Semakin luasnya penerapan teknologi informasi di berbagai bidang industri, telah membuka peluang yang besar bagi para Sarjana Teknik Informatika di era globalisasi ini. Para lulusan Teknik Informatika kini bukan hanya memiliki prospek yang sangat luas tetapi juga dapat memperoleh gaji yang relatif cukup tinggi. Lalu, bagaimana dengan biaya kuliah teknik informatika? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku
Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Prospek Kerja Teknik Informatika

Ada beberapa bidang pekerjaan Teknik Informatika yang mempunyai prospek yang cukup baik bagi para lulusan Teknik Informatika, seperti Junior Programmer, System Analyst, Web Designer, Network Administrator, dan ERP Consultant.

 

#1 Junior Programmer

Cukup banyak lulusan Teknik Informatika yang memulai karirnya sebagai Junior Programmer. Programmer yang umum dicari oleh perusahaan adalah mereka yang menguasai bahasa pemrograman Java, C++ dan Visual Basic, sedangkan untuk web programmer, yang sering dibutuhkan adalah mereka yang menguasai bahasa HTML/XML, PHP, ASP, Cold Fusion.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kuliah Kelas Karyawan: Ini Cara Mengatasi Kesulitan Kuliah Sambil Kerja]

 

Untuk pemrograman database, umumnya programmer yang mengusai bahasa SQL yang lebih banyak dicari.  Lapangan kerja untuk programmer cukup banyak, mulai dari perusahaan pengembang software sampai ke perusahaan konsultasi database. Untuk prospek jangka panjang, para programmer yang memulai kariernya sebagai junior programmer tetap membutuhkan keterampilan di bidang lainnya, seperti web design dan software development.

 

#2 System Analyst

System analyst adalah orang yang tugasnya menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan dalam suatu perusahaan/organisasi. System analyst dituntut untuk memberikan analisis dan mengetahui secara jelas, mulai dari apa yang diminta oleh klien (system definition), bagaimana membuat database-nya (system implementation), hingga ke pengenalan hardware. Kemampuan untuk budgeting (menghitung anggaran) yang akan dipakai dalam pengerjaan sistem juga dibutuhkan oleh para system analyst.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Orangtua Harus Membeli Asuransi Pendidikan Untuk Anak?]

 

Dalam praktiknya, system analyst dan programmer bekerja bersama-sama. System analyst mendesain dan menganalisis sistemnya, lalu programmer yang akan membuat programnya dengan menggunakan bahasa pemrograman. System analyst juga memiliki tugas yang hampir sama dengan project manager, hanya tentunya dalam skala yang lebih kecil.

Perusahaan berskala besar di bidang multimedia, perbankan, dan perusahaan-perusahaan lainnya, membutuhkan tenaga system analyst karena setiap klien pasti menginginkan sistem yang efektif dan tepat guna.

 

#3 Web/Graphic Designer

Seorang web designer akan bertanggung jawab atas elemen visual dan multimedia dari sebuah situs. Web designer akan bekerja sama dengan programmer web. Mereka bertugas merancang situs, baik dari segi isi maupun tampilannya. Seorang graphic designer juga dapat mengerjakan hal selain mendesain sebuah situs, seperti menjadi staf artistik pada majalah atau koran.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 04 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya?]

 

Saat ini di Indonesia, banyak sekali situs-situs yang muncul setiap minggunya. Ditambah lagi semakin banyaknya perusahaan e-commerce, semakin banyak pula tenaga ahli di bidang web atau graphic design yang dibutuhkan.

 

#4 Network Administrator

Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan kontinuitas jaringan sistem yang digunakan, termasuk hal-hal seperti membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, dan DNS server. Network administrator merupakan orang yang sering ditanyakan bila terjadi masalah dalam jaringan.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Kuliah Kelas Karyawan dan Perencanaan Biaya Pendidikan]

 

#5 ERP Consultant

Tugas seorang ERP (Enterprise Resource Planning) Consultant adalah memberi masukan atau saran tentang pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Tujuannya supaya perusahaan klien lebih efektif dalam melakukan pekerjaan dan dengan pengeluaran yang lebih kecil. Tidak jarang seorang konsultan ERP juga dituntut untuk memberi solusi pencarian data (data mining) dan pengumpulan data (data warehousing).

Biasanya ERP Consultant menggunakan sistem database tertentu seperti Oracle atau SAP. Tentunya seiring dengan berkembangnya aplikasi untuk database, tenaga kerja sebagai konsultan juga semakin diperlukan.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 06 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Kisaran Gaji Lulusan Teknik Informatika

Situs referensi gaji Payscale.com merilis bahwa lulusan Teknik Informatika merupakan jurusan berprospek yang mempunyai penghasilan relatif tinggi. Seiring dengan kebutuhan informasi dan teknologi suatu perusahaan, individu yang menguasai Ilmu Teknik Informatika juga semakin dibutuhkan.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, Tarzan Basarudin menjelaskan, 10 hingga 15 tahun ke depan kebutuhan tenaga Teknik Informatika di Indonesia akan meningkat 50 kali lipat. Senada dengannya, Kepala Jurusan Teknik Informatika Trisakti Syaifudin menyatakan bahwa prospek di bidang Teknik Informatika sangat luar biasa, karena semua hal akan segera didigitalisasikan.

Sejumlah kalangan juga setuju, termasuk buku “Tujuh Jurusan Bergaji Besar” karya Ina Liem, Country Manager La Trobe University di Australia. Bidang teknik informatika dan ilmu komputer tidak akan pernah redup dan selalu menawarkan gaji yang tinggi.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 07 - Finansialku

[Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential]

 

Beberapa kisaran penghasilan yang dapat diperoleh oleh sarjana teknik informatika yang baru lulus sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut adalah:

  1. Junior Programmer, dapat memperoleh sekitar Rp60 juta per tahunnya.
  2. System Analyst, dapat memperoleh sekitar Rp72 juta per tahunnya.
  3. Web/Graphic Designer, dapat memperoleh sekitar Rp60 juta per tahunnya.
  4. Network Administrator, dapat memperoleh sekitar Rp60 juta per tahunnya.
  5. ERP Consultant, dapat memperoleh sekitar Rp96 juta per tahunnya.

 

Biaya Kuliah Teknik Informatika dan Simulasi Perhitungannya

Dari semua informasi diatas, Anda mengetahui bahwa jurusan Teknik Informatika mempunyai prospek yang luas dan memiliki kisaran penghasilan yang cukup baik. Tetapi tentu saja, Anda harus merencanakan pendidikan anak Anda untuk berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Yang jadi pertanyaan, berapakah biaya kuliahnya? Dan Berapa jumlah dana yang harus Anda siapkan?

Ada cukup banyak mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Saya akan mengambil contoh biaya dari Universitas Binus. Dibawah ini adalah biaya kuliah Teknik Informatika di Universitas Binus tahun 2017/2018.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 08 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

Dari data diatas, biaya untuk masuk kuliah Teknik Informatika adalah Rp27.000.000 (Rp13.500.000 + Rp13.500.000). Untuk biaya setiap semesternya sebesar Rp16.525.000. Kuliah teknik informatika biasanya 4 tahun hingga mahasiswa tersebut lulus.

 

Untuk menghitung dana yang harus dikumpulkan kita dapat menggunakan aplikasi Finansialku. Anda dapat download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau gunakan aplikasi disini.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Saya akan mensimulasikan perhitungannya dengan pemisalan sang anak sudah masuk SMA kelas 1 (usia 15 tahun) dengan uang pangkal saat ini Rp27.000.000 dan uang sekolah saat ini Rp2.755.000. Selain itu, diasumsikan kenaikan biaya pendidikan 10% per tahun dan imbalan hasil investasi 5% per tahun. Berikut ini gambar penggunaan aplikasi Finansialku untuk dana pendidikan.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 09 - Finansialku

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 10 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Jika anak Anda baru memasuki SMA kelas 1 (usia 15 tahun) sekarang, maka seperti simulasi perhitungan diatas, harus ada sejumlah dana yang Anda alokasikan untuk menyiapkan dana pendidikan anak Anda sebesar Rp6.171.283 per bulan selama 36 bulan atau 3 tahun.

 

Persiapkan Dana Pendidikan Kuliah Teknik Informatika

Kuliah di zaman sekarang, khususnya jurusan Teknik Informatika, bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan biaya yang cukup besar untuk menyekolahkan anak Anda atau mahasiswa di perguruan tinggi. Jika orangtua dan mahasiswa tidak memikirkan dan melakukan persiapannya sekarang, maka orangtua dan mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Hal ini akan berakibat kepada kesehatan keuangan. Oleh sebab itu, rencanakan keuangan tersebut dari sekarang. Hubungi tim Finansialku, jika Anda menginginkan konsultasi keuangan pribadi Anda.

Berikan pendidikan yang terbaik sesuai dengan minat dan bakat Anak, misalnya di Teknik Informatika agar anak Anda menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

 

Bagaimanakah persiapan Anda, para orangtua dalam merencanakan pendidikan anak-anak tercinta Anda? Bagaimana dengan kamu, para calon mahasiswa, apakah kamu tertarik untuk berkuliah di Jurusan Teknik Informatika? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • M. Afif Aminulyo. 2015. Prospek Lulusan Informatika. Hm.if.undip.ac.id – https://goo.gl/TL0Bsf
  • Admin. 20 April 2013. Sarjana IT Berprospek Gaji Tinggi. Jurusanku.com – https://goo.gl/GLmGpO

 

Sumber Gambar:

  • Biaya Kuliah Binus – https://goo.gl/Nf09LL
  • Teknik Informatika – https://goo.gl/htzxXR
  • Junior Programmer – https://goo.gl/Dyd63b
  • System Analyst – https://goo.gl/GRdne3
  • Web/Graphic Designer – https://goo.gl/ksRxnS
  • Network Administrator – https://goo.gl/jcbp9j dan https://goo.gl/QkikVB
  • ERP Consultant – https://goo.gl/ujN6pH

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana