Pas lagi traveling, kadang kita suka bingung kan dengan perbedaan hotel dan hostel? Memangnya, apa sih perbedaan mendasar dari kedua penginapan tersebut?

Agar tidak salah membedakannya, yuk simak artikel Finansialku yang ringan dibaca ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Hotel dan Hostel: 2 Penginapan yang Berbeda Konsep

Tempat penginapan merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika sedang travelling.

Pasalnya penginapan memang jadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum kita melakukan travelling atau menjelajahi tempat-tempat wisata.

Nah, yang harus ditentukan saat akan melakukan travelling adalah jenis tempat penginapan yang bagaimana. Oleh karena itu, kita benar-benar harus memperhatikan dengan selektif dalam memilih penginapan.

 

Perhatikan Perbedaan Hotel dan Hostel Berikut Sebelum Booking

Di bawah ini kita akan membahas secara umum mengenai Perbedaan Hotel dan Hostel sebelum kamu mem-booking-nya.

 

#1 Dilihat dari Lokasinya

Biasanya hotel berada di pedalaman dan sedikit susah jika kita tidak membawa kendaraan pribadi. Namun sebagai gantinya kamu akan disuguhi pemandangan yang cukup luar biasa indah saat bangun tidur.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 02 Hotel Vs Hostel 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Berbeda dengan Hostel, Lokasinya biasanya terletak pada jantung kota dan sangat strategis. Hal ini akan memudahkan kamu jika liburan dengan menggunakan pesawat atau kereta.

Sederet Hostel biasanya berada di dekat bandara dan stasiun bahkan ada juga yang dekat dengan tempat wisata yang kamu kunjungi. Perbedaan keduanya memang memiliki keuntungan masing-masing.

 

#2 Masalah Privasi

Hotel selalu menyediakan kamar pribadi. Tidak perlu ditanya lagi, kamu akan beristirahat dengan super nyaman karena tidak ada suara dengkuran atau candaan tamu lain yang akan mengganggu istirahatmu.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 03 Hotel Vs Hostel 3 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip 10 Hotel di Bali yang Dipakai Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Pasangan Artis Indonesia]

 

Berbeda dengan Hostel yang selalu memiliki tipe kamar seperti Asrama, biasanya satu kamar Hostel terdiri dari 3 hingga 5 kasur. Itu artinya kamu harus siap bila berbagi ruangan dengan orang lain.

Bisa jadi kamu akan mendapat teman sekamar super berisik yang tentunya nanti akan mengganggu tidurmu.

Nah, jika kamu tipikal orang yang Introvert atau tidak suka keramaian, saya menyarankan untuk mencari Hostel yang berisi 2 Bed saja.

Karena selain untuk meminimalisasi gangguan ketika tidur, juga akan membuat kamu lebih enjoy dan tidak terlalu ramai.

 

#3 Fasilitas Penunjang

Hotel merupakan jenis penginapan yang sangat familiar dengan berbagai fasilitas yang cukup bervariasi dan mewah, Namun tergantung dengan pilihan “Bintang” yang kamu pilih.

Biasanya Hotel dilengkapi dengan Fasilitas penunjang seperti Restoran, kolam renang, ruang pertemuan, pusat bisnis dan biasanya juga ada pusat permainan anak.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 04 Hotel Vs Hostel 4 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Keliling Dunia atau Kerja Di Luar Negeri? Buat Paspor Dulu Dong!]

 

Tak jarang Hotel selalu menyajikan kamar yang sangat banyak dengan dilengkapi kamar mandi di masing-masing kamarnya dan tentu kamu bisa menggunakan nya secara pribadi.

Untuk Hostel sendiri, mereka juga ada yang menyediakan fasilitas seperti lounge untuk bersantai, free refill water, kantin dan coffee-maker meskipun tak selengkap Hotel.

Berbeda dengan Hotel, Untuk kamar mandi Hostel memang disediakan untuk masing-masing kamar, Namun kamar mandi Hostel digunakan bersama-sama dengan penginap sekamar lainnya.

 

 

#4 Dilihat Dari Segi Keamanannya

Hotel selalu memberikan jaminan keamanan yang sangat bagus ketika kita sedang meninggalkan beberapa barang seperti Tas maupun Koper di dalam kamar.

Berbeda dengan Hostel yang memiliki tingkat keamanan yang lebih rendah dibandingkan Hotel, Karena kita tentu akan berbagi ruangan dengan orang lain yang belum tentu kita kenal.

Kita jadi serba parno dengan barang-barang kita ketika kita ingin pergi sebentar ke kamar mandi misalnya. Karena berisi banyak orang di di dalam satu kamar, rasa aman tersebut akan berkurang.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 05 Hotel Vs Hostel 5 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp5 Juta Sebulan, Mau Liburan Keliling Eropa? Ini Caranya]

 

Memang, Sebagian Hostel mungkin menyediakan tempat penyimpanan atau Loker. Namun, apa kamu yakin jika tidur tak bersanding Handphone untuk menyapa kesayangan?

Nah, Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat jika keamanan adalah prioritasmu. Kamu pun akan menjadi raja di kamarmu. Ketiduran dan lupa merapikan tas juga akan aman-aman saja.

 

#5 Perbedaan Harga

Biasanya Harga yang ditawarkan Hotel memang bermacam-macam tergantung jenis dan kualitas Hotel tersebut. Ada yang harganya ratusan ribu hingga bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Tapi, kamu jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya.

Karena jangan sampai kita ingin menginap di Hotel yang mewah, tapi sewaktu Travelling jatah makan hanya sehari sekali saja. Tidak lucu bukan?

Nah, agar hal itu tidak terjadi kamu bisa merencanakan dana liburanmu menggunakan Aplikasi Finansialku, kamu bisa membuat rencana pengeluaran seperti biaya hotel, makan, transportasi, oleh-oleh dan lain-lain dengan mudah.

Aplikasi Finansialku bisa kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tapi saat ini banyak cara agar travelling bisa menjadi lebih mudah, murah dan Ramah Kantong. Hostel menjadi solusi terbaik untuk kamu jika ingin liburan hemat tanpa takut kehabisan uang.

Bahkan kamu juga bisa mendapatkan tempat penginapan Hostel dengan Harga dibawah Rp50 ribu hingga Rp100 ribuan saja per malam.

Kamu sudah bisa tidur enak di Kasur yang empuk dengan pendingin ruangan. Ada juga yang sudah sekalian menyediakan sarapan gratis.

Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking! 06 Hotel Vs Hostel 6 - Finansialku

[Baca Juga: Perhitungan Dana Liburan ke Jogja Budget Minim (Bonus: Daftar 100+ Tempat Wisata Jogja)]

 

Dengan memilih Hostel, Budget kamu pun bisa disisihkan untuk keperluan lain seperti mencoba makanan khas daerah setempat atau bisa juga untuk beli lebih banyak oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

Namun, menginap di hotel juga bisa membuat kamu mendapat perlakuan yang istimewa seperti putri raja. Kamu bisa sarapan dengan berbagai menu enak sepuasnya.

Akan tetapi, balik lagi, pastikan fasilitas tempat kamu menginap tersebut cukup untuk menunjang kebutuhanmu selama sedang liburan.

Ingat ya, sesuaikan juga dengan budget atau uang yang kamu memiliki, begitu juga dengan kebutuhanmu. Semakin bagus fasilitas tempat penginapan yang kamu inginkan, semakin banyak juga uang yang harus kamu keluarkan.

 

Rencanakan Penginapan Sebelum Traveling

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan mengenai Perbedaan Hotel dan Hostel. Pastikan kamu untuk selalu memilih penginapan dengan benar sesuai dengan yang kamu inginkan agar tidak kecewa.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan? kamu tipe traveler yang suka hotel atau hostel nih?

Oh iya, agar kondisi keuanganmu tetap terjaga setelah pulang liburan, kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel di atas, pasti Anda jadi lebih punya gambaran tentang apa saja perbedaan hotel dan hostel. Intinya, ketika travelling jangan sampai salah ya!

Jangan lupa bagikan artikel ini pada rekan sesama traveler yang suka menginap di hotel atau hostel, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Perbedaan Hotel dengan Hostel yang Perlu Kamu Tahu. Etalasebisnis.com – http://bit.ly/2VDwAcN

 

Sumber Gambar:

  • Hotel Vs Hostel 1 – http://bit.ly/2IhzUqY
  • Hotel Vs Hostel 2 – http://bit.ly/2VGfI5b
  • Hotel Vs Hostel 3 – http://bit.ly/2Z73PHs
  • Hotel Vs Hostel 4 – http://bit.ly/2UbLuW5
  • Hotel Vs Hostel 5 – http://bit.ly/2IuWknJ
  • Hotel Vs Hostel 6 – http://bit.ly/2Ky4HBA