Saat ini, peluang bisnis gaya hidup sehat cukup menarik bagi masyarakat Indonesia. Yuk ketahui berbagai inspirasi usaha healthy lifestyle di Tanah Air!

Berbagai edukasi kesehatan yang bisa diakses dengan mudah membuat lebih banyak orang tertarik untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, karena keterbatasan waktu sebagian besar orang lebih memilih mencari tempat yang menyediakan makanan atau produk kesehatan.

Buat kamu yang ingin memulai usaha, maka jangan lewatkan peluang bisnis dan inspirasi usaha dari perkembangan gaya hidup sehat di artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Gaya Hidup Sehat: Tren Kekinian yang Positif

Hidup dengan sehat tanpa risiko penyakit mematikan adalah impian semua orang, apalagi di zaman yang semakin tinggi akses informasi serta kesadaran terhadap kesehatan ini.

Banyaknya penyuluhan serta akses edukasi kesehatan membuat masyarakat semakin paham akan pentingnya menjalankan pola hidup sehat.

Bahkan, gaya hidup sehat sudah menjadi tren tersendiri yang tidak lepas dari pergaulan di berbagai atmosfer lingkungan mulai sekolah, kuliah, kantor, atau orangtua dalam komunitas.Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-2-Finansialku

[Baca Juga: Diet Badan dan Diet Keuangan]

 

Selain tren gaya hidup sehat, saat ini masyarakat khususnya yang berada di kota-kota besar mulai aware terhadap gaya hidup cashless.

Memang banyak keuntungan dan kemudahan yang kita dapat saat menerapkan sistem cashless, tapi Anda juga harus waspada dan hati-hati karena sistem cashless bisa membuat Anda boros!

Untuk itu, penting bagi Anda memahami ilmu financial planning atau perencanaan keuangan. Dengan ilmu ini, Anda dapat mengelola keuangan pribadi dan keluarga secara tepat.

Yuk, download ebook perencanaan keuangan dari Finansialku berikut ini! Gratis lho!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Usaha dan Bisnis yang Bisa Dikembangkan dari Gaya Hidup Sehat

Karena kesadaran atas gaya hidup sehat yang semakin meningkat, maka ada beberapa jenis usaha dan bisnis yang bisa dikembangkan dari pola hidup tersebut.

Tentunya usaha dan bisnis itu juga tidak lepas dari rutinitas wajib seseorang yang ingin menerapkan pola hidup sehat. Misalnya makan makanan yang bergizi, olahraga, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang bisa dikembangkan dari gaya hidup sehat. Selain menguntungkan secara finansial, usaha ini juga sangat kekinian dan bisa membantu dalam mengoptimalisasi gaya hidup berkualitas.

 

#1 Instruktur Olahraga

Ide bisnis yang pertama adalah membuat tempat khusus untuk para instruktur olahraga. Pasalnya, banyak instruktur yang memiliki komunitas tetapi masih bingung soal tempat.

Tempat ini bisa berupa studio dengan dinding kaca atau sejenisnya. Jika Anda mempunyai banyak relasi, tentu usaha ini akan banyak mendulang keuntungan.

Anda bisa membuat ruang khusus olahraga ini di rumah. Namun, jika tidak punya tempat, Anda bisa menyewa dan membayar uang sewa dari para instruktur yang ingin menyewa tempat.

 

#2 Catering Makanan Sehat

Saat ini, catering makanan sehat sangat banyak diminati oleh para pekerja, ibu rumah tangga, dan pelajar serta mahasiswa. Mengapa demikian? Karena risiko penyakit degeneratif pada zaman ini tidak hanya menyerang mereka yang telah berada di atas usia 50 tahunan, tetapi juga anak muda.

Tidak hanya itu, pada kenyataannya banyak juga remaja atau bahkan anak-anak yang mengalami obesitas akibat asupan nutrisi tidak seimbang.

Tidak harus membuat setiap hari, pastikan menu yang dipilih sudah bergizi dan sesuai budget.

Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha Gaya Hidup Sehat 2 Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting Yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Selain itu, catering makanan sehat juga harus menampilkan foto agar terlihat lebih menarik.

Cara mempromosikan aneka makanan sehat yang dijual bisa melalui sosial media atau jaringan pertemanan, alumni dan sebagainya.

Tidak hanya catering makanan sehat, kini juga tengah populer MPASI atau makanan pendamping ASI. Karena bayi harus memenuhi kebutuhan menu 4 bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur atau buah, maka sasaran ini juga bisa dibidik lho!

 

#3 Tempat Kebugaran 24 Jam

Karena rata-rata pekerja menghabiskan waktu 8 jam di kantor dari pagi sampai sore, maka waktu yang dimiliki untuk berolahraga meskipun ringan adalah pada malam hari.

Berbanding terbalik dengan ketersediaan waktunya, tempat kebugaran lebih sering tutup mulai sore hari.

Jadi, jika ingin mengambil customer orang kantoran yang ingin hidup lebih sehat setelah 8 jam duduk di kursi kantor, bukalah tempat kebugaran 24 jam di dekat area perkantoran.

Waralaba-Gold's-Gym-1-Finansialku

[Baca Juga: Anda Mau Mencoba Makan di 15 Restoran Termahal Di Dunia?]

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuka bisnis tempat kebugaran 24 jam adalah keamanan lingkungan dan pembayaran listrik yang nonstop.

Sebaiknya perhatikan, apakah lingkungan sekitar termasuk aman atau cukup rawan. Jika tidak memungkinkan, cukup buka tempat kebugaran sesuai jam amannya saja, untuk meminimalisasi risiko.

 

#4 Camilan dan Bekal Sehat

Bukan hanya makanan utama yang sehat, banyak orang mulai beralih camilan menjadi lebih sehat.

Tidak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun banyak yang suka ngemil makanan sehat seperti olahan buah, sayur, yoghurt, dan sebagainya.

Bagi anak-anak yang memiliki masalah pencernaan atau alergi tertentu, menu khusus bisa disiapkan by order sehingga kebutuhan konsumen pun akan terakomodasi. Tentunya ada biaya khusus untuk membuat makanan spesial dengan spesifikasi tertentu.

 

Tips Memulai Bisnis dari Gaya Hidup Sehat

Jika ingin memulai bisnis dari gaya hidup sehat, maka mulailah menerapkan pola makan teratur dengan komposisi seimbang yang dibarengi olahraga.

Karena seseorang yang menjalani langsung gaya hidup sehat akan lebih paham apa saja kebutuhan dari para konsumen. Berbeda halnya jika hanya melakukan survei, pasti ada hal yang terlewatkan dan tentunya kurang maksimal apabila langsung dijadikan referensi.

 

Modal Dari Mana? Rencanakan dengan Aplikasi Finansialku

Supaya bisa memperoleh modal secara mudah, maka perencanaannya juga harus terstruktur. Apabila masih kekurangan modal, maka buat usaha yang tidak terlalu besar dahulu untuk selanjutnya dikembangkan seiring dengan bertambahnya usia bisnis tersebut.

Ada banyak jenis usaha, yaitu yang mempunyai modal di bawah Rp5.000.000 hingga ratusan juta rupiah.

Jika ingin lebih rinci dalam membeli properti untuk usaha, gunakanlah Aplikasi Finansialku.

 

Sebagai contoh jika harga ruko untuk usaha adalah Rp500 juta, maka masukkan aset yang dibeli pada kolom berikut.

Lalu, apabila ingin membeli barang seperti booth atau sejenisnya untuk bisnis kecil-kecilan, maka Aplikasi Finansialku juga bisa digunakan pada fitur Dana Membeli Barang.

Sebagai contoh, jika harga 1 unit booth adalah Rp5.000.000 dan ketersediaan uang saat ini adalah Rp1.500.000 dan keinginan membeli dalam jangka waktu 3 bulan maka hasil perkiraan untuk biaya yang harus disediakan adalah sebagai berikut.

Dari kesimpulan yang ditampilkan pada Aplikasi Finansialku di atas, maka akan muncul jawaban bahwa nominal uang yang harus disediakan setiap bulan selama 3 bulan adalah Rp1.181.675. Jadi, sangat mudah bukan jika menggunakan Aplikasi Finansialku?

Download Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store, atau akses langsung aplikasinya di browser Anda dengan mengklik tautan berikut ini.

Jangan lupa untuk men-download juga ebook keuangan bisnis dari Finansialku, supaya bisnis Anda terus berkembang!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jika ingin memulai bisnis, pastikan semua anggaran sudah direncanakan sampai detail.

Dengan informasi di atas, kamu akan bisa lebih mudah dalam memaksimalkan anggaran sesuai kemampuan, jadi jangan lupa berbagi dengan rekan sesama pebisnis muda. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Gaya Hidup Sehat – https://goo.gl/6Za3md
  • Gaya Hidup Sehat 2 – https://goo.gl/BvUhMs
Summary
Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha dari Perkembangan Gaya Hidup Sehat
Article Name
Peluang Bisnis dan Inspirasi Usaha dari Perkembangan Gaya Hidup Sehat
Description
Saat ini, peluang bisnis gaya hidup sehat cukup menarik bagi masyarakat Indonesia. Yuk ketahui berbagai inspirasi usaha healthy lifestyle di Tanah Air!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo