Merencanakan kebutuhan untuk anak adalah sebuah pekerjaan yang sulit, Terutama bagi orangtua dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus. Diperlukan persiapan yang lebih matang untuk mengantisipasi kehidupan mereka saat dewasa kelak, dimana mereka diharapkan hidup lebih mandiri. Mari kita lihat bagaimana perencanaan kebutuhan untuk anak berkebutuhan khusus yang tepat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Anak Berkebutuhan Khusus Itu Berbeda

Berbeda dengan kebutuhan anak-anak pada umumnya, para orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, contohnya anak penderita autis tentunya memperlakukan anaknya berbeda dari orang lain. Mereka berbeda dan unik sehingga akan memerlukan perhatian dan perawatan yang lebih dari biasanya.

Dengan demikian, orangtua disarankan merencanakan kebutuhan mereka dengan matang agar mereka dapat menikmati masa depannya dengan baik. Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa cara untuk mempersiapkan kebutuhan keuangan bagi anak dengan kebutuhan khusus.

Para Orangtua, Ketahui 5 Cara Merencanakan Kebutuhan Keuangan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus dan Anak Penderita Autis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Menyimpan Dana Pendidikan Anak pada Produk Investasi Ini]

 

#1 Hindari Mencabut Hak Waris Anak

Walaupun Anda beranggapan bahwa buah hati Anda tidak mampu untuk mengatur keuangannya sendiri, hindari untuk mencabut hak warisnya. Jika Anda melakukannya, anak Anda akan bergantung pada bantuan pemerintah untuk menjalankan hidupnya saat ia harus hidup tanpa Anda, dan umumnya bantuan pemerintah tersebut tidak memadai.

Daripada mencabut hak warisnya, sebaiknya Anda membuat sebuah sistem dimana Anda dapat tetap memberikan supply finansial sesuai kebutuhannya setiap bulan yang memungkinkan ia mengakses uang tanpa perlu mengatur keuangannya.

Salah satu solusi lain yang patut dipertimbangkan adalah menyiapkan pendamping atau wali untuk menjamin bahwa harta waris digunakan sepenuhnya untuk kebutuhan sang anak.

Perlu diketahui bahwa ada peraturan yang melindungi anak dengan kebutuhan khusus, sehingga jika wali menyalahgunakan hak dan wewenangnya untuk menggunakan harta waris tersebut, maka hak perwaliannya dapat dicabut dan dialihkan kepada orang lain.

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

#2 Jangan Menunda-nunda

Bagi para orangtua dengan anak yang berkebutuhan khusus, hendaknya Anda tidak menunda-nunda persiapan untuk kehidupan buah hati Anda.

Kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu kapan hidup kita akan berakhir, dengan demikian alangkah baiknya jika Anda sudah mempersiapkan sebuah sistem dimana anak Anda dapat menjalankan hidupnya tanpa kehadiran Anda kelak.

Hal ini penting mengingat Anda perlu mempersiapkan agar buah hati Anda dapat mempertahankan standar hidupnya kelak. Sebagai contoh, untuk mempertahankan keadaan finansial bagi si kecil, Anda dapat mulai menyediakan sistem otomatis atau wali yang terpercaya untuk menjalankan bisnis Anda dan sistem untuk memberikan pemasukan baginya saat Anda tidak mampu mendampinginya lagi kelak.

Apakah Anak-anak Harus Bayar Pajak Bagaimana Cara Perhitungannya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anak-anak Harus Bayar Pajak? Bagaimana Cara Perhitungannya?]

 

#3 Gunakan Jasa Tenaga Ahli

Anda memerlukan seluruh perencanaan yang lebih rumit dibandingkan perencanaan pada umumnya. Dengan demikian Anda sebaiknya meminta bantuan tenaga ahli dalam seluruh perencanaan Anda.

Sebagai contoh Anda dapat menggunakan jasa perencana keuangan ahli seperti Finansialku untuk mempersiapkan investasi yang cukup untuk menghidupi buah hati Anda sepanjang hidupnya, menggunakan jasa agen asuransi terpercaya untuk mempersiapkan asuransi jiwa Anda dan pasangan dan memastikan penyampaiannya kepada sang anak, atau menyiapkan pengacara ahli untuk segala kebutuhan anak Anda kelak.

Kembalilah mempertimbangkan bahwa anak Anda mungkin tidak mampu untuk melakukan perbuatan hukum, maka bantuan tenaga ahli akan sangat berpengaruh untuk menjamin perolehan hak-haknya di kemudian hari.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Perhatian Lebih pada Detail Kebutuhannya

Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memberi perhatian lebih terhadap kebutuhannya. Ingatlah bahwa kebutuhannya berbeda dengan kebutuhan dasar anak pada umumnya.

Misalnya, anak berkebutuhan khusus perlu diberi pendidikan yang berbeda seperti contohnya sekolah inklusi, pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya, persiapan untuk pengecekan medisnya setiap tahun, persiapan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya, hingga transportasi yang memadai bagi buah hati Anda.

Anda perlu mempertimbangkan secara detil segala kebutuhan yang dapat menyokongnya untuk menjalani kehidupannya dengan pantas.

Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

#5 Persiapan Lebih Jauh

Setelah Anda mempersiapkan segala sesuatunya bagi buah hati Anda, perlu diingat juga bahwa Anda harus memikirkan kondisi apabila buah hati Anda meninggal di kemudian hari. Umumnya, seluruh peninggalan dari seseorang dengan kebutuhan khusus akan diserahkan kepada pemerintah.

Inilah salah satu guna dari jasa pengacara yang telah Anda siapkan. Dengan memilih pengacara yang baik, maka peninggalan anak Anda tidak akan diserahkan kepada Negara, melainkan dapat dikembalikan kepada keluarga.

 

Persiapkan Buah Hati Anda dengan Masa Depan yang Terjamin

Jika Anda cemas dan khawatir dengan masa depan buah hati Anda yang memiliki kebutuhan khusus, persiapkanlah segala kebutuhannya sesuai dengan kemampuannya daripada membatasinya. Rencanakan kebutuhan finansialnya dengan sebuah sistem dan jasa tenaga ahli yang dapat senantiasa membantunya kelak.

Jangan lupa untuk membiasakan dirinya dengan sistem yang akan Anda terapkan sejak dini, sehingga Anda secara tidak langsung membentuk kebiasaan yang akan membantunya menjalani hidup saat Anda terpaksa meninggalkannya sendirian.

 

Apakah Anda mengetahui cara lainnya untuk mempersiapkan kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tophry. 19 Juli 2016. 5 Cara Orang Tua Merencakan Kebutuhan Untuk Anak Yang Berkebutuhan Khusus. Tophry.net – https://goo.gl/j3eboh

 

Sumber Gambar:

  • Anak Berkebutuhan Khusus – https://goo.gl/8qCkIe
  • Anak – https://goo.gl/GPb85v

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang