Apa saja pengeluaran yang harus Anda waspadai jika moms punya bayi kembar? Membuat anak merupakan kebahagiaan yang tak terhingga. Terlebih lagi ketika Anda diberikan anugerah untuk mendapatkan anak kembar sekaligus. Anda tentu paham memiliki anak pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain mencermati kesehatan bayi kembar yang dilahirkan, kita juga perlu cermat dalam menyiapkan kebutuhan keuangan untuk buah hati kita.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

7 Pengeluaran yang Harus Diwaspadai Jika Memiliki Bayi Kembar

Memiliki anak kembar bukan berarti Anda harus menggandakan apa yang akan Anda rencanakan untuk satu anak. Namun ada pengeluaran-pengeluaran yang perlu diwaspadai saat Anda memiliki bayi kembar. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui.

 

#1 Perawatan Pasca Persalinan

Dalam sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan di American Journal of Obstetrics & Gynecology, para peneliti menghubungkan biaya yang lebih tinggi dengan memiliki anak kembar seperti kunjungan ke dokter yang lebih sering, tinggal di rumah sakit yang lebih lama, risiko yang lebih tinggi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan anemia.

Moms Punya Bayi Kembar Berikut 7 Pengeluaran yang Harus Anda Waspadai dan Solusinya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Layanan BPJS Kesehatan untuk Ibu Hamil? Segera Daftar BPJS Online Anda]

 

Bayi kembar biasanya akan lahir sebelum usia kehamilan 38 minggu, yang berarti ada kemungkinan untuk bayi Anda akan dirawat di perawatan intensif atau NICU. Selain itu, melahirkan bayi kembar juga memungkinkan untuk tinggal di rumah sakit lebih lama dari anak-anak yang lain. Belum lagi untuk sang ibu yang melahirkan secara caesar juga akan tinggal lebih lama di rumah sakit, daripada yang melakukan persalinan secara normal, karena tidak semua anak kembar bisa dilahirkan dengan normal.

 

#2 Perlengkapan Bayi

Memiliki dua bayi kemungkinan Anda harus memiliki dua box bayi, dua kursi makan bayi dan dua stroller bayi. Tapi tidak semuanya harus menjadi double, misalnya Anda tidak perlu beli dua play mats atau dua bouncer. Anda harus bijak dan cermat dalam mengeluarkan pengeluaran perlengkapan bayi Anda, karena ada perlengkapan bayi yang sebetulnya tidak terlalu digunakan atau memang rentang pemakaiannya tidak akan terlalu lama.

Anda perlu mempertimbangkan alternatif-alternatif lain seperti menyewa untuk yang rentang waktu tidak terlalu lama. Seperti baby stroller tandem (kereta bayi berbentuk lebar) yang akan dipakai sekitar 1-2 tahun saja, akan lebih hemat jika Anda menyewanya.

 

#3 Hospital Bills

Selain pasca melahirkan yang perlu diwaspadai berikutnya adalah biaya imunisasi untuk bayi kembar yang bersamaan. Di Indonesia ada berbagai imunisasi yang wajib diikuti oleh para bayi dari usia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan hingga 24 bulan. Seperti imunisasi dasar untuk anak yaitu imunisasi BCG, Polio, DPT, Campak dan Hepatitis B.

Vaksin imunisasi ini disediakan secara gratis ataupun dengan harga yang sangat terjangkau di berbagai fasilitas kesehatan milik pemerintah. Namun sayangnya imunisasi dasar belum cukup untuk memaksimalkan ketahanan tubuh anak. Setidaknya masih ada 9 jenis imunisasi lain yang juga direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yaitu Hib, PCV, Influenza, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, HPV maupun vaksin Rotavirus.

Cara Menghemat Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Anda para Calon Bunda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghemat Perlengkapan Bayi Baru Lahir untuk Anda para Calon Bunda]

 

Selain itu, ikatan batin antara anak kembar biasanya sangat kuat. Tak heran, ada hal-hal yang tidak bisa diduga bisa terjadi. Misalnya, saat si Kakak sakit, tak lama kemudian si Adik ikut sakit, padahal Anda sudah menyiapkan dana untuk ke rumah sakit hanya satu anak saja misalnya.

 

#4 Pengeluaran Rutin yang Lebih Cepat Habis

Mempunyai anak kembar, Anda harus memperhitungkan dalam pemakaian rutin bayi yang akan tentunya lebih cepat habis dibandingkan dengan anak tunggal. Anda harus memperhitungkan pengeluaran popok, tisu basah, lotion bayi, shampoo, sabun, sabun deterjen, dan pengeluaran lainnya.

Namun, saat ini banyak supermarket atau online shop yang sering mengadakan promo buy 1 get 1 untuk bermacam produk kebutuhan sehari-hari si kecil. Tak ada salahnya Anda rajin browsing internet atau mendaftarkan email ke beberapa online shop agar bisa mendapatkan newsletter. Sehingga ketika toko mereka tengah mengadakan promo, maka Anda tidak akan ketinggalan untuk berbelanja.

 

#5 ASI Terbaik?

Anda tentu sepakat bahwa ASI merupakan asupan terbaik untuk sang buah hati. Anda tak hanya menghemat pengeluaran untuk membeli susu tambahan tapi juga memberikan nutrisi sehat selama mungkin bagi si Kecil. Namun, terkadang karena memiliki bayi kembar pemberian ASI menjadi jauh lebih merepotkan. Belum lagi keraguan yang dimiliki para ibu mengenai apakah ASI cukup atau tidak.

Ini yang seringkali membuat para ibu akhirnya menyerah untuk memberikan ASI kepada buah hati mereka dan lebih memilih memberikan susu formula kepada si Kecil. Anda dapat mengusahakan memberikan ASI eksklusif secara maksimal untuk buah hati Anda dengan makan sayur dan suplemen pelancar ASI.

 

#6 Babysitter, Daycare atau Ibu?

Bagi beberapa orangtua yang bekerja, pemilihan akan babysitter atau daycare merupakan alternatif yang digunakan untuk menjaga si kecil. Belum lagi Anda harus memperhitungkan berapa banyak babysitter yang dibutuhkan untuk mengasuh si kembar.

Bila Anda mempekerjakan seorang pengasuh anak atau babysitter penuh waktu, minimal gaji yang berlaku di Jakarta dan sekitarnya untuk saat ini sudah di atas Rp3 juta per bulan. Itu adalah gaji bersih di luar biaya seragam, biaya makan, dan tempat tinggal si pengasuh di rumah Anda, dan bonus-bonus. Jadi faktualnya, Anda akan mengeluarkan biaya untuk babysitter lebih dari gaji bersihnya. Alternatifnya Anda bisa memperkerjakan pengasuh paruh waktu dengan biaya lebih murah. Minimal, Anda tidak harus menanggung biaya makan dan tempat tinggal si babysitter.

Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Berapa Budgetnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Berapa Budgetnya?]

 

Adapun daycare atau tempat penitipan anak menetapkan tarif yang beragam. Di Jakarta dan sekitarnya, tersedia berbagai macam pilihan daycare mulai dari kelas bawah dengan tarif mulai Rp2 juta per bulan hingga kelas yang premium dengan biaya Rp7 juta per bulan per anak.

Penghematan yang sangat besar ketika Anda dapat dititipkan pada kerabat Anda, seperti orangtua Anda atau saudara yang lainnya. Selain itu, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk satu orangtua untuk bekerja paruh waktu atau tinggal di rumah penuh waktu untuk merawat anak-anak, ketimbang menitipkan anak ke daycare.

 

#7 Pendidikan

Anda tentunya memahami biaya pendidikan saat ini semakin mahal. Terlebih lagi saat Anda memiliki bayi kembar yang akan masuk sekolah bersama-sama. Tentu saja Anda harus mempersiapkan dana ekstra untuk dapat menyekolahkan anak bersama-sama. Anak kembar berarti orangtua harus mempersiapkan biaya pendidikan dua kali lebih besar.

 

5 Solusi Keuangan untuk Mewaspadai Pengeluaran Saat Memiliki Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar bisa dua kali lebih baik jika Anda siap untuk biaya tambahan. Dan hanya karena Anda merawat dua orang tidak berarti label harga Anda berlipat ganda. Biaya tertentu yang akan Anda dapatkan hanya sekali seperti mendekorasi kamar bayi atau membeli mobil yang lebih besar. Beberapa pengecer menawarkan diskon untuk si kembar, dan jika Anda mencoba mengurangi biaya, si kembar dapat berbagi barang seperti pakaian, mainan, stroller atau mainan.

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku: Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana?]

 

Secara umum, biaya memiliki dan mengasuh anak kembar bergantung pada tempat tinggal Anda, pendapatan keluarga Anda, dan apakah Anda memiliki asuransi kesehatan. Berikut ini adalah 5 solusi keuangan untuk mewaspadai pengeluaran saat memiliki bayi kembar.

 

#1 Memiliki Anggaran

Memiliki anggaran merupakan tahap yang paling penting dalam perencanaan keuangan. Anda harus melakukannya dengan teliti dan menggunakan perkiraan yang tepat, agar tidak ada ketimpangan di dalam perencanaan yang telah Anda atur. Hal ini bisa dilakukan dengan menentukan anggaran yang paling dekat atau yang akan Anda segera laksanakan, seperti perkiraan biaya melahirkan secara caesar. Setelah anggaran Anda buat, maka Anda harus mengalokasikan sejumlah dana untuk menutupi anggaran tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam hal anggaran sehari-harinya. Ada solusi yang kami dapat berikan kepada Anda, yaitu dengan menggunakan aplikasi Finansialku. Anda juga bisa download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#2 Memiliki Catatan Keuangan

Catatlah setiap perencanaan, penerapan anggaran secara rinci dan jelas. Anda dapat mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran Anda melalui catatan keuangan Anda. Dengan mengetahui pola, Anda dapat memprediksi jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang. Anda dapat mulai menyiapkan dananya mulai dari sekarang, sehingga tiba waktunya Anda tidak perlu berutang.

 

#3 Punya Dana Darurat

Dalam bidang keuangan, dana darurat adalah bagian dari perencanaan dan antisipasi tersebut. Dana darurat berbeda dengan tabungan, tetapi tabungan dapat dijadikan sebagai dana darurat. Dana darurat adalah sejumlah uang yang Anda sisihkan dan dipakai ketika kejadian darurat; kejadian ini dapat berupa biaya rumah sakit atau biaya kecelakaan atau pemenuhan biaya kebutuhan ketika tiba-tiba Anda di PHK.

Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda? Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat]

 

Idealnya, Anda dapat menyisihkan kurang dari 10% dari total pendapatan Anda untuk dana darurat. Usahakan untuk terus menyisihkan dana darurat dengan jumlah minimal 6-12 kali lebih besar dari total pendapatan Anda tergantung pada status dan jumlah orang yang harus dihidupi.  

 

#4 Punya Asuransi (Khususnya untuk Orangtua)

Asuransi yang paling penting adalah asuransi untuk diri Anda dan keluarga. Jika Anda adalah tulang punggung keluarga, maka jangan sepelekan asuransi jiwa. Hitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa, agar Anda membeli asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa lindungi anggota keluarga dengan asuransi kesehatan, misalnya dengan menggunakan program kesehatan pemerintah seperti BPJS kesehatan. Jadi lebih baik mengeluarkan uang lebih sekarang dibandingkan boros di kemudian hari.

Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitung kebutuhan asuransi Anda. Anda juga bisa download di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#5 Punya Dana Pendidikan Anak

Memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak merupakan tanggung jawab sekaligus hal yang paling diutamakan oleh setiap orangtua. Anda membutuhkan perencanaan dana pendidikan anak kembar sehingga setiap anak bisa mendapatkan pendidikan terbaik.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam merencanakan dana pendidikan anak adalah mencari tempat pendidikan atau sekolah yang terbaik untuk anak, mulai dia akan memasuki playgroup hingga nanti universitas. Setelah menemukan tempatnya, Anda harus mencari informasi biaya-biaya yang ada di tempat tersebut. Setelah mendapatkan rincian biaya, Anda harus menjumlahkan biayanya sampai anak tersebut lulus sekolah atau kuliah.

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Jika anak kembar Anda ingin disekolahkan yang sama, maka Anda hanya perlu mengalikan dua total biaya keseluruhannya. Tetapi jika mereka akan bersekolah atau mengambil universitas di tempat yang berbeda, maka Anda harus menghitungnya untuk masing-masing anak, lalu menjumlahkannya.

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah bagaimana cara mempersiapkan dana yang cukup untuk membiayai total biaya pendidikan yang sudah dihitung tadi. Untuk menghitung hal yang demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi yang ada di Finansialku.com. Silakan download juga aplikasi ini di Google Play Store. Contoh aplikasi Finansialku untuk dana pendidikan anak sebagai berikut:

 

Punya Bayi Kembar, Orangtua Harus Siapkan Double Biaya

Anda yang memiliki anak kembar tentunya harus merogoh kocek lebih banyak. Kebutuhan anak kembar serba double, misalnya ketika Anda membelikan mainan untuk mereka, pasti Anda akan membelikan satu mainan untuk masing-masing anak bukan? Selain mainan, anak kembar juga membutuhkan barang-barang lainnya, seperti popok, tempat tidur, pakaian, sepatu, dan aksesoris. Seiring bertambahnya usia anak, Anda diharuskan untuk mengeluarkan dana lebih banyak untuk pendidikan mereka.

Memiliki bayi kembar akan memberikan orangtua kebahagiaan lebih dan juga kesibukan yang ekstra. Untuk itu Anda perlu mencermati dan merencanakan setiap hal mengenai perkembangan dan kebutuhan keuangan dalam menyambut kelahiran si kembar.

 

Share informasi ini kepada teman, saudara atau kenalan Anda yang memiliki bayi kembar, karena mereka juga perlu tahu persiapan dari segi keuangan.

 

Sumber Referensi:

  • Ronda Kaysen. 17 July 2013. Raising Twins: 7 Financial Cost of Consider. Learnvest.com – https://goo.gl/dLT8jE

 

Sumber Gambar:

  • Bayi Kembar – https://goo.gl/iXbzTG dan https://goo.gl/Vu5L5i

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana