Pentingnya laporan keuangan harus Anda ketahui dengan jelas. Apa sih laporan keuangan?

Laporan keuangan merupakan bahasa yang memperlancar kegiatan operasional, membuat keputusan bisnis, maupun pertanggungjawaban pelaksanaan tugas manajer kepada pemilik perusahaan.

Laporan keuangan juga digunakan untuk membandingkan prestasi kerja sebuah perusahaan dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, akuntansi sering kali disebut sebagai bahasa bisnis.

Sebagai bahasa bisnis, jangan sepelekan pentingnya laporan keuangan. Berikut ini pentingnya laporan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Inilah Pentingnya Laporan Keuangan

Laporan keuangan pada dasarnya merupakan hasil proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktivitas perusahaan tersebut.

Laporan keuangan memegang peranan yang luas dan mempunyai suatu posisi yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan.

Pengelolaan dana merupakan faktor utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan usaha Anda.

Sebagai contoh dalam hal pengelolaan kas ketika Anda tidak bisa mengelola kas perusahaan maka secara mendadak perusahaan dapat mengalami kekurangan uang tunai untuk menjalankan operasional harian.

Dalam hal UMKM, kekurangan pengelolaan dana sering kali terjadi ketika pengelolaan dana dan pelaku UMKM mencampuradukkan dana perusahaan dan dana pribadi.

Pengelolaan dana yang buruk berakibat perusahaan tidak bisa mencegah, mendeteksi dan mengoreksi kekurangan di perusahaan.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 02 Laporan Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Kaitan antara Mengurus Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis?]

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengelolaan dana bisnis dan pentingnya laporan keuangan, apakah Anda sebagai seorang pebisnis memiliki kondisi keuangan yang sehat?

Jika Anda tertarik untuk mengecek kesehatan keuangan, maka Anda bisa mengakses link KESEHATAN KEUANGAN atau pada Aplikasi Finansialku.

 

Atau Anda bisa melihat pada video berikut ini:

 

Jika Anda masih memiliki kondisi yang kurang memadai sebagai pebisnis, maka Anda HARUS mengatur dan mengelola keuangan Anda sekarang. Jangan menunggu nanti lagi, hal ini akan sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup Anda selanjutnya.

Buku Make A Plan sangat cocok bagi Anda. Setelah Anda membaca buku ini diharapkan Anda akan memiliki wawasan dan keterampilan dalam mengatur dan merencanakan keuangan.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAU BUKU FINANSIALKU

 

Namun, Anda juga perlu menggunakan Aplikasi Finansialku dalam mempraktikkan keuangan. Ingat! Tidak cukup hanya membaca saja, tapi Anda perlu mempraktikkannya.

Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda.

 

Yuk, cek apa saja pentingnya laporan keuangan:

 

#1 Informasi untuk Kinerja Perusahaan

Laporan keuangan sangat diperlukan untuk mengukur hasil usaha dan perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu dan untuk mengetahui sudah sejauh mana perusahaan mencapai tujuannya.

Akuntansi menghasilkan laporan laba rugi yang dapat mencerminkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba. Perusahaan menggunakan laporan laba rugi sebagai bahan evaluasi secara periodik.

Kalau laporan laba rugi itu menunjukkan perusahaan mengalami rugi atau laba menurun dari periode sebelumnya, perusahaan bisa menganalisis penyebab terjadinya kerugian atau penurunan laba.

Kalau laporan laba rugi itu menunjukkan perusahaan mengalami laba atau rugi meningkat dari periode sebelumnya, perusahaan dapat mempertahankan proses bisnis yang dilakukan atau mengembangkan proses bisnis agar labanya terus meningkat.

 

#2 Informasi Perhitungan Pajak

Berdasarkan laporan laba rugi yang dihasilkan oleh laporan keuangan, perusahaan dapat menghitung jumlah pajak penghasilan yang harus dibayar secara akurat untuk periode tertentu atau bahkan dapat mengajukan restitusi pajak.

Tax Ratio Diperbincangkan Dalam Debat Pilpres 2019 01 Pajak - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis UMKM yang Harus Anda Ketahui, agar Bisnis Anda Sukses. Apakah Sudah Anda Terapkan?]

 

Selain itu, wajib pajak badan atau perusahaan wajib menyelenggarakan pembukuan atau pencatatan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Berdasarkan undang-undang ketentuan umum dan tata cara perpajakan (UU KUP), pelaporan SPT Tahunan PPh Badan harus melampirkan laporan keuangan berupa laporan neraca dan laporan laba rugi serta keterangan lain yang diperlukan untuk menghitung besarnya penghasilan kena pajak.

 

#3 Informasi Posisi Dana Perusahaan

Laporan keuangan dapat menghasilkan neraca yang dapat mencerminkan penggunaan dana berupa aset dan sumber perolehan dana yang berasal dari utang dan ekuitas.

Neraca itu penting karena memberikan gambaran posisi keuangan perusahaan pada tanggal tertentu.

Berdasarkan informasi keuangan yang terdapat di neraca, perusahaan dan pihak lain dapat mengetahui apakah aset yang dimiliki perusahaan sebagian besar pendanaannya dari utang atau dari ekuitas. Perusahaan yang memiliki komposisi utang sangat besar berisiko tinggi karena harus menanggung biaya tetap berupa bunga utang.

 

#4 Informasi Perubahan Modal Pemilik

Laporan keuangan menghasilkan laporan perubahan ekuitas yang mencerminkan perubahan sumber pendanaan, terutama yang berasal dari ekuitas.

Perusahaan membutuhkan laporan perubahan ekuitas untuk mengetahui perkembangan modal yang ditanamkan ke perusahaannya.

Perolehan laba yang tinggi tidak selalu mencerminkan kesuksesan perusahaan kalau pengambilan dana oleh pemilik perusahaan melebihi laba yang dihasilkan.

 

#5 Informasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas

Laporan keuangan menghasilkan laporan arus kas yang mencerminkan perolehan dan penggunaan aset utamanya, yaitu kas.

Pengelolaan dana perusahaan memiliki korelasi positif dengan keberhasilan perusahaan. Semakin baik pengelolaan kas maka semakin besar keberhasilan yang diraih perusahaan.

Pahami Kurs Pajak Mingguan Sekarang Juga! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Diketahui tentang Manajemen Keuangan Bisnis UMKM? Apa Manfaatnya untuk Pemilik Bisnis?]

 

#6 Informasi Perencanaan Kegiatan

Laporan keuangan menghasilkan laporan anggaran yang menggambarkan kegiatan yang direncanakan perusahaan selama periode tertentu serta pendanaan yang akan dibutuhkan atau yang akan diperolehnya.

 

#7 Informasi Besaran Biaya

Laporan keuangan menghasilkan informasi tentang berbagai biaya yang telah dikeluarkan beserta informasi lain berkaitan dengan pengeluaran biaya.

Laporan keuangan juga dapat menyediakan informasi fluktuasi biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan per hari, per minggu, dan seterusnya.

 

#8 Informasi Terhadap Masalah dalam Perusahaan

Laporan keuangan dapat membantu dalam pencegahan serta mendeteksi tindak kejahatan korupsi maupun penyalahgunaan uang.

Saat Anda memasukkan berbagai data dan merekapitulasinya, Anda mungkin belum tahu apakah laporan tersebut sudah baik atau memerlukan perbaikan.

Melalui analisis laporan keuangan, Anda bisa mengetahui kesalahan yang ada dalam laporan Anda, bahkan juga bisa mendeteksi masalah atau fraud yang ada di perusahaan Anda.

eNofa Mengenal Nomor Seri Faktur Pajak Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Pahami Cara Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis Agar Anda Bisa Menggaji Diri Sendiri!]

 

#9 Informasi Forecast Analyzing (Alat Prediksi Masa Mendatang)

Laporan keuangan dapat digunakan untuk alat prediksi kondisi di masa mendatang.

Anda bisa membandingkan laporan keuangan perusahaan Anda dengan laporan keuangan perusahaan sejenis. Atau juga kondisi perusahaan Anda dengan kondisi perusahaan lain ataupun kondisi negara.

Ini bisa sebagai alat untuk mendeteksi masa mendatang mengenai kondisi perusahaan Anda dan langkah strategis apakah yang Anda perlukan untuk selanjutnya.

 

#10 Informasi Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan dapat dibuktikan melalui laporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap, transparan, dan jelas menunjukkan bahwa operasional perusahaan berjalan dengan lancar.

Ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan investor dan klien terhadap perusahaan Anda.

 

Bagian Keuangan Memiliki Peranan Penting

Pada setiap perusahaan bagian keuangan memegang peranan penting dalam menentukan arah perencanaan keuangan perusahaan. Ini seperti yang dikatakan oleh Napa J Awat, seorang peneliti, bahwa “Berfungsinya bagian keuangan merupakan prasyarat bagi kelancaran kegiatan pada bagian-bagian lainnya.”

Dengan berfungsinya secara baik bagian keuangan membuat kinerja keuangan yang dilihat dari laporan keuangan perusahaan akan tersaji dengan baik. Sehingga pihak-pihak yang membutuhkan akan dapat memperoleh laporan keuangan tersebut dan membantunya dalam proses pengambilan keputusan sesuai yang diharapkan.

Oh iya, kamu bisa download ebook Pengaturan keuangan untuk Pribadi dan Keuangan Bisnis secara GRATIS!

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Silakan beri komentar dan pendapat Anda pada kolom di bagian bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wijaya, David. S.E., M.M. 2018. Akuntansi UMKM. Yogayakarta: Penerbit Gaya Media.
  • Fahmi, Irham. S.E.,M. Si. 2017. Analisis Kinerja Keuangan, Panduan bagi Akademisi, Manajer, dan investor dari aspek keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
  • Kanya Anindita. 8 Februari 2019. Jenis & Contoh Laporan Keuangan yang Penting bagi Bisnis Anda. Hashmicro.com – https://bit.ly/2JSlMDB

 

Sumber Gambar:

  • Pentingnya Laporan Keuangan – https://bit.ly/2NfPeWc