Forbes rilis daftar orang terkaya di Indonesia untuk tahun ini! Apakah ada nama baru? Atau masih ditempati oleh pemain lama?

Ketahui selengkapnya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2020

Meski Indonesia masih menempati daftar negara berkembang di dunia, rakyatnya tidak pernah berhenti untuk turut berkontribusi dalam membangun perekonomian menjadi lebih baik.

Salah satu bentuk kontribusi yang dilakukan salah satunya dilakukan oleh para pengusaha-pengusaha senior di Indonesia yang membangun perusahaan hingga mencapai titik bonafide.

10 Orang Terkaya di Indonesia 2020_ Sudah Tahu Siapa Saja_ 02

[Baca Juga: Crazy Rich Indonesia Forbes: Orang Terkaya Indonesia 2019]

 

Bukan cuma satu orang, tapi beberapa orang yang berhasil menempati posisi 10 besar daftar orang-orang terkaya yang membantu negara untuk sedikit lebih maju.

Berikut adalah beberapa daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2020 ini, dilansir dari Forbes:

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

#10 Jogi Hendra Atmadja

Peringkat ke-sepuluh tetap ditempati oleh pemilik ‘Roma Kelapa’, Jogi Hendra Atmadja, dengan total aset kekayaan mencapai Rp 42,3 triliun.

Bukan hanya perusahaan Mayora, dia juga mulai mengembangkan bisnisnya di produk minuman kemasan, ‘The Pucuk Harum’ dan ‘Le Minerale’, hasil kerja sama dengan PT Tirta Fresindo Jaya.

Bukan hanya dari tiga produk di atas, kekayaannya juga turut didukung oleh beberapa perusahaan lainnya seperti PT Unita Branindo, PT Torabika Eka Semesta, dan PT Kakao Mas Gemilang.

 

#9 Chairul Tanjung

Nama konglomerat media satu ini pasti sudah tidak asing gaungnya di telinga kita, ya?

Dengan kekayaan Rp 50, 7 triliun, dia berhasil mempertahankan posisi ke-sembilan orang terkaya di Indonesia sejak tahun lalu.

10 Orang Terkaya di Indonesia 2020_ Sudah Tahu Siapa Saja_ 03

[Baca Juga: Kesuksesan Seorang Chairul Tanjung Si Anak Singkong]

 

CT Corp sendiri bukan hanya memiliki anak perusahaan di satu bidang saja, tapi juga menggurita ke beberapa bidang lainnya seperti perbankan dan retail.

Sebut saja Hypermart, Carrefour, Transmart, Trans Mall, Bank Mega, Trans Hotel, hingga wahana permainan Trans Studio.

 

#8 Boenjamin Setiawan

Sementara posisi ke-delapan ditempati oleh Boenjamin Setiawan, pemilik salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kalbe Farma, dengan total aset kekayaan mencapai Rp 61,3 triliun.

Usaha lainnya yang turut menyumbang kekayaan yang dimilikinya adalah Rumah Sakit Mitra Keluarga.

 

#7 Tahir

Pendiri Grup Mayapada ini, berhasil mempertahankan posisi ke-tujuh sejak tahun lalu sebagai orang terkaya di Indonesia.

Tahir sendiri, berkecimpung di dunia real estate, perbankan, dan beberapa rantai rumah sakit.

Bukan hanya itu, bangunan perdagangan Selat Singapura dan Goodway Hotel yang ada di Batam juga turut menyumbangkan kekayaannya yang mencapai total Rp 67,7 triliun.

 

#6 Anthoni Salim

Orang terkaya di Indonesia urutan ke-enam berhasil dipertahankan oleh Anthoni Salim, dengan total kekayaan mencapai Rp 77,5 triliun.

Kekayaan ini berhasil dia dapatkan dari beberapa perusahaan besar di Indonesia yang familiar di telinga kita, seperti PT Indofood Sukses Makmur Tbk. dan PT. Bogasari Flour Mills.

 

#5 Sri Prakash Lohia

Urutan kelima orang terkaya di Indonesia ditempati oleh nama lama, yaitu Sri Prakash Lohia, dengan total kekayaan mencapai Rp 78,9 triliun.

Imigran asal India ini pertama kali menyeburkan diri ke dunia bisnis dengan membangun bisnis pemintaian benang dengan bantuan ayahnya.

Kemudian dia beralih setir, mencoba bisnis bahan dasar botol plastik, yang sampai saat ini ditekuninya.

10 Orang Terkaya di Indonesia 2020_ Sudah Tahu Siapa Saja_ 04

[Baca Juga: Cara Jadi Orang Kaya Seperti 10 Orang Terkaya Dunia, Lakukan Sekarang!]

 

Bukan hanya memiliki perusahaan bahan dasar botol plastik, dia juga sedang mengembangkan sebuah bisnis di industri petrokimia, yang berhasil melakukan ekspansi hingga ke benua Afrika.

 

#4 Susilo Wonowidjojo

Tidak berubah dari posisinya tahun lalu, anak ketiga dari Suryo Wonowidjojo, pendiri perusahaan rokok kretek, Gudang Garam ini memiliki total kekayaan Rp 93,1 triliun, lho!

Sebenarnya bukanlah hal yang mengherankan, karena per tahunnya saja, Gudang Garam bisa menjual sekitar 70 miliar batang rokok. Hal ini yang akhirnya berhasil membawa Susilo berada di posisi empat sebagai orang terkaya di Indonesia.

 

#3 Prajogo Pangestu

Urutan ketiga masih ditempati oleh orang yang sama sebagaimana urutan yang dirilis Forbes tahun lalu, dengan  total kekayaan senilai Rp 107, 2 triliun.

Sebuah fakta menarik tentangnya mengiringi perjalanannya dalam menempati posisi tiga tahun kemarin dan tahun ini.

Sebelumnya, dia menduduki urutan ke-10 dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2018, lho! Hingga akhirnya dia bisa berhasil merangkak naik ke posisi 3 dan mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut.

Pengusaha sukses yang pernah jadi sopir angkot dan pemotong kayu ini mengawali perjalanan bisnisnya di Djati Timber Group, lalu mendirikan gedung Barito Pasific.

Bukan hanya dua bisnisnya itu yang menyumbangkan kekayaan buatnya, tapi juga sebagian saham yang dimilikinya di BCA.

 

#2 Eka Tjipta Widjaja

Orang terkaya di urutan kedua adalah Almarhum Eka Tjipta Widjaja dengan total kekayaan bersih senilai Rp 135,4 triliun.

Kekayaan ini didapatkannya dari jabatannya sebagai pemilik Sinar Mas Group dan produksi kelapa sawitnya.

 

#1 Hartono Bersaudara (R Budi & Michael Hartono)

Di urutan pertama, masih ditempati oleh nama lama, yaitu Hartono Bersaudara. Keduanya berhasil mempertahankan urutan pertama ini selama 11 tahun, lho!

Kekayaan bersih yang didapat dari perusahaan tembakau dan rokok Djarum warisan ayahnya, perusahaan Polytron, dan investasi saham Bank Central Asia, totalnya mencapai Rp 536 triliun.

 

Sobat Finansialku juga Bisa!

Ingin menjadi bagian dari salah satu daftar sepuluh besar orang terkaya di Indonesia? Bisa, kok!

Semua keinginan dan mimpi Sobat Finansialku bisa dicapai. Asal punya perencanaan dan target yang jelas di masa depan nanti.

Dalam langkah menuju kesuksesan, jangan lupa untuk libatkan Aplikasi Finansialku untuk menjadi partner yang menunjang kesuksesan Sobat Finansialku, ya!

Libatkan kami ketika Sobat Finansialku melakukan perencanaan keuangan dan pencatatan keuangan untuk mimpi-mimpi yang ingin dicapai.

Bukan hanya itu, ketika butuh bantuan dalam membuat keputusan finansial, jangan ragu untuk hubungi perencana keuangan kami di fitur Konsultasi Keuangan.

Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple Apps Store dan dapatkan free trial selama 30 hari. Mau upgrade premium setelah 30 hari? Gunakan kode CUAN50 agar dapat potongan harga Rp 50 ribu!

Terus semangat dalam gapai semua daftar mimpinya, ya!

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2020 ini? Sampaikan pada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Apabila informasi ini perlu disebarkan ke rekan dan keluarga, Sobat Finansialku bisa membagikannya melalui pilihan platform di bawah. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ayu Isti Prabandari. 17 Maret 2020. 9 Orang Terkaya di Indonesia 2020 Selain Hartono Bersaudara. Merdeka.com – https://bit.ly/34p6QGi
  • Estrin Vanadianti. 10 Februari 2020. Orang Terkaya di Indonesia 2020, Prajogo Pangestu Naik 7 Peringkat. Cekaja.com – https://bit.ly/2yCiYHU

 

Sumber Gambar:

  • Richest Man in Indonesia 2020 – https://bit.ly/2RjZ1vW
  • Chairul Tanjung – https://bit.ly/3c2cTD7
  • Sri Prakash Lohia – https://bit.ly/2Vdt21D