi Islami yang Tawarkan Keuntungan 8,30 Persen]

 

Target tersebut didasarkan pada daya tarik ST-002 yang dikabarkan akan memberikan imbal hasil minimum yang fantastis, yaitu sebesar 8,30 persen yang disebarluaskan secara online.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemkeu), Loto Srinaita Ginting kepada Kontan.co.id, Selasa (30/10) yang mengungkapkan:

“Imbal hasil ST-002 sebesar 8,30%.”

 

Jenis imbalan atau kupon ini bersifat floating with floor yang menyesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia 7-Day Repo Rate (BI-7DRR) dengan spread tetap sebesar 2,55 persen.

Masa penawaran dimulai sejak 1 November hingga 22 November mendatang dengan waktu jatuh tempo pada 10 November 2020.

Bagi Anda yang tertarik, besaran minimum pemesan termasuk kecil, yakni mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar. Jumlah yang menarik bukan?

Selain itu, produk ini dianggap sebagai investasi teraman berbalut prinsip syariah yang menggunakan akad wakalah.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Imbal Hasil Minimum yang Fantastis

Seperti yang diungkap sebelumnya bahwa imbal hasil minimum yang akan diberikan tergolong besar, yaitu 8,30%.

Imbal hasil ini cukup menggiurkan, karena lebih tinggi dari Obligasi Ritel seri ORI015 dan Saving Bond Ritel seri SBR004.

Skema imbal hasil untuk ST-002 kali ini pun berbeda dengan ST-001 yang diterbitkan tahun 2016 lalu.

Jika di Sukuk Tabungan seri pertama, imbal hasil bersifat tetap hingga jatuh tempo, kali ini, imbal hasil yang diberikan merupakan batas minimal dan mengambang.

Artinya, jika suku bunga acuan alias Bank Indonesia 7-Day Repo Rate (BI-7DRR) kembali naik, imbal hasil ST-002 pun ikut terangkat.

Perbandingan Deposito vs Sukuk Ritel 03 Sukuk Ritel 3 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Ketahui Perbandingan Suku Bunga Deposito vs Sukuk Ritel]

 

Pembayaran imbalan pertama dari produk ini sudah terjadwal, yaitu pada 10 Januari 2019 mendatang dengan pengajuan early redemption pada 28 Oktober 2019 hingga 5 November 2019.

Nilai maksimal early redemption yang akan diberikan sebesar 50 persen dari setiap transaksi pembelian yang telah dilakukan pada masing-masing mitra distribusi.

Terdapat 11 perusahaan yang sudah resmi menjadi mitra distribusi dari Sukuk Tabungan seri ST-002 ini yang terdiri dari enam perbankan, satu perusahaan efek, dua perusahaan efek khusus dan dua perusahaan peer to peer lending.

Mitra distribusi yang telah ditetapkan pemerintah adalah BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Permata, BTN, Trimegah Sekuritas Indonesia, Bareksa, Tanamduit, Investree, Modalku.

 

Milenial Menjadi Target Sasaran Utama

Karakteristik dari ST-002 yang dijajakan secara online bukan tidak disengaja, melainkan karena penyesuaian akan target sasaran utamanya, yaitu Generasi Milenial.

Selain itu, karakteristik dan fitur yang diberikan pun tidak jauh berbeda dengan SBR004.

Berdasarkan hasil riset Kontan, terungkap bahwa mayoritas profil dari para investor SBR004 lalu berfokus pada Generasi Milenial yang lahir pada tahun 1980 hingga 2000.

Bahkan dari 17.195 investor, Generasi Milenial mendominasi dengan persentase sebesar 45,26 persen atau sebanyak 7.782 investor.

Senior VP dan Head of Investment Recapiotal Asset Management, Rio Ariansyah pun mengungkapkan bahwa ia yakin ST-002 akan diserbu oleh Generasi Milenial, terlebih karakteristiknya yang sangat menggiurkan.

Sosialisasi yang dilalukan cukup menarik di mana Perusahaan Tekfin, salah satu mitra distribusi, mendistribusikan ST-002 melalui media sosial yang tentunya tidak pernah jauh dari Generasi Milenial.

Selain itu, kemudahan akan akses pun semakin membuat Generasi Milenial tertarik untuk menjadi investor, meski masih dikategorikan pemula.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai Sukuk Tabungan seri ST-002 ini? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Sila tinggalkan pendapat Anda melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dimas Andi . 1 November 2018. Sukuk Tabungan ST-002 Resmi Dijual Mulai Hari Ini. Kontan.co.id – https://goo.gl/2DGqDC
  • Yoga Sukmana. 1 November 2018. Pemerintah Jual Sukuk Ritel ST-002 Mulai Rp 1 juta, Bisa Dibeli Online. Kompas.com – https://goo.gl/W73EDy 

 

Sumber Gambar:

  • Sukuk Tabungan Seri ST-002 Milenial – https://goo.gl/uU5YKa
  • Sri Mulyani – https://goo.gl/EQ4GnX
Summary
Milenial Menjadi Sasaran Empuk Sukuk Tabungan Seri ST-002
Article Name
Milenial Menjadi Sasaran Empuk Sukuk Tabungan Seri ST-002
Description
Sukuk Tabungan Seri ST-002 atau biasa dikenal sebagai ST-002 resmi dijual sejak 1 November lalu. Kabarnya, Generasi milenial menjadi target
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo