Masa pensiun harus disiapkan sejak sekarang agar kita bisa nyaman dan tenang di kemudian hari. Bagaimana cara mempersiapkan pensiun yang ideal?

Pada artikel ini, Finansialku akan membahas jumlah dana dan usia pensiun yang ideal. Simak artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Pensiun

Struktur gaji di Indonesia kebanyakan adalah gaji pokok kecil dan tunjangan yang besar.

Bagi para karyawan yang masih berada dalam usia produktif mereka, mungkin hal tersebut tidak terlalu berdampak pada kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, ketika seseorang memasuki usia pensiun, maka mereka akan mendapatkan jaminan pensiun hanya berdasarkan gaji pokok, yang mana jumlahnya cukup kecil

Distribusi uang pensiun ini pun beragam, ada yang memberikannya setiap bulan, ada yang memberikan dengan sistem lump sum, dan ada pula yang memberikan gabungan dari keduanya.

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 02 Pensiun 2 - Finansialku

[Baca Juga: Menyiapkan Dana Pensiun Ala Generasi Milenial. Ini Penjelasannya]

 

Biasanya perusahaan hanya tinggal memberikan wewenang kepada perusahaan pengelola DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) untuk mengaturnya.

Jaminan ini tidak sebanding dengan pengeluaran pada saat pensiun, karena pada saat pensiun, pengeluaran Anda tidak akan jauh berubah.

Bahkan menurut Sonny Widjaja, Direktur Utama PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau yang disingkat dengan nama PT ASABRI (Persero), penurunan biaya hidup pada masa pensiun hanyalah 6%.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Untuk membantu mengatasi permasalahan ini, maka diciptakanlah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan yang juga memberikan tunjangan dana pensiun secara publik.

Dengan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan, pegawai semakin sadar akan pentingnya persiapan masa pensiun yang nyaman dan sejahtera.

Survei yang juga menunjukkan peningkatan kesadaran akan persiapan dana pensiun, OJK (Otoritas Jasa Keuangan), semakin mendorong pemahaman yang benar mengenai masa pensiun ini.

Akan tetapi, walaupun tunjangan tersebut dapat membantu pendanaan masa pensiun, dana tersebut masih tergolong rendah.

 

Nafal Mahfudz, Diretur SDM dan UMUM BPJS Ketenagakerjaan memberikan gambaran kurangnya dana dari tunjangan publik tersebut.

Misalnya dengan penghasilan seseorang yang jumlahnya Rp3 juta per bulan, setelah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan selama 15 tahun dan rutin membayar iuran, maka manfaat pensiun yang berhak didapatkan adalah Rp1,5 juta per bulan.

Hal ini berarti hanya 50% dari penghasilan yang dapat diperoleh dari program publik itu sendiri.

Kembali lagi, dengan pengeluaran pada masa pensiun yang kurang lebih sama pada masa produktif, jumlah pendanaan tersebut masih tergolong kurang.

Komik Mau Keluar Dari Roda Putar Yuk Raih Kebebasan Finansialmu Mulai Sekarang! 02 Dana Pensiun - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Rencana Pensiun]

 

Menyiapkan Dana Pensiun Pribadi

Tunjangan dana pensiun dari perusahaan dan tunjangan publik melalui BPJS Ketenagakerjaan terbukti tidak cukup untuk membiayai masa pensiun Anda. Untuk itu, Anda juga harus mempersiapkan dana tersebut sendiri.

Dengan melakukan kontribusi untuk dana pensiun secara pribadi, Anda akan mampu mencapai masa pensiun yang lebih sejahtera karena proporsi dana inilah biasanya yang paling besar.

 

Cukup atau tidaknya dana pensiun harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Misalnya seseorang yang ketika masa pensiun masih harus menyekolahkan anaknya tentu membutuhkan dana pensiun yang lebih besar dibandingkan seorang pensiunan yang tidak memiliki tanggungan.

Selain itu, seseorang yang pada masa mudanya memiliki gaya hidup yang boros pasti akan memerlukan dana yang lebih besar untuk menyesuaikan kebiasaan tersebut.

Tetapi berapa sebenarnya yang harus disiapkan untuk kebutuhan dana pensiun? Untuk membantu Anda menghitungnya, Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan Finansialku.

 

Perhitungan Dana Pensiun

Untuk menghitung berapa jumlah dana pensiun yang akan Anda butuhkan, maka pertama-tama buka Aplikasi Finansialku lalu pilih menu Rencana Keuangan.

Setelah itu pilih tanda “+” pada ujung kanan bawah, dan pilih menu “Dana Hari Tua” yang akan membantu Anda menghitung jumlah dana yang Anda harus persiapkan untuk masa pensiun.

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 03 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu Anda harus memasukkan data ke dalam aplikasi sesuai dengan apa yang Anda miliki sekarang.

Misalkan usia Anda saat ini adalah 25 tahun dan Anda berencana untuk pensiun pada usia 60 tahun. Perkiraan lama waktu pensiun Anda adalah 20 tahun.

Sementara itu pengeluaran per bulan Anda adalah sebesar Rp10 juta dan perkiraan pengeluaran bulanan saat pensiun adalah 90% (mengikuti hasil survei yang sudah dilakukan).

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 04 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Tunjangan hari tua dari perusahaan Anda sebesar Rp600.000, hasil investasi Rp500.000, perkiraan inflasi adalah 10% per tahun, imbalan investasi saat hari tua adalah 15%, dan keuntungan investasi saat ini adalah 12%.

Ketahui Dana dan Usia Pensiun Ideal 05 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu tekan pilihan Hitung”. Maka hasil perhitungan akan menunjukkan bahwa Anda membutuhkan dana pensiun sebesar Rp17.760.740.088.

Anda perlu berinvestasi sebesar Rp41.144.874 per tahun selama 35 tahun atau Rp2.761.756 per bulan selama 420 bulan untuk memenuhi dana pensiun tersebut.

Hasil Perhitungan Menu Dana Hari Tua

 

Itulah cara menggunakan Aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa besar dana pensiun atau dana hari tua yang akan Anda butuhkan nantinya.

Anda tidak perlu repot-repot menghitung sendiri karena Anda hanya tinggal memasukkan data-data yang dibutuhkan dan Aplikasi Finansialku akan langsung menghitung berapa dana pensiun yang Anda butuhkan.

Yuk segera download Aplikasi Finansialku secara gratis di Google Play Store.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Semakin tinggi imbal hasil yang didapatkan pada hari tua nanti, maka akan semakin berguna untuk persiapan dana pensiun Anda sekarang.

Selain itu, dapat dilihat bahwa semakin banyak tunjangan yang Anda dapatkan, maka semakin kecil pula dana pensiun yang harus Anda siapkan.

Imbal hasil adalah hal yang sangat berpengaruh pada jumlah dana pensiun. Untuk mendapatkan imbal hasil yang tinggi di hari tua nanti, Anda dapat melakukan investasi pada saham atau reksa dana.

Walaupun volatilitas mereka tinggi, mereka akan mampu memberikan hasil yang tinggi di jangka panjang. Tidak hanya imbal hasil, jangka waktu juga dapat memengaruhi jumlah dana pensiun.

Jika usia pensiun Anda masih jauh, jika durasi pensiun yang Anda inginkan lebih sempit, maka Anda dapat mempersiapkan dana yang lebih murah dari yang Anda bayangkan.

Membuat Rencana Pensiun 1 Finansialku

[Baca Juga: Top 5 Investasi Hari Tua Yang Menguntungkan untuk Para Pensiunan di Indonesia]

 

Usia Pensiun

Usia pensiun yang cukup tepat adalah usia 58 tahun. Untuk pegawai swasta, usia pensiun yang umum diberikan adalah umur 56 tahun.

Ada pula perusahaan lain yang memberikan fasilitas MPP (Masa Persiapan Pensiun), yaitu pegawai diberikan fasilitas bebas tugas tetapi gaji penuh kemudian pensiun di usia 56 tahun.

Lalu mengapa 58 tahun? Jawaban dari pertanyaan ini berbeda-beda tergantung pada masing-masing individu. Pertama, biasanya pada usia tersebut, Anda masih harus memenuhi kebutuhan anak.

Jika Anda masih memiliki tanggungan anak, maka Anda tentu tidak dapat pensiun karena penghasilannya jauh berbeda.

Sementara itu alasan yang kedua adalah karena tingkat kesehatan dan usia rata-rata penduduk semakin meningkat. Hal ini mendukung usia pensiun yang lebih telat.

Dan alasan terakhir adalah dengan menentukan usia pensiun yang lebih telat, maka pegawai atau karyawan memiliki lebih waktu untuk mempersiapkan masa pensiun mereka.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Siapkan Pensiun dengan Baik

Untuk dapat menikmati waktu pensiun yang menyenangkan, maka Anda harus melakukan persiapan dengan baik. Dengan menyiapkan dana secara finansial dan mental, maka masa pensiun Anda akan sejahtera.

 

Apakah Anda sudah memasuki usia pensiun? Jika iya, apakah Anda sudah mempersiapkan dana pensiun Anda?

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Bagikan juga artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Irwan Rinaldi Sikumbang. 30 Juli 2015. Usia Pensiun yang Ideal. Kompasiana.com – https://goo.gl/CsYUxo
  • Yan Chandra. 18 Mei 2017. Berapa Dana Pensiun yang Cukup? Tirto.id – https://goo.gl/fVozno

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://goo.gl/hd9BLf
  • Pensiun 2 – https://goo.gl/vYHfAu