Menjelajahi eksotisme patung Buddha terbesar di Hong Kong: Liburan ke Hong Kong bakal terasa kurang lengkap dan masih belum dibilang liburan ke Hong Kong kalau kamu ga bertandang dan melihat kemegahan dari patung Buddha terbesar di Hong Kong.

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Patung Buddha Terbesar di Hong Kong

Jalan-jalan ke Hong Kong, selain mencicipi berbagai kuliner, berjalan-jalan ke berbagai destinasi wisata di atas bukitnya yang terkenal, Victoria Peak dengan menggunakan Peak Tram dan menikmati wahana seru dari Disneyland, liburanmu ga akan lengkap tanpa mengunjungi Patung Tian Tan Buddha yang terletak di Pedesaan Ngong Ping di Pulau Lantau.

Patung Tian Tan Buddha ini sering disebut sebagai Big Buddha dan termasuk salah satu patung Buddha Raksasa di China bahkan di dunia.

Karena kepopulerannya, Tian Tan Buddha ini selalu menjadi sebuah objek wisata yang tidak pernah terlewatkan oleh para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Hong Kong.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 02 - Finansialku

Patung Buddha terbesar ini memiliki tinggi 34 meter dan berat lebih dari 250 ton. Dibangun dari 202 potongan perunggu.

 

Asal Mula Sebelum Berdirinya Patung Tian Tan Buddha

Seperti yang kita ketahui bersama, Patung Tian Tan Buddha terletak di Pedesaan Ngong Ping di Pulau Lantau.

Tapi, tahukah kamu, sebelum patung Big Buddha ini dibuat, daerah tersebut merupakan sebuah kompleks kuil yang mula-mula dibangun oleh tiga orang biarawan pada tahun 1906 dan diberi nama Biara Po Lin?

Saat itu, biara Po Lin berbentuk kecil dan terpencil di tengah rimbunnya tanaman hijau dan juga hutan.

Tapi, pada tahun 1993, dibangunlah Patung Tian Tan Buddha yang kini menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pengunjung bahkan dari mancanegara.

Patung ini termasuk destinasi yang memikat, membuat para pengunjung tetap merindukan eksotisme dari patung Buddha Tian Tan dan indahnya pemandangan di sekitar pedesaan Ngong Ping yang menyejukkan. 

 

Jika menilik bangunan-bangunan yang terdapat pada kompleks Biara Po Lin yang juga biasa disebut sebagai “Dunia Buddha di Selatan”, kamu akan menemukan juga berbagai bangunan yang megah seperti Great Hall of Treasure dan Hall of Ti-tsang Bodhisattva.

Seiring perkembangan, pemerintah setempat juga membangun bangunan baru di kompleks ini.

Jadi kalau kamu ingin melihat bangunan yang berusia cukup tua, Anda bisa menjelajahi ke bagian belakang kompleks tersebut.

 

Jelajahi Keindahan & Kemegahan Patung Tian Tan Buddha

Jika kamu sedang di Hong Kong dan berniat untuk mengunjungi Patung Tian Tan Buddha, kamu dapat pergi ke Biara Po Lin dengan menggunakan kereta gantung 360 Ngong Ping dari stasiun MTR Tung Chung.

Kereta gantung ini terdiri dari 2 jenis. Pertama, kereta gantung yang memiliki lantai tembus pandang alias dari kaca (Crystal Cabin). Setiap pengunjung dapat melihat keindahan Ngong Ping dan juga lautnya dari atas.

Tapi, jika kamu takut akan ketinggian, kamu bisa menaiki kereta gantung dengan lantai yang tidak tembus pandang (Regular Cabin) dan tentu saja harganya akan lebih murah.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 04 - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Liburan ke Hong Kong dengan Aplikasi Finansialku]

 

Untuk menuju ke kereta gantung, kamu dapat mengambil Pintu Keluar B di stasiun MTR Tung Chung. Jalan kaki sekitar lima menit dan kamu akan sampai di Terminal Kereta Gantung Tung Chung.

Selain menggunakan kereta gantung, ada pilihan transportasi lainnya yaitu dengan kapal ferry dan juga bus yang biasanya membutuhkan waktu agak lama sekitar 30 hingga 40 menit.

Saat berkunjung ke Tian Tan Buddha, saya memilih menggunakan kereta gantung yang dasarnya bukan kaca (Regular Cabin). Tapi, ada teman saya yang menggunakan kereta gantung jenis Crystal Cabin.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 05 - Finansialku

Dasar Crystal Cabin yang terbuat dari kaca.

 

Selain itu, kenapa saya masih memilih kereta gantung dan tidak menggunakan bus dan kapal ferry, dikarenakan waktu yang ditempuh lebih lama jika menggunakan bus.

Teman-teman saya satu rombongan pun menggunakan kereta gantung, jadi mau tidak mau, pilihan saya jatuh pada kereta gantung.

Setelah menaiki kereta gantung dengan melihat pemandangan Daerah Ngong Ping dari ketinggian dan melewati laut dengan kapal-kapal yang berseliweran di bawah, akhirnya kereta gantung kami sudah sampai di Pit Stop pemberhentian akhir dan semakin dekat dengan Patung Tian Tan Buddha.

Dari titik pemberhentian Kereta Gantung, kamu dapat berfoto dari kejauhan dengan latar pemandangan Pedesaan Ngong Ping dan Patung Tian Tan Buddha dari kejauhan.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 07 - Finansialku

Beginilah tampak Tian Tan Buddha dari tempat pemberhentian kereta gantung. Saya bersama dengan teman-teman tidak ingin melewatkan momen ini.

 

Turun dari Kereta Gantung, kamu masih harus berjalan sekitar 15 hingga 20 menit untuk menuju Patung Tian Tan Buddha dan menaiki anak tangga yang berjumlah sekitar 268 anak tangga. Suwer, saya hitung!

Dalam perjalanan menuju patung Tian Tian Buddha, kamu akan melewati banyak toko-toko souvenir dan juga café-café kecil.

 

Melihat Artistik & Filosofi Sejarah Pembangunan Patung Tian Tan Buddha

Sejarah pembangunan Patung Tian Tan Buddha dibangun awal 1990, dan selesai pada 29 Desember 1993.

Dalam upacara peresmian Patung Tian Tan Buddha, banyak biksu dari seluruh penjuru dunia diundang dan menghadiri acara peresmian pembukaan Patung Big Buddha tersebut.

Para Biksu yang berdatangan ke Hong Kong untuk menghadiri acara peresmian dan pembukaan Patung Tian Tan Buddha, yaitu berasal dari Taiwan, Jepang, Korea, China, Singapura, Sri Lanka, Malaysia, Amerika Serikat dan juga dari Hong Kong sendiri.

Patung Tian Tan Buddha nampak duduk bersila pada bunga teratai yang berada di atas sebuah altar tiga lantai.

Menemani Patung Big Buddha tersebut, ada 6 patung dari perunggu lainnya yang berbentuk lebih kecil yang juga dikenal sebagai “persembahan dari enam dewa”.

Patung-patung tersebut melambangkan sebuah persembahan yang terdiri dari bunga, dupa, pelita, minyak, buah dan juga musik kepada Buddha.

Ke-6 patung tersebut juga melambangkan 6 Kesempurnaan (Sad Paramita), yaitu kedermawanan, moralitas, kesabaran, semangat, meditasi dan juga kebijaksanaan.

6 kesempurnaan ini diyakini adalah faktor-faktor yang diperlukan bagi seseorang untuk mencapai pencerahan.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 08 - Finansialku

[Baca Juga: 30 Tempat Wisata di Hong Kong yang Seru, Asik dan Bagus di Media Sosial]

 

Dengan tinggi sekitar 34 meter dan berat yang melebihi 250 ton, Patung Tian Tan Buddha ini nampak kokoh dengan potongan perunggu yang membentuknya.

Patung Tian Tan ini dibangun dengan rangka baja yang kuat sehingga menjadi sebuah penopang dan membuatnya gagah berdiri menjulang tinggi di tengah Pedesaan Ngong Ping yang dihiasi dengan hutan nan rimbun.

Karena ketinggiannya, konon Patung Tian Tan ini dapat terlihat dari Pulau Macau.

Selain itu juga, karena lokasinya yang cukup menanjak, pemerintah setempat dan pengelola wisata Patung Tian Tan Buddha membuat jalanan yang berkelok kecil untuk mempermudah para kaum difabel yang ingin menikmati Patung Tian Tan Buddha yang megah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tepat di bawah patung Tian Tan Buddha terdapat tiga lantai yang menurut kabar, di dalamnya menyimpan relik Buddha dan juga berbagai peninggalan ajaran Buddha.

Namun sayangnya, para pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam dan mengambil foto.

Uniknya, di kawasan itu juga terdapat lonceng besar yang diukir dan bertuliskan gambar Buddha yang dirancang untuk bisa berbunyi setiap 7 menit sekali. Artinya, 108 kali dalam sehari lonceng itu akan berbunyi dimana ini melambangkan lepasnya 108 kotoran batin manusia.

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Rancangan Patung Tian Tan Buddha

Patung besar Tian Tan Buddha tidak dirancang dengan sembarangan lho, semuanya memiliki makna dan arti.

 

#1 Kepala

Bentuk kepala Buddha Tian Tan dibentuk dengan menggunakan perunggu dan dilapisi emas sehingga tidak heran jika kilauannya memancar saat diterangi oleh sinar matahari.

Selain itu, bentuk kepala Buddha Tian Tan dibentuk mengikut patung-patung di Longmen Grottoes.

 

#2 Badan

Badan Patung Tian Tan Buddha yang menjadi salah satu ikon patung Buddha terbesar di dunia ini terdiri atas 160 potongan perunggu.

 

#3 Altar

Patung Tian Tan Buddha di Hong Kong mengikuti rancangan struktur di Aula Doa untuk Panen Raya di Kuil Surga (Tian Tan) di kota Beijing. Patung ini duduk di atas altar setinggi 3 lantai dan membuatnya menjadi salah satu Patung Buddha Raksasa di dunia.

 

#4 Kaki

Posisi kaki Buddha Tian Tan dalam keadaan bersila, sama seperti posisi Sakyamuni Buddha saat mendapat pencerahan di bawah pohon Bodhi.

Patung Buddha Terbesar Di Hong Kong 09 - Finansialku

Tampak depan patung Buddha terbesar

 

Fakta Unik Tian Tan Buddha di Hong Kong

  1. Perencanaan dan pembangunannya memakan waktu hingga 13 tahun dan akhirnya selesai pada tahun 1993.
  2. Merupakan salah satu dari lima patung Buddha terbesar di China.
  3. Bagian tubuhnya terbuat dari 160 potongan perunggu.
  4. Dikelilingi oleh enam patung kecil yang dikenal juga sebagai “The Offering of the Six Devas”.
  5. Tinggi patung Buddha dan dasarnya mencapai 34 meter dan menghabiskan biaya pembangunan sebesar HK$60 juta atau setara dengan Rp109,2 miliar (HK$1 = Rp1.820)
  6. Dasar patung Buddha ini dibuat berdasarkan struktur yang ditemukan di the Hall of Prayer for Good Harvest di Temple of Heaven (Tian Tan), Beijing.
  7. Kepala patung Buddha terbuat dari campuran emas dan perunggu, sehingga bersinar ketika terkena sinar matahari.

 

Sudah pernah mengunjungi Patung Tian Tan Buddha? Apa pengalaman menarikmu saat mengunjungi destinasi wisata di desa Ngong Ping tersebut?

Berikan tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Discover Hong Kong. The Big Buddha and Po Lin Monastery. Discoverhongkong.com – https://goo.gl/HBnr2H
  • Apepherya. 30 Mei 2014. Mengunjungi Patung Besar Budha. Hongkong.panduanwisata.id – https://goo.gl/YKCmXG
  • Yolanda Deayu. 10 Junli 2017. 7 Fakta Menarik Tentang Tian Tan Buddha. Herworld.co.id – https://goo.gl/Renmf1
  • Ilmu Geografi. 14 Patung Buddha Tertinggi Di Dunia Yang Menakjubkan. Ilmugeografi.com – https://goo.gl/gytSqL
  • Elizaris Putra. 19 Juni 2015. Patung Raksasa Tian Tan Buddha. Buddhazine.com – https://goo.gl/6LTae2
  • Expedia. Biara Po Lin. Expedia.co.id – https://goo.gl/UYiguu

 

Sumber Gambar:

  • Dokumentasi Pribadi