Apa saja pentingnya membuat rencana keuangan di awal tahun? Sebagai perencana keuangan, Finansialku akan membahas kenapa Anda harus membuat rencana keuangan di awal tahun.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pentingnya Membuat Rencana Keuangan di Awal Tahun

Di awal tahun, tentu saja Anda ingin memulainya dengan yang lebih baru kan? Ingin lebih sehat, ingin lebih move on, ingin lebih baik, ingin kondisi keuangan lebih baik, ingin impian Anda untuk membeli ini itu terwujud. Semua keinginan hanyalah mimpi kalau Anda tidak melakukan apa-apa, setuju. 

Kira-kira apa yang harus Anda lakukan untuk dapat segera mewujudkan impian Anda untuk membeli rumah? menyiapakn biaya kuliah anak? dana untuk menikah? dana untuk pensiun? dan dana lainnya untuk membeli impian Anda?
Persiapkan Rencana Keuangan di Awal Tahun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografisnya: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Anda]

 

Jangan hanya diam berpangku tangan. Anda tentu BUKAN orang yang menyerah dan pasrah: “Ya sudahlah terima aja, emang jalannya begini”. Perjuangkan impian Anda, karena Anda berhak untuk mendapatkan rumah pertama Anda, Anda berhak mendapatkan pensiun yang aman dan nyaman, Anak Anda juga berhak mengenyam pendidikan tinggi hingga bangku kuliah, Anda juga berhak mendapatkan impian-impian Anda. 

Jangan buat kesalahan yang sama dari tahun-tahun sebelumnya. Sudah saatnya Anda bergerak, mulai menata kondisi keuangan keluarga Anda. Anda harus segera membuat rencana keuangan di awal tahun, saat ini juga.

[Baca Juga: 6 Jurus Menyelamatkan Keuangan Keluarga Anda]

 

Anda harus mulai bergerak sekarang. Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk bergerak dan melangkah. Anda memiliki banyak waktu untuk segera memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk saat mengelola keuangan, Anda dapat segera berinvestasi, Anda dapat segera membeli proteksi kesehatan atau jiwa dan keuntungan-keuntungan lainnya. 

Dalam perencanaan keuangan ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama inflasi (kenaikan harga-harga barang) dan kedua adalah waktu. Semakin cepat Anda memulai, semakin cepat Anda membuat rencana keuangan dan tentu saja semakin cepat Anda menjalankan, maka semakin mudah impian Anda terwujud.

 

Membuat Rencana Keuangan di Awal Tahun

Anda pasti sudah tahu merencanakan keuangan itu butuh proses. Semuanya tidak berjalan seindah yang ada di dunia sihir. Kondisi keuangan Anda tidak mungkin berubah 180 derajad dalam waktu satu malam atau satu bulan. Tidak ada yang namanya hari ini merencanakan, besok langsung terwujud. 

[Baca Juga: Membuat Rencana Keuangan Saja Tidak Cukup, Anda harus Segera Action]

 

Permasalahannya jika Anda tidak mulai dari sekarang, kapan biaya kuliah anak Anda dapat terkumpul? kapan rumah pertama Anda dapat terbeli? kapan Anda dapat membeli mobil? kapan dana untuk pensiun Anda terkumpul? kapan dana untuk perjalanan ibadah Anda terkumpul.

 

Jadi jangan tunggu nanti lagi, kalau mau action ya sekarang atau tidak sama sekali

Membuat rencana keuangan di awal tahun itu sangat penting, karena Anda dapat segera membeli apa yang Anda inginkan. Jadi kenapa harus menunggu nanti lagi.

 

Menurut Anda tujuan keuangan apa yang paling ingin Anda wujudkan?

 

Sumber Gambar:

  • Feel Safe – http://goo.gl/Vtrcfu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang