Apakah karyawan bisa mewujudkan worklife balance dengan cara merencanakan keuangan? Pengaruh apa saja yang bisa didapatkan?

Artikel berikut akan membahasnya untuk Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perencanaan Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik

Membahas mengenai keuangan memang topik yang menarik. Hal tersebut karena setiap butuh dan sangat lekat dengan kebutuhan harian. Ketika berbicara mengenai topik tersebut, salah satu aspek yang tak boleh dilewatkan adalah perencanaan keuangan.

Bagi Anda yang berlatar belakang pendidikan ekonomi, poin ini mungkin sangat akrab di telinga. Tapi masih cukup tabu bagi mereka yang tidak mendapat ilmu tersebut di pendidikan formal.

Bisa dibilang, perencanaan keuangan adalah semacam seni sekaligus prinsip yang dipegang seseorang dalam mengelola keuangan demi tujuan tertentu dan mencapai hidup yang bahagia dan sejahtera di masa mendatang.

Peran Perencanaan Keuangan terhadap Terwujudnya Worklife Balance 01 - Finansialku

[Baca Juga: Naila Farhana, Bicara Finansial & Rencana Keuangan Hidup di Luar Negri]

 

Dalam hal ini, perencanaan keuangan memegang peran penting dalam menentukan kebiasaan seseorang, atau bahkan mengubahnya.

Sebab, ada semacam portal yang sebelumnya bebas dimasuki, namun setelah perencanaan keuangan diterapkan harus dilakukan pembatasan atau pemblokiran.

Perencanaan keuangan penting dilakukan agar tujuan finansial bisa terpenuhi. Jika semua uang dari kerja keras Anda dipakai dalam satu waktu, ada kemungkinan kondisi keuangan akan memburuk.

Maka, dari sini terlihat bahwa perencanaan keuangan bertugas sebagai protektor untuk mengantisipasi segala hal yang terjadi di masa depan.

 

Alasan Logis Mengapa Karyawan Perlu Merencanakan Keuangan

Perencanaan keuangan merupakan aspek penting yang sebaiknya dimiliki setiap orang. Berbanding lurus dengan berkembangnya gaya hidup, urgensi “mengikat finansial” menjadi sangat penting agar tujuan keuangan bisa tercapai.

Berikut beberapa alasan logis mengapa Anda harus merencanakan keuangan:

 

#1 Sebagai Proteksi Terhadap Risiko Finansial

Hidup selalu mengalami fluktuasi. Hal ini juga bisa jadi berlaku kepada Anda kendati karyawan senior. Bayang-bayang pensiun, pemutusan hubungan kerja, dan kebangkrutan perusahaan pasti terlintas sesekali.

Dari sana, Anda perlu mengamankan finansial dengan merencanakan keuangan untuk mewujudkan worklife balance. Dibanding belajar dari awal, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada CFP profesional.

Anda bisa berkonsultasi di konsultasi.finansialku.com atau mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play atau App Store. Setelah login, pilih upgrade ke akun premium untuk mulai berkonsultasi.

 

#2 Membantu Melunasi Utang

Beberapa orang memiliki rasio utang yang cukup besar. perencanaan keuangan juga bisa membantu mengalokasikan dana bayar utang agar cepat lunas. Dengan begitu Anda tidak lagi dibebani.

Peran Perencanaan Keuangan terhadap Terwujudnya Worklife Balance 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Mudah Rencanakan Keuangan !!! (Book Plan, Report Rencana Keuangan Finansialku)]

 

#3 Meningkatkan Cashflow

Dengan merencanakan keuangan dengan bijak, Anda bisa memantau pola dan sifat pengeluaran. Caranya, Anda bisa memonitor setiap pengeluaran dengan cermat dan bijaksana. Dengan begitu, Anda bisa menyelamatkan dana yang Anda punya.

 

#4 Membantu Mengidentifikasi Kesalahan

Perencanaan keuangan mengharuskan Anda mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Dari sini Anda bisa melihat pos mana yang merusak kondisi finansial secara keseluruhan. Maka, jika ada kesalahan dapat segera diperbaiki.

 

#5 Anda Memiliki Kemampuan Membeli Aset

Aset penting seperti rumah adalah benda yang harus dimiliki seseorang. Setelah memiliki hunian, selanjutnya Anda harus mempertimbangkan memiliki kendaraan.

Namun, tidak semua orang bisa membeli rumah karena gaji yang tidak terlalu besar. maka perencanaan keuangan adalah jalan keluarnya. Meski butuh waktu, tapi pelan tapi pasti keinginan itu akan terwujud.

 

#6 Proteksi Dana Pendidikan Anak

Anak memiliki kebutuhan yang banyak sejak lahir hingga dewasa, salah satunya pendidikan. Kenaikan biaya pendidikan yang tinggi, yakni sekitar 10% per tahun, akan terbantu jika Anda mengalokasikan dana pendidikan anak dalam perencanaan keuangan yang dibuat.

Dengan pencatatan yang rinci tentu Anda bisa memantau setiap pos yang Anda punya dan menggunakannya sesuai tujuannya kelak.

 

#7 Proteksi Dana Jaminan Hari Tua

Anda pasti pernah mendengar frasa generasi sandwich, bukan? Generasi sandwich merupakan seseorang yang menanggung keperluan dua generasi, yakni orang tua yang telah pensiun dan anaknya yang sedang dalam tahap sekolah.

Kondisi ini berat bagi mereka yang mengalaminya. Sebab, dengan banyaknya kebutuhan, biaya pribadi mereka tidak terpenuhi dengan baik.

Perencana keuangan bisa mengurangi potensi kondisi tersebut dengan dana hari tua. Diharapkan, Anda tidak membebani generasi berikutnya karena masih memiliki uang sendiri.

 

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

Pengaruh Perencanaan Keuangan Terhadap Worklife balance

Hal paling mendasar mengenai manfaat perencanaan keuangan adalah Anda bisa mengetahui kondisi finansial dalam kurun waktu tertentu. Dengan begitu Anda lebih mudah melihat ke mana uang Anda dibelanjakan.

Tapi, bagaimana pengaruh perencanaan keuangan terhadap terwujudnya worklife balance? Simak penjelasan berikut:

 

#1 Membuat Anda hidup Lebih Tenang Karena Mengetahui Tujuan Keuangan

Mengenal tujuan keuangan memang harus Anda lakukan. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan porsi dana yang harus ditabung, diinvestasikan, dan dibelanjakan.

Gambaran mengenai kondisi Anda di masa depan juga bisa terlihat dari cara Anda memperlakukan uang.

 

#2 Mengontrol Ego dan Keinginan

Perencanaan keuangan erat kaitannya dengan pengendalian keinginan membeli barang yang kurang diperlukan. Hal ini penting Anda pahami jika kondisi keuangan masih belum mapan.

Dengan mengontrol ego dan keinginan, Anda terlepas dari beban harus mengikuti zaman dan tren.

 

#3 Anda Tidak Mengkhawatirkan Masa Depan

Perencanaan keuangan memungkinkan Anda menyusun banyak rencana, termasuk rencana jangka panjang. Di luar dana darurat, Anda bisa mempertimbangkan memiliki dana hari tua, pendirian tempat usaha, atau mulai memperluas investasi.

Dalam hal ini manfaat rencana keuangan bisa dirasakan langsung dan tidak langsung. Yang harus Anda catat, tak hanya worklife balance, masa depan keluarga Anda juga terbantu.

Peran Perencanaan Keuangan terhadap Terwujudnya Worklife Balance 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Memilih Penasihat Keuangan Untuk Bantu Rencana Keuanganmu]

 

#4 Anda Telah Mengantisipasi Banyak Keperluan

Salah satu dampak positif perencanaan keuangan dalam mewujudkan worklife balance adalah menghindarkan Anda dari kekhawatiran berlebih ketika ada kebutuhan mendadak.

Dana yang telah Anda alokasikan bisa membantu menutup kebutuhan tersebut tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Jadi, Anda tidak mengalami penurunan kualitas hidup.

 

#5 Tidak Terbebani Angsuran Karena Potensi Utang Makin Kecil atau Hilang Sama Sekali

Dengan memiliki keuangan yang terencana Anda akan terbebas dari kepanikan berlebih dan utang. Hal ini karena semua kebutuhan sudah tercantum dalam perencanaan keuangan.

Tentu saja, jika tidak memiliki utang, keuangan makin tertata sehingga Anda tidak dibebani dengan angsuran. Benefit lainnya, Anda juga sangat mungkin mempersiapkan dana untuk hal lain—jika tak memiliki utang.

 

Coba Rencanakan Keuangan Anda dari Sekarang

Merencanakan keuangan merupakan hal yang wajib dilakukan setiap orang. Tapi sayangnya tidak semua orang paham bagaimana cara mengatur finansial mereka. Alih-alih menghabiskan waktu untuk belajar dari nol, Anda bisa menghubungi CFP

Anda bisa berkonsultasi melalui website Finansialku di konsultasi.finansialku.com atau mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play dan App Store.

Setelah login Anda bisa langsung upgrade ke akun premium untuk mulai berkonsultasi. Tak hanya konsultasi, Anda juga bisa membuat rencana beli barang, beli kendaraan, sampai menyiapkan dan naik haji.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Itulah penjelasan bagaimana peran perencanaan keuangan dalam mewujudkan worklife balance bagi karyawan. Apakah Anda sudah memulai merencanakan keuangan Anda? Jika belum, mulailah dari sekarang agar worklife balance bisa terwujud dengan baik.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan worklife balance bagi karyawan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan karyawan Anda yang lain. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Benedicta Prima. 11 Mare 2020. Simak Lima Alasan Kenapa Penting Mengatur Keuangan Anda. personalfinance.kontan.co.id – https://bit.ly/2Z4ZO7D
  • Safira Fitri. Agustus 2020. 7 Alasan Pentingnya Membuat Perencanaan Keuangan. Economy.okezone.com – https://bit.ly/3qbeqhM

 

Sumber Gambar:

  • Rencana Keuangan 1 – http://bit.ly/3sl1zKB
  • Rencana Keuangan 2 – http://bit.ly/2ZCBme1
  • Rencana Keuangan 3 – http://bit.ly/2ZCIG9A