Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji!

Anda mungkin pernah mengganti aki mobil Anda di Shop & Drive. Tapi, tahukah Anda bahwa toko retail tersebut membuka peluang franchise?

Dengan meningkatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor, peluang bisnis otomotif tentu juga semakin luas.

Anda bisa memasuki bisnis ini, dengan mengecek artikel berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Bagi Anda para investor tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis investasi yang satu ini.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis di mana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Karena seluruh sistem dan kebutuhannya telah disediakan oleh penyedia waralaba (franchisor), maka bisnis ini sangatlah praktis.

Selain itu, karena sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh franchisor-nya, maka bisnis ini juga cukup menjanjikan.

Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Franchisor dan franchisee di sini berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain.

Mengapa demikian? Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik dan kabar baiknya sudah banyak alternatif pilihan dalam berbisnis waralaba.

Namun sebelum Anda mulai berbisnis waralaba, Finansialku akan menjabarkan mengenai bisnis otomotif yang mencari mitra calon pebisnis seperti Anda, Shop & Drive.

 

Bisnis Otomotif

Mungkin Anda menggunakan kendaraan setiap hari, namun besar kemungkinan Anda masih asing dengan bisnis otomotif.

Mengutip dari Wikipedia, industri otomotif ialah merancang, mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan menjual kendaraan bermotor dunia.

Namun karena menghadapi persaingan dari sektor lain, kini bisnis otomotif telah berkembang luas, di mana kebutuhan dan permintaan konsumen pun terus berubah.

Oleh karena itulah, bisnis otomotif tidak melulu berhubungan dengan perbaikan dan perawatan kendaraan saja, namun sudah meluas ke modifikasi kendaraan.

Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Modifikasi ini umum dilakukan dengan tujuan mengubah tampilan kendaraan agar tidak pasaran. Dan biasanya dibutuhkan bengkel terjamin agar bisa memberi suku cadang yang berkualitas dan terjamin.

Oleh karena itulah muncul Shop & Drive, sebuah ritel otomotif modern yang menyediakan suku cadang yang bersifat umum dengan kualitas terpercaya.

 

Sejarah Shop & Drive

Shop & Drive lahir pada tahun 1998, dan awalnya memiliki nama “Super A”. Super A pada saat itu merupakan pelopor bisnis retail otomotif modern di Indonesia.

Pada awalnya, Super A memfokuskan diri pada produk suku cadang kendaraan beroda empat, dan tetap berjalan di arah yang sama hingga mengganti namanya pada tahun 2000 menjadi Shop & Drive.

Namun pada tahun 2000, Shop & Drive meluaskan cakupan layanannya dengan fast moving parts, quick service, dan related service.

Shop & Drive sendiri berada di bawah bendera Astra Grup, yang terkenal akan keaslian dan kualitasnya. Dengan demikian, Shop & Drive terus melangkah maju dengan adanya kepercayaan masyarakat.

 

Potensi Bisnis Shop & Drive

Apakah Anda pernah merasakan kemacetan luar biasa di kota tempat tinggal atau kerja? Betul sekali, kemacetan kini semakin merajalela karena tingginya tingkat pertumbuhan kendaraan roda empat.

Seiring bertumbuhnya jumlah penduduk, biasanya pertumbuhan kendaraan roda empat juga meningkat. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Namun nyatanya, pertumbuhan kendaraan roda empat ini bukan hanya membawa dampak negatif, tetapi juga membawa dampak yang baik bagi industri otomotif seperti Shop & Drive.

Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Head Retail Marketing & Business Development Department PT Astra Otoparts Tbk, Lie Se Chiang mengungkapkan, meski pada tahun 2015 banyak tantangan, namun perekonomian Indonesia terus bertumbuh di angka 4,5% dan lebih.

Dengan kata lain, masyarakat kelas menengah bertambah begitu pula dengan jumlah kendaraan bermotor yang berjalan di setiap kota.

Artinya, pangsa pasar otomotif diperkirakan masih akan terus meningkat.

Terbukti juga dari banyaknya varian kendaraan roda empat baru yang dipasarkan pada produsen otomotif.

Menurut Lie Se Chiang, jumlah kendaraan yang beredar setara dengan kebutuhan perawatan dan penyediaan suku cadang untuk merawat kendaraan yang dimiliki oleh konsumen.

“Walaupun masa sulit, ekonomi tetap tumbuh. Masyarakat kelas menengah juga makin bertambah dan jumlah mobil baru yang terjual sepanjang tahun 2016 meskipun mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, namun jumlahnya masih di atas 1 juta unit.”

 

Lie optimis bahwa jumlah kendaraan di Indonesia yang sudah mencapai angka 12 juta unit ini secara rutin membutuhkan perawatan seperti ganti oli, aki, shock absorber, hingga berbagai aksesorisnya.

Melihat potensi bisnis yang akan terus naik ini, Shop & Drive meyakinkan para mitra untuk bergabung dan bersama-sama menikmati kesuksesan.

 

Peluang Franchise Bisnis Otomotif Shop & Drive

Sebenarnya sudah sejak lama, tepatnya pada tahun 2002 Shop & Drive membuka peluang bisnis dengan sistem franchise.

Konsep ini dipilih dengan argumen bahwa peluang ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang berminat untuk belajar memiliki dan mengelola bisnis sendiri tanpa harus mulai dari titik nol.

Seperti franchisor lain, pihak Astra Otoparts selaku pemilik merek dan pemberi hak usahanya menetapkan beberapa aturan main bagi calon mitranya.

Hal tersebut dilakukan untuk menjamin bahwa semua suku cadang yang dipasarkan berkualitas dan asli serta bersifat umum dan banyak digunakan pada puluhan merek mobil di Indonesia.

Shop & Drive menghadirkan model bisnis “investor aktif”, yang akan memudahkan pihak penerima waralaba untuk dapat belajar memiliki dan mengelola bisnis dengan peluang keberhasilan usaha yang lebih besar.

Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart!]

 

Lie menjelaskan mengapa bisnis ini memiliki potensi besar.

Di samping pertumbuhan kendaraan yang tadi telah disebutkan, Lie juga memberi data bahwa berdasarkan pengalaman selama ini, beberapa mitra bisa mencapai omzet hingga di atas 0.5 milyar rupiah.

Angka ini tentunya sangat menarik bagi para mitra. Terbukti bahwa pada tahun 2016, terhitung total outletnya sudah mencapai angka 360 toko yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

73 di antaranya merupakan outlet milik mitra, sementara sisanya adalah milik franchisor.

Anda juga tidak perlu pusing, karena sebagai mitra Anda akan didukung langsung oleh pusat seperti yang Lie ungkapkan sebagai berikut:

“Kami support dengan penyediaan barang dagangan 100% langsung oleh PT. Astra Otoparts Tbk., produk yang berkualitas dan terjamin, operasional sistem komputer yang sudah terintegrasi, training dan bimbingan untuk mekanik yang berstandar Astra, serta dukungan marketing promosi yang sifatnya nasional bahkan menggandeng partner strategic lain seperti perbankan, e-commerce, dan lain sebagainya.”

 

Adapun kunci utama Shop & Drive dalam menjaga hubungan dengan pelanggan adalah beberapa poin berikut ini:

 

#1 Excellence Service

Layanan yang diberikan oleh tim lapangan tentunya dalam kualitas tinggi, sehingga masyarakat akan bisa merasakan perbedaan merek sejenis dengan Shop & Drive.

Di sini tujuannya adalah untuk menimbulkan kesan yang baik sehingga akan muncul word of mouth dari masyarakat secara otomatis.

 

#2 Continuous Improvement

Poin kedua adalah perbaikan secara berkelanjutan, di mana Shop & Drive akan selalu mencari cara untuk memperbaiki servisnya sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi konsumen.

 

#3 Activity Branding

Branding ini bertujuan untuk terus mengenalkan merek dan jasa yang diberikan secara konsisten.

Hal ini dilakukan agar masyarakat mengenal dan semakin percaya dengan Shop & Drive.

 

#4 Mengikuti Perkembangan Zaman

Poin terakhir ditunjukan dengan usaha Shop & Drive untuk terus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin bervariasi.

Bisnis Franchise Shop & Drive, Ritel Otomotif dengan Kualitas Terjamin dan Teruji! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Sebagai contoh, Shop & Drive kini menyediakan mobile app yang dapat terintegrasi dengan riwayat servis dan dilengkapi dengan promo menarik di dalamnya. Ini merupakan wujud nyata dari poin ke-2 dan ke-4 di atas.

Hasilnya bisa dilihat dengan jelas, di mana pertumbuhan signifikan dari perkembangan jaringan outlet Shop & Drive yang terus meningkat.

Apa Anda ingin menjadi salah satu dari mitra yang bisa merasakan semua keuntungan tersebut?

 

Ingin Menjadi Mitra Shop & Drive?

Setelah melihat perkembangan bisnisnya, apakah Anda ingin menjadi mitra bisnis Shop & Drive?

Tentunya bisnis ini sangat cocok dan berpotensi bagi Anda yang menggemari bidang otomotif!

Dengan demikian, Anda tidak memulai bisnis dari nol, dan akan memperoleh banyak pelajaran berharga yang dilengkapi dengan keuntungan luar biasa.

Jika berminat, Anda bisa memperoleh informasi kemitraannya melalui kontak berikut ini:

PT ASTRA Otoparts Retail Division

Jl. Raya Pegangsaan Dua KM 2,2 Kelapa Gading

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang otomotif.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai franchise otomotif Shop & Drive lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017.
  • Industri Otomotif. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/fiKJKE

 

Sumber Gambar:

  • Shop & Drive – https://goo.gl/D4uzZC dan https://goo.gl/cTnULJ
  • Waralaba Shop & Drive – https://goo.gl/LA7GCm dan https://goo.gl/cavmXs
  • Franchise Shop & Drive – https://goo.gl/rs4Msx dan https://goo.gl/n92vWd

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

By | 2018-01-03T10:08:00+00:00 January 1st, 2018|Categories: Bisnis, Waralaba (Franchise)|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment