Nasib baik menghampiri Modalku, startup P2P Lending asal Indonesia ini mendapatkan pendanaan Seri B sejumlah Rp347 miliar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Modalku Raih Pendanaan Seri B dari Sejumlah Investor

Startup Peer to Peer (P2P) Lending Modalku mengumumkan bahwa mereka telah berhasil meraih pendanaan Seri B sebesar US$25 juta (sekitar Rp347 miliar). Modalku mengklaim pendanaan ini adalah pendanaan terbesar yang pernah diterima startup P2P Lending di Asia Tenggara.

Dikutip dari Siaran Pers Modalku, Rabu (18/4/18), pendanaan terhadap Modalku dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea.

Ronde pendanaan juga diisi dengan partisipasi dari investor-investor terdahulu yaitu Sequoia India, Alpha JWC Ventures dari Indonesia, serta Golden Gates Ventures.

Selain itu, LINE Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital juga turut berinvestasi di ronde ini.

P2P-Lending-Modalku-Raih-Pendanaan-Seri-B-2-Finansialku

[Baca Juga: Kode Etik Industri Fintech P2P Lending Akan Segera Terbit]

 

Ditambah lagi, Modalku memperoleh komitmen penyaluran kredit dari bank dan institusi keuangan untuk memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Modalku mengaku hasil pendanaan ini akan dipergunakan untuk merealisasikan visinya untuk turut serta menciptakan inklusi keuangan di Asia Tenggara.

Modalku akan fokus mengembangkan produknya, serta akan memastikan kepatuhan terhadap regulasi di tiga negara tempat mereka beroperasi. Indonesia, Malaysia, dan Singapura dengan nama Funding Societies.

Kelvin Teo selaku founder mengatakan, meskipun telah raih pendanaan, mereka masih fokus membenahi banyak hal yang harus diselesaikan, oleh karena itu mereka akan tetap berhati-hati dalam ekspansi dan pengembangan produk.

Seperti yang dilansir dari Id.techinasia.com, Rabu (18/4/18), Kelvin mengungkapkan:

“Sembari menganalisis pasar baru, menurut kami masih banyak hal yang harus diselesaikan di pasar yang telah kami masuki saat ini. Oleh karena itu, kami selalu berhati-hati ketika memutuskan untuk melakukan ekspansi ke negara lain atau menambah jenis produk.”

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Funding Societies Jadi Pemain Utama P2P Lending Kelas Asia Tenggara

Berbicara mengenai investornya, SoftBank Ventures Korea merupakan investor utama pendanaan ini adalah perusahaan modal ventura tahap awal yang merupakan bagian dari SoftBank Group.

Sementara SoftBank Group, yang dikenal dengan nama $100 Billion Vision Fund adalah investor bagi penyedia kredit alternatif seperti SoFi dan Kabbage di Amerika Serikat.

Grup ini pun turut serta menggelontorkan dana untuk startup ternama seperti Grab dan Tokopedia di Asia Tenggara.

Sean Lee, Partner and Managing Director SoftBank Ventures Korea melalui siaran pers Modalku menyatakan alasan mengapa mereka memutuskan untuk menyalurkan dana pada perusahaan P2P Lending ini:

“Selama ini, SoftBank Ventures Korea telah aktif berinvestasi di Asia Tenggara. Kami melihat potensi besar bagi pinjaman digital untuk UKM di wilayah ini. Di antara banyak pemain, Modalku adalah perusahaan yang paling mengesankan bagi kami, terutama karena semua prestasi yang mereka raih dalam waktu singkat. Kami juga melihat potensi mereka untuk terus menjadi nomor 1.”

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

P2P Lending memang tengah menarik perhatian masyarakat Asia Tenggara saat ini. Oleh karena itu, Modalku ingin memberikan pelayanan yang dapat diakses UKM lokal secara praktis, seperti yang dipaparkan Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya:

“Ini adalah masa yang sungguh menarik bagi P2P Lending di Asia Tenggara, dan Modalku memimpin perubahan yang terjadi melalui akses modal usaha yang cepat, terjangkau, dan praktis bagi UKM lokal.”

 

Ia juga menyatakan bahwa dukungan pendanaan ini akan dimanfaatkan untuk inovasi produk dan menciptakan user experience kelas dunia:

“Dukungan dari investor ternama menjadi validasi bagi model bisnis dan dampak yang kami ciptakan. Pendanaan ini akan kami gunakan untuk menciptakan produk inovatif serta membangun user experience kelas dunia bagi pelanggan kami,” tambah Reynold.

 

Apa pendapat Anda tentang kucuran dana untuk fintech P2P Lending ini? Silakan ajukan pertanyaan di kolom komentar jika ada hal yang ingin ditanyakan atau didiskusikan.

 

Sumber Referensi:

  • Modalku. 18 April 2018. Modalku Raih Pendanaan Seri B Senilai USD 25 Juta dalam Ronde Investasi yang Dipimpin SoftBank Ventures Korea. Siaran Pers.
  • Aditya Hadi Pratama. 18 April 2018. Startup P2P Lending Modalku Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp342 Miliar. Id.techinasia.com – https://goo.gl/7nZ8fM

 

Sumber Gambar:

  • Modalku – https://goo.gl/R2DQY8
  • Softbank – https://goo.gl/S5uRrM