Memiliki rumah menjadi impian hampir setiap pasangan. Tapi bagaimana jika sudah 5 tahun menikah tapi belum punya rumah?

Tentu saja hal ini bisa menjadi beban pikiran tersendiri. Tapi, jangan khawatir! Selalu ada cara untuk membeli rumah jika Anda benar-benar menginginkannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5+ Cara Ampuh Supaya Anda Bisa Membeli Rumah Idaman

Rumah menjadi salah satu impian para pasangan. Bisa tinggal di rumah sendiri dan membangun keluarga bersama pasangan adalah impian yang dimiliki oleh hampir setiap orang, mungkin Anda juga salah satunya.

Sering kali, harga rumah yang terasa semakin mahal membuat harapan untuk bisa memiliki rumah terlihat sulit. Bahkan, bisa jadi meskipun Anda dan pasangan sudah 5 tahun menikah tapi masih belum punya rumah.

Akan tetapi, Anda tidak perlu berkecil hati. Ada banyak cara ampuh yang bisa Anda lakukan agar bisa segera memiliki rumah untuk Anda, pasangan, dan juga keluarga kecil Anda nantinya.

Sudah 5 Tahun Menikah Tapi Belum Punya Rumah 2 Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru Menikah Apa Mungkin Bisa Beli Rumah Baru?]

 

Sebelum masuk ke pembahasannya, sudahkah Anda merencanakan dana untuk membeli rumah? Untuk membantu dan mempermudah Anda merencanakan dana membeli rumah, download dulu Aplikasi Finansialku! Dengan fitur “Dana Membeli Barang”, Anda bisa menghitung berapa jumlah dana yang Anda harus kumpulkan untuk bayar DP rumah.

Anda bisa mengunduh aplikasinya sekarang juga di Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik link berikut ini.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Kelola Bonus Bulanan dan Tahunan

Anda dan pasangan bekerja di perusahaan yang cukup stabil? Biasanya, perusahaan yang stabil akan memberikan karyawannya beberapa bonus. Misalnya bonus bulanan atau bonus tahunan.

Jangan langsung menghabiskannya untuk hal-hal yang konsumtif. Coba alokasikan bonus yang Anda dan pasangan dapatkan. Anda bisa coba menyimpannya dalam bentuk deposito.

Memilih-Deposito-yang-Tepat-Bagi-Mahasiswa-02-Finansialku

[Baca Juga: Mimpi Beli Rumah Bisa Terwujud Segera? Simak Trik Jitunya!]

 

Semakin banyak bonus yang Anda dan pasangan kumpulkan, maka akan semakin besar pula bunga deposito yang akan Anda dapatkan.

Dana simpanan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk menyewa rumah sebagai tempat tinggal setelah Anda dan pasangan menikah nanti.

 

#2 Alokasikan 30 – 40 Persen Gaji

Anda dan pasangan mungkin sudah menjalin hubungan cukup lama dan berencana ke arah yang lebih serius.

Jika niat Anda untuk menikah masih sekitar 3 tahun lagi, Anda dan pasangan bisa mulai mengalokasikan sekitar 30 sampai 40 persen gaji Anda untuk ditabung.

Jika gaji Anda dan pasangan adalah sekitar 3 juta rupiah, dalam waktu 3 tahun tabungan Anda dan pasangan bisa mencapai sekitar 80 juta rupiah.

Tentu saja jika Anda dan pasangan dapat menjaga komitmen menabung ini selama 3 tahun, dana tersebut bisa Anda gunakan untuk membayar uang muka rumah Anda berdua setelah menikah nanti.

 

#3 Rajin Mencari Bank dengan KPR Rendah

Untuk bisa memiliki rumah impian, Anda perlu rajin-rajin mencari informasi tentang bank dengan tingkat KPR rendah.

Bandingkan bunga KPR antara satu bank dengan bank lainnya. Seringkali, kredit rumah memang dapat membantu Anda untuk bisa mendapatkan rumah impian bagi Anda dan pasangan.

Akan tetapi, jika tidak jeli mencari informasi, Anda justru bisa terjebak dengan biaya bunga kredit yang harus Anda bayarkan.

KPR Syariah Tanpa Riba Apakah Bisa Membeli Rumah Tanpa Riba 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Rumah Jadi Atau Bangun Rumah, Mana yang Menguntungkan?]

 

Oleh karena itu, dalam mencari bank untuk pengajuan KPR, Anda mesti sabar dan teliti. Karena semakin besar bunga KPR yang dimiliki bank, maka akan semakin besar pula biaya yang harus Anda anggarkan untuk bisa memiliki rumah.

 

#4 Menekan Biaya Pernikahan

Anda ingin memiliki rumah setelah menikah? Cobalah untuk menekan biaya resepsi pernikahan Anda.

Pertimbangkan untuk mengundang orang dalam jumlah yang terbatas dan hanya orang yang Anda kenal saja.

Dengan membatasi jumlah undangan, Anda bisa menghemat biaya pernikahan cukup banyak.

Dana pernikahan yang berhasil Anda hemat ini bisa Anda gunakan sebagai uang muka membeli rumah tinggal setelah menikah nanti.

 

#5 Survei Lokasi Perumahan

Selain melakukan survei bunga KPR dari bank, Anda juga perlu melakukan survei lokasi perumahan.

Memiliki rumah impian yang nyaman tidak harus berada di tengah kota. Ada banyak perumahan yang nyaman yang terletak di pinggir kota.

Selain nyaman, perumahan ini juga menawarkan rumah dengan harga yang lebih terjangkau.

 

#6 Tinggal di Kos Pasutri

Tabungan Anda dan pasangan saat ini masih belum mencukupi? Jangankan untuk membeli rumah baru, untuk menyewa rumah pun rasanya masih belum memungkinkan.

Tapi Anda dan pasangan ingin bisa hidup mandiri dan terpisah dari orang tua?

Jangan khawatir, sambil menabung untuk membeli rumah tinggal, Anda dan pasangan bisa memilih untuk tinggal di kos khusus pasutri. Biasanya, harga kos khusus pasutri cenderung lebih murah.

 

#7 Membeli Rumah Bekas Sebagai Alternatif

Memiliki tempat tinggal bagi Anda dan pasangan yang baru saja menikah tidak harus selalu baru. Salah satu cara yang bisa Anda dan pasangan lakukan untuk bisa memiliki rumah tinggal adalah dengan membeli rumah bekas.

Biasanya, harga rumah bekas juga lebih mudah dinegosiasi. Akan tetapi, pastikan bahwa rumah bekas yang akan Anda beli adalah rumah yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Pastikan juga bahwa rumah tersebut tidak membutuhkan biaya renovasi yang terlalu besar.

Selain itu, hal lain yang perlu Anda pastikan adalah apakah rumah tersebut adalah rumah sengketa atau bukan. Rumah sengketa akan memberikan Anda masalah ke depannya. Untuk itu, akan lebih bijak bila Anda menghindari membeli rumah sengketa.

 

#8 Investasi Mulai Sekarang

Selain menabung, investasi dapat membantu Anda mengumpulkan dana. Anda bisa memulai investasi dengan memilih instrumen investasi yang kecil dan memiliki risiko rendah.

Biasanya instrumen investasi seperti ini termasuk investasi jangka panjang. Misalnya dengan membeli emas secara rutin setiap dua bulan dan menjualnya setelah beberapa tahun kemudian.

Anda belum paham bagaimana caranya meraih keuntungan tinggi dengan investasi emas? Pelajari dasar-dasar dan kiat sukses investasi emas lewat ebook Finansialku Panduan Berinvestasi Emas! Download sekarang, gratis!

 

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#9 Cari Kerja Sambilan

Ingin memiliki rumah dalam waktu dekat, tapi dana yang Anda miliki masih terbatas? Coba mulai mencari kerja sambilan, mumpung saat ini Anda masih muda.

Tidak ada salahnya menambah 1 hingga 2 kerjaan sambilan lain di sela-sela waktu senggang Anda.

Mencari kerja sambilan juga bisa menjadi sarana Anda berlatih keluar dari zona nyaman.

Jika Anda saat ini merasa pekerjaan Anda sudah cukup nyaman, dengan gaji yang mencukupi, mencari kerja sambilan dapat membantu Anda menambah alokasi tabungan Anda nantinya.

 

Miliki Keteguhan dan Tekad yang Kuat

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa memiliki rumah tinggal sendiri bagi Anda dan pasangan.

Meskipun saat ini Anda dan pasangan sudah 5 tahun menikah, tapi belum memiliki rumah juga, bukan berarti Anda dan pasangan tidak akan bisa memiliki rumah untuk seterusnya.

Dengan niat yang kuat dan usaha yang gigih, Anda dan pasangan pasti akan bisa membeli rumah impian untuk Anda dan keluarga.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengontrol pengeluaran Anda agar rumah impian bisa segera Anda miliki.

 

Menurut Anda, apalagi hal yang bisa pasutri lakukan untuk memiliki rumah impian?

Bagi Anda yang sudah memiliki rumah, bagikan pengalaman atau tips dan trik yang Anda miliki dengan menuliskannya di kolom komentar. Dengan begitu, pembaca lainnya bisa mendapatkan informasi dari pengalaman Anda.

Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Pinka Wima. 4 Oktober 2017. Meski Gaji Rp 3 Jutaan, Miliki Rumah Sendiri Setelah Nikah Pakai 8 Cara Ini! Idntimes.com – https://goo.gl/U52wYu
  • Boy Leonard. 3 April 2017. 6 Cara Cerdas Punya Rumah Setelah Menikah. Rumah.com – https://goo.gl/B52S7X
  • Meily Rohmatun. 2017. Pasangan Baru Nikah Juga Bisa Punya Rumah, Gaji Pas-pasan Bukan Masalah. Terapkan 8 Cara Ini. Hipwee.com – https://goo.gl/avzyCg

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Rumah – https://goo.gl/LTr1p7
  • Membeli Rumah 2 – https://goo.gl/qqPv48

 

Summary
Sudah 5 Tahun Menikah Tapi Belum Punya Rumah? Lakukan 5+ Cara Ampuh Membeli Rumah Cepat!
Article Name
Sudah 5 Tahun Menikah Tapi Belum Punya Rumah? Lakukan 5+ Cara Ampuh Membeli Rumah Cepat!
Description
Memiliki rumah menjadi impian hampir setiap pasangan. Tapi bagaimana jika sudah 5 tahun menikah tapi belum punya rumah?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo