Menulusuri Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel Supaya Meraup Keuntungan

Yakin ga tertarik memulai usaha franchise tour & travel yang lagi kekinian?

Bisnis waralaba atau sering disebut franchise kini semakin menjamur di Indonesia, salah satunya yang sedang naik daun adalah tour & travel. Mau tahu berapa besar peluang bisnis franchise tour & travel ini? Simak ulasannya berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Mengapa Tour & Travel?

Siapa yang tidak kenal dengan bisnis franchise? Bisnis ini sudah berkembang sejak tahun 1731 di Charleston, South Carolina.

Pada dasarnya, waralaba (franchise) adalah ikatan bisnis di mana salah satu pihak diberi kebebasan untuk menggunakan hak dalam penyediaan dan pemanfaatan barang atau jasa yang dimiliki pihak lainnya.

Apa sih keuntungan bisnis waralaba dibandingkan dengan bisnis pribadi?

Sesuai tujuan waralaba yaitu mengekspansi brand-nya dengan cara memperbolehkan orang lain mendistribusikan produknya, diharapkan pemilik waralaba (franchisor) memperoleh keuntungan berupa ekspansi brand dan penerimanya (franchisee) bisa memulai bisnis dengan sebuah sistem yang sudah terbukti pernah berjalan dengan baik.

Bisnis Waralaba Gian Pizza 02 Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Bisa dibilang, waralaba kini menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik, terutama bagi Anda para pebisnis pemula. Bukan hanya di mancanegara, namun bisnis ini juga sudah berkembang pesat di Indonesia.

Salah satunya yang sedang berkembang pesat dewasa ini adalah bisnis franchise tour & travel. Para pebisnis melihat bahwa bisnis ini memang memiliki prospek cerah seiring dengan pesatnya kemajuan industri pariwisata, industri perhotelan dan industri transportasi udara.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan, investasi besar-besaran di bidang pariwisata, seperti pembukaan destinasi-destinasi wisata dengan produk-produknya yang baru.

Jadi, bisa disimpulkan sangat banyak alasan untuk memilih bisnis tour & travel saat ini, antara lain sebagai berikut:

  1. Sudah bisa dilakukan secara online, sehingga tidak dibutuhkan modal yang besar
  2. Memiliki prospek bisnis yang sangat bagus sekali baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang (melihat banyaknya pengembangan di bidang pariwisata seperti rute baru penerbangan, pembukaan destinasi wisata dan sebagainya)
  3. Pertumbuhan industri pariwisata positif dikarenakan meningkatnya  jumlah wisatawan yang melakukan perjalanan
  4. Terus diharapkannya pengembangan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya, misalnya: paket umroh & haji, tiket kereta api, booking hotel, tour dan sebagainya

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Mengapa Franchise?

Banyak pebisnis pemula yang kebingungan, sebaiknya memilih usaha franchise atau membangun bisnis sendiri.

Nyatanya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti tertera pada tabel berikut ini:

 

 Bisnis FranchiseBisnis Sendiri
Kelebihan
  • Sudah ada sistem yang jelas (tinggal mengikuti saja).
  • Adanya ketentuan yang menjadi panduan dalam menjalankan bisnis.
  • Bisnis tidak dimulai dari nol, biasanya sudah memiliki nama dan dikenal baik oleh masyarakat.
  • Pasarnya sudah ada dan jelas.
  • Biasanya pihak franchisor memberikan dukungan (misal: rekomendari lokasi, training atau pelatihan karyawan dan sebagainya)
  • Menyediakan Customer Experience yang bisa diandalkan di manapun lokasinya.
  • Tidak ada biaya yang harus dibayar kepada orang lain.
  • Bisa membuat sistem sendiri sesuai keinginan.
  • Bisa membuat aturan sendiri.
  • Anda menjalani mimpi dan ide sendiri.
  • Berpotensi membuat bisnis waralaba sendiri.
Kekurangan
  • Adanya biaya yang harus dibayar kepada pihak franchisor, misalnya biaya royalty.
  • Banyak ketentuan yang harus diikuti pihak franchisee.
  • Anda menjalani mimpi dan ide orang lain.
  • Bisnis cenderung stabil dan tidak bisa dikembangkan, kecuali mengubah kontrak waralabanya.
  • Tidak adanya sistem yang sudah terbentuk dan teruji jelas.
  • Tidak ada ketentuan yang menjadi panduan menjalankan bisnis.
  • Harus memulai bisnis dari nol (mulai dari ide, sistem, SOP, dan sebagainya).
  • Masih harus mencari pasar dari awal.
  • Tidak ada pihak yang akan mendukung atau menyokong bisnis Anda.
  • Customer experience harus dibangun dan dipertahankan secara mandiri.


Jika ditilik lebih lanjut, beberapa kelebihan utama dari bisnis
franchise adalah sebagai berikut:

  1. Bisnis franchise merupakan sebuah bisnis yang sudah siap dijalankan, sehingga Anda tidak akan memulai bisnis dari nol.
  2. Saat membeli sebuah bisnis franchise, secara tidak langsung Anda telah membeli sebuah sistem yang sudah terbukti berjalan dengan baik.
  3. Bisnis franchise sudah memiliki brand recognition, yang artinya bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki sekelompok konsumen yang berminat membeli produk tersebut.
  4. Bisnis waralaba memiliki peluang sukses lebih tinggi, karena memungkinkan adanya konsistensi dalam kualitas produk dan jasa bagi konsumen, tidak peduli dari mana mereka membelinya.
  5. Umumnya bank atau lembaga keuangan menganggap bisnis waralaba memiliki peluang sukses yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa dengan lebih mudah memperoleh pinjaman.
  6. Adanya dukungan berkepanjangan dari franchisor demi menjaga reputasinya selama ini.
  7. Adanya ketentuan teritori (biasanya satu teritori hanya boleh diisi oleh satu franchisee saja), sehingga tidak menimbulkan persaingan yang dapat mempengaruhi omzet.

Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel - 02 Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Namun kesimpulannya, bisnis apapun yang Anda pilih membutuhkan pengaturan keuangan yang baik untuk bisa berjalan dengan sukses. Percuma memulai bisnis yang baik jika tidak diimbangi dengan sistem keuangan yang tepat.

Jika Anda masih kesulitan mengatur keuangan, Anda bisa memulainya dengan gratis lho. Caranya? Dengan menggunakan aplikasi Finansialku yang menyediakan berbagai fitur keuangan yang mudah digunakan, Anda tentunya bisa memulai bisnis waralaba yang berpotensi sukses tinggi.

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini.

Bisa dilihat bahwa bisnis franchise adalah sebuah investasi yang pantas dipertimbangkan. Walaupun terdapat kekurangan di samping banyak kelebihannya, namun Anda bisa melihat bahwa bisnis ini memang sangat menarik, terutama bagi pebisnis pemula.

Kabar baiknya adalah Anda juga bisa memasuki bisnis franchise tour & travel yang masih terbuka lebar ini. Jika Anda masih juga ragu, Finansialku siap menjabarkan peluang bisnis franchise tour & travel ini sebagai berikut:

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel

Setiap pebisnis tentunya selalu mengamati peluang dan alasan kuat untuk memilih sebuah usaha, terutama usaha franchise yang umumnya membutuhkan biaya besar di awal.

Mengingat harganya yang mahal (karena adanya franchise fee dan royalty and advertising fee), maka Anda sebagai pebisnis harus jeli dalam melihat dan mempertimbangkan peluang bisnisnya.

Jika dilihat dari sisi lain, pertimbangan dan alasan dibutuhkan agar Anda dapat meminimalisasi risiko terhadap keputusan yang Anda ambil.

Sehingga, pertanyaan akhirnya adalah apa pertimbangan dan alasan Anda memilih bisnis tour & travel ini? Jawaban tersebut dapat kita ketahui dalam beberapa poin berikut ini:

 

#1 Tingkat Kebutuhan Hiburan terus Meningkat

Kebutuhan manusia akan hiburan semakin meningkat seiring peningkatan stres di tempat kerja dewasa ini.

Dengan demikian, hiburan atau liburan yang dahulu tergolong kebutuhan tersier, tampaknya mulai mengalami pergeseran menjadi kebutuhan primer.

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa generasi muda saat ini lebih memilih untuk menghabiskan uangnya demi berlibur atau traveling ketimbang untuk membeli produk konsumtif.

Dan bukan hanya itu, semua lapisan masyarakat, baik lapisan atas, menengah dan lapisan bawah, butuh terhadap wisata atau liburan. maka tidak heran jika berpergian sudah menjadi sebuah kebutuhan masyarakat saat ini.

 

#2 Tidak Ada Matinya

Layaknya bisnis makanan, bisnis tour dan travel akan selalu ada dan tidak akan ada matinya.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan pembahasan dalam poin pertama tadi, di mana liburan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer dalam masyarakat. Tidak peduli seberapa sulit keuangan seseorang, mereka akan mencari cara untuk bisa sekedar mengistirahatkan pikiran dari rutinitasnya.

Entah hanya dengan berlibur murah meriah atau berwisata kuliner di luar kota.

Makan-Enak-Di-Tanggal-Tua-01-Nasi-Goreng-Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Bisnis tour dan travel merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang pariwisata, kenyataannya memang betul bahwa bisnis ini akan terus dibutuhkan bagi mereka para traveler.

Alasan kedua dari bisnis tour & travel tidak akan pernah mati adalah karena meski tidak berlibur, nyatanya banyak karyawan atau pebisnis yang selalu membutuhkan transportasi atau akomodasi jika bepergian untuk urusan pekerjaan (business trip, survey antar daerah dan sebagainya).

Jadi bisa dilihat bisnis ini memang memiliki peluang yang sangat menarik bukan?

 

#3 Pertumbuhan Ekonomi Semakin Baik

Sebuah survei dilakukan oleh Travelport, platform travel niaga terhadap wisatawan global dengan 11 ribu responden.

Managing Director Asia Pacific Travelport, Mark Meehan dalam keterangan tertulis, Rabu (15/11) mengungkapkan:

“Sektor pariwisata Indonesia telah mencatat pertumbuhan signifikan 25,68 persen sepanjang tahun ini, melampaui kawasan Asia Pasifik dan pasar negara berkembang lainnya.”

 

Bahkan ditemukan bahwa sebanyak 68 persen pelancong Indonesia memesan perjalanan mereka melalui smartphone. Angka ini merupakan yang tertinggi di seluruh dunia.

Hal ini didukung pula dengan peningkatan Gross Domestic Product (GDP) Indonesia yang tahun ini diperkirakan akan meningkat menjadi US$4.000 (setara dengan Rp55 juta).

Pertumbuhan ekonomi yang menggembirakan tersebut diestimasikan akan terus meningkatkan perkembangan pariwisata Indonesia.

 

#4 Semakin Gencarnya Promosi Pariwisata oleh Pihak Pemerintah

Upaya peningkatan sektor pariwisata bergantung pada strategi promosi. Pihak Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) menilai pemerintah dari tahun ke tahun sudah cukup aktif dalam mempromosikan pariwisata Indonesia.

Mereka mencatat, sejak awal tahun 2014, Indonesia bahkan mengikuti beberapa bursa wisata Internasional di kawasan Asia dan Eropa.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Didien Junaedy juga mengungkapkan bahwa mereka memanfaatkan keberadaan warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, baik mereka yang bekerja ataupun kuliah, agar mau ikut mempromosikan Indonesia.

Pengibaran Bendera Merah Putih Anti Mainstream di Indonesia, Lihat yang Kedua! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Program Wonderful Indonesia juga sempat mendapatkan penghargaan mendapat 46 penghargaan internasional dari 22 negara, di antaranya 3 penghargaan dari ASEANTA Awards 2016 (Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Travel Article dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort).

Semua ini ditunjukan pemerintah Indonesia untuk selalu mengembangkan dan mempromosikan pariwisata Indonesia semaksimal mungkin.

 

Mau Mulai Bisnis Franchise Tour & Travel? Yuk Hitung Modal Beli Waralaba dengan Aplikasi Finansialku

Tentunya Anda perlu tahu kapan Anda bisa membeli bisnis waralaba dengan kondisi keuangan Anda saat ini.

Untungnya, semua itu kini lebih mudah dengan adanya aplikasi Finansialku. Anda bisa menghitung berapa dana yang harus disimpan atau diinvestasikan setiap bulannya hingga seluruh dana terkumpul.

 

Caranya:

  1. Log in ke dalam aplikasi Finansialku yang sudah Anda download
  2. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  3. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Barang.
  4. Masukkan nama barang yang akan Anda beli (bisnis franchise)
  5. Masukkan harga barang saat ini.
  6. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  7. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  8. Masukkan data inflasi atau kenaikan harga barang tersebut (satuan persen % per tahun).
  9. Masukkan estimasi hasil investasi: perkiraan hasil investasi setiap tahunnya (dalam satuan persen % per tahun) ke dalam “Kalkulator Dana Membeli Barang”, kemudian
  10. Klik “Hitung”.

 

Bagaimana, mudah sekali kan menghitung dana beli waralaba dengan aplikasi Finansialku? Cukup masukan informasi dengan lengkap dan klik “Hitung”. Voila, hasil perhitungan langsung muncul.

Maka jangan ragu untuk mengunduh aplikasi Finansialku sekarang juga, dan hitung dana beli waralaba sekarang juga!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis franchise tour & travel supaya meraup keuntungan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kenapa Berbisnis Tour & Travel? Csntravel.com – https://goo.gl/hG4kBX
  • Mochamad Nur. 15 November 2017. Tumbuh 25,68%, Pariwisata Indonesia Lampaui Pertumbuhan Asia Pasifik. Jawapos.com – https://goo.gl/nNpv7C
  • Don Daszkowski. 20 April 2018. Top Reasons to Buy a Franchise. Thebalancesmb.com – https://goo.gl/tjwBHj
  • Fuad Rizky, Fadli Mubarok, Denisa Tristianty. 25 Januari 2018. Menakar Efektivitas Promosi Wisata di Luar Negeri. Validnews.co – https://goo.gl/RYrmTX

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis Tour Travel – https://goo.gl/KN7nak
  • Bisnis Tour Travel 2 – https://goo.gl/fcpCri
Summary
Menulusuri Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel Supaya Meraup Keuntungan
Article Name
Menulusuri Peluang Bisnis Franchise Tour & Travel Supaya Meraup Keuntungan
Description
Yakin ga tertarik memulai usaha franchise tour & travel yang lagi kekinian?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment

Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning