Apa betul kaum milenial kini disasar sebagai target industri keuangan KPR? Sebagai salah satu kaum milenial, saya mengajak Anda untuk menyimak ulasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi Kaum Milenial

Baru-baru ini, PT Bank Tabungan Negara Tbk atau biasa disebut BTN meluncurkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terbarunya yang bertajuk KPR Gaeesss.

Mendengar namanya Anda tentu sudah bisa menebak bahwa KPR yang satu ini menarget generasi milenial sebagai calon nasabahnya.

Benarkah Kaum Milenial Menjadi Target Industri Keuangan KPR 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan dari Kaum Milenial dalam Cara Mengatur Keuangan]

 

Memang betul dewasa ini kaum milenial mulai disorot oleh industri jasa keuangan, termasuk perbankan.

Mereka menilai bahwa kaum milenial sering dianggap sebagai sandwich generation, yakni generasi yang terhimpit atas bawah (anggapan bahwa mereka harus menghidupi orang tuanya serta keturunannya kelak).

Menanggapi isu tersebut, industri jasa keuangan menilai bahwa potensi kaum milenial akan kebutuhan produk perbankannya cukup tinggi.

Terutama di bidang properti, yang memang sudah sangat sulit dimiliki jika tanpa bantuan perbankan seperti produk KPR.

Oleh karena itulah, muncul produk KPR Gaeesss yang disebutkan menyasar kebutuhan dan karakter generasi milenial yang mengharapkan hunian (baik dalam bentuk rumah maupun apartemen) dengan cara yang mudah dan terjangkau.

Produk ini dirilis pada Oktober 2018, dengan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial, antara lain sebagai berikut:

  • Uang muka yang lebih terjangkau,
  • Biaya provisi lebih rendah,
  • Kemudahan dalam pengajuannya,
  • Pilihan tenor lebih panjang hingga 30 tahun.

 

Investasi Rumah Atau Mobil 02a Rumah - Finansialku

 [Baca Juga: Sebelum Beli Rumah Impian Minimalis, Ketahui Perhitungan Simulasi KPR]

 

Direktur Konsumer BTN, Budi Satria menjelaskan bahwa konsumen pun tidak perlu mengendapkan dananya di rekening dalam KPR ini. Bunganya pun ditetapkan sebagai fixed rate 8,25% dalam 2 tahun.

Beliau pun menuturkan mengenai kebebasan domisili demi memfasilitasi kebutuhan generasi milenial:

“KPR untuk milenial atau yang kita branding dengan istilah KPR Gaeesss tidak dibatasi untuk kawasan tertentu saja, milenial bisa mengambil KPR atau KPA di daerah mana saja mereka berdomisili.”

 

Bagaimana menurut Anda? Akankah produk KPR bagi kaum milenial ini diterima baik oleh masyarakat? Yuk cari tahu jawabannya disini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perkembangan Positif KPR bagi Kaum Milenial

Hingga pertengahan Oktober 2018 kemarin, KPR Gaeesss mengungkapkan perkembangan positifnya. Disebutkan bahwa total permintaannya sudah mencapai 25 miliar rupiah.

Melihat perkembangan luar biasa ini, tentunya perbankan lainnya juga tergoda untuk mulai mempertimbangkan generasi milenial sebagai pasar potensialnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Hal ini terbukti, dimana PT Bank Mandiri Tbk juga akhirnya merilis produk serupa, yakni KPR khusus generasi milenial. Namun, ada sedikit perbedaan yang diungkapkan Bank Mandiri, dimana KPR Milenial Mandiri menawarkan beberapa fasilitas sebagai berikut:

  • Limit kredit mulai dari 200 juta rupiah hingga 5 miliar rupiah,
  • Suku bunga fixed rate sebesar 6,5% untuk 5 tahun pertama; dilanjutkan dengan suku bunga floating rate sebesar 12,5%,
  • Tenor pinjaman panjang hingga 30 tahun.

 

Direktur Ritel Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang menjelaskan bahwa fokus dari KPR Milenial Mandiri ini adalah pada rumah dengan kisaran harga antara 400 hingga 500 juta rupiah.

Orang Tua Harus Tahu Pentingnya Anggaran Keuangan 02 Anggaran Rumah Tangga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Milenial, Jangan Sampai Anda Merusak Dana Pensiun Orangtua]

 

Pesaing lainnya yang muncul adalah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA yang turut menggarap pasar milenial ini.

Bank swasta terbesar ini menyediakan KPR khusus milenial dengan beberapa fasilitas suku bunga pada 2 tahun pertama berupa fixed rate 4,24%; dilanjutkan dengan fixed rate 6,25% di tahun ketiga.

EVP of consumer Credit Business, Felicia M. Simon menjelaskan bahwa mereka menyasar kaum milenial yang merupakan para fresh graduate yang baru saja bekerja.

Bagaimana menurut Anda mengenai industri keuangan KPR yang mulai mengalihkan perhatiannya pada kaum milenial ini? Apakah berdampak positif atau malah negatif? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ya!

 

 

Milenial: Generasi yang Patut Dipertimbangkan

Menilai pembahasan di atas, maka saya bisa menyimpulkan bahwa kini generasi milenial memang sudah mulai patut dipertimbangkan sebagai pasar yang potensial.

Generasi yang lahir pada tahun 1981-1994 ini pada tahun 2018 umumnya sudah berusia 24 hingga 37 tahun. Ini adalah usia produktif, dimana mereka kini mulai bekerja dan merencanakan masa depannya.

Seperti telah diungkapkan sebelumnya juga, mereka merupakan sandwich generation yang mengemban tugas penting untuk bisa menghidupi keluarganya mulai dari orang tua hingga keturunannya nanti. Artinya, tugas mereka cukup berat dibandingkan generasi lainnya bukan?

Generasi milenial tentunya harus bekerja lebih keras dibandingkan generasi-generasi sebelumnya, mengingat harga-harga yang jauh lebih tinggi, misalnya harga tanah atau properti yang tinggi.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai menyasar generasi ini sebagai target pasar Anda bukan?

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kaum milenial yang menjadi target industri keuangan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

 

Sumber Referensi:

  • Marshall Sautian. Ceruk Pasar Besar, Bank Menggarap KPR untuk Milenial. Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • KPR untuk Milenial 01 – https://goo.gl/nLDWXW
  • KPR untuk Milenial 02 – https://goo.gl/mmL43A
Summary
Benarkah Kaum Milenial Menjadi Target Industri Keuangan KPR?
Article Name
Benarkah Kaum Milenial Menjadi Target Industri Keuangan KPR?
Description
Apa betul kaum milenial kini disasar sebagai target industri keuangan KPR? Sebagai salah satu kaum milenial, saya mengajak Anda
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo