Terdapat banyak pendapat dan pandangan terhadap kata ‘perempuan mandiri’. Namun, setiap orang perlu untuk menjadi mandiri lho!

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

‘Perempuan Mandiri’ Kenapa Tidak?

Artikel ini dibuat karena setelah diperhatikan, banyak banget perempuan-perempuan yang entah senang hati, hopeless atau mentok bilang:

“Nikah ah, capek kerja untuk cari biaya hidup. Lebih baik cari suami. Yang ada yang mau siap nikah, rejeki mah gak kemana”.

Ya, itulah fenomena yang lagi hits belakangan ini. Gak mau jadi independent karena capek dan ingin leha-leha aja.

Pernah denger lagu atau film yang ceritanya mengenai perempuan mandiri? Bahasa kerennya sih independent woman. Apa sih itu maksudnya?

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Melek Investasi untuk Perempuan Mandiri]

 

Sebetulnya, mandiri merupakan sikap yang perlu dimiliki setiap orang. Karena pada dasarnya setiap orang dituntut untuk bisa mengurus diri sendiri dengan baik. Terlalu bergantung dengan orang lain hanya akan membawa kerugian bagi diri sendiri.

Tak hanya mampu mengatur masalahnya sendiri dengan baik, orang yang mandiri juga akan mendapat banyak keuntungan, karena mandiri bisa dimiliki siapapun termasuk perempuan.

Intinya, perempuan independent itu perempuan yang bisa mengurus dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari, berlogika dalam mengambil keputusan penting dalam hidupnya dan yang pasti mandiri secara secara finansial.

 

Ciri-Ciri Perempuan Mandiri

Zaman yang terus berjalan dan berputar, sedikit banyak membawa perubahan bagi cara perempuan melihat kehidupan dan melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Jika dulu, kaum perempuan dianggap lebih pasrah dan banyak berdiam diri di rumah, kini perlahan-lahan bangkit menyuarakan keinginan dan aktif mengejar impiannya.

 

#1 Berani Pergi Sendiri

Mau ikut kursus harus ada temannya atau mau nonton konser artis favorit harus ada barengannya, itu enggak banget deh! Sudah bukan waktunya bergantung dan nunggu orang lain, apalagi karena setiap orang punya impian, keinginan, dan prioritasnya masing-masing.

Misalnya, kamu ingin datang ke workshop seni tapi batal karena nggak ada yang mau menemani. Hasilnya, malah rugi sendiri karena telah melewatkan kesempatan yang sudah ada di depan mata.

Selain tak merepotkan orang lain, kebiasaan pergi sendiri juga membuatmu lebih leluasa mengejar peluang yang ada.

 

#2 Punya Penghasilan Sejak Dini

Hanya diam dan duduk cantik menunggu pemberian orang tua nggak akan membuatmu lebih mandiri. Memiliki penghasilan sejak dini memberimu kebebasan untuk membeli atau melakukan hal-hal yang disukai.

Kini, ada berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Mulai dari bekerja part time, freelance, hingga memulai usaha kecil-kecilan dari rumah dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki.

Kamu juga bisa tonton video 5 Situs Kerja Freelancer Terbaik dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

#3 Pintar Mengatur Keuangan

Bisa punya penghasilan sendiri tapi belum mampu mengatur keuangan akan membuatmu menjadi pribadi yang boros dan lagi-lagi tergantung pada bantuan dan dukungan dari orang lain.

Biasakan sejak awal bekerja untuk membuat catatan pemasukan dan pengeluaran sehingga tahu apa saja yang mau dibelanjakan dan mendorong diri untuk berhemat.

Ternyata! Begini Caranya Investasi yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga dan Wanita Millenial 3 Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Para Perempuan Indonesia]

 

Keperluan perempuan zaman now memang makin banyak. Bukan hanya soal penampilan saja, tapi juga bekal untuk mengejar passion.

Untuk menghemat pengeluaran, pintar-pintar memanfaatkan promo belanja atau cashback dan menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mengatur keuangan.

Kamu bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

 

#4 Menimba Ilmu Sebanyak Mungkin

Kalau dulu gelar sarjana saja dirasa cukup, kini banyak perempuan yang terus menimba ilmu setinggi mungkin. Bukan hanya pendidikan formal saja, tapi juga non-formal untuk meningkatkan skill.

Selain jadi modal untuk nantinya menjalani rumah tangga, kemampuan ini nantinya juga berguna untuk mencari pendapatan tambahan.

Sebanyak apapun artikel yang ada di google, tetap tidak akan menggantikan ilmu yang didapat secara serius. Ada harga ada rupa, gak ada yang gratis hari gini sist..

Jadi selain mandiri, kamu juga jangan pelit untuk keluar dana demi mendapatkan ilmu perencanaan keuangan. Kalo hanya modal nanya di komunitas gratisan sih, gak akan dapat jawaban solid.

 

Apa Sih Bagusnya Jadi Perempuan Mandiri

Sudah jamak, kalau tuntutan masyarakat urban dewasa ini sedikit banyak mensyaratkan perempuan jadi pribadi yang mandiri. Kesibukan yang makin tinggi dan dinamis sudah tidak lagi bisa menempatkan perempuan sebagai makhluk yang bergantung pada orang lain.

Sebagai perempuan, pernahkah kamu berpikir kenapa kamu harus mandiri di segala situasi? Kenapa mengandalkan diri sendiri jauh lebih bisa membawa kebaikan bagi hidupmu dibanding selalu mengandalkan orang lain? Apa sih keuntungan jadi perempuan mandiri?

 

#1 Pegang Kendali Hidupmu

Masih sangat disadari, kita masih hidup dalam masyarakat yang menempatkan perempuan sebagai pihak yang dianggap layak untuk lebih banyak mengalah saat sudah memutuskan untuk hidup berumah tangga.

Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Inilah 5+ Hak Pekerja Perempuan yang Penting Kamu Ketahui]

 

Lebih banyak perempuan yang memilih keluar dari pekerjaan selepas menikah dibanding lelaki.

Menjadi mandiri bukan berarti kamu tidak harus menikah agar selamanya bisa bekerja. Kemandirian bukan soal menghasilkan uang sendiri dan tidak lagi minta suami. Mandiri adalah ketika kamu punya kuasa untuk menentukan apa yang akan terjadi dalam kehidupanmu.

Ketika kamu punya keyakinan kuat untuk jadi mandiri, kamu tidak lagi harus mengikuti aturan tidak tertulis yang tidak sesuai dengan kata hatimu, seberapa kuat pun aturan itu mengakar di masyarakat. Hidupmu kini ditentukan oleh keputusanmu sendiri.

 

#2 Tidak Mengandalkan dan Merepotkan Orang Lain

Mau sampai kapan kamu nggak bisa bawa kendaraan dan harus merepotkan orang untuk mengantarmu kemana-mana? Nggak bosen harus nunggu jemputan padahal kamu sudah terburu-buru harus berpindah ke kegiatan lain?

Jadi perempuan yang mandiri akan membuat kamu tidak lagi bergantung pada orang lain untuk menopang aktivitasmu.

Apa susahnya coba naik kendaraan umum (kalau kamu memang gak mau belajar naik kendaraan) atau menyetir sendiri?

Lagipula kamu tidak pernah tahu kan kapan ada orang yang akan sedia untuk membantumu dan kapan kamu harus berjuang sendiri? Dengan menjadi mandiri kamu akan lebih siap menghadapi berbagai situasi yang muncul di hidupmu.

 

#3 Kemandirian Memberimu Perspektif yang Lebih Terang Soal Prioritas yang Harus Kamu Kejar

Selain dalam hal-hal kecil tapi demanding seperti antar-jemput atau minta dibayarin setiap saat, sikap tidak mandiri juga bisa ditunjukkan lewat keengganan untuk menanggung risiko dari sebuah pilihan yang diambil.

Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Untuk Perempuan: Apakah Asuransi Penyakit Kritis Perlu Dimiliki?]

 

Contohnya nih, kamu lebih memilih kuliah di Bandung hanya karena pacarmu juga diterima pada universitas di kota yang sama dan karena di Bandung banyak sanak saudara.

Alasannya sih biar dekat sama pacar dan supaya kalau ada apa-apa ada yang membantu. Padahal jika kamu mau lebih jujur pada diri sendiri, kamu hanya malas kehilangan pegangan dan tempat bergantung.

Kamu enggan menghadapi risiko dari kuliah di luar kota yang jauh dari kenyamanan keluarga. Alih-alih memilih jadi mandiri, kamu malah melepaskan hal-hal yang berkaitan dengan prioritasmu.

Menjadi mandiri akan membuatmu bisa lebih fokus pada prioritas yang harus kamu kejar. Rintangan dalam mencapainya pasti ada, tapi kamu sudah siap menerimanya. Menjadi pribadi yang mandiri membuat kamu tidak akan lagi ditakutkan oleh hal-hal remeh.

 

#4 Perempuan Mandiri Akan Jauh Lebih Dihargai

“Duuh kalau terlalu mandiri kan nanti cowok-cowok pada takut”, kerap jadi alasan bagi banyak perempuan untuk tidak benar-benar mencoba hidup diatas kaki sendiri.

Entah kenapa di masyarakat kita perempuan mandiri kerap diidentikkan dengan perawan tua dan terlalu tinggi bagi laki-laki.

Kamu lihat Ibu Mari Elka Pangestu dan Ibu Sri Mulyani? Mereka punya suami yang juga bukan orang sembarangan. Atau masih kurang percaya? Kamu tahu Ibu Susi dan Ibu Risma? Pendamping mereka juga bukan pria yang tidak punya pendirian bukan? Terus, kenapa kamu harus takut?

Perempuan-perempuan diatas adalah sosok yang tegas dalam mengambil keputusan dan berani menanggung risiko dari pilihan yang diambil. Mereka tidak menggunakan identitas perempuan mereka untuk menghindar dari berbagai tekanan yang muncul. Terbukti bukan? mereka layak dihargai.

Kemandirian akan membuatmu punya sikap dalam berbagai hal. Kamu tidak akan lagi jadi perempuan yang cuma “Iya-iya” doang atau lebih buruk, gak ngerti apa yang didiskusikan kalau diajak ngobrol yang up date.

Ketegasan, keberanian dan pola pikir yang terbuka untuk punya pendirian yang akan membuatmu lebih dihargai oleh orang lain.

 

#5 Kamu Akan Lebih Berani Menghadapi Orang yang Berniat Melecehkanmu

Di masyarakat kita, sayangnya, perempuan masih sering jadi objek pelecehan dan kekerasan.

Mulai dari kekerasan fisik (KDRT) dan kekerasan dalam pacaran, pelecehan verbal dalam catcalling macam “suit-suit” dan “cie-cie” cowok-cowok alay, sampai kekerasan seksual yang terjadi lewat pemerkosaan dan sentuhan di badan perempuan yang terjadi tanpa persetujuan.

Ciri Ciri Wanita Mandul 04 - Finansialku

[Baca Juga: Emansipasi Wanita: Hal Yang Bisa Kamu Petik Dari Tokoh Wanita Ini, Dijamin Sukses!]

 

Kalau kamu terbiasa tidak mandiri dan menempatkan diri sebagai pihak yang selalu membutuhkan bantuan, ya bagaimana kamu bisa melawan orang-orang yang melecehkanmu?

Memilih jadi perempuan mandiri memang tidak akan serta merta menghentikan pelecehan di muka bumi, tapi dengan jadi mandiri kamu sudah satu langkah lebih berani.

Perempuan mandiri akan tahu bahwa dia tidak layak diperlakukan sebagai objek. Dia sudah terbiasa berdaulat atas tubuh dan hidupnya sendiri. Saat ada yang melecehkannya, perempuan mandiri akan mengerti bahwa dirinya tidak sepatutnya dieksploitasi lewat cara apapun.

Alih-alih takut dan merasa bersalah dia bisa dengan lantang berteriak ke orang yang melecehkan dan membuat mereka semua diam dengan kata-kata: “Kalian semua tidak ada apa-apanya.”

 

#6 Gaya Hidup Zaman Now Tidak Cocok Sebagai Perempuan Untuk Bergantung secara Finansial

Masih gak mau jadi mandiri karena punya pikiran, “Toh nanti hidupku juga ditanggung suami?“

Apakah kamu yakin kalau kelak kamu akan mendapatkan lelaki kaya raya anak raja minyak yang mampu membiayai semua kebutuhanmu? Ya syukur-syukur dapat yang mampu, kalau enggak?

Apakah kamu rela mengorbankan gaya hidupmu hanya untuk duduk manis di rumah tanpa melakukan apapun?

Gaya hidup manusia urban dewasa ini memang tidak lagi memungkinkan pemasukan datang dari pihak lelaki saja. Cicilan KPR dan biaya sekolah anak makin mahal, sist! Sudah bukan zamannya perempuan cuma menunggu gajian suami.

Jadi harus kerja nih? Gak bisa mendampingi anak di usia emas pertumbuhannya dong?

Menjadi ibu purna waktu (stay at home mom) bukan berarti nggak bisa kerja lho.. Selalu ada cara bagimu untuk memulai usaha dengan memanfaatkan kemampuan yang kamu punya. Bukannya cari-cari alasan pembenaran untuk menjadi semakin mager dan bergantung.

 

Jadilah Perempuan yang Lebih Baik

Jadi mandiri bukan berarti kamu jadi perempuan yang benci lelaki dan merasa jemawa bisa hidup sendiri tanpa bantuan mereka. Tentu tidak, Kamu bisa tetap jadi perempuan yang secara kodrat lembut dan menghargai lelaki kok walau kamu mandiri.

Kemandirian tidak akan mengubah apapun dari kodratmu sebagai perempuan. Mandiri adalah tentang ketegasan, keberpihakan dan keberanian dalam menentukan apa yang selayaknya terjadi dalam hidupmu. Sudah, tidak lebih dari itu.

Menjadi mandiri bukan berarti kamu ingin jadi manusia tunggal yang tak butuh siapa-siapa, tapi kamu hanya ingin memberdayakan kemampuan yang kamu punya.

Dengan begitu kamu bisa menjadi manusia yang lebih baik secara personal dan menjadi pasangan yang menggenapi untuk sang pasangan.

Kamu ingin jadi perempuan yang berarti dan bermanfaat bagi banyak orang. Kamu hanya ingin menjadi seorang ibu dan pasangan yang menggenapi.

Jangan lupa.. Kamu juga harus mandiri secara finansial ya! Kamu bisa merencanakan keuangan kamu dengan membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Gimana? Apakah kamu setuju bahwa memang kemandirian akan membawa banyak kebaikan di hidupmu? Atau bodo amat dan jadi perempuan yang cari shortcut?

Apapun itu ya, semoga kamu pilih setelah berpikir untuk jangka panjang dan masa depan yang paling baik.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat dekat kamu ya! Semoga bermanfaat..

 

Sumber Referensi

  • Nendra Rengganis. Cewek Mandiri, Bukan Berarti Lupa Kodrat Dan Tidak Butuh Lelaki. Hipwee.com – http://bit.ly/2KVYw8Y
  • Zaki Baldan. 22 Maret 2019. Definisi Cewek Mandiri Masa Kini, Harus Bisa Apa Saja? Fimela.com – http://bit.ly/31CrBfF

 

Sumber Gambar:

  • Perempuan – http://bit.ly/2XVGcRa