Moms, apakah Anda mengalami kesulitan dalam memilih bank yang tepat untuk menyimpan uang? Finansialku.com akan menolong Anda dalam memberikan beberapa saran mengenai hal tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menggunakan layanan perbankan tentu menjadi salah satu hal yang wajib bagi hampir semua orang. Bank akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan dimana mereka dapat memberikan berbagai fasilitas dan juga kemudahan yang akan membantu Anda melakukan hal tersebut dengan lebih baik. Ada banyak fitur yang disematkan pihak perbankan di dalam layanan mereka, sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai transaksi keuangan yang Anda butuhkan. Namun, apakah saat ini Anda telah menemukan bank yang tepat untuk semua kebutuhan keuangan Anda tersebut?

Mengenal dan Memilih KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) - Utang Produktif -Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Produk Simpanan Perbankan]

 

Hal-hal Dasar yang Harus Dipertimbangkan

Anda mungkin menerima gaji Anda melalui rekening bank tertentu yang telah dipilih dan ditentukan oleh pihak perusahaan. Ini mungkin sebuah kemudahan jika ternyata Anda cocok menggunakan layanan perbankan dari bank yang bersangkutan. Namun jika Anda tidak merasa cocok, maka hal seperti inilah yang kerap membuat Anda harus memiliki alternatif lainnya untuk membuka rekening baru. Anda membutuhkan kenyamanan dan juga kelengkapan semua fitur yang mempermudah transaksi keuangan Anda, dimana Anda mungkin saja tidak mendapatkannya pada bank pilihan perusahaan tempat Anda bekerja.

Bukan hanya itu saja, kebutuhan keuangan yang lebih kompleks seringkali membuat Anda membutuhkan beberapa rekening yang berbeda, bahkan dari layanan bank yang berbeda pula. Hal ini juga akan membuat Anda perlu memikirkan untuk menemukan sebuah bank yang paling tepat dan bisa memenuhi semua kebutuhan transaksi keuangan yang akan Anda lakukan. Menemukan bank yang tepat bukanlah sebuah hal yang mudah, sebab ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu dengan matang.

Kalau Bank BPR Ditutup Uang Simpanan Kita Aman Ga

[Baca Juga: Kalau Bank BPR Ditutup, Uang Simpanan Kita Aman Ga?]

 

Berikut ini adalah beberapa poin yang harus Anda pertimbangkan untuk bisa menemukan sebuah layanan perbankan yang paling tepat:

 

#1 Biaya Administrasi yang Dikenakan

Saat Anda menggunakan layanan perbankan, maka Anda tentu akan berhadapan dengan sejumlah biaya administrasi yang diterapkan oleh pihak bank atas layanan tersebut. Bank akan memungut biaya bulanan atas jasa mereka yang telah Anda gunakan, dimana jumlahnya mungkin saja akan berbeda antara satu bank dengan bank lainnya. Biaya yang dikenakan sebuah bank besar berskala internasional, tentu akan berbeda dengan biaya yang diterapkan oleh sebuah bank lokal berskala kecil, bukan?

Penting bagi Anda untuk memperhitungkan biaya ini sejak awal, sehingga keuangan Anda tidak tekor dan mengalami masalah akibat sejumlah biaya tersebut. Bukan hanya itu saja, sebagian bank juga memiliki kebijakan tersendiri, di mana Anda mungkin saja bebas dari biaya ini jika Anda mengikuti beberapa ketentuan yang mereka miliki, misalnya: memiliki saldo tabungan dalam jumlah tertentu, melakukan transaksi bulanan dalam jumlah tertentu dan berbagai kebijakan yang lainnya.

Lakukan 6 Resolusi Keuangan 2017 agar Keuangan Anda Lebih Sehat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Resolusi Keuangan Tahun Baru: Saatnya Menata Keuangan Keluarga]

 

#2 Fasilitas yang Anda Dapatkan

Anda menggunakan layanan perbankan, maka Anda tentu berharap untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan keuangan Anda. Setiap bank pasti akan memiliki standar layanan yang berbeda-beda, sama halnya dengan nasabah perbankan yang tentu saja akan memiliki sejumlah kebutuhan yang berbeda-beda pula. Anda tentu ingin mendapatkan fasilitas terbaik, bukan?

Penting bagi Anda untuk memilih bank yang memiliki fasilitas tepat dan dapat memenuhi semua kebutuhan Anda. Anda mungkin akan membutuhkan layanan bank yang memiliki banyak jaringan ATM, sehingga Anda lebih mudah memenuhi kebutuhan perbankan Anda. Atau mungkin saja Anda adalah seseorang yang sering bepergian ke luar negeri, sehingga penting bagi Anda untuk memilih salah satu bank yang memiliki jaringan yang luas dan kuat, agar semua transaksi keuangan Anda selama di luar negeri dapat selalu berjalan dengan baik dan lancar. Pertimbangkan berbagai fasilitas yang Anda butuhkan, sehingga Anda bisa memenuhinya dengan cara memilih bank yang paling tepat.

pekerja-sosialita-ini-cara-mengatur-keuangan-di-tengah-paksaan-gaya-hidup-glamor-1-finansialku

[Baca Juga: Pekerja Sosialita, Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Paksaan Gaya Hidup Glamor]

 

#3 Besaran Bunga yang Diterapkan oleh Bank

Sebagian besar orang menggunakan layanan perbankan untuk menyimpan uang mereka, bahkan dalam jumlah yang cukup besar. Ini adalah sebuah investasi, jadi Anda harus memperhitungkan pendapatan bunga yang akan Anda peroleh dari kegiatan menabung ini.

Besaran bunga tabungan yang akan diberikan oleh bank tentu akan berbeda-beda, tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh bank tersebut. Namun, Anda pasti mengharapkan jumlah pendapatan terbesar agar uang yang Anda miliki dapat bertambah seiring dengan berlalunya waktu. Pertimbangkan untuk memilih bank yang memberikan penawaran bunga simpanan terbesar agar uang Anda semakin bertambah jumlahnya dan tidak habis tergerus oleh inflasi yang meningkat setiap tahunnya.

Apakah Bisnis Waralaba Aman Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Aman Transaksi Keuangan melalui Aplikasi Pembayaran Online?]

 

#4 Kenyamanan dan Keamanan Anda Ketika Bertransaksi

Saat menggunakan layanan perbankan, sudah pasti Anda akan mengharapkan sebuah kenyamanan dan juga keamanan yang maksimal. Sepanjang tahun Anda melakukan banyak transaksi keuangan, dimana hal ini tentu akan jauh lebih menyenangkan jika Anda dapat melakukannya dengan nyaman. Beberapa bank memiliki fasilitas pendukung yang mumpuni untuk hal ini, dimana mereka melengkapi setiap staf mereka dengan pengetahuan yang baik dan juga kemampuan memadai untuk menangani nasabah dengan maksimal.

3 Alasan Mengapa Deposito Jadi Salah Satu Cara Untuk Bebas Keuangan 1 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Deposito Jadi Salah Satu Cara Untuk Bebas Keuangan]

 

Bukan hanya itu saja, bank akan menyimpan sejumlah uang Anda yang cukup banyak, sehingga penting bagi Anda untuk memiliki rasa aman atas kenyataan tersebut. Beberapa bank pernah mengalami masalah pembobolan keamanan, dimana nasabahnya mengalami sejumlah masalah (kehilangan) uang simpanan mereka. Hal ini tentu bukan sebuah pengalaman yang ingin Anda rasakan, bukan? Memilih bank yang dapat memberikan jaminan atas keamanan dana Anda adalah hal yang wajib untuk selalu dipertimbangkan.

 

Bagaimana informasi yang telah Anda baca di atas, semoga dapat bermanfaat. Silakan meninggalkan komentar atau tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Time.com. 26 Mei 2014. How Do I Pick a Bank? https://goo.gl/IP1hgr

 

Sumber Gambar:

  • Bank Indonesia – https://goo.gl/RSZjjz

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang