Kemenkeu keluarkan Surat Berharga Negara (SBN) ORI017 bulan ini. Cari tahu tanggal pembelian dan keuntungannya di sini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Catat! Pembelian ORI017 Dimulai Pekan Depan

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mulai menawarkan Surat Berharga Negara berjenis Obligasi Ritel Indonesia seri 017 atau ORI017 yang akan rilis bulan ini.

Lewat akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, waktu penawaran ORI seri ORI017 telah ditetapkan.

Bagi Sobat Finansialku dan para investor lainnya bisa melakukan pembelian mulai 15 Juni hingga 9 Juli 2020.

Meski begitu, kupon yang ditawarkan masih belum diketahui. Namun, bukan berarti prakiraan cuan yang diterima tak bisa dihitung.

Perlu dicatat, untuk setiap pembelian ORI, investor dikenakan pajak penghasilan (PPh) final yakni 15 persen. Adapun, investor memeroleh kupon setiap bulan dengan tenor 3 tahun.

Mengutip dari Bisnis, Jumat (05/06) cara penghitungan return bersih bulanan untuk pembelian ORI dengan cara mengalikan nilai pembelian dengan kuponnya terlebih dahulu.

Kemudian, nilai tersebut dibagi 12 karena kupon yang tercantum pada instrumen ORI merupakan kupon selama setahun yang pembayaran return-nya dilakukan secara bulanan.

Dari angka tersebut, barulah dikalikan dengan 15 persen yang merupakan PPh.

karyawan-perlu-pertimbangkan-investasi-di-obligasi-ritel-indonesia-ori013-finansialku

[Baca Juga: FAQ Obligasi Ritel Indonesia]

 

Sementara itu, penerbitan ORI017 dilakukan lebih awal, mengganti Savings Bond Ritel (SBR) dalam rencana sebelumnya, bertujuan untuk mengakomodasi permintaan investor terhadap instrumen investasi yang lebih likuid.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku, seri ORI merupakan obligasi negara dengan jangka waktu 3 tahun.

ORI bisa diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder sebelum jatuh tempo sehingga memiliki sifat likuid atau mudah dicairkan.

Selain itu juga, ORI menawarkan dua sumber keuntungan bagi investornya, yakni kupon (bunga) dan capital gain.

Lebih jelasnya, kupon adalah imbal hasil yang dibayarkan secara berkala. Sementara capital gain adalah potensi peningkatan harga bila dijual di pasar sekunder.

Soal keamanan, ORI tidak perlu diragukan lagi karena surat utang negara ini baik pokok maupun kuponnya dijamin 100 persen oleh negara. Jadi tidak perlu takut rugi atau uang kita hilang.

Penawaran obligasi negara ini bisa menjadi peluang investor ritel masuk ke pasar obligasi, yang disebut memiliki prospek cerah karena imbal hasil menarik dan risiko rendah.

Melansir dari Bareksa, Indonesia telah mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating internasional.

Artinya, Sobat Finansialku tak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan investasi.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Dikusikan Investasimu

Sebelum berinvestasi, sudah tahukah kamu bahwa seseorang harus mengetahui terlebih dahulu tujuan dari investasi tersebut. Berinvestasi tidak bisa sekedar menaruh uang ‘nganggur’ di dalam instrument investasi.

Mengapa? Karena investasi hanyalah sebuah kendaraan yang kamu gunakan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Misalnya kamu punya tujuan keuangan untuk membeli rumah atau mengumpulkan dana pensiun. Dua tujuan keuangan yang berbeda akan memiliki pertimbangan pilihan investasi yang berbeda pula.

Sehingga pilihan instrumen investasi akan ditentukan sesuai dengan tujuan keuangan kamu.

Nah, oleh karena itu, kamu harus tahu terlebih dulu tujuan keuangan kamu sebelum melakukan investasi.

“Investasi apa sih yang cocok atau sesuai dengan tujuan keuanganku?” Jika kemudian kamu punya pertanyaan ini, Finansialku punya solusinya!

Tapi sebelumnya, sudahkah kamu punya aplikasi Finansialku dalam smartphone kamu? Kalau belum, yuk download, jangan sampai ketinggalan zaman di mana orang mulai melek finansial kayak sekarang ini.

Kamu bisa download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store atau klik ikon di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Aplikasi Finansialku adalah satu-satunya aplikasi Perencana Keuangan di Indonesia dan sudah terdaftar di OJK.

Dalam aplikasi ini kamu bisa mencatat, membuat anggaran, belajar keuangan, hingga konsultasi keuangan kamu dengan ahli keuangan.

Tentu saja selain itu banyak banget fitur yang tersedia buat kamu mengatur keuangan, termasuk produk-produk investasi yang bekerja sama dengan Finansialku.

Nah, kalau kamu bingung akan investasi apa yang harus diambil untuk meraih tujuan keuangan kamu, kamu bingung apakah dengan kondisi keuangan saat ini kamu bisa berinvestasi atau tidak, hubungi Perencana Keuangan kami melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

“Ah, ini pasti bayar mahal” mungkin ini yang keluar di pikiranmu saat membaca tulisan di atas. Tapi tidak demikian.

Hanya dengan Rp 350 ribu, kamu bisa memperoleh semua fitur premium aplikasi Finansialku selama satu tahun, termasuk konsultasi dengan Perencana Keuangan.

Harga tersebut sama dengan kamu menyisihkan uang kurang Rp 30 ribu sebulan atau kurang dari SERIBU rupiah per harinya. Uang parkir saja tidak semurah ini, bukan?

Tertarik? Yuk download aplikasinya sekarang dan rasakan manfaatnya yang bisa mengubah hidup kamu.

Oh iya! Buat kamu yang mau download aplikasi Finansialku dan upgrade menjadi premium, dapatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan memasukkan kode referral CUAN50. Ayo ambil keuntungannya! Ubah hidupmu!

 

Lebih jelas tentang obligasi pemerintah, simak video di bawah ini.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Hanum Kusuma Dewi. 03 Juni 2020. Catat, Ini Jadwal Penerbitan Obligasi Negara Ritel ORI017. Bareksa.com – https://bit.ly/2Xywnux
  • Admin. 04 Juni 2020. Menakar Peluang Cuan dari ORI ke-17. Bisnis.com – https://bit.ly/372kd07