Mungkinkah dunia kehabisan cadangan emas? Emas dikenal sebagai logam mulia. Ketersediaannya di bumi sangatlah terbatas sehingga jumlah ketersediaannya semakin menipis dari waktu ke waktu.

Namun seiring bertumbuhnya jumlah populasi dunia, semakin meningkat pula permintaan terhadap logam kuning ini.

Apakah mungkin suatu hari nanti dunia akan kehabisan emas? Adakah komoditas penggantinya? Bagaimana peluang yang dapat diraih?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Jumlah Cadangan Emas Dunia

Dari waktu ke waktu ditemui fakta bahwa jumlah produksi emas menurun. Meski tetap dalam upaya pencarian tambang emas baru, namun ketersediaan emas juga makin berkurang.

Salah satu artikel di portal Business Insider bahkan memprediksi bahwa produsen emas dunia seperti Afrika Selatan akan kehabisan cadangan emas dalam 40 tahun ke depan.

Emas bernilai tinggi karena memiliki berbagai sifat istimewa dan jumlahnya yang sangat terbatas di bumi.

Di Indonesia sendiri sebagai salah satu negara penghasil emas, PT Inalum memproyeksikan bahwa cadangan emas akan tetap tersedia hingga tahun 2100. Banyak prediksi pro dan kontra terkait kapan tepatnya dunia akan kehabisan emas.

 

Dunia Diprediksi Akan Kehabisan Emas

Banyak pengamat pertambangan memprediksi cadangan emas dunia akan habis sekitar tahun 2050.

Jika ditemukan lokasi sumber penghasil emas yang baru, mungkin waktunya bisa sedikit mundur. Teknologi pertambangan juga senantiasa dikembangkan agar bisa menambang emas di berbagai lokasi yang sulit dijangkau.

Mungkinkah Dunia Kehabisan Cadangan Emas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas vs Investasi Berlian: Bagaimana Perbandingannya?]

 

Alternatif lain jika suatu saat emas habis dan tidak ditemukan lagi, yaitu dengan “mendaur ulang” emas yang sudah diolah.

Caranya dengan melebur emas di suhu tinggi dan kembali membentuknya sehingga persediaan emas tetap berlanjut. Tidak menutup kemungkinan bahwa biaya produksi emas dengan cara daur ulang bisa lebih ekonomis dibandingkan melakukan pertambangan di lokasi ekstrim.

Kita semua menyadari betapa berharga dan istimewanya emas sehingga dijuluki sebagai logam mulia.

Sebagai suatu yang berharga ia digunakan sebagai perhiasan dan wajib ada ketika perayaan adat di berbagai negara. Selain itu emas juga digunakan dalam berbagai industri misalnya elektronik, kesehatan, dan bidang lainnya.

Terlebih lagi dengan nilainya yang tinggi dan ketersediaan yang terbatas ia juga digunakan sebagai “lindung nilai” terhadap inflasi. Bank sentral melihat emas baik sebagai teman maupun juga musuh.

Emas berperan vital dalam perekonomian suatu negara sebagai salah satu faktor penjamin kestabilan ekonomi. Karena ketersediaannya yang terbatas maka diprediksi suatu saat nilainya akan melonjak tinggi sesuai hukum pasar. Ketika permintaan tinggi sedangkan ketersediaan terbatas, maka harga akan naik.

Jika Anda ingin memulai investasi emas, silakan untuk men-download dan membaca ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Daerah Penghasil Emas Terbesar Dunia

Tahukah Anda bahwa daerah penghasil emas utama terbesar di dunia berada di Afrika Selatan, bernama Cekungan Witwatersrand.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1886 yang dipercayai sebagai hasil dari kegiatan meteorit kuno.

Sejak ditemukan ia telah menghasilkan 1,5 miliar troy ons emas dan setara dengan 50% porsi emas dunia yang pernah ditambang sepanjang sejarah. Karena keterbatasan jumlah emas maka tidak mengherankan jika jumlah produksinya terus menurun dari waktu ke waktu.

Mungkinkah Dunia Kehabisan Cadangan Emas 03 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Yuk Kenali Kelebihan Investasi Emas Putih Beserta Kekurangannya]

 

Selain Afrika Selatan, ada beberapa negara penghasil lainnya, yaitu Tiongkok, Australia, Indonesia, AS, Rusia, dan Peru.

Dari seluruh dunia, diketahui tiap tahun sekitar 2500-3000 ton emas yang ditambang dari bumi. Para ahli pertambangan memprediksi bahwa cadangan emas dunia ada sekitar 190.000 ton lagi.

 

Tambang Emas di Daerah Ekstrim

1 hingga 2 dekade terakhir ini terjadi perlambatan penambangan emas. Hingga abad ini cukup jarang ditemukan daerah penghasil emas baru dengan cadangan emas besar.

Alhasil emas yang diproduksi sekarang ini berasal dari pertambangan lama yang telah dieksplorasi puluhan tahun. Dalam proses pertambangannya juga membutuhkan biaya lebih banyak karena lebih sulit menambangnya.

Ilmuwan meyakini adanya sumber tambang emas besar yang belum ditemui. Namun diperkirakan berada jauh di dalam perut bumi sehingga sulit terdeteksi keberadaannya.

Bulan Ini, Divestasi Saham Freeport Diyakini Bisa Tuntas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Prospek Investasi Emas 2019: Hitung Keuntungan Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Selain itu, ada pula sumber emas besar yang diketahui tersimpan di Antartika yang mana sulit melakukan pertambangan karena kondisi alam yang ekstrim dan tersimpan di bawah lapisan es yang tebal.

Tambang emas diperkirakan tidak hanya berada di daratan. Namun juga tersembunyi di bawah lautan. Hanya sebagian kecil partikel emas yang mengambang di air laut.

 

Penurunan Produksi Emas

Tidak ada yang dapat menganalisis dengan pasti berapa banyak sisa emas di dunia yang belum ditambang. Bahkan hal ini terdengar mustahil untuk diprediksi.

Salah satu konsep untuk memperkirakan sisa cadangan emas dengan mengacu pada data puncak produksi emas.

Puncaknya ditafsirkan sebagai titik dimana produksi emas global mencapai angka tertinggi sepanjang sejarah. Setelah puncak produksi dicapai selanjutnya diikuti penurunan konstan terhadap jumlah produksi emas.

Apakah dunia sudah melewati puncak ini atau belum pun juga kembali muncul perdebatan. Sebagian beranggapan bahwa kita telah melewati puncak. Namun sebagian besar ahli beranggapan bahwa puncak akan dicapai dalam beberapa puluh tahun lagi.

Investasi Bodong E-mas 04 Emas 3 - Finansialku

[Baca Juga: Keuntungan Investasi Logam Berharga Ini Menjadi Pertimbangan Anda Untuk Investasi Emas]

 

Penurunan jumlah produksi di masa ini diperkirakan karena harga yang rendah sedangkan biaya tambang dan produksi tinggi.

Selain itu juga permintaan yang masih dalam batas terkendali sehingga jika dilakukan produksi lebih besar lagi justru bisa mengganggu keseimbangan harga emas di pasaran.

 

Kilau Peluang Emas di 2019

Berdasarkan berbagai faktor fundamental seperti kebijakan The Fed yang melunak, tren pelemahan dolar, stabilitas perekonomian dunia (konflik perang dagang dan Brexit) maka harga emas di tahun 2019 ini cenderung bullish.

Menurut analisis E. B. Tucker, direktur perusahaan jasa penasihat investasi Metalla Royalty & Streaming, setidaknya di tahun 2019 emas akan naik 20%. Target harga terdekat adalah US$1.500 toz (per troy ounce).

Hal ini didasari karena adanya siklus emas yang ke 3 sejak tahun 2000. Dalam jangka panjang angka US$1.900 toz sangatlah optimis untuk dicapai.

Menurutnya dibandingkan instrumen investasi lainnya, emaslah yang masih “undervalue” dibandingkan pasar saham dan bitcoin yang sudah terlalu mahal.

Para investor didorong oleh dogma dan keyakinan yang membuat suatu instrumen menjadi terlalu mahal atau “overvalue”.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tidak ada angka pasti mengenai kapan tepatnya dunia akan kehabisan cadangan emas. Sekarang adalah saat yang baik untuk mengakumulasi si logam kuning ini.

Tentu ketika emas semakin langka, harganya juga semakin mahal. Siapkah Anda memulai perjalanan investasi dengan sang logam mulia?

 

Sumber Referensi:

  • Daniela Cambone. 6 Desember 2018. Gold Will Rally 22% in 2019 and Outperform Everything. TheStreet.com – https://bit.ly/2AXfkGb
  • Frank Holmes. 31 Oktober 2017. The World is Running Out of Gold. Businessinsider.com – https://bit.ly/2v14NXK
  • Admin. 12 Juli 2018. Are We Running Out of Gold? Schiffgold.com – https://bit.ly/2P0oNmA

 

Sumber Gambar:

  • Kehabisan Cadangan Emas 01 – https://bit.ly/2GCYIYn
  • Kehabisan Cadangan Emas 02 – https://bit.ly/2DuL5bU
  • Kehabisan Cadangan Emas 03 – https://bit.ly/2UQeHec