Bagaimana persiapan Anda untuk menyambut tahun yang baru? Apakah Anda sudah punya rencana keuangan tahun 2019?

Memiliki rencana keuangan akan sangat membantu Anda menentukan langkah-langkah keuangan untuk tahun yang akan datang.

Apalagi jika Anda memiliki pekerjaan sebagai freelancer dengan pemasukan yang tidak tetap. Semakin baik rencana keuangan Anda maka akan semakin mudah Anda melewati tahun dengan lancar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pergantian Tahun

Momen pergantian tahun memang menjadi momen yang tepat untuk membuat resolusi baru. Termasuk resolusi dalam hal finansial.

Ada banyak cara untuk membuat resolusi di tahun yang baru, salah satunya adalah dengan membuat rencana keuangan.

Meskipun tahun baru masih beberapa waktu lagi, namun tidak ada salahnya jika Anda membuat rencana keuangan sejak sekarang.

Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup waktu untuk mematangkan rencana Anda untuk tahun yang akan datang. Karena walaupun terdengar sederhana, membuat resolusi keuangan membutuhkan banyak hal yang harus disiapkan.

Apa saja yang harus dilakukan untuk mematangkan rencana keuangan di tahun depan? Finansialku akan membantu Anda dengan memberikan beberapa tips dalam artikel ini.

Petunjuk Menyusun Rencana Keuangan 02a Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sekarang Saatnya Untuk Evaluasi Rencana Keuangan 2018]

 

#1 Lakukan Evaluasi Keuangan

Memulai resolusi baru perlu dimulai dengan melakukan review mengenai apa saja yang telah Anda lakukan di tahun ini. Termasuk resolusi dalam hal keuangan.

Anda bisa melakukan review dan evaluasi mengenai pola konsumsi dan cara Anda membelanjakan uang sepanjang tahun berjalan.

Cobalah menghitung berapa pemasukan Anda selama ini dan juga pengeluaran yang Anda belanjakan.

Bagi freelancer yang tidak memiliki pemasukan tetap, Anda bisa memperkirakan berapa pemasukan yang Anda dapatkan dan berapa besaran pendapatan rata-rata yang Anda miliki.

Selain itu, cari tahu juga berapa pendapatan minimal dan maksimal yang pernah Anda terima.

Manfaat Laporan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Lebih Mendalam Seputar Literasi Keuangan]

 

Selain pendapatan dan pengeluaran, catat juga berapa utang dan aset yang Anda miliki. Evaluasi juga apakah rencana keuangan Anda di tahun sebelumnya sudah tercapai atau belum.

Dengan melakukan evaluasi, Anda akan lebih mudah untuk membuat peta keuangan Anda di tahun yang akan datang. Evaluasi juga membantu Anda lebih jelas melihat bagaimana pilihan keuangan yang selama ini Anda lakukan.

Dan apakah hal tersebut menunjukkan Anda masih konsumtif atau tidak. Juga apakah Anda malas mewujudkan resolusi atau tidak.

Hasil evaluasi ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui kekurangan apa saja yang perlu Anda perbaiki di tahun depan, dan apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan atau memperbaiki kondisi keuangan Anda saat ini.

 

#2 Gunakan Metode SMART

Metode SMART yang dimaksud adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Related. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing poin.

Tujuan Keuangan Freelancer Tahun Baru 2019, Apa Tujuan Anda 02 Freelancer 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kondisi Dompet Sahabat Sehat? Lihat melalui Aplikasi Cek Kesehatan Keuangan!]

 

Specific

Buat rencana keuangan yang spesifik dan jelas sehingga akan membantu Anda lebih mudah fokus pada apa yang menjadi target keuangan Anda di tahun yang akan datang.

Kemudian tetapkan langkah apa saja yang akan Anda lakukan untuk mencapainya.

 

Measurable

Selanjutnya, target yang Anda buat itu harus bisa dinyatakan dalam satuan tertentu. Misalnya uang, waktu, atau ukuran lainnya sesuai yang Anda butuhkan.

Dengan menetapkan satuan, target Anda akan lebih terukur dan mudah untuk tercapai.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Achievable

Jangan membuat rencana keuangan tahun 2019 yang terlalu muluk untuk diwujudkan.

Ketahui state finansial Anda saat ini, dan buat goal yang dapat Anda raih sesuai dengan kemampuan finansial dan juga perkiraan pendapatan yang Anda miliki di tahun yang akan datang.

Resolusi keuangan yang abstrak dan muluk akan membuat Anda kesulitan menentukan langkah awal dan malah membuat Anda menjadi malas mewujudkannya.

 

Relevant

Kemudian, pastikan bahwa rencana keuangan tahun 2019 yang Anda miliki relevan dengan kebutuhan dan prioritas hidup yang Anda miliki.

Jangan membuat resolusi yang tidak Anda butuhkan atau tidak memberikan manfaat apapun kepada Anda.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Time-Related

Terakhir, tentukan batas waktu untuk mewujudkan resolusi Anda.

Jika Anda merasa resolusi Anda tidak bisa dicapai dalam waktu satu tahun saja, maka pecah target Anda menjadi beberapa tahun, dan tentukan berapa target yang harus Anda capai di tahun 2019 nanti.

Adanya batas waktu akan membuat Anda lebih bersemangat mengejar resolusi.

 

#3 Jangan Menunda

Musuh besar dari resolusi adalah menunda. Semakin Anda menunda memulai resolusi, maka semangat Anda akan semakin memudar dan bahkan akhirnya hilang.

Karena itu, jika Anda sudah menentukan rencana keuangan tahun 2019 nanti, maka Anda bisa memulainya dari saat ini, tanpa harus menunggu satu Januari.

Semakin cepat Anda memulai, maka semakin panjang waktu yang Anda miliki untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda di tahun 2019 nanti. 

Sekarang Saatnya Untuk Evaluasi Rencana Keuangan 2018 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata Begini Cara Menjadi Kaya dan Sukses Dalam Keuangan]

 

#4 Catat Aktivitas Keuangan

Banyak resolusi keuangan yang jadi sulit terpantau karena lupa mencatat aktivitas keuangan yang dilakukan.

Meskipun terkesan remeh, mencatat setiap aktivitas keuangan baik pendapatan maupun pengeluaran dapat membantu Anda memantau rencana keuangan tahun 2019 Anda nanti.

Jika sulit mencatat di sebuah buku atau lembaran kertas, Anda bisa memanfaatkan aplikasi memo di ponsel, atau mengunduh Aplikasi Finansialku di Google Play Store sebagai tempat Anda mencatat semua aktivitas keuangan Anda.

Melalui Aplikasi Finansialku, Anda juga bisa menentukan anggaran untuk berbagai kategori pengeluaran dan memantau apakah pengeluaran Anda sudah melewati batas anggaran atau belum.

Selain itu, beberapa fitur dalam Aplikasi Finansialku juga dapat membantu Anda memantau kemajuan rencana keuangan yang Anda buat.

 

#5 Evaluasi Perkembangan Secara Berkala

Terakhir, jangan lupa untuk mengevaluasi perkembangan rencana keuangan tahun 2019 Anda secara berkala. Hal ini akan membantu Anda mengetahui seberapa jauh pencapaian yang sudah berhasil Anda lakukan.

Anda dapat melakukan evaluasi keuangan secara berkala. Baik setiap bulan atau setiap enam bulan.

Setelah melakukan evaluasi, jangan lupa untuk melakukan pembaruan atau penyesuaian langkah dan tindakan sesuai dengan kondisi finansial Anda saat itu.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan melakukan evaluasi perkembangan secara berkala, Anda akan lebih mudah mendapat gambaran dari kemajuan resolusi Anda dari waktu ke waktu.

Hal ini akan membantu Anda melihat resolusi yang Anda buat dengan lebih jelas sehingga Anda menjadi lebih semangat dalam menjalankannya.

Dengan begitu, resolusi keuangan yang Anda rencanakan bisa lebih mungkin untuk Anda wujudkan.

 

Rencana Keuangan Tahun 2019

Itulah lima petunjuk menyusun rencana keuangan tahun 2019 bagi freelancer yang bisa Anda terapkan mulai saat ini.

Akan tetapi, membuat rencana dan resolusi saja tidak cukup jika Anda tidak memiliki keinginan yang kuat untuk menerapkan dan mewujudkan resolusi Anda.

 

Menurut Anda, apalagi yang harus dilakukan untuk mewujudkan rencana dan resolusi keuangan untuk freelance?

Anda bisa membagikan tips Anda kepada pembaca lainnya dengan menuliskannya di kolom komentar.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda lainnya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dimas. 5 Desember 2018. 5 Tips Menyusun Rencana Keuangan untuk Resolusi Tahun Baru. Blog.e-mas.com – https://goo.gl/8itm3r

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://goo.gl/6CqwJn
  • Keuangan 2 – https://goo.gl/kGp91o