Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending?

Bagaimana cara mendapat penghasilan pasif (passive income) dari investasi online P2P Lending? Baru-baru ini, kita dikenalkan dengan salah satu alternatif investasi baru di era digital ini, Peer to Peer Lending atau sering dikenal dengan P2P Lending. Ternyata P2P Lending dapat memberikan penghasilan pasif apabila kita berinvestasi disana. Bagaimana caranya? Mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

P2P Lending

Peer to Peer Lending (P2P Lending) merupakan sebuah metode memberikan pinjaman uang kepada individu atau bisnis atau sebaliknya, mengajukan pinjaman kepada pemberi pinjaman secara online. Peer to Peer Lending (P2P Lending) memungkinkan setiap orang untuk memberikan pinjaman atau mengajukan pinjaman yang satu dengan yang lain untuk berbagai kepentingan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan yang sah sebagai perantara.

Pada dasarnya, sistem P2P Lending ini sangat mirip dengan konsep marketplace online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual. Dalam hal P2P Lending ini, sistem yang ada akan mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang memberikan pinjaman. Jadi, boleh dikatakan bahwa P2P Lending merupakan marketplace untuk kegiatan pinjam-meminjam uang.

Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending 02 - Finansialku

[Baca Juga: Peer to Peer Lending, Alternatif Investasi Baru di Era Digital]

 

Ketimbang mengajukan pinjaman melalui lembaga resmi seperti bank, koperasi, jasa kredit, pemerintah dan sebagainya yang prosesnya jauh lebih kompleks. Sebagai alternatif, masyarakat bisa mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang-orang awam sesama pengguna sistem P2P Lending; dan oleh karena itulah maka disebut “peer-to-peer”.

 

Investasi Online P2P Lending

Ketika berinvestasi di Online P2P Lending, nantinya Anda memiliki akses untuk menelusuri data-data pengajuan pinjaman di halaman online yang telah disediakan. Anda juga pastinya bisa melihat semua data mengenai setiap pengajuan pinjaman, terutama data relevan mengenai si peminjam seperti pendapatan, riwayat keuangan, tujuan peminjaman (bisnis, kesehatan atau pendidikan) beserta alasannya, dan sebagainya.

Jika Anda memutuskan untuk memberikan pinjaman tersebut, Anda bisa langsung menginvestasikan sejumlah dana setelah melakukan deposit. Peminjam akan mencicil dana pinjamannya setiap bulan dan Anda akan mendapatkan keuntungan berupa pokok pinjaman beserta dengan bunganya. Besaran bunga akan tergantung pada suku bunga pinjaman yang diinvestasikan.

Berinvestasi di P2P Lending Bisa dari Rp100 ribuan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berinvestasi di P2P Lending Bisa dari Rp100 ribuan?]

 

Misalnya, seorang peminjam membutuhkan dana pinjaman Rp250.000.000 dan Anda mengalokasikan dana sekitar Rp25.000.000 kepadanya. Itu artinya, Anda memenuhi 10% dari total kebutuhan pinjamannya, dan masih tersisa 90% lagi dana yang dibutuhkan atau tersisa Rp225.000.000. Sama seperti Anda, investor lain yang tergabung juga akan mengalokasikan dana investasinya kepada peminjam tersebut, dan secara perlahan terpenuhilah total dana yang dibutuhkannya. Dana yang terkumpul nantinya akan dicairkan dan diberikan kepada peminjam.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan bunga pengembalian sebagai hasil investasi Anda setiap bulannya, sesuai dengan perjanjian yang terdapat di platform P2P. Bunga pengembalian itu berdasarkan tingkat risiko si peminjam, semakin tinggi tingkat risiko maka semakin tinggi bunga yang akan Anda dapatkan, dan bunganya bersifat fixed rate.

Semakin tinggi tingkat risiko, Semakin tinggi bunga yang Anda dapatkan Click to Tweet

 

Setiap kali Peminjam mengembalikan dana pinjamannya, atau mencicil pinjamannya, Anda akan mendapatkan persenan bunganya juga. Mudah, kan? Untuk melindungi dana yang Anda investasikan, biasanya platform P2P Lending menetapkan seleksi yang teramat ketat saat peminjam ingin masuk ke dalam platform dan siap untuk didanai.

 

Potensi Keuntungan Investasi Online P2P Lending

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin tinggi tingkat risiko pinjaman yang Anda danai, semakin besar pula potensi keuntungan Anda.

Dibawah ini merupakan potensi keuntungan di salah satu platform P2P Lending, Koinworks.

Penghasilan Tambahan Bulanan dari Hasil Investasi di Peer To Peer Lending (Studi Kasus) 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara mulai Berinvestasi di P2P Lending?]

 

Misal, Anda berinvestasi pada pinjaman dengan tingkat risiko D5 dan A3. Potensi keuntungan yang Anda dapatkan dari pinjaman D5 akan lebih tinggi dibanding A3. Anda berpotensi mendapatkan bunga keuntungan mulai dari 15% sampai dengan 38% setiap tahunnya, tergantung tingkat risiko peminjam Anda.

 

Risiko Investasi Online P2P Lending

Selalu ada risiko dalam berinvestasi. Ada kalanya peminjam akan mengalami gagal bayar. Bila itu terjadi, keuntungan investasi Anda akan terganggu dan besar kemungkinan dana yang Anda investasikan tidak akan kembali.

Untuk mengatasinya, penting sekali untuk melibatkan metode diversifikasi ke dalam strategi investasi Anda. Kami menyarankan untuk memulai dari nominal kecil terlebih dahulu. Bila Anda sudah memahami cara kerja dan risikonya, Anda kemudian bisa menambah dana investasi secara perlahan.

Sebarkan dana investasi Anda ke banyak pinjaman sehingga portofolio investasi Anda pun meluas. Sebagai permulaan, coba seimbangkan portofolio Anda, baik untuk pinjaman yang lebih aman dan pinjaman yang lebih berisiko. Dengan begitu, risiko yang ada bisa diminimalkan.

Penghasilan Tambahan Bulanan dari Hasil Investasi di Peer To Peer Lending (Studi Kasus)

[Baca Juga: Penghasilan Tambahan Bulanan dari Hasil Investasi di Peer To Peer Lending (Studi Kasus)]

 

Tidak ada jaminan mutlak apakah pinjaman dengan tingkat risiko yang lebih rendah akan pasti selalu mencicil pinjamannya tepat waktu setiap bulannya. Dalam sistem investasi online P2P Lending, apa yang dicicil oleh peminjam itulah yang diterima oleh investor. Oleh karena itu, pertimbangkan juga kemungkinan bahwa peminjam akan telat mencicil atau bahkan gagal bayar. Bila terjadi gagal bayar, besar kemungkinan bahwa Anda tidak akan mendapatkan dana investasi Anda kembali.

 

Mendapatkan Penghasilan Pasif dari Investasi P2P Lending

Memulai investasi online P2P Lending tidaklah susah dan sudah banyak sekali panduan yang terdapat di platform online P2P Lending, yang bisa Anda manfaatkan untuk segera memulai investasi. Anda bisa langsung mendaftarkan diri secara online dengan mengisi informasi dasar mengenai email dan nama lengkap Anda sesuai KTP hingga mengunggah foto KTP Anda untuk keperluan validasi data.

Setelah akun Anda diperiksa dan diterima sepenuhnya, Anda bisa langsung menelusuri pinjaman. Setelah Anda melakukan deposit, Anda dapat mulai mencari pinjaman untuk didanai. Anda dapat mendanai berbagai kebutuhan peminjam berdasarkan tingkat risikonya. Semakin tinggi risiko semakin besar pula potensi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Bila Anda berinvestasi online P2P Lending setiap bulan maka Anda berkesempatan untuk menciptakan penghasilan pasif sendiri. Investasi online P2P Lending akan memberikan Anda keuntungan tetap sesuai dengan bunga keuntungan yang ditetapkan sesuai dengan tingkat risiko dan tingkat suku bunga para peminjam.

Anda dapat menciptakan Penghasilan Pasif dari Investasi Online P2P Lending Click to Tweet

 

Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya, yang dapat Anda pakai sebagai penghasilan tambahan, tetapi Anda juga dapat menginvestasikan kembali keuntungannya untuk mendapatkan hasil yang lebih besar.

 

Berinvestasi dan Mendapatkan Penghasilan Pasif

Penghasilan yang Anda dapatkan dari hasil investasi P2P Lending, dapat dikatakan merupakan penghasilan pasif, karena Anda dapat menggunakannya secara langsung pada saat Anda mendapatkan pengembalian pokok beserta bunganya setiap bulannya.

Dan dengan berinvestasi, Anda dapat memperoleh keuntungan diatas inflasi, yang berbeda dengan bunga bank yang biasanya sama atau dibawah inflasi setiap tahunnya. P2P Lending merupakan salah satu alternatif investasi untuk Anda mendapatkan penghasilan pasif diatas inflasi.

 

Sudah berapa besarkah penghasilan pasif Anda? Apakah Anda terpikir untuk berinvestasi di P2P Lending dan merasakan keuntungannya?

 

Sumber Referensi:

  • Walter Pinem. 26 Januari 2017. Dapatkan Passive Income dengan Investasi Online P2P Lending. com – https://goo.gl/8tYXzD

 

Sumber Gambar:

  • Asian People with Laptop – https://goo.gl/qr9kdu
  • Discussion – https://goo.gl/4UbcxK

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download