Pentingnya Baca Prospektus Reksa Dana & Fund Fact Sheet Reksa Dana

Apakah Anda terbiasa membaca prospektus reksa dana dan fund fact sheet reksa dana sebelum berinvestasi? Jika Anda tidak terbiasa, maka segera biasakan, karena Anda akan tahu hal-hal penting berikut ini.

 

Biasakan Baca Prospektus Reksa Dana dan Fund Fact Sheet Reksa Dana

Kebanyakan orang biasanya terburu-buru dan terlalu bersemangat dalam memulai segala sesuatu, termasuk dalam berinvestasi reksa dana. Mungkin Anda pernah mendengar ada orang yang mengatakan tak kenal maka tak sayang. Ternyata omongan tersebut bermanafaat sekali saat kita berinvestasi reska dana.

Tahukah Anda ada lebih dari 300 produk reksa dana di Indonesia. Bicara khusus untuk reksa dana campuran dan reksa dana saham, jumlahnya sudah sangat banyak. Salah satu cara kita menyeleksi atau memilihnya adalah dengan melihat prospektus reksa dana dan fund fact sheet reksa dana.

Pentingnya Baca Prospektus Reksa Dana & Fund Fact Sheet Reksa Dana - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Diketahui Anak Muda Mengenai Investasi Reksa Dana?]

 

Mari kita bahas satu persatu mengenai prospektus reksa dana dan fund fact sheet reksa dana.

 

Apa Isinya Prospektus Reksa Dana?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ternyata sudah mewajibkan calon investor reksa dana untuk membaca dan memahami prospektus reksa dan sebelum berinvestasi reksa dana. Kalau Anda ingat, kewajiban tersebut terdapat dalam formulir pembelian reksa dana pertama kali (pasal telah membaca dan memahami reksa dana). Jika Anda membeli online, pasti ada kolom persetujuan seperti ini:

Pentingnya Baca Prospektus Reksa Dana & Fund Fact Sheet Reksa Dana - Konfirmasi - Finansialku

Konfirmasi telah membaca dan menyetujui isi prospektus dan keterangan ringkas (fund fact sheet)

 

Apa saja yang ada di prospektus reksa dana? Prospektus reksa dana berisi mengenai hal-hal berikut ini

  • Informasi mengenai manajer investasi: berisi penjelasan mengenai perusahaan manajer investasi yang akan mengelola dana Anda.
  • Informasi mengenai bank kustodian dan nomor rekening : berisi mengenai bank custodian yang akan menyimpan uang Anda dan penjelasan mengenai nomor rekening.
  • Informasi mengenai biaya reksa dana : penjelasan mengenai biaya-biaya yang ada dalam sebuah reksa dana, misal pembelian (subscription fee), biaya penjualan (redemption fee), biaya pengalihan (switching fee), biaya autodebet (jika ada), biaya transfer dan lainnya.
  • Informasi mengenai jenis dan kebijakan investasi reksa dana : penjelasan mengenai jenis reksa dana dan kebijakan perusahaan manajemen investasi dalam mengelola dana nasabah.
  • Informasi mengenai risiko reksa dana : penjelasan potensi risiko apa saja yang terdapat dalam investasi reksa dana.
  • Informasi mengenai kewajiban dan hak investor : informasi terkait dengan hak serta kewajiban investor. Contoh investor berhak mendapatkan surat konfirmasi transaksi, laporan bulanan, informasi harga NAB/up dan lain sebagainya.
  • Penjelasan mengenai prospektus : prospektus pertama atau pembaruan.

 

Bagaimana cara mendapatkan prospektus reksa dana?

Anda dapat meminta kepada agen penjual, tenaga pemasaran (sales), download di website manajer investasi atau download di website penjual reksa dana online (lihat contoh pada gambar di atas).

 

Iklan Bareksa 2 - 728x250 - Jangan Menunda Investasi Reksadana Online

 

Apa Isinya Fund Fact Sheet Reksa Dana?

Selain prospektus, Anda juga perlu membaca fund fact sheet atau keterangan ringkas. Umumnya fund fact sheet hanya 1 halaman dan berisi ringkasan:

  • Informasi jumlah dana kelolaan dan unit penyertaan. Anda dapat mengetahui Nilai Aktiva Bersih, Unit Penyertaan pada akhir bulan lalu. Biasanya fund fact sheet terlambat 1 bulan. Misal bulan ini September, maka fund fact sheet terbaru adalah fund fact sheet bulan Agustus.
  • Informasi harga dan kinerja reksa dana, yang ditunjukkan dalam satuan waktu 1 bulan, 3 bulan, year to date (dari awal tahun sampai hari ini), 1 tahun, 3 tahun dan sejak penerbitan (since inception).
  • Informasi pembanding kinerja atau performance benchmarking antara produk reksa dana dengan suatu indeks. Contoh reksa dana saham biasanya membandingkan kinerjanya dengan kinerja IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).
  • Informasi portofolio reksa dana, yang beriis mengenai alokasi aset dalam portofolio.

 

Bagaimana cara mendapatkan fund fact sheet reksa dana?

Biasanya tenaga pemasaran bank akan membawa brosur dan fund fact sheet untuk menawarkan produk reksa dana. Jika Anda ingin mencari melalui online, Anda dapat mendownload di website manajer investasi atau download di website penjual reksa dana online (lihat contoh pada gambar di atas).

 

Jangan Asal Investasi, Baca Dulu Manual Book nya

Prospektus reksa dana dan fund fact sheet reksa dana boleh disebut buku petunjuk atau manual book. Banyak diantara kita yang biasanya meremehkan petunjuk di manual book, namun untuk urusan investasi reksa dana sebaiknya And abaca terlebih dahulu. Pastikan produk reksa dana yang Anda pilih sesuai dengan tujuan keuangan dan tujuan investasi Anda. Selamat mencoba.

 

Menurut Anda, apakah cukup mudah untuk mendapatkan informasi prospektus reksa dana dan fund fact sheet reksa dana?

 

Sumber gambar:

  • People reading paper – http://goo.gl/Mx7Fil

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download