Sudah siapkah Anda membeli rumah? Kapan moment yang tepat untuk membeli rumah? Cari tahu jawabannya melalui pembahasan artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rumah adalah Kebutuhan Primer

Rumah adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap individu.

Seperti yang diajarkan ketika kita masih kecil bahwa ada 3 tingkatan kebutuhan manusia, pangan, sandang, dan kebutuhan papan, yakni rumah atau tempat tinggal.

Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia 01 Finansialku

[Baca Juga: Mimpi Beli Rumah Bisa Terwujud Segera? Simak Trik Jitunya!]

 

Banyak orang menginginkan untuk memiliki rumah idaman, entah itu di lokasi yang strategis ataupun bentuk dan tata ruang rumah yang nyaman dan tentu saja lokasi yang aman.

Sebelum membeli rumah, tentu kita perlu mempersiapkan dananya terlebih dahulu, bukan? Lalu, kapankah sebenarnya moment yang tepat untuk membeli rumah?

 

Moment yang Tepat Untuk Membeli Rumah

Ada tanda-tanda yang perlu Anda sadari ketika Anda siap untuk membeli rumah. Ini dia penjelasannya!

 

#1 Ketika Menjadi Pegawai Tetap

Ketika baru masuk kerja, setiap karyawan atau pekerja tentu mendapatkan kesempatan percobaan selama 3 bulan atau 6 bulan bahkan 1 tahun sebelum memasuki tahap berikutnya menjadi pegawai tetap. Itu pun jika dari perusahaan menganggap bahwa Anda layak untuk mendapatkan posisi sebagai karyawan atau pegawai tetap.

Moment yang Tepat Untuk Membeli Rumah Finansialku 2

[Baca Juga: Sudah 5 Tahun Menikah Tapi Belum Punya Rumah? Lakukan 5+ Cara Ampuh Membeli Rumah Cepat!]

 

Jika Anda sebagai pekerja sudah mendapatkan posisi sebagai pegawai atau karyawan tetap, inilah sebetulnya salah satu tanda atau moment di mana Anda perlu mempersiapkan dana membeli rumah idaman Anda.

Persiapkan dana membeli rumah Anda dengan Aplikasi Finansialku! Dengan aplikasi ini, Anda bisa memperkirakan lebih detail akan kebutuhan dana yang harus Anda siapkan dan berapa banyak yang harus simpan atau alokasikan untuk menjadi tabungan membeli rumah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain itu, Anda juga bisa mencatat setiap arus kas harian Anda melalui Aplikasi Finansialku dan memantau pengeluaran harian Anda agar tidak melebihi budget yang sudah ditetapkan.

Mengatur keuangan pribadi jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan Aplikasi Finansialku.

Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

 

#2 Ketika DP Sudah Siap

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika tidak bisa membeli rumah secara cash, orang cenderung dimudahkan dengan metode pembayaran secara kredit.

Namun, ada prosedur yang harus dilakukan, salah satunya mempersiapkan uang muka atau Down Payment (DP) yang besarnya kira-kira 20 persen dari total harga jual rumah yang akan dibeli.

Jika Anda sudah menjadi pegawai tetap dan tabungan untuk DP sudah dirasa cukup, inilah moment yang tepat untuk membeli rumah.

Anda bisa segera mencari pameran penjualan rumah atau menghubungi agen properti yang menjual rumah sesuai pilihan Anda.

Apakah Anda sudah mengumpulkan DP rumah? Instrumen apa yang Anda gunakan untuk menyimpan uang Anda tersebut? Tabungan di bank?

Jika Anda masih mengandalkan tabungan di bank, maaf, tapi jangan harap Anda bisa membeli rumah dalam waktu dekat.

Pertumbuhan uang Anda akan sangat minim, bahkan malah berkurang karena tergerus inflasi.

Mulai sekarang, mulai menumbuhkan uang Anda lewat investasi. Anda bisa pilih instrumen yang paling cocok dengan jangka waktu yang Anda targetkan.

Anda bisa coba investasi reksa dana saham untuk mengumpulkan DP rumah dalam kurun waktu 5 tahun.

Masih bingung dengan investasi reksa dana? Pelajari dasar-dasar investasi reksa dana bagi pemula lewat ebook Finansialku berikut ini! Download sekarang, gratis!

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Saat Harga Properti di Titik Rendah

Moment berikutnya adalah ketika harga properti berada di titik rendah.

Misalnya, ketika harga rumah seharga Rp3 miliar pada tahun 2014 dan ada tahun 2015 tidak mengalami kenaikan, maka hal ini bisa dinamakan bahwa harga properti sedang berada di titik rendah.

Hal ini biasanya dikarenakan melemahnya tingkat perekonomian dalam negeri, peraturan pemerintah yang dirasa kurang jelas, dan juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang biasa membuat industri properti menjadi terguncang.

 

#4 Masih Lajang atau Sudah Menikah

Bagi Anda yang masih melajang dan memiliki pekerjaan tetap, inilah saatnya Anda sedang dalam kondisi yang cukup stabil dan bisa mempersiapkan dana untuk membeli rumah idaman.

Semakin dini Anda mempersiapkan dananya, semakin dekat Anda memiliki rumah idaman dan mempersiapkan dana lainnya untuk keperluan masa depan seperti persiapan dana untuk menikah atau persiapan dana untuk pendidikan anak Anda.

Biaya Pendidikan Sekolah Nasional, Sekolah Nasional Plus dan Sekolah Internasional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip Model dan Desain Rumah Kolonial Belanda nan Klasik dan Elegan]

 

Jika Anda sudah menikah dan memiliki rumah sendiri, tentu Anda harus sudah memiliki rencana untuk memprioritaskan tabungan membeli rumah.

Tentu saja kondisi ini tidak semudah dengan kondisi saat Anda melajang. Di samping Anda memiliki kebutuhan sehari-hari seperti tanggungan kebutuhan rumah tangga, pendidikan anak dan lain sebagainya, Anda harus berusaha untuk mempersiapkan dana tabungan rumah idaman bagi keluarga Anda.

                                                          

#5 Ketika Tidak Terlilit Utang

Jika Anda termasuk orang yang bisa mengendalikan penggunaan kartu kredit sesuai kebutuhan dan Anda tidak sedang terlilit utang, ini adalah moment tepat di mana Anda bisa mempersiapkan dana membeli rumah idaman.

Ketika kondisi keuangan Anda sedang dalam kondisi yang baik alias sedang tidak terpuruk dengan utang kartu kredit bulanan yang melebihi batas anggaran Anda, maka sudah bisa dipastikan inilah saatnya Anda bisa menghubungi agen properti untuk mencari rumah idaman sesuai budget atau dana yang telah Anda siapkan dan kekuatan finansial Anda tentunya.

 

#6 Penjual Rumah Butuh Uang Cepat

Tak jarang ada pemilik properti atau rumah yang memerlukan sejumlah uang dalam waktu dekat.

Di antaranya mereka ada yang menjual rumah mereka dengan harga yang cukup miring.

Ketika Anda menemukan mereka, penjual rumah yang ingin dana cepat, Anda bisa memanfaatkan moment ini.

Selain Anda bisa menolongnya dengan dana yang Anda miliki, rumah yang Anda inginkan sudah ada di genggaman Anda.

 

Kenali Moment Membeli Rumah Idaman Sejak Dini

Semakin dini Anda mempersiapkan dana membeli rumah, bahkan ketika Anda masih melajang dan belum memiliki kebutuhan layaknya sebuah keluarga, Anda dapat mengalokasikan dana untuk investasi lainnya.

Kenali dan sadari moment di mana Anda sudah siap untuk membeli rumah idaman Anda.

 

Apakah Anda memiliki pengalaman dalam menentukan moment yang tepat untuk membeli rumah idaman?

Anda dapat membagikan pengalaman berharga Anda kepada para pembaca lainnya melalui kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan artikel di atas kepada rekan Anda yang membutuhkan informasi mengenai moment yang tepat untuk membeli rumah.

Jika Anda membutuhkan konsultasi dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Belajar Bisnis Properti. 12 April 2018. Kapan Momen yang Tepat untuk Membeli Rumah? Belajarbisnisproperti.com – https://goo.gl/ymfx5K
  • Fathia Azkia. 25 April 2017. Ini Saat yang Tepat untuk Beli Rumah! Liputan6.com – https://goo.gl/1Us7jE

 

Sumber Gambar:

  • Moment tepat beli rumah – https://goo.gl/qFNQpW
  • Pegawai tetap – https://goo.gl/jsejgm