Yuk intip bisnis 6 orang terkaya di ASEAN yang berhasil meraih impiannya! Salah satu diantara mereka adalah orang Indonesia, lho!

Yang pasti Anda akan terinspirasi dengan membaca artikel berikut ini. Selamat membaca dan sukses untuk Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

6 Orang Terkaya di ASEAN

Tahukah Anda bahwa wilayah Asia Tenggara atau yang kita kenal sebagai ASEAN memiliki pertumbuhan ekonomi di dunia yang sangat besar? Ya, bisa dibilang wilayah ASEAN menjadi salah satu penyumbang pertumbuhan perekonomian dunia.

Jika perekonomian dari 11 negara ASEAN digabung menjadi satu negara, maka “Negara ASEAN” akan menjadi negara ketujuh terbesar di dunia dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik.

Di samping itu, PDB (Produk Domestik Bruto) ASEAN meningkat dua kali lipat dari tahun 2001 hingga ke tahun 2013. Itu artinya, hal tersebut akan membuat banyak orang-orang menjadi kaya raya.

Berdasarkan daftar orang terkaya di dunia tahun 2018 versi Forbes, terdapat orang-orang dari wilayah ASEAN yang bisa dikatakan sebagai orang terkaya di negaranya masing-masing dan masuk ke dalam kategori orang terkaya di dunia.

Siapa saja 6 orang terkaya di ASEAN? Apa saja usaha atau bisnis yang ditekuni oleh masing-masing dari mereka?

Yuk simak informasi selengkapnya di bagian selanjutnya!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Peringkat 6: Pham Nhat Vuong (Vietnam)

Total kekayaan: US$4,3 miliar (Rp57,6 triliun)

 

Pham Nhat Vuong adalah orang terkaya pertama di Vietnam yang masuk ke dalam daftar 499 orang terkaya di dunia versi Forbes. Dia merupakan orang pertama terkaya di Vietnam yang sekarang ini berusia 49 tahun.

Bisnis yang dia miliki adalah Vingroup, bisnis yang berfokus kepada pengembangan real estate, retail dan kesehatan. Vingroup terus menjadi pionir dalam pengembangan merek dan produk yang ada di Vietnam.

Orang Terkaya di ASEAN 02 Pham Nhat Vuong - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Liburan ke Vietnam? Yuk Berangkat! Ketahui Wisata Vietnam dan Biayanya]

 

Selain bisnis profitnya, Pham Nhat Vuong mendirikan yayasan terbesar di Vietnam yang dinamakan Kind Heart Foundation. Yayasan ini bergerak dibidang kemanusiaan dan misi penggalangan dana untuk amal.

Istri Vuong, Pham Thu Huong dan adik tirinya, Pham Thuy Hang, mereka bisa disebut juga sebagai orang kaya di Vietnam.

 

Peringkat 5: Robert and Philip Ng (Singapura)

Total kekayaan: US$10,8 miliar (Rp144,7 triliun)

 

Robert dan Philip Ng adalah orang-orang terkaya di wilayah Asia Tenggara yang mendapatkan peringkat 140 orang terkaya di dunia.

Robert dan Philip Ng tergabung dalam sebuah bisnis yang dinamakan Far East Organization.

Bisnis ini merupakan sebuah bisnis pengembang properti swasta terbesar di Singapura. Sudah lebih dari 750 properti yang dikembangkan di Singapura, termasuk area hiburan dan pusat perbelanjaan yang ada di Orchard Road.

Orang Terkaya di ASEAN 03 Robert and Philip Ng - Finansialku

[Baca Juga: 45 Tempat Wisata di Singapura yang Seru dan Asik untuk Liburan]

 

Far East Organization didirikan oleh ayahnya, Ng Teng Fong yang merupakan miliarder Singapura di tahun 1960 an.

Bisnis ini memiliki hubungan yang sangat baik (sister company) dengan Sino Group, salah satu pengembang properti terbesar di Hong Kong.

Kerja sama dengan Sino Group ini dilakukan oleh Robert Ng, sedangkan bisnis di Singapura dikelola dan dikembangkan oleh Philip Ng.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Peringkat 4: Robert Kuok (Malaysia)

Total kekayaan: US$14,8 miliar (Rp198,3 triliun)

 

Menurut Forbes, Robert Kuok adalah miliarder terkaya peringkat ke-98 di dunia. Dia bisa disebut sebagai orang paling kaya di Negeri Jiran, Malaysia.

Dia telah mendirikan Hotel Shangri-la di Singapura pada tahun 1971 dan mengelola Kuok Group yang berbisnis di bidang perhotelan, real estate dan komoditas. Lewat induk perusahaannya, Robert memiliki beberapa perusahaan yang berbasis di Malaysia, Singapura dan Hong Kong.

Orang Terkaya di ASEAN 04 Robert Kuok - Finansialku

[Baca Juga: 35 Tempat Wisata di Malaysia yang Asik Buat Liburan dan Bagus Buat di Instagram]

 

Selain itu juga, Kuok memiliki saham di Wilmar International, sebuah perusahaan minyak sawit terbesar di dunia yang menjadi salah satu penghasilan terbesarnya.

Saham Wilmar miliknya dibantu dan dikelola oleh keponakannya Kuok Khoon Hong.

 

Peringkat 3: Charoen Sirivadhanabhakdi (Thailand)

Total kekayaan: US$36,6 miliar (Rp490,4 triliun)

 

Kabar dari Negeri Gajah Putih, ada orang bernama Charoen Sirivadhanabhakdi, yaitu orang terkaya di Thailand sekaligus orang terkaya ke-65 di dunia versi Forbes.

Dia merupakan pendiri dan pimpinan dari perusahaan minuman Thailand, yaitu perusahaan pembuat bir terbesar di dunia.

Orang Terkaya di ASEAN 05 Charoen Sirivadhanabhakdi - Finansialku

[Baca Juga: Wisata Thailand, Lebih Murah Mana: Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent]

 

Selain itu, dia juga adalah seorang pimpinan dari perusahaan Fraser & Neave. Perusahaan ini adalah perusahaan makanan dan minuman serta industri properti yang berbasis di Singapura.

Dia juga memiliki perusahaan properti TCC Land dan setidaknya ada 50 hotel yang tersebar di seluruh penjuru Asia, Amerika Serikat, Inggris dan di Australia.

Faktanya, nama keluarga Charoen diberikan nama “Sirivadhanabhakdi” oleh Raja Bhumibol, raja Thailand pada tahun 1988.

 

Peringkat 2: Henry Sy (Filipina)

Total kekayaan: US$20 miliar (Rp268 triliun)

 

Setelah menduduki puncak daftar orang terkaya di Filipina versi Forbes selama satu dekade, Henry Sy sudah tidak diragukan lagi bahwa dirinya adalah memang orang terkaya di negara itu.

Dia adalah pendiri SM Prime Holdings yang merupakan bisnis yang bergerak di bidang properti, pusat perbelanjaan terbesar dan operator ritel di Filipina.

Perusahaan SM Prime Holdings telah membuka pusat perbelanjaannya di China.  

Orang Terkaya di ASEAN 06 Henry Sy - Finansialku

[Baca Juga: Butuh Vitamin Sea? Ini Dia 10 Pantai Terbaik Dunia yang Wajib Anda Kunjungi!]

 

Selain itu, dia memiliki kepentingan bisnis di bidang perbankan, pertambangan, pendidikan dan kesehatan. Dia memiliki bank terbesar di Filipina, yaitu Unibank yang dikelola oleh anak perempuannya yaitu Teresita Sy-Coson.

Sy juga memiliki saham di San Miguel, yaitu sebuah perusahaan makanan, minuman, dan pengemasan terbesar di Asia Tenggara.

Ternyata Henry pun memiliki masa hidup yang tidak baik. Pertama kali, dia bekerja di toko kelontong milik ayahnya. Kemudian, di membuka usaha sendiri yaitu toko sepatu sederhana di Manila.

Pada akhirnya, bisnis itu berkembang dan dia memiliki perusahaan ritel terbesar dari usaha yang digelutinya dengan sungguh-sungguh.

 

Peringkat 1: Budi Hartono dan Michael Hartono (Indonesia)

Total kekayaan: US$17,4 miliar (Rp233,1 triliun, milik Budi Hartono) + US$16,7 miliar (Rp223,8 triliun, milik Michael Hartono)

 

Total kekayaan dari Budi dan Michael Hartono jika digabung yaitu sebesar US$34,1 miliar atau setara dengan Rp456,9 triliun.

Mereka adalah dua orang saudara terkaya di Indonesia, dengan kekayaan gabungan melebihi tiga kali lipat dari rekan-rekannya di Singapura.

Orang Terkaya di ASEAN 07 Budi Hartono dan Michael Hartono - Finansialku

[Baca Juga: Games: Tebak Gambar Tempat Wisata di Indonesia]

 

Ayah Budi dan Michael Hartono yang bernama Oei Wie Gwan, mendirikan salah satu perusahaan tembakau terbesar di Indonesia, yaitu Djarum. Perusahaan ini didirikan sekitar tahun 1950 an.

Maka tak heran, Indonesia yang berpenduduk 260 juta jiwa memiliki tingkat merokok yang tinggi.

Kekayaan yang mereka dapatkan sekarang yaitu pada investasi di Bank Central Asia (Bank BCA) yang merupakan salah satu lembaga keuangan bank terbesar di Indonesia.

Keluarga Hartono ini juga memiliki bisnis elektronik Polytron dan real estate di kota Jakarta.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kesuksesan Dapat Diraih

Bagaimana? Apakah Anda ingin seperti mereka? Apa usaha yang akan Anda lakukan untuk mencapai impian tersebut? Pastinya, dibutuhkan sebuah proses panjang yang perlu Anda lalui alias tidak ada proses yang instan.

Kabar baiknya, kesuksesan dapat dicapai oleh setiap orang, asalkan orang tersebut mau berusaha dan bekerja keras untuk meraih impian itu!

 

Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini! Bagikan juga saran dan tips yang Anda ketahui untuk mencapai kesuksesan! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Asian Correspondent Staff. 5 Juli 2018. These Are The 6 Richest People Across Southeast Asia. Asiancorrespondent.com – https://goo.gl/MU9VXZ
  • Forbes. The World’s Billionaires. Forbes.com – https://goo.gl/8Kzcy2

 

Sumber Gambar:

  • Orang Terkaya di ASEAN – https://goo.gl/nrkpAi
  • Pham Nhat Vuong – https://goo.gl/Abir8t
  • Robert and Philip Ng – https://goo.gl/riUQnw
  • Robert Kuok – https://goo.gl/X3n1r9
  • Charoen Sirivadhanabhakdi – https://goo.gl/fnbT19
  • Henry Sy – https://goo.gl/6r7hnS
  • Budi Hartono dan Michael Hartono – https://goo.gl/fssZAV
Summary
Intip Bisnis 6 Orang Terkaya di ASEAN yang Berhasil Meraih Impiannya!
Article Name
Intip Bisnis 6 Orang Terkaya di ASEAN yang Berhasil Meraih Impiannya!
Description
Yuk intip bisnis 6 orang terkaya di ASEAN yang berhasil meraih impiannya! Salah satu diantara mereka adalah orang Indonesia, lho!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo