Duh, hari Valentine sudah dekat nih. Apa rencana yang sudah kamu persiapkan bersama pasanganmu? Apakah kamu tertarik mencoba perayaan valentine unik dari berbagai negara?

Mari bahas sejumlah perayaan Valentine unik di sejumlah negara melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Asal Usul Hari Valentine yang Memiliki Banyak Versi

14 Februari identik dengan hari perayaan kasih sayang di seluruh dunia. Namun, di hari yang dipenuhi dengan coklat dan bunga ini, kabarnya menyimpan kisah yang cukup menyeramkan mengenai asal usul hari tersebut.

Masih belum tahu mana cerita asli dari hari Valentine. Namun dilansir dari CNNIndonesia.com, terdapat 3 versi cerita asal usul hari Valentine yang lahir di beberapa tempat dengan era yang berbeda, yaitu:

 

#1 Romawi Kuno

Salah satu versi paling populer mengenai asal usul hari Valentine adalah bermula dari pesta pora meminum anggur di zaman Romawi Kuno.

Terdapat tradisi yang cukup menyeramkan dibaliknya. Namun perayaan tersebut dilakukan dengan harapan bisa meningkatkan kesuburan para perempuan dan masyarakat terlindung dari serangan.

Perayaan yang dinamai Lupercalia dan biasa diadakan setiap 15 Februari dan berlangsung selama 150 tahun.

Sejarawan dari Yale, Noel Lenski, pada 2011 pernah mengatakan kepada National Public Radio, bahwa tradisi menyeramkan pada Lupercalia berhenti di abad kelima

Melihat uniknya perayaan tersebut, versi cerita ini sering kali direproduksi di media massa selama beberapa dekade terakhir.

Dikutip dari Business Insider, saat itu Paus Gelaius menyatakan tanggal 14 Februari sebagai hari libur umat untuk menghilangkan tradisi pagan itu.

Perayaan Valentine Unik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Faktur Pajak: Pengertian, Jenis dan Fungsinya]

 

#2 Masa Kaisar Romawi Claudius II

Cerita berbeda dari masa pemerintahan Romawi Claudius II yang mengeluarkan perintah para pemuda untuk menikah.

Pasalnya, ketika menikah, prajurit dianggap tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik. Santo Valentine dari Terni kala itu melanggar peraturan Claudius II dan diam-diam menikahkan beberapa pasangan muda.

Ia kemudian ditangkap dan dipenjarakan oleh Claudius II dan dihukum penggal pada tanggal 14 Februari.

Legenda lain mengatakan bahwa ketika Valentine dipenjarakan oleh Claudius II, ia jatuh cinta dengan putri sipir penjara itu. Sebelum dieksekusi, ia diduga mengirimkan surat yang bertuliskan “from your Valentine”

 

#3 Perayaan Musim Semi

Dari kedua versi yang cukup menyeramkan, seorang profesor di University of Kansas, Jack B. Oruch, memiliki teori yang berbeda dan tertarik untuk menelitinya.

Jack meyakini sumber gagasan modern mengenai St. Valentine berasal dari seorang penyair Geoffery Chaucer. Chaucher adalah orang pertama yang menghubungkan kisah St. Valentine dengan romantisme.

Menurut Oruch, Chaucher mendapatkan ide tersebut karena Februari di Inggris adalah awal musim semi ketika burung-burung mulai mencari pasangan. 

Dikutip dari New York Times, Oruch juga berargumen bahwa Chaucher menilai nama Valentine terdengar lebih bagus ketimbang orang kudus lainnya yang dirayakan pada Februari di telinga orang Eropa. 

Syair dan puisi-puisi Chaucher lah yang kemudian melahirkan tradisi modern Valentine sebagai hari kasih sayang.

Perayaan Valentine Unik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pertama Kali Ajukan Kartu Kredit? Cek Dulu Daftar Kartu Kredit Terbaik 2019]

 

Nah, kira-kira versi cerita mana yang kamu yakini? Namun di luar hal tersebut, sampai saat ini hari Valentine masih dianggap hari mengungkapkan kasih sayang kepada orang yang dikasihi.

 

Merencanakan Hari Valentine Bersama Finansialku

Untuk menyambut hari kasih sayang, biasanya banyak yang berencana untuk makan malam bersama, memberikan hadiah berupa coklat dan bunga, pergi menonton bersama, pergi berlibur bersama, atau hal lainnya yang dilakukan bersama di hari Valentine.

Namun untuk merayakannya, tentunya membutuhkan budget khusus agar tidak mengganggu budget kebutuhan lainnya.

Merencanakan anggaran atau budgeting untuk merayakan hari Valentine itu sangatlah mudah lho. Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku agar lebih praktis.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Misalnya saja, kamu ingin pergi liburan singkat ke Malaysia bersama pasanganmu untuk melepas penat dari pekerjaanmu sebelumnya.

Kamu berencana untuk semakin dekat dengan pasangan karena kamu dan pasangan sama-sama sibuk dengan pekerjaanmu.

Eits tapi ingat ya, rencana ini hanya untuk pasangan yang sudah menikah saja, hehe.

Nah, kamu bisa mulai merencanakannya untuk mengetahui berapa besar biaya yang kamu butuhkan tiap bulannya agar budget yang kamu rencanakan tersebut dapat terkumpul.

Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi Finansialku dan pilih menu “Rencanakan Keuangan”.
  2. Tekan simbol “+” untuk menambahkan rencana keuangan.
  3. Pilih opsi “Dana Liburan”.
  4. Isi semua data yang diperlukan, seperti:
  • Dana perjalanan ke: Malaysia.
  • Biaya tur atau paket perjalanan: Rp15.000.000 (Biasanya untuk 5 hari 4 malam bersama pasangan).
  • Anggaran konsumsi: Rp2.500.000 (Makanan berat sudah dipersiapkan oleh tour).
  • Anggaran oleh-oleh: Rp2.500.000.
  • Berapa lama lagi Anda akan pergi: 12 bulan.
  • Dana yang telah tersedia: Rp2.000.000.
  • Kenaikan dana: 10% per tahun.
  • Estimasi hasil investasi: 12% per tahun.

Catatan: Kamu bisa menambahkan rincian biaya dengan meng-klik simbol “+” di bagian kanan. Selain itu, perencanaan ini ada baiknya sudah dilakukan sebelum hari H.

  1. Setelah semua data terisi, klik “Hitung”. Kesimpulan berupa hasil perhitungan serta estimasi biaya yang harus dikumpulkan tiap bulannya pun akan muncul.

 

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Jika kamu tidak ingin menggunakan tour, kamu bisa memasukkan semua rincian biaya yang dibutuhkan.

Segera miliki aplikasinya dengan men-download melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Selain itu, Jika kamu ingin lebih memahami mengenai perencanaan keuangan, gunakan juga ebook Finansialku sebagai panduanmu:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Di dalamnya terdapat sejumlah penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga kamu bisa langsung mempraktikkan saat ini juga.

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki dan rasakan manfaatnya!

 

Perayaan Unik Valentine Di Negara Lain

Ingat ya, perencanaan keuangan untuk merayakan hari Valentine itu sangatlah penting. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan biaya yang terlalu besar, kamu bisa mengintip beberapa tradisi perayaan unik yang sering dilakukan oleh penduduk di negara lain.

Berikut ini akan dibahas beberapa tradisi perayaan unik Valentine dari sejumlah negara, yaitu: 

 

#1 Filipina

Dimulai dari salah satu negara bagian Asia Tenggara yang penduduknya memiliki paras yang mirip dengan warga negara Indonesia, yaitu Filipina.

Negara ini memiliki tradisi yang unik dalam merayakan Valentine.

Pasangan-pasangan di Filipina akan berkumpul di sebuah tempat pada tanggal 14 Februari. Lalu, seorang pendeta akan memimpin upacara pernikahan untuk mereka. Benar sekali! Nikah massal nih, lho!

Cukup banyak pasangan yang akan mengikuti misa pernikahan massal. Di tahun 2012, jumlah pasangan yang mengikuti acara tersebut hampir sekitar 2.000 pasangan.

Di samping pernikahan massal, beberapa pasangan yang sudah menikah juga bisa mengikuti acara tersebut untuk memperbarui sumpah pernikahan.

Sehingga mereka merasa kembali lagi ke hari pertama mereka mengucapkan janji suci bersama.

Perayaan Valentine Unik 04 - Finansialku

[Baca Juga: Produksi Kopi dan Prospeknya di Tahun 2019]

 

#2 Cina

Masih dari benua Asia, kini kita berpindah ke negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, yaitu Cina.

Hari Valentine di Cina biasa disebut dengan Festival Qizi. Festival ini biasanya dirayakan pada hari ketujuh, bulan ketujuh setiap tahunnya.

Pada perayaan ini, para perempuan yang belum menikah biasanya berdoa agar mendapatkan suami yang baik atau mendapatkan keterampilan menjahit yang hebat.

Sayangnya, sekarang ini tradisi tradisional unik tersebut sudah mulai ditinggalkan dan perayaan yang dilakukan mulai bergeser mengikuti tradisi Barat.

Namun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa penduduk yang merayakan tradisi tradisional yang unik untuk merayakan hari Valentine.

 

#3 Korea Selatan

Sekarang mari pindah ke salah satu negara yang terletak di benua Asia bagian Timur, yaitu Korea Selatan.

Bagi para pecinta budaya popular Korea Selatan atau K-Pop, mungkin sudah tidak asing lagi dengan budaya “cinta” yang diterapkan oleh negara ini.

Begitu ngetren-nya Valentine di negara ini, karena perayaannya sampai berlangsung selama tiga bulan lho!

Tepat pada 14 Februari, mereka akan merayakan hari Valentine. Biasanya sang perempuan akan memberikan hadiah, baik coklat, bunga, atau karya hasil tangannya sendiri untuk pasangannya.

Sebulan kemudian, pada 14 Maret, mereka merayakan hari putih (White Day), di mana sang laki-laki membalas apa yang telah diberikan sang perempuan pada hari Valentine.

Tidak berhenti sampai itu. Perayaan Valentine nyatanya terus berlanjut sampai 14 April. Ini adalah saatnya para jomblo yang ingin merayakan hari Valentine.

Hari itu disebut juga dengan ‘hari hitam’ atau “Black Day”, di mana mereka akan merayakannya dengan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas, yaitu mie bersaus kental warna hitam yang bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam.

Uh adil ya untuk semuanya, hehe.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Inggris

Nah, kini mari kita berpindah ke benua Eropa yang memiliki ibu kota London, siapa lagi kalau bukan Inggris.

Ada yang berbeda dari negara ini, di mana Hari Valentine di Inggris lebih banyak dirayakan oleh para perempuan jomblo dan anak-anak, lho.

Terdapat beberapa kegiatan unik yang dilakukannya, seperti para perempuan jomblo yang akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal pada malam sebelum Valentine, bahkan Ada juga yang menyelupkan daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan.

Dari kegiatan tersebut, mereka berharap agar pria yang akan menjadi suaminya kelak bisa datang melalui mimpi

Nah, di samping itu, anak-anak di Inggris menganggap Valentine sebagai momen pesta permen. Mereka akan menunggu Jack Valentine, Santa Klaus-nya hari Valentine, yang mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan permen dan hadiah.

Bagaimana dengan para laki-laki? Biasanya laki-laki akan memberikan sebuah sendok cantik yang terbuat dari kayu dan diukir dengan simbol-simbol tertentu.

Setiap ukiran pada sendok kayu punya arti beda-beda. Contohnya, pola sepatu kuda memiliki arti roda keberuntungan dan dukungan.

Sedangkan ukiran sendok yang berbentuk kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih. Romantis bukan?

Katanya sih, ini adalah salah satu hadiah tradisional paling romantis di dunia lho.

 

#5 Italia

Masih dari benua Eropa, negara yang kaya akan pastanya, Italia, memiliki tradisi perayaan Valentine yang tidak kalah uniknya dengan negara lain.

Hari Valentine justru identik dengan para perempuan jomblo yang akan bangun sebelum matahari terbit. Mereka percaya bahwa semakin cepat mereka bangun di hari Valentine, maka mereka akan semakin cepat menemukan jodoh dan menikah.

Bagi pasangan di sana, hari Valentine juga dirayakan dengan pertukaran hadiah dan makan malam romantis antara laki-laki dan perempuan yang saling menyayangi.

Salah satu hadiah Valentine yang popular adalah Baci Perugina, makanan manis terbuat dari hazelnut berlapis coklat, dibungkus kertas perak, dan ditulisi berbagai kutipan romantis dalam empat bahasa.

Perayaan Valentine Unik 05 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Apakah Anda Seorang Bos Atau Pemimpin? Ketahui Perbedaan Bos dan Pemimpin]

 

#6 Perancis

Sekarang kita beralih ke salah satu negara yang dijuluki sebagai negara romantis di benua Eropa, Perancis.

Hal yang unik terjadi di negara ini, di mana laki-laki dan perempuan biasanya berkumpul dalam sebuah rumah di hari Valentine. Para laki-laki akan mencari perempuan yang cocok menurutnya.

Kalau mereka tidak menemukan kecocokan pada seorang perempuan, laki-laki itu bisa beralih pada perempuan lain.

Di akhir acara, para perempuan yang merasa kecewa akan berkumpul di sekitar api unggun. Mereka akan membakar foto laki-laki tersebut.

Sayangnya, tradisi ini sudah dilarang oleh pemerintah Perancis karena acara ini sering semakin tidak terkendali.

Setelah itu, tradisi mulai bergeser ke gembok di Pont des ArtsLove Lock Bridge”. Para pasangan akan menggantungkan gembok dengan menuliskan nama keduanya dan melempar kuncinya ke Sungai Seine berharap cinta mereka abadi. 

Namun, pada 2015 pagar jembatan diganti dengan sesuatu yang sulit untuk digantungkan gembok. Tapi masih banyak pasangan yang melakukannya di jembatan yang berbeda di Paris. 

Kini, tradisi perayaannya mulai bergeser ke arah yang lebih positif. Seperti di Desa St. Veint yang merayakan hari Valentine dengan bunga–bunga setiap tahunnya untuk kegiatan pernikahan dan menanam pohon untuk memperingati cinta.

Pasangan Perancis juga bertukar catatan kasih sayang yang indah, disebut cartes d’amities.

 

#7 Denmark

Masih dari benua Eropa, Perayaan Valentine di Denmark diwarnai dengan tradisi unik berupa tukar kartu yang dilakukan oleh laki-laki pada perempuan yang dia suka. Pertukaran kartu ini disebut dengan pertukaran kartu terkasih.

Tepat pada tanggal 14 Februari, seorang laki-laki akan memberikan sebuah surat pada perempuan. Surat itu berisi puisi-puisi cinta atau gombalan yang terbuat dari potongan kertas.

Potongan-potongan kertas itu disusun sekreatif mungkin.

Di akhir surat tersebut akan tertulis anonim agar memberikan kesan misterius dan memberikan tugas kepada perempuan untuk menebak pengirim surat tersebut. Apabila tebakannya benar, mereka akan pergi nge-date. Apakah kamu ingin mencobanya?

 

#8 Jerman

Satu lagi nih dari benua Eropa yang khas dengan negara pendidikannya, yaitu Jerman.

Perayaan Valentine hanya dirayakan oleh orang dewasa. Banyak babi yang akan ditemukan di Jerman sebagai simbol keberuntungan dan nafsu. 

Pasangan akan saling bertukar patung, gambar, bahkan coklat berbentuk babi.

Nah, untuk menutup hari Valentine, biasanya orang–orang akan mengunyah kue jahe berbentuk hati dengan pesan romantis yang ditulis dalam lapisan gula.

 

Hari Kasih Sayang Bisa Dirayakan Kapanpun

Nah, bagaimana? Menarik bukan tradisi perayaan unik Valentine di berbagai negara?

Sebenarnya hari kasih sayang itu bisa dirayakan kapanpun kok, tidak terpatok hanya di tanggal 14 Februari.

Tanggal 14 Februari memang sudah sangat identik dengan hari kasih sayang dengan cerita masa lalunya yang menyebabkan hari tersebut muncul. Jadi wajar saja bila kini banyak yang merayakannya.

Kamu bisa memilih berbagai cara untuk merayakannya. Bahkan, budget yang dikeluarkan pun tidak perlu besar kok.

Hal yang penting adalah orang yang kita sayangi mengetahui bahwa perasaan sayang yang kita berikan tulus dari hati.

 

Apa pendapatmu mengenai perayaan unik valentine di negara lain? Sila tinggalkan pendapat dan komentarmu di kolom yang sudah tersedia. Bagikan pula artikel ini kepada teman atau saudara yang ingin mengetahui fakta unik tersebut. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 14 Februari 2018. Tiga Cerita Asal Usul Hari Valentine. CNNIndonesia.com – https://goo.gl/odcDqG
  • Dipna Videlia Putsanra. 12 Februari 2019. Tradisi Valentine di Berbagai Negara, Tak Hanya Bunga dan Coklat. Tirto.id – https://goo.gl/fC1Pg6

 

Sumber Gambar:

  • Perayaan Valentine Unik 1 – https://goo.gl/BXoVKA
  • Perayaan Valentine Unik 2 – https://goo.gl/hL8wtZ
  • Perayaan Valentine Unik 3 – https://goo.gl/xZRNgq
  • Perayaan Valentine Unik 4 – https://goo.gl/Smjum5
  • Perayaan Valentine Unik 5 – https://goo.gl/MfKrri