Ingin tahu bagaimana cara melakukan pencatatan keuangan bisnis online yang Anda kelola? Seperti apa catatan keuangan bisnis online yang benar?

Untuk Anda yang baru mau memulai bisnis online, perlu Anda ketahui bahwa dalam bisnis catatan keuangan sangatlah penting.

Mungkin Anda masih kebingungan gimana sih cara melakukan pencatatan keuangan bisnis yang benar. Nah artikel kali ini akan membahas bagaimana sih cara melakukan pencatatan bisnis yang benar. Simak sampai habis ya sobat Finansialku!

 

Membuat Pencatatan Bisnis Online dengan Membuat Buku Sederhana

Bisnis online merupakan bisnis yang berskala kecil, mikro maupun menengah. Karena bukan merupakan skala besar, maka pencatatan keuangannya pun sudah jelas gak perlu ribet, sobat Finansialku.

Mengapa sih pencatatan sangat penting dalam keuangan bisnis?

Pencatatan keuangan sangat penting untuk mengetahui kondisi bisnis Anda, apakah usaha Anda untung atau malah rugi. Selain itu pencatatan keuangan sangat berguna untuk alat pengambil keputusan.

Jika Anda sudah tahu bahwa penjualan tidak sesuai dengan target, Anda bisa mengambil keputusan apakah akan mengganti produk yang akan Anda jual atau mengubah strategi pemasaran atau hal lainnya.

Kelayakan usaha Anda dapat dinilai juga dari pencatatan keuangan! Kebanyakan bisnis sekarang pasti ada investornya, nah dari laporan keuangan yang sudah tercatat, para investor bisa menilai apakah usaha Anda layak untuk didanai kembali atau tidak.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda buat dalam melakukan pencatatan bisnis online Anda.

Gimana Sih Cara Melakukan Pencatatan Keuangan Bisnis Online yang Benar - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bisa Pailit! Ini Kesalahan Manajemen Keuangan Bisnis UMKM!]

 

#1 Buku Pemasukan

Namanya sudah jelas buku pemasukan yang berarti berisi data pemasukan keuangan Anda, pemasukan dari penjualan, komisi dari supplier, suntikan bisnis dari investor dan banyak hal lainnya.

Intinya buku pemasukan ini dapat dipakai untuk mencatat semua transaksi yang ada kaitannya dengan pemasukan perusahaan.

 

#2 Buku Pengeluaran

Segala jenis pengeluaran dan belanja perlu Anda catat. Mulai dari operasional, bahan baku, sampai gaji karyawan bisa Anda catat secara berlanjut dan jelas.

Sebagai contoh pembelian material, biaya marketing, biaya gaji karyawan dan hal lainnya.

Catatan pengeluaran akan membuat Anda tahu besarnya modal usaha yang sudah dikeluarkan. Jika Anda sudah tahu, maka mudah kiranya menetapkan target serta merencanakan kapan modal akan kembali.

 

#3 Buku Kas Utama

Buku kas utama merupakan buku yang menggabungkan transaksi buku kas pemasukan dan pengeluaran. Penggabungan ini bertujuan agar Anda bisa tahu dengan jelas keuntungan atau kerugian dari perusahaan.

Dengan buku kas utama ini, Anda juga dapat menentukan besaran anggaran dari perusahaan terkait uang masuk dan keluar.

Estimasi dari arus kas juga penting dalam perencanaan serta strategi perusahaan jika pada hari mendatang ada biaya yang tidak terduga yang harus dikeluarkan.banner -laporan keuangan dan manfaat bagi investor

#4 Buku Stok Barang

Jika Anda bisnis online sebagai dropshipper maka buku stok belum terlalu dibutuhkan, tetapi jika Anda sebagai reseller atau supplier sudah jelas Anda membutuhkan buku stok barang.

Buku stok barang akan memudahkan Anda memonitor serta mengawasi persediaan barang dalam perusahaan. Terlebih apabila kedepannya Anda menargetkan mempunyai beberapa cabang di kota yang berbeda.

Buku stok barang akan membantu Anda dalam menyusun manajemen gudang dengan lebih baik serta optimal.

Buku stok barang juga akan membantu Anda menghindari kecurangan yang mungkin dilakukan supplier serta pegawai perusahaan.

Selain itu jika Anda mempunyai usaha di bidang kuliner atau yang sejenisnya yang membutuhkan data expired bahan baku, maka di buku stok ini Anda dapat menambahkan catatan kecil mengenai tanggal expired dan Anda dapat dengan mudah mengeluarkan barang yang akan lebih dulu expired.

 

#5 Buku Inventaris Barang

Buat Anda yang sudah memiliki bisnis online dengan skala besar, maka buku ini sangat dibutuhkan. Akan tetapi jika bisnis online Anda masih dengan skala kecil tidak perlu dibuat.

Buku inventaris barang akan memudahkan Anda menjaga aset bisnis tetap di bawah kendali Anda. Fungsi lain dari buku inventaris barang meliputi:

  • Mempunyai buku tertulis mengenai pengelolaan barang agar bisa dipertanggung jawabkan.
  • Memudahkan kegiatan mutasi serta penghapusan barang.
  • Memudahkan untuk mengecek barang.
  • Mencegah barang tidak mudah hilang.
  • Memudahkan dalam pengawasan barang.

 

#6 Buku Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bidang keuangan tertentu. Isi dari laporan ini ialah data-data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan.

Biasanya laporan ini dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Maka dari itu, sebagian besar laporan dikerjakan pada akhir tahun atau akhir bulan, sesuai ketentuan dalam perusahaan tersebut.

Apabila Anda merupakan pebisnis pemula, maka Anda dapat membuat buku laba rugi yang sederhana supaya mudah dipahami.

Gimana Sih Cara Melakukan Pencatatan Keuangan Bisnis Online yang Benar - 05 - Finansialku

[Baca Juga: Laporan Keuangan untuk Cek Kesehatan Bisnis Kamu]

 

#7 Laporan Perubahan Ekuitas

Untuk Anda pebisnis pemula tidak perlu membuat laporan ini ya, karena laporan perubahan ekuitas melaporkan perubahan dalam investasi pemilik dalam bisnis dari waktu ke waktu.

Sehingga jika Anda belum ada perubahan investasi kepemilikan tidak perlu membuat laporan ini.

 

#8 Neraca Keuangan

Laporan neraca keuangan sangat penting buat Anda yang sudah memiliki bisnis dengan skala yang besar. Fungsi dari neraca keuangan adalah untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.

Neraca sangat dibutuhkan untuk mengetahui nilai dari perusahaan sesudah menjalankan ragam aktivitas yang ada kaitannya dengan keuangan.

Neraca mempunyai beberapa unsur yang meliputi harta, kewajiban, serta modal. Harta adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang meliputi harta tetap, harta lancar, dan juga harta tidak berwujud lainnya hak paten, merek dagang, dan lain-lain.

Kewajiban sendiri meliputi utang jangka panjang dan utang lancar. Modal adalah selisih antara harta yang sudah dikurangi dengan utang

Berikut adalah beberapa artikel yang pastinya dapat membantu Anda memulai bisnis Anda:

 

Lakukan Pencatatan Keuangan Bisnis dengan Tepat

Jika ingin bisnis Anda untung, catatlah keuangan Anda dengan tepat ya, jangan sampai pemasukan, pengeluaran dan lainnya tidak jelas.

Jika pencatatan jelas, maka Anda dapat menganalisis dengan baik mengenai keuangan bisnis Anda.

Kalau Anda masih kebingungan dalam melakukan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan, Anda bisa konsultasi langsung dengan saya, Shierly, CFP® ataupun CFP yang lain melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Saya dan para CFP Finansialku dengan senang hati membantu Anda memberikan bantuan atas permasalahan keuangan Anda.

Anda juga bisa mencari tahu lebih banyak mengenai bisnis dan keuangan melalui media sosial Instagram @finansialku_com maupun @shierly_cei.

Jangan lupa catat keuangan bisnis Anda dan jadikan usaha Anda berhasil!

 

Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat menjalani bisnis online Anda dengan lebih baik.

Bagaimana artikel ini apakah bermanfaat? Jika bermanfaat bagi Anda, bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sugi Priharto. 10 Maret 2020. 8 Cara Membuat Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Pemula. Accurate.id – https://bit.ly/2OPkpLB
  • Admin. 11 September 2019. Laporan Perubahan Ekuitas. Cerdasco.com – https://bit.ly/3e5j8bZ

 

Sumber Gambar:

  •  https://bit.ly/3diyWZC
  •  https://bit.ly/2Q6laAv
  •  https://bit.ly/3tywXGc
  •  https://bit.ly/2RrQWIz
  •  https://bit.ly/3mPjqrj