Buat kamu yang punya hobi otomotif, sebenarnya bisa saja mengubah hobi tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan, asal memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan dengan baik.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas banyak hal mengenai hobi otomotif dan bagaimana cara untuk menjadikannya sebagai salah satu sumber penghasilan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadikan Hobi Otomotif Sebagai Ladang Bisnis

Ada begitu banyak pria yang memiliki hobi otomotif, baik itu untuk kendaraan roda dua, mobil balap, ataupun jenis otomotif yang lainnya. Hanya saja, hobi otomotif ini termasuk hobi yang mahal, alias membutuhkan cukup banyak uang.

Dengan begitu, meskipun hobi ini sangat menyenangkan, tidak sedikit yang menjadi terkendala untuk urusan pendanaan.

Alhasil, kita menjadi kesusahan untuk menggeluti hobi ini, dan akhirnya terpaksa harus berpikir untuk ganti hobi.

“Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?”

Sobat Finansialku, dari pada bingung bagaimana caranya memenuhi pendanaan untuk hobi kamu, alangkah lebih baik jika kamu mulai mencoba menjadikan hobi otomotifmu menjadi salah satu sumber penghasilan.

Dengan begitu, selain bisa melakukan sesuatu yang kamu senangi, keuangan kamu tidak akan terancam.

Hobi Otomotif Gak Bakal Tekor Kalau Kamu Atur Keuangan Seperti Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji!]

 

Mungkin selama ini kamu perlu mengeluarkan sampai puluhan juta rupiah hanya untuk hobi otomotif, namun jika itu sudah menjadi bisnis maka hal sebaliknyalah yang akan terjadi, yaitu kamu memperoleh keuntungan dari hobi.

Salah satu orang Indonesia yang sudah sukses dalam hal ini ialah Rudy Salim. Beliau adalah seorang yang memiliki hobi otomotif dan dapat menangkap sebuah peluang besar dari hobi yang ia miliki, sehingga saat ini memiliki kekayaan yang luar biasa.

Saya percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai kesuksesan, asalkan orang tersebut mampu menangkap peluang yang ada, serta kreatif dalam mengelola hobi ataupun talenta yang ia miliki.

 

Ide Bisnis Otomotif yang Bisa Kamu Coba

Buat kamu yang berani untuk menjadikan hobi ini sebagai bisnis, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti yang berikut ini.

 

#1 Membuat Showroom Mobil atau Sepeda Motor

Jika kamu memiliki modal yang cukup banyak, maka dari pada hanya mengoleksi saja, akan lebih baik lagi jika kamu bisa memperjualbelikannya.

Selain puas ngeliatin mobil-mobil atau motor yang kamu punya, kamu juga akan mendapat keuntungan yang cukup banyak dari hasil penjualanmu.

Kamu bisa memilih menjual mobil baru ataupun mobil bekas, motor baru atau motor bekas, menjual satu brand atau menjual berbagai brand agar pilihannya menjadi lebih banyak, semuanya dapat kamu atur sendiri.

Atau kalau kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk menyediakan mobil dalam jumlah yang banyak, kamu bisa membuka tempat untuk orang lain atau teman-teman dalam komunitasmu yang ingin menitipkan mobil atau motornya untuk dijual.

Tentu kamu pun akan mendapat keuntungan juga. Lalu bagaimana jika memang benar-benar belum memiliki modal yang cukup?

Solusinya, kamu bisa mulai aja dulu dengan menjadi sales di salah satu penyedia barangnya dan kemudian keuntungannya bisa kamu jadikan sebai modal usaha. Jadi, semuanya tetap berhubungan dengan hobimu.

 

#2 Buka Toko Spare part

Sebagai seorang yang hobi otomotif, kamu pastinya paham banget dong kalau kendaraan membutuhkan perawatan secara rutin, termasuk bagian spare part-nya.

Maka dari itu, membuka sebuah toko yang menyediakan spare part kendaraan bermotor merupakan salah satu bisnis yang patut untuk dipikirkan, terlebih lagi jika di daerahmu hanya sedikit yang memiliki toko serupa.

Tentunya, modal yang kamu butuhkan untuk membangun sebuah toko spare part tidak akan sebesar membuka showroom kendaraan, kecuali jika kamu memang ingin memiliki sebuah toko yang sangat besar.

Selain itu, kamu juga bisa sekaligus membuka jasa untuk service dan ganti sparepart, agar keuntungan yang kamu peroleh bisa lebih banyak.

Jika belum memiliki keahlian yang mumpuni untuk melakukan service, kamu bisa mencoba untuk menggunakan jasa orang lain alias menyewa karyawan.

Hobi Otomotif Gak Bakal Tekor Kalau Kamu Atur Keuangan Seperti Ini 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Mobil 50 Jutaan Layak Pakai? Cari Daftarnya di Sini!]

 

#3 Jasa Membersihkan Kendaraan

Setiap orang yang memiliki hobi otomotif pastinya bakalan senang banget kalau kendaraannya tetap bersih, hanya saja tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan kendaraannya.

Maka dari itu, jasa untuk membersihkan kendaraan merupakan salah satu peluang bisnis yang bisa banget untuk kamu coba, baik untuk sepeda motor ataupun untuk mobil.

Asalkan kamu mendirikannya di lokasi yang tepat, maka keuntungan yang kamu peroleh bisa cukup banyak.

Selain itu, kamu juga bisa membersihkan sendiri setiap barang otomotif yang kamu miliki dan gak perlu bayar ke tempat lain sehingga uang kamu tetap aman.

Keren banget, bukan?

Hobi Otomotif Gak Bakal Tekor Kalau Kamu Atur Keuangan Seperti Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Mobil Balap Termahal Di Dunia, Harganya Bikin Geleng Kepala]

 

Eits, jika kamu tertarik dengan bisnis ini, kamu perlu tahu bahwa sebagian besar orang percaya bahwa membersihkan kendaraan ke tempat khusus untuk cuci kendaraan memiliki hasil yang lebih memuaskan dari pada membersihkan sendiri.

Maka dari itu, kamu tidak boleh mengecewakan pelanggan dan wajib memberikan pelayanan yang terbaik.

Jika kamu merasa tidak sanggup untuk mencuci semua kendaraan seorang diri, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa orang lain.

 

 

#4 Bisnis Aksesoris Mobil

Orang yang memiliki hobi otomotif biasanya gak jauh-jauh dari yang namanya memodifikasi mobil.

Nah, untuk hal yang satu inilah aksesoris mobil menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan, agar nilai penampilan kendaraan menjadi semakin bertambah.

Tentu untuk memodifikasi mobil kamu memerlukan uang yang lumayan banyak agar mendapat hasil terbaik, bukan?

Maka dari itu, ada baiknya jika kamu mengelola sebuah bisnis aksesoris, dan kemudian keuntungan yang kamu peroleh juga dapat kamu gunakan untuk kendaraanmu sendiri.

Hobi Otomotif Gak Bakal Tekor Kalau Kamu Atur Keuangan Seperti Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mobil Listrik Masuk Indonesia, Peluang Atau Ancaman Buat AUTO?]

 

Memang jumlah dana yang digunakan tidak sebanyak bisnis lainnya, namun penghasilan yang bisa kamu dapat jelas tidak dapat dianggap remeh.

Kamu bisa memulai dengan menyediakan beberapa aksesoris umum seperti kaca film, velg, knalpot, perangkat audio, alarm, dan yang lainnya.

 

Cara Jitu Agar Sukses dalam Berbisnis Otomotif

Setelah melihat ide bisnis otomotif, siapa sih yang gak bakalan tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan? Tentu semuanya mau, dong.

Namun faktanya, tidak semua bisnis otomotif bisa berjalan dengan mulus, dan bahkan ada yang sampai tekor alias mengalami kerugian.

Lalu bagaimana caranya agar bisnis yang kamu bangun dapat menghasilkan keuntungan dan tetap bertahan dalam situasi pasar? Berikut beberapa hal yang wajib banget untuk kamu lakukan.

 

#1 Mengatur Keuangan

Sebelum dan saat menjalankan bisnis, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengatur keuangan dengan benar, sehingga rencana keuanganmu bisa tercapai tanpa ada gangguan yang berarti.

Mengapa demikian?

Alasannya sebenarnya sangat mudah, anggap saja saat ini kamu memulai sebuah bisnis yang baru, namun masih belum bisa mengatur keuangan dengan baik.

Kamu masih sering menggunakan uang modal bisnis untuk memenuhi kebutuhan pribadimu, atau mencampur uang pribadi dengan uang bisnis.

Tentu akan ada banyak masalah keuangan yang terjadi jika hal ini benar-benar terjadi.

Karena kamu tidak mengatur uang dengan baik, maka bisa saja kamu tidak tau berapa keuntungan yang kamu dapat, berapa dana yang harus selalu ada untuk mengembangkan usaha, dan berapa dana yang bisa kamu gunakan untuk keperluan pribadi.

Bisa saja kamu menggunakan dana yang seharusnya untuk bisnis, dan akibatnya bisnis menjadi berantakan. Maka dari itu, kunci pertama ialah mengatur keuangan!

Hobi Otomotif Gak Bakal Tekor Kalau Kamu Atur Keuangan Seperti Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: HEBOH! 5 Mobil Listrik Favorit yang Bisa Kamu Dapatkan!]

 

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik?

Hal yang mendasar ialah dengan melakukan pencatatan, baik arus keluar masuknya, melakukan budgeting, dan membuat perencanaan keuangan.

Beberapa hal ini bisa kamu lakukan dengan mencatat di kertas ataupun di Excel. Namun jika kamu merasa ribet dan ingin yang lebih efisien lagi, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah sebuah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk keuangan pribadi, keluarga ataupun bisnis.

Di sana kamu bisa mencatat keuangan, membuat anggaran, memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis, membuat perencanaan keuangan, hingga berkonsultasi dengan perencana keuangan jika seandainya kamu mengalami masalah dengan keuanganmu.

Nah, jika hal pertama ini sudah kamu lakukan dengan baik, maka kamu bisa memulai bisnis kamu dengan langkah yang lebih pasti. Yuk, segera download aplikasinya.

playstore icon
appstore icon

 

#2 Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi di mana kamu mendirikan usahamu juga termasuk hal yang sangat menentukan, lho.

Jika kamu mendirikan usaha di tempat yang strategis, maka peluang untuk mengembangkan usaha akan menjadi semakin besar.

Namun apa jadinya jika kamu mendirikan usaha ditempat yang tidak sesuai? Tentu saja jumlah pelanggan akan sedikit, dan tentunya pendapatan kamu akan berkurang.

Maka dari itu, saat hendak memulai sebuah usaha, silakan melakukan survei untuk mendapat lokasi yang baik.

 

#3 Himpun Informasi Sebanyak Mungkin

Memiliki informasi yang banyak dan terpercaya juga termasuk kunci utama kesuksesan kamu dalam membangun bisnis otomotif.

Informasi ini bisa seputar kondisi pasar, harga, tempat-tempat supplier yang bagus, dan hal-hal lainnya.

Dengan memiliki informasi yang lengkap, kamu bisa menjadi lebih baik lagi dalam melakukan berbagai hal, termasuk pengambilan keputusan untuk bisnismu.

 

#4 Memiliki Tenaga Ahli

Tentu akan sulit jika menjalankan bisnis hanya dengan mengandalkan diri sendiri saja, maka dari itu kamu perlu partner yang siap untuk membantu kamu, serta memiliki keahlian yang mumpuni dibidang bisnis yang kamu jalankan.

Dengan begitu, pekerjaan kamu akan menjadi lebih terbantu, dan perkembangan bisnis juga menjadi lebih baik karena adanya kerjasama diantara anggota tim.

 

Selalu Ada Peluang

Ada begitu banyak peluang usaha yang bisa kamu temui, termasuk dalam bidang otomotif. Maka dari itu, kamu perlu memiliki kemampuan untuk memanfaatkan peluang yang ada, sehingga hobi kamu dapat membawa keuntungan yang besar.

 

Sampai disini pembahasan kita kali ini, dan bila kamu memiliki komunitas yang memiliki hobi otomotif, kamu bisa membagikan artikel ini kepada mereka, agar semakin banyak yang terinspirasi.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Juni 2019. Hobi Otomotif Jadi Bisnis. Ini 7 Aspek Yang Dads Perlu Persiapkan. Happinest.id – https://bit.ly/30sU7Sg
  • Admin. 17 November 2017. Jadikan Hobi Otomotif Anda Menjadi Peluang Bisnis yang Menguntungkan. Melekotomotif.com – https://bit.ly/2DyiuVM
  • Admin. 14 Oktober 2018. Bisnis dan Usaha buat Orang yang Hobi Otomotif. Elmuha.net – https://bit.ly/39YT2oK

 

Sumber Gambar:

  • Hobi 1 – https://bit.ly/3iz96QW
  • Hobi 2 – https://bit.ly/30Uyn1U
  • Hobi 3 – https://bit.ly/31V2ZQc
  • Hobi 4 – https://bit.ly/30WwbHk
  • Hobi 5 – https://bit.ly/31Q0COP