Apakah saat ini Anda sudah menyiapkan paket liburan Lebaran Anda bersama keluarga? Liburan Lebaran merupakan momen bersama keluarga. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan paket liburan Lebaran bersama keluarga untuk menikmati momen berkualitas tersebut. Simak bagaimana menikmati paket liburan Lebaran dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mempersiapkan Perjalanan

Liburan Lebaran yang berlangsung satu kali dalam setahun harus disiapkan dengan baik agar momen berkumpul bersama keluarga menjadi momen yang menyenangkan dan senantiasa dikenang. Oleh karena itu, mempersiapkan perjalanan adalah hal yang wajib. Jika Anda melakukan mudik bersama keluarga ke kampung halaman, tentukan transportasi apa yang akan Anda gunakan dan persiapkan kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan. Bila Anda dan keluarga memutuskan menggunakan transportasi umum, sebaiknya Anda memesan tiket sejak jauh hari untuk menghindari tiket habis dan harga yang melambung terlampau tinggi. Bila Anda menggunakan transportasi pribadi, pastikan kendaraan Anda telah siap untuk melaksanakan perjalanan jauh.

15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget 02 -Finansialku

[Baca Juga: 15 Tips untuk Liburan Murah dan On Budget]

 

Merencanakan Kegiatan

Merencanakan kegiatan liburan juga menjadi bagian penting dari paket liburan Lebaran Anda sehingga waktu liburan dapat dinikmati dengan efektif dan berkualitas. Tentukan rencana liburan bersama keluarga, apakah Anda berencana mengunjungi tempat wisata bersama keluarga? Tentukan tempat wisata seperti apa yang akan Anda kunjungi dan bagaimana cara untuk akses menuju lokasi tersebut.

Asyiknya, Liburan ke Pulau Derawan nan Menawan 08 - Finansialku

[Baca Juga: Asyiknya, Liburan ke Pulau Derawan nan Menawan]

 

Sebaiknya hindari tempat wisata yang umum dikunjungi orang-orang ketika liburan. Tempat wisata semacam ini akan mengurangi kualitas kebersamaan Anda bersama keluarga. Cobalah untuk mencari tahu tujuan wisata lain yang tidak terlalu ramai namun cukup menyenangkan untuk Anda nikmati bersama keluarga.

Anda dan keluarga juga dapat menikmati paket liburan Lebaran dengan berwisata ke luar negeri. Selain memberikan waktu bagi Anda untuk beristirahat dari rutinitas kerja, hal ini juga bisa memberikan pengalaman baru dan menyenangkan kepada Anda dan keluarga. Berwisata ke luar negeri tidak selamanya harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jika Anda merencanakannya dengan baik, Anda bisa memesan tiket pesawat sejak jauh hari untuk mendapatkan tiket dengan harga yang murah.

Beberapa negara juga bisa menjadi destinasi wisata yang menyenangkan dan murah. Anda bisa memulai dengan mengunjungi negara tetangga yang berada di kawasan Asia Tenggara seperti Kamboja, Sri Lanka, Vietnam dan Laos. Negara-negara tersebut memiliki penginapan dengan harga di bawah Rp150 ribu dan makanan yang bahkan masih berkisar belasan ribu rupiah. Atau Anda dapat menjadikan negara Polandia di Eropa dengan berbagai situs sejarah dan arsitektur bangunannya sebagai bagian dari paket liburan Lebaran Anda bersama keluarga. Dengan harga satu paket makanan yang sekitar Rp50 ribu, Polandia menjadi negara Eropa dengan biaya hidup yang paling rendah dibandingkan negara Eropa lainnya.

Paket Liburan Lebaran Saat ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Asuransi Perjalanan untuk Jaga-Jaga Jika Sakit Saat Liburan ke Luar Negeri]

 

Jika Anda menyukai wisata dengan unsur religi, Aljazair dapat menjadi pilihan paket liburan Lebaran Anda. Masjid di Aljazair yang dibangun sejak abad ke-17 masih berdiri hingga kini menjadikan Aljazair sebagai objek wisata sejarah yang menarik. Dengan harga satu liter susu yang sekitar Rp4 ribu atau secangkir cappucino seharga Rp8 ribu, Aljazair memiliki biaya hidup yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia.

 

Mempersiapkan Barang Bawaan

Meskipun Anda memiliki banyak rencana untuk liburan Anda, jangan tergoda untuk membawa seluruh barang bersama Anda. Sesuaikan barang yang akan Anda bawa dengan kebutuhan Anda. Apabila kampung halaman atau tujuan wisata Anda panas, jangan membawa jaket yang tidak akan Anda perlukan bersama Anda. Namun jika tujuan liburan Anda dingin, jangan lupa untuk membawa jaket agar liburan Anda tidak terganggu oleh sakit.

Siapkan pula ruang kosong dalam bawaan Anda sebagai ruang untuk membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman atau untuk membeli cinderamata dari tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

 

Mempersiapkan Anggaran

Melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri tentulah membutuhkan uang yang apabila tidak dikontrol dapat membengkak. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menyiapkan anggaran yang jelas untuk liburan Anda. Anggaran ini termasuk anggaran untuk makan, menginap, akomodasi, oleh-oleh dan lain sebagainya. Mempersiapkan anggaran adalah hal yang sangat penting agar Anda terhindar dari kekurangan uang selama liburan.

Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi 08 - Finansialku

[Baca Juga: Save Your Trip! Liburan Terbaik di Pulau Wakatobi]

 

Tinggalkan Sejenak Rutinitas

Setelah mempersiapkan segala hal untuk menikmati liburan Lebaran Anda bersama keluarga, jangan lupa untuk fokus kepada keluarga Anda dan momen kebersamaan dengan mereka. Anda telah bekerja keras selama ini untuk mereka, maka biarkan liburan kali ini menjadi waktu Anda memberikan perhatian kepada mereka. Istirahatkan sejenak ponsel Anda dari orang-orang di luar keluarga, dan jangan biarkan masalah kecil mengganggu liburan Anda dan keluarga yang berharga.

 

Bagaimana rencana liburan Anda bersama keluarga? Bagikan pengalaman Anda dan informasi yang tertera di atas kepada rekan dan kenalan agar mereka ikut merencanakan paket liburan Lebaran yang berkesan sejak sekarang, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cermati. 4 Juli 2016. 6 Cara Menikmati Libur Lebaran dengan Efektif. Cermati.com – https://goo.gl/sxbljZ
  • Cermati. 10 Januari 2016. 12 Destinasi Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Rp 200.000 per Hari. Cermati.com – https://goo.gl/OfhZp7

 

Sumber Gambar:

  • Vacation Planning – https://goo.gl/AORrMJ
  • Travel – https://goo.gl/OXid3i

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana