Sekilas, kegiatan menulis terlihat seperti pekerjaan remeh temeh. Tapi, rasanya mindset kamu akan berubah setelah mengetahui penulis berpenghasilan tertinggi berikut.

Salah satunya bahkan mantan ibu negara, lho. Kira-kira siapa, ya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Tulisan adalah Salah Satu Cara Termudah untuk Brekspresi

Menulis adalah salah satu kegiatan yang disukai banyak orang. Tidak harus yang serius seperti membuat novel, tapi termasuk di dalamnya menulis buku harian, cerita mini, caption Instagram, blog, dan sebagainya.

5 Penulis Berpenghasilan Tertinggi Di Dunia 04

[Baca Juga: Mau Memulai Bisnis? Miliki 6 Hal Ini Agar Sukses Saat Berbisnis]

 

Di tangan yang tepat, kegiatan menulis bisa menjadi ladang bisnis. Dengan racikan cerita dan diksi yang mengena, beberapa penulis memiliki penghasilan yang melampaui gaji pesohor negeri.

 

Penulis Berpenghasilan Tertinggi

Di akhir tahun, majalah bisnis dunia kompak merilis segala macam recap dengan embel-embel most, mulai dari most regarded companies, most powerful man, hingga most highest-paid authors.

Recap most highest-paid authors 2019 diisi nama-nama besar yang telah menghasilkan masterpiece-nya masing-masing. Yuk, kita bahas satu per satu:

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 J.K. Rowling

Pada tahun 2019, Rowling mencatat pendapatan hingga US$92 atau setara dengan Rp1,3 triliun. Ini menjadikannya sebagai Penulis Berpenghasilan Tertinggi di Dunia. Kekayaan Rowling ditaksir mencapai ratusan triliun.

Mayoritas pendapatannya berasal dari penjualan buku yang meledak hampir di seluruh dunia.

Pundi-pundi uang Rowling yang lain adalah keberadaan taman hiburan serta film terbaru The Who Who Lived.

Rowling berperan dalam penulisan skenario untuk film ke sepuluh Wizarding World Movie, yakni Fantastic Beast: The Crimes of Grinderwald yang mencatat pendapatan US$650 juta. Seri selanjutnya akan tayang tahun depan.

 

#2 James Patterson

Di bawah J.K. Rowling, ada nama James Patterson dengan pendapatan US$70 juta atau Rp1 triliun. Pendapatan Patterson didapat dari keberhasilannya menjual 5,5 juta eksemplar buku dalam setahun terakhir.

5 Penulis Berpenghasilan Tertinggi Di Dunia 02

[Baca juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Salah satu proyek kolaborasi Patterson, President is Missing, ditulis bersama Bill Clinton, menyumbang sebagian pendapatan karena didapuk sebagai novel fiksi dewasa terlaris 2018. Dengan predikat penulis terkaya di Amerika, Patterson memiliki kekayaan lebih dari US$800 juta.

 

#3 Michelle Obama

Becoming, memoar yang ditulis Michelle Obama mengantarkan mantan ibu negara Amerika Serikat ini ke peringkat 3 penulis dengan pendapatan tertinggi 2019 dengan perolehan US$36 juta atau Rp565,6 miliar dalam kurs rupiah.

 Buku tersebut terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia dalam berbagai format.

Dua tahun sebelumnya, bahkan Michelle dan Barrack Obama menerima uang muka gabungan US$65 juta untuk dua buku mereka. Hal ini adalah pencapaian yang prestisius untuk memoar presiden.

 

#4 Jeff Kinney

Penulis dan kartunis asal Amerika, Jeff Kinney, berdiri di peringkat 4 dengan perolehan US$20 juta atau Rp292 miliar. Seri buku anak berjudul The Wimpy Kid yang ditulisnya berhasil terjual sebanyak 3,6 juta kopi dalam setahun terakhir.

Di samping menulis buku, Kinney juga memiliki situs Poptropika yang memiliki segmentasi anak-anak.

 

#5 Stephen King

Posisi juru kunci ditempati oleh Stephen King yang mencatat pendapatan hingga US$17 juta atau setara dengan Rp248,2 miliar. Penulis berjuluk King of Horror ini turun dari peringkat tiga. Hal ini karena pendapatannya menurun sebanyak US$10 juta dari tahun lalu.

5 Penulis Berpenghasilan Tertinggi Di Dunia 03

[Baca Juga: Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya]

 

Pendapatan King mayoritas berasal dari IT, film bergenre supranatural horror yang diadaptasi dari bukunya—dan menjadi blockbuster. Sementara film terbarunya, Doctor Sleep, meraup US$71 juta dari pemutaran di seluruh dunia dan dianggap mengecewakan.

 

Tips Membangun Karier dari Menulis

Beruntung, kita hidup di zaman yang mudah mendapatkan publikasi. Dengan sekali ketuk, karya kita bisa dilihat  oleh seluruh dunia.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu tempuh jika ingin mulai menulis:

  1. Membaca karya penulis ternama berulang-ulang, kemudian menelaah ciri khasnya.
  2. Melatih kemampuan secara teratur.
  3. Mencatat setiap ide cerita ke dalam buku catatan atau notes di gawai.
  4. Sisihkan waktu khusus untuk kegiatan menulis agar terbiasa dengan ritmenya.

  1. Tulis setiap potongan yang muncul di kepala, kata per kata, kalimat per kalimat, dan sebagainya.
  2. Memilih tempat dan waktu menulis yang paling efisien.
  3. Gunakan kalimat yang mengena.
  4. Berusaha komunikatif dengan pembaca.
  5. Memberi kesan yang kuat di awal dan akhir tulisan.

 

Belajar dari Penulis Sukses

Jika kamu merasa punya passion di dunia kepenulisan, jangan ragu untuk mengembangkannya. Siapa tahu langkahmu ke depan adalah pilihan yang tepat.

Salah satu kunci menjadi penulis sukses adalah membaca dan mencoba. Luangkan beberapa menit dalam sehari untuk membuat langkah pertama.

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan

 

Sumber Referensi:

  • Ariel Saphiro, Hayley C. Cuccinello. World’s Highest-Paid Authors 2019: J.K. Rowling Back On Top With $92 Million. Forbes.com – https://bit.ly/35IEt4D
  • Indah Handayani. 27 Desember 2019. JK Rowling Pimpin Daftar Penulis Bayaran Tertinggi Dunia 2019. Investor.id – https://bit.ly/2tRAYM6
  • Lucky Amalia. 26 Desember 2019. 5 Penulis Dunia Ini Berpenghasilan Tertinggi Tahun 2019, Fantastis! Idntimes.com – https://bit.ly/30bb1mU
  • Pulus Risang. 23 Juli 2014. Pengen Jadi Penulis? Ini Dia Tips Simpel untuk Jadi Penulis yang Baik! Hipwee.com – https://bit.ly/2FNS3sV

 

Sumber Gambar:

  • Penulis 01 – https://bit.ly/2NxWIDM
  • Penulis 02 – https://bit.ly/366wQWc
  • Penulis 03 – https://bit.ly/30rA6Ko
  • Penulis 04 – https://bit.ly/30qMwCa