Bisnis yang maju adalah dambaan dari setiap wiraswasta, salah satu kunci untuk mengembangkan sebuah bisnis adalah modal yang cukup. Lalu bagaimana dengan modal UMKM?

Artikel ini akan membahas kemana seharusnya modal ini dikeluarkan agar Anda dapat memajukan bisnis UMKM Anda sendiri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Langkah Jitu Memajukan Bisnis UMKM

Di Indonesia, industri UMKM merupakan salah satu industri yang perkembangannya sangat cepat.

Selain cepat, bisnis UMKM pun cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Tidak heran Anda sering menemui bisnis UMKM secara online.

Dari data OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada akhir tahun 2017, terdapat kebutuhan kredit untuk permodalan UMKM sebesar Rp1,7 triliun per tahunnya di Indonesia dan hanya Rp700 triliun saja yang dapat dipenuhi oleh lembaga keuangan yang ada saat ini.

Kartu Kredit untuk Modal Usaha 02 Uang Rupiah di Bank - Finansialku

[Baca Juga: Kisah UMKM Pempek Finfin yang Berhasil Mendatangkan Keuntungan Besar]

 

Dengan berkembangnya bisnis UMKM secara online dan pinjaman online yang berbasis fintech seperti P2P Lending, tidak menutup kemungkinan bahwa pinjaman tersebut dapat sangat membantu kemajuan usaha mereka.

Namun, bisnis UMKM harus berhati-hati ketika meminjam modal berbasis fintech. Selain memastikan bahwa fintech lending tersebut telah memiliki izin, Anda juga harus memastikan bahwa organisasi tersebut telah terdaftar di OJK.

Setelah Anda memiliki modal, tentu Anda membutuhkan strategi atau langkah untuk mengalokasikan modal tersebut agar dapat mengembangkan bisnis Anda.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memajukan bisnis UMKM Anda:

 

#1 Susun Rencana Keuangan

Walaupun usaha Anda tergolong kecil dan menengah, tidak berarti Anda tidak perlu memiliki keuangan yang transparan dan terstruktur. Rencana keuangan sangatlah penting dalam memajukan sebuah bisnis.

Sekarang Saatnya Untuk Evaluasi Rencana Keuangan 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Analisa Kebijakan Perpajakan dan Dampaknya Terhadap UMKM dan StartUp Di Tahun 2019]

 

Dengan adanya rencana keuangan, Anda dapat menyusun strategi bisnis beserta kebutuhannya dengan baik.

Selain itu, rencana keuangan dapat memberikan Anda gambaran dan motivasi untuk lebih mengembangkan bisnis UMKM Anda.

Kaji ulang proses dalam bisnis Anda. Apakah ada beberapa bagian dalam bisnis yang membutuhkan modal lebih dan perhatian lebih?

Apa yang harus Anda lakukan untuk memastikan penjualan yang baik dan proses operasional yang mendukung?

 

#2 Melakukan Riset Pasar secara Berkala

Riset pasar dapat menjadi salah satu pilihan investasi Anda. Walaupun terdengar rumit dan sulit, sebenarnya riset pasar adalah hal yang cukup mudah dilakukan dan dapat berdampak positif bagi kemajuan bisnis Anda.

Cara sederhana untuk melakukan riset pasar adalah dengan berkomunikasi langsung dengan para pelanggan.

Dari komunikasi ini, Anda dapat mencatat saran, kritik serta impresi mereka terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan riset pasar secara keseluruhan dengan langsung terjun ke masyarakat atau melalui internet.

Riset pasar ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang sedang menjadi tren di pasar dan apa kebutuhan masyarakat saat ini.

 

#3 Investasi di Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Banyak pemilik bisnis yang terlalu fokus dengan produk dan jasa yang mereka tawarkan dan lupa dengan sumber daya yang menjadi poros pendukung bisnis mereka.

Kenali Metode Penilaian Kinerja Karyawan yang Efektif dan Efisien 02 Karyawan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis Kreatif Kisah UMKM Sandal Jepit Mengukir Pundi-Pundi Rezeki]

 

Sumber daya manusia merupakan penggerak sebuah bisnis. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas, Anda memberikan “otak” pada bisnis Anda.

Selain itu, sumber daya manusia yang baik juga dapat menambah performa bisnis Anda secara keseluruhan.

 

#4 Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Sebuah bisnis yang dapat bertahan lama adalah sebuah bisnis yang mampu beradaptasi dan maju sesuai dengan perkembangan zaman.

Sebut saja penjual pakaian, pastinya mereka akan selalu mengubah produknya menyesuaikan dengan tren saat ini.

Untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi, Anda tidak dapat melewatkan langkah sebelumnya, yaitu riset pasar. Selain itu, Anda harus terbuka dengan perubahan dan rajin belajar.

 

#5 Promosikan UMKM Anda dengan Tepat

Setiap bisnis membutuhkan dana untuk promosi, tetapi tidak semua promosi akan menguntungkan bagi bisnis UMKM tersebut. Setiap bisnis memiliki basis pelanggan yang berbeda.

Perbedaan ini akan menentukan cara promosi mana yang lebih efektif, misalnya target konsumen Anda adalah umur 20-30 tahun, mungkin saja mereka akan lebih aktif menggunakan media sosial dibandingkan yang berumur 50-60 tahun.

Selain mengetahui promosi yang tepat, Anda juga harus melakukan promosi dengan konsisten, aktif dan cepat. Semakin sering konsumen melihat iklan Anda, semakin berbekas pula bisnis Anda untuk mereka.

 

#6 Mengikuti Perkembangan Teknologi

Dalam era digital yang sangat berkembang ini, sangat disayangkan apabila sebuah bisnis UMKM ketinggalan dalam hal teknologi.

Selain dapat membantu meningkatkan promosi dan penjualan, teknologi dapat membantu proses operasional.

Online Pajak, Platform yang Mempermudah Wajib Pajak Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah UMKM: Sobir Lubis Bocorkan Inspirasi Bisnis dan Rahasia Kesuksesannya!]

 

Seluruh proses dalam bisnis dapat dibantu dengan teknologi. Berkomunikasi dengan pelanggan dapat menggunakan video dan foto, informasi akan lebih cepat, transaksi keuangan akan lebih transparan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berinvestasi lebih pada teknologi demi memajukan bisnis UMKM Anda.

 

#7 Mempertahankan Kualitas

Anda pasti pernah mendengar merek besar yang telah didirikan selama puluhan tahun. Apakah Anda tahu apa kunci sukses mereka? Kunci sukses mereka adalah konsistensi dalam memberikan kualitas yang terbaik.

Kualitas merupakan inti dari seluruh proses bisnis yang Anda lakukan. Kualitas yang baik bukan berarti memenuhi seluruh permintaan konsumen.

Kualitas yang baik adalah selalu memberikan yang terbaik dan mengetahui apa yang dapat membantu membangun bisnis Anda.

 

#8 Tekun dan Jangan Mudah Menyerah

Setiap bisnis pasti akan melewati masa buruk dan masa jaya. Sebuah bisnis yang akan sukses bukanlah bisnis yang tidak pernah gagal, namun bisnis yang tidak pernah menyerah ketika gagal.

Oleh karena itu, perlu diingat, rencana yang telah tersusun dengan baik, sebaiknya direalisasikan dengan baik pula. Fokuslah dengan proses yang Anda lalui serta jangan mudah menyerah ketika Anda menghadapi cobaan.

 

#9 Membangun Relasi Sesama Pengusaha

Jangan hanya berdagang sendirian, jika Anda hanya berdagang sendirian, Anda akan sulit mendapatkan peluang yang dapat memperluas bisnis Anda. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas yang memiliki jenis usaha yang serupa.

Selain menjadi lahan untuk menambah pengalaman baru, Anda juga dapat mendapatkan informasi seputar usaha Anda.

Jika ingin bisnis UMKM bisa sukses melejit! Anda bisa tonton video kisah inspiratif Sobir Lubis dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Jika Anda membutuhkan modal tambahan melalui jalur pinjaman, maka meminjam sesuai kebutuhan adalah hal yang sangat penting.

Lakukan pertimbangan yang jelas dan matang serta memastikan bahwa dana tersebut akan dimanfaatkan dengan baik.

Selain itu, mengelola keuangan pribadi dan bisnis merupakan suatu hal yang penting. Oleh karena itu, Anda perlu membaca ebook dari Finansialku di bawah ini untuk masa depan keuangan Anda yang lebih baik. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda kembali semangat dan fokus pada visi dan misi bisnis UMKM Anda.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan bagi Anda yang memiliki pertanyaan, tuliskan di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Gambar:

  • Modal UMKM – http://bit.ly/2Y8WXwn